Sabtu, 23 Juli 2016

Selamat Hari Anak Nasional

Assalamualaikum sahabat Smart Mom, hari ini adalah Hari Anak Nasional. Di hari ini bertepatan dengan ulang tahun dua keponakanku, yakni Aris dan Tia. Aku berdoa semoga keduanya menjadi generasi penerus bangsa yang tangguh dan berani. Mengapa? Tantangan di masa depan semakin sulit, ngeri jika salah arah. Apalagi ya membaca berita remaja selebgram yang ngehits tapi dari sisi negatifnya, duuuh kemana ortunya?

Okelah ya anak-anak berulah belum tentu salah ortunya. Tapi, semua bisa diantisipasi dari rumah. Jika saja ortu peduli dengan keberadaan anaknya, Insya Allah kelakuan anak yang menerjang norma dapat dicegah.

Percaya atau tidak, kejahatan yang dialami anak-anak  ini menjadi momok bagi ibu muda sepertiku. Anakku mau sekolah, mau main, mau ke rumah teman menjadi PR agar anak-anak tidak keluar jalur.

Beberapa bulan ini aku membaca kasus kejahatan seksual yang dialami anak-anak. Pelaku yang melakukan kejahatan adalah orang terdekat. Orang yang dipercayai orang tuanya itulah yang kadang memang tega melakukan kejahatan.

Sedih mendengar kematian Neysa Nur Azyla bocah yang meninggal di Kalimantan Timur karena diculik dan dibunuh oleh tetangganya sendiri. Orangtua Neysa bahkan sangat mempercayai pelaku yang telah tega menculik, menodai, membakar hingga membunuh Neysa. 

Ya Robb, terbuat dari apakah hati si pelaku sehingga tega menyakiti bocah tak berdosa itu? Pertama membaca berita ini aku menangis. Pilu rasanya. Mengingat aku juga punya anak balita seusia Neysa. 

Saat pelaku tertangkap aku sedikit lega, semoga keadilan bisa ditegakkan. Semoga pelaku mendapat ganjaran setimpal. Sebagai orang tua kita dapat mengambil hikmahnya untuk tidak terlalu percaya dengan orang terdekat menjaga anak-anak kita. Selalu cek perubahan anak-anak, tingkah laku yang berbeda dan jadilah sahabat yang mau mendengar keluh kesahnya.

Semoga Neysa menjadi bidadari surga sebagai tabungan amal kedua orang tuanya. Semoga keluarga dari Bapak Fathurahman (Ketua DPC PKS Kec. Sangkulirang Kutai Timur, Kalimantan Timur).

Aamiin...