Selasa, 31 Januari 2017

Jurus Jitu Menulis Konten Kreatif

Assalamualaikum sahabat Smart Mom


Menulis bagiku adalah panggilan jiwa. Kalau tidak menulis. Hatiku hampa. Sehari tidak menulis, aku seperti kehilangan sesuatu. Entah menulis di hp, di laptop atau sekedar coretan di buku tulis. Menulis sudah menyatu dalam hidupku. Sudah sebagai kebutuhan. Pernah sih suami bilang, "Sudah jangan terlalu capek dan ngoyo menulis," kata suami. Tapi, aku sehari tidak menulis aku malas stres hihi... maunya menulis memang sebagai terapi jiwa bagiku. Menulis di blog dianggap saat ini menjadi pilihan tepat bagiku. Untuk ibu repot dengan 3 anak dan tanpa ART, ngeblog lebih enjoy. Ngeblog lebih mudah mengekpresikan diri karena sekaligus bisa sebagai dokumentasi perkembangan anak-anakku.

Tapis Evolution Diundur 2 Minggu, Siap Menghadirkan Panggung Spektakuler



Assalamualaikum sahabat Smart Mom, 

Ada yang menanti acara Tapis Evolution? Di Group Tapis Blogger, acara ini sangat dinantikan. Beberapa blogger yang sedang merantau bahkan siap mudik untuk meramaikan acara. Sebut saja Blogger asal Lampung yang sedang merantau seperti  Melly Feyadin dan Ari Susanto menanti acara ini.

Senin, 23 Januari 2017

Teman Curhat

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Punya teman curhat? Ya, setiap orang mungkin butuh curhat ya. Apalagi perempuan, konon kebutuhan berbicaranya lebih banyak. Dan laki-laki, lebih banyak berpikir dengan logika. Jarang sih laki-laki mau jadi teman curhatan. Kalau pun ada, komunikasi yang intenslah menjadikan laki-laki dan perempuan menyatu jadi sahabat curhat, terutama pasangan suami istri. Ya iyalah, masa sama suami atau istri enggak pernah curhat?

Lalu, saat hati gundah gulana, curhat dengan siapa yang paling enak ya? Pernah aku alami, saat Ibuku meninggal dunia, aku mengalami depresi. Ya, sakit, sedih hingga tujuan hidup terbang bagai angin. Aku mencoba terapi dengan pijatan tapi tidak berhasil. 


Nah, setelah menikah, saat hati resah soal pekerjaan, tetangga, ekonomi atau anak sakit, siapa yang paling enak jadi teman curhat? Inilah urutan teman curhat paling enak menurutku :

Beyond C Antiaging Drink


Assalamualaikum sahabat Smart Mom, 

Beyond C Antiaging Drink. Istilah “anti aging” sudah tidak asing di telinga kita.Masyarakat awam mengenal anti aging hanya seputar kecantikan dan perawatan kulit saja. Padahal “anti aging” dapat diartikan “anti penuaan”.Anti penuaan bukan hanya pada kecantikan wajah dan kulit saja. Melainkan perlunya anti aging bagi sel-sel dalam tubuh kita.


Tubuh kita terbentuk dari sel-sel yang berjumlah triliun-an. Pada usia muda kecepatan regenerasi dan perbaikan dari sel-sel masih cepat dan efisien. Bertambahnya usia akan membuat perbaikan sel berkurang dan kemampuan membentuk sel baru juga berkurang. Sehingga banyak sel-sel yang rusak atau mati. Hal inilah yang disebut proses penuaan.

Jumat, 20 Januari 2017

Tips Merawat Anak Sakit Saat LDM (Long Distance Marriage)



Tips Merawat Anak Sakit Saat LDM (Long Distance Marriage). Merawat anak sakit saat suami sedang di luar kota sunggu butuh perjuangan. Apalagi baru saja 2 hari suami berangkat ke Padang, Fatih luka dan harus mendapat 5 jahitan. Awalnya sempat ada penolakan dalam diriku, “Ya Allah, kuatkan, sabarkan diriku!” ya aku pun merasakan menahan sesak di dada. Menangis sendirian. Lalu, apakah berarti aku menyerah? Yup, menangis sebentar saja. Menumpahkan sesak di dada. Ibu mana yang tak sedih melihat anaknya sakit? Bahkan, kadang ibu rela tidak tidur demi menjaga anaknya yang sedang demam.

Kisah Seru Berbagi Tugas dengan Suami


Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Sebenarnya kemarin adalah jadwal post ngobrol bareng duo Ummi  antara aku dan Oci Ym. Tapi, aku beneran lupa, hihi... padahal ingat sih itu Hari Kamis, tapi jadwal sempat terlewati, duduh... emang udah tuir ini atau manajemenku belum rapi? Terasa banget sejak semingguan ini aku lebih mudah capek dan banyak lupa :)

Btw, hari ini aku mau ngajak ngobrol soal berbagi tugas dengan suami. Suatu hari aku bertemu dengan teman-teman admin Tapis Blogger. Salah satu ada yang bertanya, "Aisyah mana?" nah, iya anak-anak selalu bareng aku. Jarang banget anak-anak ditinggal di rumah karena kami enggak pakai jasa pengasuh atau ART. Ya, kadang-kadang, anak-anak aku tinggalkan bareng suamiku. 

Kamis, 19 Januari 2017

Mengajarkan Anak Adab Menginap di Rumah Saudara


Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Mengajarkan Anak Adab Menginap di Rumah Saudara. Masa liburan telah usai, tapi aku mau cerita nih pengalaman anak-anakku menginap di rumah saudara. Biasanya kami menginap karena Lebaran. Tapi, pernah juga kami menginap karena mau tes sekolah. Oh ya, menginap di rumah saudara membawa 3 anak itu rempong deh. Bawaannya pun segudang, hiiks...

Saat itu Februari, kami menginap di rumah kakak ipar di Bandar Lampung. Maklum kala itu kami masih tinggal di Padang dan rumah biru masih disewakan. Jadilah kami menginap di rumah kakak.  Saat baru sampai, kami menempati 1 kamar yang cukup luas. Ada juga tambahan kasur untuk tidur di lantai. Malam pertama, Aisyah rewel, Fatih juga rewel. Awalnya aku juga bingung sebabnya apa. Kecapekan, lapar atau apa? Kuingat-ingat Aisyah mungkin resah karena pakai diaper. Tapi, kalau dilepas entar ngompol dong? Mau bolak-balik ke Kamar mandi, lumayan jauh ke belakang. Sedangkan saat di Padang Aisyah sudah biasa pipis ke kamar mandi.  Sedangkan aku lupa bawa perlak!  Untuk anaknya yang baru training toilet, perlu banget bawa perlak nginap di rumah saudara, hihi...

Senin, 16 Januari 2017

Cerita Fatih : Merawat Luka Jahitan di Jempol Kaki



Assalamualaikum sahabat Smart Mom, 

Beberapa hari ini aku sibuk sekali di dunia nyata. Sampai-sampai sulit sekali mau nulis. Tapi, kalau enggak nulis, aku bisa stres sendiri, hiks... menulis adalah terapiku setelah seharian berjibaku dengan domestik. Jadi, malam ini mau curhat aja deh :)

Seperti yang aku tulis sebelumnya. Anak keduaku luka di jempol kakinya kena gir rantai sepeda. Luka itu harus dijahit dan kena 5 jahitan. Masa perawatan luka jahitan tak semudah teori yang didapatkan. "Jangan basah, jangan kotor!" yes, simple banget deh! Nyatanya, sulit sekali melakukannya. Fatih lasaknya. Hari pertama bisa aja diam tiduran di depan TV. Aku bisa sambil ngasuh Aisyah dan beberes. Besoknya masih kalem saja. Hari ketiga sudah mulai keluar rumah dan malah loncat-loncat. Duuh, histeris deh ngelihat Fatih yang "sok lincah". 


Kamis, 12 Januari 2017

Pilih Jadi Ibu Rumah Tangga Tangguh atau Cengeng?


Assalamualaikum sahabat Smart Mom, mulai Kamis ini aku dan Oci akan ngobrol bareng tema pernikahan, seputar rumah tangga, anak dan tetek bengek deh ibu rumah tangga.

Cerita Oci ada di sini ya! 



Kenalan sedikit ya Oci Y.M bernama lengkap Oci Yonita Marhari. Kelahiran 9 Maret 1986. Penulis kelahiran dan berdomisili di Pekanbaru, Provinsi Riau. Ibu 2 anak ini, keren banget deh. Sudah banyak menulis buku solo dan duet. Beliau sudah S2 lulusan Magister Manajemen UMJ. Memilih resign dan menekuni dunia kepenulisan dan bisnis. Saat ini Oci juga merambah ke dunia blogger. Kece badai kan? Aku pernah berduet di buku Dosa-dosa Istri kepada Suami Yang Diremehkan Wanita. Maka, saat Oci ngajak duet lagi, aku pun menyambutnya dengan konsep duet ngeblog aja,hihi...maka terciptalah Ngobrol Bareng Duo Ummi.


Selasa, 10 Januari 2017

Mildaini : Blogger Bengkulu yang Gemar Berbisnis dan Menulis



Assalamualaikum sahabat Smart Mom, apakabar semua. Tahun 2017 semangat ngeblognya makin kece kan? Hari ini aku mengenalkan sahabat bloggerku baik dari dunia maya mau pun dunia nyata, hehe... Nah, udah pada tahu belum sih ada Komunitas Blogger di Bengkulu. Yup, salah satu penggagasnya adalah Mildaini. Aku kenal Milda sejak lama. Sejak aku masih tamat SMA dan kami sesama tes AKPER di Curup. Saat itu kami masih unyu-unyu eh sekarang ketemu lagi sudah emak-emak, hehe...

Senin, 09 Januari 2017

Tips Mengatasi Nyeri Tumit Kaki

Tips Mengatasi Nyeri Tumit Kaki
(Sumber Foto : www.duniainformasikesehatan.com)

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Ada yang pernah merasakan tumit kakinya sakit? Sejak hamil anak ketiga, kakiku sering sakit. Dari pinggang hingga ke kaki. Awalnya aku pikir karena pengaruh kehamilan saja. Soalnya kalau hamil, kakiku sering nyeri dan kram. Hampir tiap alam berendam dengan air garam. Duuh, sebentar saja enakan, tengah malam nyeri lagi, hiiks


Nah, sejak melahirkan hingga sekarang Aisyah 2 tahun 4 bulan, aku masih merasakan nyeri di tumit kaki, betis hingga telapak kaki. Beberapa waktu lalu, aku bertemu keponakanku yang baru selesai jadi dokter. Eh, baru wisuda S. Ked gitu. Sekarang masih coas di sebuah RS di Jakarta. Nah, saat ketemu aku curhat soal kakiku. Ternyata keponakan juga pernah mengalami sakit pinggang hingga kaki bahkan sulit bergerak. Saat diperiksa dokter ternyata karena beban di punggung terlalu berat. Dulu, keponakan kalau kuliah bolak-balik bawa laptop naik motor. Tau kan gimana kalau Jakarta itu macet. Mana rumah kakakku itu di Bekasi.

Jumat, 06 Januari 2017

Menikmati Lezatnya Mi Pangsit Ubi Cilembu, Kuliner Unik di Lampung


Assalamualaikum sahabat Smart Mom,


Menikmati Lezatnya Mi Pangsit Ubi Cilembu, Kuliner Unik di Lampung. Liburan sudah usai, anak-anak sudah siap ke sekolah lagi. Tapi, kalau kamu mau ke Lampung, mau mencoba kuliner Lampung yang unik, yuk mencoba Mi Pangsit Ubi Cilembu di Griya Oebi. Mi atau sering ditulis Mie adalah adonan tipis dan panjang yang telah digulung, dikeringkan, dan dimasak dalam air mendidih (Sumber Wikipedia). Nah, kalau ditambah bumbu dan rempahan yang dikelola dengan resep khusus, bakal tambah enak loh!


Pagi itu gerimis tercurah dari langit. Aku mengendarai motor dengan pelan. Setelah sempat mau nyasar, akhirnya aku ketemu juga alamat lengkap Mi Pangsit Ubi Cilembu.

Selasa, 03 Januari 2017

Pilih Nikah atau S2?



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Pilih Nikah atau S2? Pernah dengar iklan di TV yang Ayahnya ingin anak gadisnya menikah. Lalu, si cewek galau dan berkata, "Nikah atau S2?"

Pertama kali nonton iklan itu, aku juga sempat senyum sendiri. Aduh, kok kayak aku dulu ya galau suralau, haha...

Senin, 02 Januari 2017

Resolusi 2017 : Ngeblog atau Nulis Buku?




Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Ini postingan pertamaku di tahun 2017. Kalau orang bikin resolusi sebelum tahun 2017, aku malah ngepost saat udah masuk tahun baru ya, hihi...soalnya merenung di malam tahun baru :)

Seorang teman bertanya, "Mbk, udah bikin resolusi tahun 2017?" sejujurnya aku udah ada rencana. Tapi, belum aku tulis dengan rapi.