Senin, 25 Februari 2019

Partisipasi Korindo dalam Pembangunan Perekonomian Daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T)



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, saat ini kita mungkin hanya melihat pembangunan infrastuktur di kota saja. Jujur, aku pun termasuk yang selama ini mikirnya, "Ah, yang penting akses dari Bandar Lampung ke Jakarta atau pulang kampung ke Bengkulu aman!"

Tapi, bagaimana dengan kondisi daerah tertinggal? Bukan hanya infrastuktur yang menjadi PR bersama, pendidikan, ekonomi dan lainnya juga menjadikan pemikirannya bersama.

Kalau BBM di daerah kita bisa kita beli di POM Bensin, bagi daerah yang masih 3T, harga bensin pasti akan menjadi berapa kali lipat karena akses menuju daerahnya sulit terjangkau.

Belum lagi permasalahan kriminal. Kalau pendidikan, ekonomi sudah tertinggal, kejahatan menjadi momok tersendiri. Nah, untuk itu, aku mencari info apa saja sih yang telah dilakukan pemerintah untuk mengatasi kasus ini.

Kementerian Desa pembangunan desa tertinggal dan Transmigrasi kemendes PDT telah menyusun beberapa program dan kebijakan untuk pembangunan daerah perbatasan. Citra wilayah perbatasan tidak boleh dianggap sebagai dapur melainkan sebagai rumah kita yang berfungsi menyambut tamu.

Salah satu program pemerintah adalah dengan mengajak pelaku usaha untuk berinvestasi di daerah perbatasan. Dengan meningkatnya investasi maka diharapkan sejalan dengan pembangunan daerah tersebut.

Mengenal KORINDO

KORINDO merupakan sebuah perusahaan Indonesia yang didirikan pada tahun 1969 dan telah beroperasi selama 50 tahun. Pada awalnya KORINDO menempatkan fokus utamanya di pengembangan hardwood yang kemudian beralih ke plywood atau  /veneer pada tahun 1979, kelapa sawit di tahun 1995.

KORINDO saat ini telah mengelola hutan alam seluas 524.515 ha yang berlokasi di Kalimatan dan Papua dan hutan tanaman seluas 16.475 ha Kalimantan. Dalam pengelolaannya, KORINDO menggunakan manajemen hutan berkelanjutan. Hal ini berdasarkan 3 gagasan inti, yaitu :

1.   Produksi profit yang bertahan lama dan seimbang (Profit)

2.   Kelestarian lingkungan (Planet)

3.   Kesejahteraan sosial (Masyarakat)

KORINDO menjadi salah satu contoh sukses dalam membangun investasi kondusif di daerah perbatasan, yakni di Boven Digoel dan Merauke, Papua. Meski masih minim infrastruktur KORINDO sukses membangun usaha dan memberikan kontribusi yang cukup bagi pemerintah daerah dan masyarakat sekitar.

Kawasan Papua merupakan salah satu daerah yang luas subur dan kebanyakan masih belum dimanfaatkan secara maksimal . Industri kehutanan menjadi penyumbang besar bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Papua, selain industri pertambangan. Papua juga merupakan kawasan dengan kebudayaan yang juga masih sangat original sebagai salah satu kekayaan budaya nusantara.


KORINDO telah mengembangkan konsep industri yang ramah lingkungan. Hal ini dimulai dari pembangunan bidang kehutanan dan perkebunan kelapa sawit. Dari program pembangunan industri tersebut, KORINDO mampu menyerap tenaga kerja terutama di Papua yang telah menyerap 10.000 tenaga kerja. Wah, ini membantu banget ya perekonomian masyarakat di Papua.

Selain itu,  pembangunan infrastruktur dan pembangunan ekonomi berupa PAD, khusus untuk kabupaten Merauke dan Boven Digoel berkontribusi mencapai ±60%.

Nah, berikut program yang telah dikerjakan KORINDO di Kawasan 3 T :


1.   Membangun Jembatan untuk Masyarakat Pedalaman Papua

Pada tanggal 28 September 2018, melalui  PT Korindo Abadi yang beroperasi di Kabupaten Boven Digoel Provinsi Papua meresmikan Jembatan Kali Totora yang berada di Desa Prabu-Asiki. Jembatan ini  akan sangat membantu masyarakat meningkatkan perekonomiannya.


2.   Membantu Petani Papua Menggarap Sawah

KORINDO Group menyediakan sebagian lahan operasional kebun sawitnya untuk dijadikan lahan persawahan oleh masyarakat setempat. Hal ini sangat berguna untuk menjadi mata pencahrian masyarakat setempat loh! Selain itu, masyakarat diberi penyuluhan dan bantuan traktor.

3.   Klinik ASIKI

Bekerjasama dengan  KOICA (Korea International Cooperation Agency), KORINDO membangun klinik Asiki di kampung ASIKI. Kampung ini berada di perbatasan Papua dan PNG. Klinik Asiki ini modern telah meraih predikat Klinik Terbaik di tingkat Propinsi Papua versi BPJS Kesehatan pada tahun 2017.



Nah, sahabat Smart Mom, semoga informasi di atas membuka wawasan kita untuk saling mendukung atas pembangunan di kawasan 3 T. Semoga pemerintahan ke depan semakin pedulu untuk pembangunan yang lebih merata sehingga masyarakat Indonesia merasakan kemakmuran, adil dan merata.

30 komentar:

  1. Jangankan di Papua... Di Cianjur Selatan saja masih banyak sarana dan prasarana yang belum memadai lho.
    Alhamdulillah ya sekarang pemerintah sudah lebih memperhatikan didaerah 3T.

    Semoga seluruh penjuru tanah air mendapat persamaan hak dan kesejahteraan. Tidak bisa instan memang tapi paling tidak sudah ada jalan menuju ke sana

    BalasHapus
  2. Ternyata udah eksis lama sekali ya KORINDO ini aku baru tahu malahan semoga program 3T nya bisa terlaksana secara menyeluruh. Aamiin

    BalasHapus
  3. Saya dukung kalau ada proyek seperti ini semoga lancar jaya program 3 T

    BalasHapus
  4. Wah, 50 tahun itu lama bangettt.. Semoga pengalaman KORINDO membawa semakin banyak manfaat, terutama di daerah 3T ya..

    BalasHapus
  5. Aku kira hanya klinik ASIKI saja, tapi ternyata membangun jembatan dll. Kereeen

    BalasHapus
  6. Keren kalau begini. Gak hanya mikirin bisnis, tetapi masyarakat sekitar juga dipikirkan kesejahteraannya

    BalasHapus
  7. Papua memang butuh penanganan agar tidak menjadi wilayah yang tertinggal. Kalau melihat program 3T yang dijalankan KORINDO rasanya ikut lega. Semoga Papua dan daerah2 lain yang tertinggal bisa mendapatkan perhatian khusus sehingga mampu menjadi daerah maju baik pendidikan, prasarana maupun sektor lainnya.

    BalasHapus
  8. Nggak sia-sia Korindo buka usaha di daerah tertinggal di Papua, bisa menyerap 10 ribu tenaga kerja. Bahkan punya klinik Asiki juga yang membantu pemerintah dengan menyediakan fasilitas kesehatan untuk warga di sana. Semoga makin banyak perusahaan swasta yang memiliki niat mulia seperti Korindo

    BalasHapus
  9. Aamiin. Semoga pemerintahan ke depan semakin peduli untuk pembangunan yang lebih merata sehingga masyarakat Indonesia merasakan kemakmuran, adil dan merata.

    BalasHapus
  10. Senang banget yaa, Mba, mengetahui udah banyak pihak yang peduli pada saudara-saudara kita di Papua. Semoga dengan banyaknya yang peduli pada mereka, gak ada lagi berita-berita menyedihkan yang datang dari sana, amiin

    BalasHapus
  11. Itu klinik Asiki bersih dan udah modern banget yaa, sampai bisa meraih predikat Klinik Terbaik di tingkat Propinsi Papua versi BPJS Kesehatan pada tahun 2017 :)

    BalasHapus
  12. Aku senang jika pembangunan di daerah menjadi prioritas. Dan kayaknya ini tak hanya menjadi prioritas pemerintah saja tapi juga perusahaan lainnya. SMoga makin banyak yang care ke daerah-daerah tertinggal ya. Aamiin

    BalasHapus
  13. Sudah lama sekali ya keberadaan Korindo sekaligus sumbangsihnya untuk Indonesia. Semoga akan semakin banyak daerah 3T yang terbantu pembangunannya.

    BalasHapus
  14. mantap niih KORINDO, semoga bisa terus membantu daerah yang membutuhkan pembangunan yang belum tersentuh.
    di daerah Sulawesi juga ada lho itu yang harus dilirik oleh KORINDO :)

    BalasHapus
  15. Semoga daerah 3T pembangunannta makinbanyak hingga memudahkan masyarakat. Semoga makin banyak tumbuh KORINDO Group juga

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah masyarakat di papua bisa banyak terbantu dengan program-program Korindo, pembangunan jembatan dan penyediaan klinik Asiki itu bisa membuat taraf hidup semakin meingkat :)

    BalasHapus
  17. I am super happy to find out that there is a health clinic in Papua which serves the people and gives excellent services. Great job

    BalasHapus
  18. Semoga pembangunan bisa merata ke semua wilayah Indonesia. Sehingga kemakmuran dan kemudahan bisa dirasakan semua warga.

    BalasHapus
  19. Tol di Lampung sudah beroperasi juga ya mbak makin enak lah kalau gitu karena makin cepat sampai ke Lampung. sedih banget desa tertinggal belum bisa merasakan infrastruktur yang memadai ya. Untung aja da perusahaan seperti KORINDO yang mau membantu pembangunan daerah tertinggal di pedalaman Papua termasuk membangun klinik masyarakat bisa menikmati fasilitas kesehatan yang memadai.

    BalasHapus
  20. Keren ya Korindo ini... Alhamdulillah makin banyak perusahaan yang peduli sama masyarakat di daerah terpencil

    BalasHapus
  21. Semoga masyarakat Papua benar-benar merasakan manfaatnya ya dan golongan separatis berkurang dengan adanya perhatian dari swasta ini.

    BalasHapus
  22. Suka sama Korindo ini, niatnya keren banget.
    Nggak mikirin bisnis melulu, tapi juga masyarakatnya.
    Semoga banyak yang tergerak untuk melakukan hal serupa

    BalasHapus
  23. Wah ternyata bisa ya lahan kebun sawit diubah menjadi sawah? Seringnya tu sebaliknya hehe
    Dengan adanya bantuan kyk gtu dr Korindo, khususnya kliniknya dll, diharapkan masyarakat sana bisa lbh sejahtera yaa TFS

    BalasHapus
  24. Bagus nih ada pihak swasta yang mau bergandengan tangan dengan pemerintah memajukan pembangunan di daerah 3T. Daripada kebanyakan nyinyirin pemerintah yang katanya kurang memperhatikan perkembangan Papua, mendingan langsung bantu gini ya.

    BalasHapus
  25. Mantap banget nih program dari Korindo. Programnya sampai memperhatikan daerah 3T yang ada di Papua sana. Emang daerah sana masih butuh banyak bantuan.

    BalasHapus
  26. Selalu mendukung sama program yang berpihak dengan masyarakat dan pemerataan kesejahteraan.

    BalasHapus
  27. Ikut senang kalau ada pembangunan di Papua, tapi kita perlu ingat bahwa tidak semua lokasi di Papua perlu pembangunan megah. Ada beberapa daerah yg jadi "jantung dunia" yg perlu dipertahankan , juga pendapat masyarakat adat di sana yang perlu diperhatikan :)

    BalasHapus
  28. Salut dengan Korindo dan program-programnya memajukan Papua, semoga semakin banyak perusahaan seperti Korindo yang memajukan Indonesia wilayah Timur

    BalasHapus
  29. Aamiin. Semoga program2 pemerataan pembangunan dan kesejahteraan di wilayah2 3T smakin meluas. Aamiin.

    BalasHapus
  30. program-program semacam yang KORINDO lakukan ini bisa mempercepat akses pembangunan di berbagai daerah. dampaknya positif banget kalo transportasi lancar. harga bbm juga bakal lebih rasional. kadang karena kita tinggal di tempat yang aksesnya lumayan, jadi sering lupa kalo ternyata masih banyak daerah tertinggal di Indonesia ini ya mb..

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^