AKTIVITASKU

Kamis, 14 Maret 2019

Begini Caranya Cari Rumah Murah di Jakarta




Jika Anda mencari rumah murah di Jakarta, mungkin bisa dibilang bukan perkara yang mudah. Dan tampaknya inilah banyak yang mulai begeser ke daerah pinggiran atau di sekitar ibukota untuk mencari hunian.

Salah satu yang sebaiknya mulai Anda lirik adalah daerah seperti Bogor, karena harga lahannya yang relatif paling terjangkau. Terlebih kini Bogor juga mulai membenahi diri dan berkembang lewat berbagai infrastruktur transportasi massal yang terhubung dengan Jakarta, seperti stasiun kereta Commuter Line Bogor-Jakarta.


Namun beda halnya dengan para investor, yang justru akan terus mencari properti baik berupa rumah, apartemen maupun tanah di ibukota atau tengah kota karena nilai jual atau sewanya yang tinggi.

Yang menarik, di Jakarta sebenarnya masih ada tanah dengan harga relatif terjangkau. Sepertiyang diberitakan oleh kompas.com, harga tanah di kawasan Jakarta Timur paling murah dibanding kawasan lainnya. Hal ini salah satunya disebabkan oleh posisi areanya yang berdekatan dengan Bekasi.

Terlebih area di bagian timur ini masih banyak lahan yang belum tergarap dengan maksimal misalnya untuk dijadikan perumahan.

Sebagai gambaran, di daerah Pulo Gebang kisaran tanahnya memiliki harga Rp 3,9 juta per meter persegi, sementara Cipayung Rp 4,5 juta per meter persegi. Lalu Cibubur dengan harga yang dibanderol Rp 5,5 juta per meter persegi, diikuti oleh Ciracas dengan rata-rata Rp 5,9 juta per meter persegi.

Sementara di kawasan lain Jakarta seperti di daerah Utara sudah mencapai puluhan juta per meter perseginya.

Jadi ini tentu saja cocok untuk mereka yang ingin berinvestasi properti. Apalagi Jakarta Timur sudah memiliki infastruktur yang mulai berkembang dimana salah satunya adalah Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).


Berburu Rumah Murah di Jakarta


Sebenarnya bukan hal yang mustahil juga untuk punya hunian di ibukota. Buktinya, baru-baru ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lewat Program Sejuta Rumah meminta pengembang perumahan untuk lebih gencar membangun rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)

Project ini digagas oleh Presiden Jokowini dan sudah berjalan selama lebih kurang 4 tahun, sejak 2015, dan terus berlanjut hingga kini. Dan tercatat untuk periode terbaru ini, telah dibangun rumah mencapai 120 ribu unit hingga akhir Februari 2019.

Selain rumah bersubsidi, ada pilihan lain untuk Anda yang ingin berburu rumah murah di Jakarta. Salah satunya lewat pameran tahunan bertajuk Indonesia Property Expo (IPEX), yang tahun ini menargetkan penyaluran kredit baru senilai Rp 6 triliun, dengan penawaran suku bunga 6,69 persen fixed rate 1 tahun, uang muka 1%, gratis biaya provisi dan administrasi dan masih banyak lagi.

Gelaran milik PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN ini menyajikan aneka pilihan hunian dengan harga beragam dan bertujuan untuk mendukung Program Sejuta Rumah.

Dan selain di pameran, sebenarnya masih ada penawaran penjualan rumah yang harganya masih terjangkau jika Anda menggunakan media lain.

Ya, berburu rumah murah di Jakarta bukan lagi perkara sulit karena sudah banyak website properti yang bisa Anda kunjungi untuk mengecek harga rumah, berdasarkan kawasan, harga maupun ukuran.

5 Contoh Rumah Murah di Jakarta


Salah satu website properti adalah www.99.co/id yang menampilkan banyak sekali iklan rumah murah di Jakarta dan bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Seperti halnya harga tanah yang masih relatif murah di daerah Jakarta Timur, bisa dibilang,  harga rumah di kawasan ini pun masih relatif terjangkau dibanding kawasan lainnya.

Misalnya saja, hunian baru di Kramat Jati, Jakarta Timur dengan konsep landed studio house berluas 24 m2 dan memiliki dua tipe yakni dengan lahan 33 m2 atau 36 m2.

Dibanderol masing-masing hanya Rp 295 juta dan Rp 315 juta, dimana setiap rumah dilengkapi dengan pondasi cakar ayam dan dak beton, serta dirancang untuk bisa dikembangkan jadi 2 lantai nantinya.

Akses jalan aspal yang bisa dilewati 2 mobil, dengan sistem keamanan 24 jam. Lokasinya strategis yang dekat ke Halte TransJakarta Pasar Rebo, dekat ke gerbang Tol Jagorawi dan Tol Cikampek. Akses yang mudah ke kawasan Cawang dan MT Haryono serta dekat ke pusat pendidikan dan pusat kesehatan seperti RS Pasar Rebo dan RS Harapan Bunda.

Lalu kalau Anda cari rumah murah di Jakarta Barat, sebagai gambaran, di daerah Kalideres, ada unit rumah yang ditawarkan seharga Rp 320 juta dengan luas kurang lebih 30 m2, terdiri dari 2 lantai, 2 kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tamu, dan dilengkapi listrik 900 watt.

Lokasinya hanya 10 menit ke Bandara Soekarno Hatta, 15 menit ke Stasiun Kalideres, 5 menit ke Mall Lottemart dan 10 menit ke Mall Daanmogot.

Meski dikenal dengan harga properti yang mahal, namun jika Anda cermati, masih ada rumah murah di Jakarta Pusat. Ada unit rumah minimalis yang ditawarkan hanya Rp 395 juta, yakni di kawasan Cempaka Putih. Rumah baru ini berluas 28 m2 dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi dan 2 lantai, didukung listrik 1300 watt. Berada hanya beberapa meter saja ke Jalan Raya, dekat ke fasilitas publik seperti rumah sakit, pusat pedidikan, pusat transportasi dan pusat perbelanjaan.

Sementara di Jakarta Selatan tepatnya Jagakarsa, ada rumah dengan luas 45 m2 dengan luas tanah 60 m2, memiliki spesifikasi pondasi batu kali, dinding bata merah, rangka atap baja ringan, genteng keramik dan lantai granit/marmer. Dilengkapi dengan 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi dengan listrik 1300 watt serta keamanan 24 jam.

Lokasinya sendiri bebas banjir dan berada dekat ke jalan raya, akses ynag mudah ke pintu Tol Cijago, Stasiun UI dan halte TransJakarta. Harga yang ditawarkan untuk unit rumah ini adalah mulai dari Rp 700 juta-an.

Terakhir, di Jakarta Utara, tepatnya di perumahan eksklusif Permata Gading Residence satu unit rumah seluas 38 m2 dihargai mulai dari Rp 800 juta-an. Dilengkapi 1 kamar tidur, 1 kamar mandi dan terdiri dari 2 lantai dengan listrik 2200 watt. Lokasiya sendiri berada dekat dengan Mall Kelapa Gading, yakni sejauh 2km saja.

Tips Lain Dapat Rumah Murah di Jakarta

photo : pixabay.com

Selain ikut pameran dan mencari sendiri di website properti, masih ada lagi nih cara mudah cari rumah murah di Jakarta:

1. Beli rumah lelang atau over kredit

Jika ada yang tak sanggup membayar KPR, bank biasanya akan melelang rumah yang bersangkutan dan ini harganya relatif murah karena bank cenderung mau jual cepat untuk dapat uang.

Informasi mengenai rumah lelang ini bisa Anda cari tahu dengan menanyakan ke bank, kenalan yang bekerja di bank atau cek di situs bank dan lihat sendiri daftar rumahnya.

Namun cari rumah dengan cara satu ini memiliki banyak pesaing, jadi siap-siap untuk memiliki opsi lain ya!

Oya, produk rumah over kredit juga bisa Anda minta informasinya ke bank. Ini meski harganya murah, tapi biasanya usia bangunan masih baru.

2. Beli rumah inden atau masih dalam proses dibangun

Rumah tipe ini terbilang murah karena biasanya developer butuh suntikan dana untuk menggerakkan bisnisnya.

Yang perlu Anda pastikan di sini adalah reputasi pengembangnya. Karena kalau ternyata yang dipilih adalah pengembang nakal, bisa saja proses pembangunan berhenti begitu saja, dan berujung pada kerepotan untuk mengurus pengembalian uang Anda dan sebagainya.
      
     3. Beli rumah bekas

Rumah bekas di sini tentu dalam kondisi yang masih layak huni. Ini bisa jadi alternatif, karena harganya juga tidak semahal rumah baru.

Apalagi kalau kondisi sang penjual sedang butuh dana cepat. Informasinya bisa Anda cari via online ataupun langsung berburu ke sejumlah komplek perumahan.

Tapi perlu diingat ya, bahwa selain harga, mencari rumah murah di Jakarta juga wajib mempertimbangkan faktor lainnya, antara lain kenyamanan, keamanan dan faktor legalitas. Jangan sampai karena beli rumah murah, Anda malah jadi bermasalah di kemudian hari.

Semoga informasinya bermanfaat ya!

5 komentar:

  1. This site was... how do you say it? Relevant!!
    Finally I have found something which helped me.

    Thank you!

    BalasHapus
  2. susah susah gampang beli rumah murah di jakarta itu. karena biasanya yang murah itu letaknya di dalam gang. yang kesel itu ketika tiba2 jalan masuk gangnya ditutup ama yang punya rumah besar di pinggir jalan. nah loh... susah deh tuh.

    BalasHapus
  3. Jakarta sudah lekat dengan harga-harga rumah mahal, tapi gk sedikit kok yang memberi harga terjangkau. Musti jeli

    BalasHapus
  4. Baru tau ada website itu .berguna bgt ka infonya .makasi byk ya

    BalasHapus
  5. wah terimakasih loh informasinya :)

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^