Kamis, 15 Agustus 2019

MPASI Kaya Nutrisi Bersama 1 Mangkuk CERELAC


CERELAC

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,  Aisyah putriku sangat senang kalau diajak melihat album saat Aisyah masih bayi. Apalagi foto saat Aisyah sedang makan bubur. Aku pun jadi terkenang saat Aisyah sudah mulai MPASI aku bersemangat sekali menyiapkan menunya. Bagiku, masa memberikan MPASI pada anak sangat menarik. Aku bahkan mencari banyak informasi mengenai cara memberikan MPASI, peralatannya dan menu yang cocok untuk anak 6 bulan.

Nah, kenapa anak diberikan MPASI pada saat usia 6 bulan atau 180 hari? Karena anak Anda membutuhkan energi dan nutrisi yang tidak bisa dipenuhi dari ASI saja. Selain itu, mereka juga perlu belajar mengonsumsi makanan padat.

Menurut WHO, alasan mengapa anak usia 6 bulan baru diperkenankan diberikan MPASI adalah :

  1. Pada usia 6 bulan atau 180 hari, refleks penolakan lidah terhadap sendok sudah lebih rendah.
  2. Sejak 6 bulan, ASI saja tidak mampu memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi bayi, kekurangan nutrisi dapat mengganggu tumbuh kembangnya
  3. Bayi pada usia 6 bulan sudah mampu duduk dan menopang lehernya sehingga mengurangi risiko tersedak.
  4. Usia 6 bulan, saluran pencernaan pada bayi sudah kuat (mature) daripada bayi di bawah usia 6 bulan. Ini akan mengurangi risiko alergi dan masalah saluran cerna.
  5. Bayi usia 6 bulan memerlukan tambahan kalori yang tidak bisa didapati dari ASI saja. Nah, kesenjangan kebutuhan energi yang harus diisi oleh makanan padat.

 Cerita Awal MPASI Aisyah


Saat Aisyah bayi, aku menunggu dengan gembira kapan saatnya MPASI.  Pada anak usia 6 bulan, ASI saja tidak cukup memenuhi gizinya yang dibutuhkan oleh karena itu perlu ditambah makanan pendamping ASI atau MPASI.

Aku sempat mengoleksi beberapa buku resep MPASI dan mengikuti group MPASI di facebook. Aku kuatir sekali kalau Aisyah tidak menyukai MPASI yang telah aku siapkan. Aku takut Aisyah tidak kenyang dan akan menganggu pertumbuhannya.  Kucek kebutuhan Aisyah makan per hari. Apakah memang sudah kenyang? Seberapa banyak MPASI yang perlu diberikan? Ternyata Mom, kebutuhan MPASI anak itu berbeda untuk anak usia 6 bulan, 7 bulan, 8 bulan atau 12 bulan.

Berikut Fakta yang perlu diketahui ketika anak sudah usia 6 bulan:

  1. Bayi berusia 6 bulan atau lebih memiliki kebutuhan asupan zat besi 11 mg/hari. ASI hanya mensuplai zat besi sekitar 2 mg sisanya harus didapatkan dari MPASI. (Sumber: IDAI)
  2. Makanan yang mengandung zat besi tinggi contohnya daging sapi harus bayi konsumsi sekitar 400 g per hari untuk memenuhi kebutuhan zat besi hariannya. Tentunya akan sangat sulit dipenuhi karena kapasitas lambung bayi yang kecil, apalagi kalau menemukan masalah anak susah makan.
  3. Apabila asupan zat besinya tidak terpenuhi, bayi dapat mengalami anemia defisiensi besi. Hal ini dapat menghambat perkembangan tubuh dan otaknya, serta mudah terserang penyakit karena daya tahan tubuh menurun. Akibatnya, anak dengan defisiensi besi dapat menghadapi kesulitan belajar dan masalah lainnya.
  4. Kebutuhan gizi untuk anak usia 6-8 bulan berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) untuk orang Indonesia tahun 2004 antara lain : Energi=650 kkal, Protein=16 gram, Vitamin A= 400 retinol equivalent (RE), Folat=80 mikrogram, Kalsium=400 mg, Zat Besi=10 mg, Yodium=120 mikrogram dan Zat Seng=7.5 mg.
Sudah tahu kan ya Moms, kalau faktanya perut bayi usia 6 bulan itu hanyalah sebesar kepalan tangan orang dewasa, tapi memerlukan nutrisi 5x lebih banyak dari orang dewasa loh! Untuk itu asupan gizi sangat penting diperhatikan.


Namun, Mom tidak perlu kuatir, ada CERELAC yang akan membantu untuk memenuhi kebutuhan bayi di atas usia 6 bulan, MPASI CERELAC diperkaya dengan zink, vitamin dan mineral. CERELAC memastikan kebutuhan nutrisi harian bayi tercukupi. Nah, dipastikan 1 mangkuk CERELAC, nutrisi pilihan Si Kecil ya, Moms! Untuk 1 mangkuk CERELAC diperkaya zat besi hingga 65% AKG serta vitamin mineral lainnya untuk mendukung nutrisi harian Si Kecil.

Saat memberikan MPASI jangan lupa mulailah dengan senyuman dan hati yang tenang saat menyuapi anak. Lakukan dengan perlahan, jangan memaksa anak menghabiskan makanannya, ajak anak ngobrol sebelum mulai MPASI perdana . Nah, Moms, MPASI sekarang jauh lebih mudahkan? Selamat mencoba!


#Tenangajabunda
#CERELACmamamyuk
 #mpasi
#mpasi6bulan

Info lebih lanjut bisa visit: www.mamamyuk.co.id

28 komentar:

  1. Wah banyak banget nih ya Mbak kandungan nutrisi yang ada di dalam cerelac ini

    BalasHapus
  2. Wah bener banget nih Mbak, kebutuhan si kecil ini memang harus terpenuhi nih ya Mbak

    BalasHapus
  3. Wah memang cocok banget nih Mbak cerelac ini sebagai makanan pendamping ASI ini

    BalasHapus
  4. iya, kebutuhan gizi si bayi banyak tapi lambungnya kecil. Belum lagi kadang dianya kurang suka dengan MPASI yang sudah dibuat, bagus kalau sekarang sudah ada solusinya

    BalasHapus
  5. Nah ini pas MPASI nanti anakku butuh makanan pendamping ASI, bisa dari cereal ini ya salah satunya, selain buah sayur dan daging atau ikan yang dihaluskan :)

    BalasHapus
  6. Baru tau kalau cerelac ini cocok untuk makanan pendamping ASI. Nutrisi nya juga cukup lengkap ya ternyata, mantap

    BalasHapus
  7. Nyam nyaaamm makin pinter cerdas sholih(ah) dan bahagia dgn konsumsi MPASI Cerelac ya Maakk
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  8. Info yg bermanfaat buat aku, mskasih mba

    BalasHapus
  9. Ponakanku nih suka banget sama Cerelac. Aku juga kayaknya pernah icip sedikit pengen tahu rasanya. Hahah.. udah gitu nutrisinya lengkap ya mba.

    BalasHapus
  10. Kalo si sulung yang suka Cerelac ini mbak, pokoknya rasa apa aja deh. Dulu ada yang bilang kalo bubur instan itu kurang nutrisinya, aku sampai sedih. Tapi ternyata enggak bener ya ucapan seorang temanku dulu

    BalasHapus
  11. MPASI yang tepat membantu si kecil tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan tahapannya.
    Dan cerelac hadir dengan pilihan banyak rasa yang lezat.

    BalasHapus
  12. Cerelac ini sudah ada jaman aku kecil dulu loh, kak. Kata almh. Ibuku, dulu aku juga dikasih cerelac. Makanya pas anak-anakku kecil juga aku kasih cerelac juga. Rasanya enak *aku aja suka, apalagi bayi :p

    BalasHapus
  13. Menginjak sekitar usia 6 bulan, bayi sudah mulai bisa dikenalkan dengan makanan yang bisa membantu tumbuh kembangnya

    BalasHapus
  14. Lebih gampang nih ngasih MPAsi pakai cerelac, jadi nggak repot. Apalagi pas jalan-jalan jadinya kan bisa simpel yaa. Memang anak 6 bulan pas banget dapat makanan pertamanya, biar bisa belajar makan.

    BalasHapus
  15. Aisyah kecil menggemaskan sekali!
    Emang penting banget ya mbak paham soal MPASI ini buat si kecil. Untung sekarang ada Cerelac. Nyiapin MPASI jadi ga ribet lagi dehh :))

    BalasHapus
  16. Anak saya juga suka Cerelac mba. Selain enak, mudah bikinnya apalagi kalau pagi kan sibuk banget di rumah. Hehehe

    BalasHapus

  17. Cerelac memang banyak disukai dan bisa jadi menu buat bayi yg perlu asupan nutrisi. Wah..thank for infonya mb Naqi

    BalasHapus
  18. Infonya sangat bermanfaat, terlebih bagi yang belum berkeluarga jadi info tambahan sebagai persiapan hihi

    BalasHapus
  19. Wah, saya masih belum banyak tau tentang kebutuhan asupan makanan bagi bayi. Boleh nih jadi referensi buat persiapan nanti kalau sudah punya bayi, rekomended buat disiapin sama istri. Makasih mba updatenya.

    BalasHapus
  20. Jadi keinget tante dulu kalau pulang abis dari posyandu dapet biskuit MPASI banyak, terus aku sering makanin itu biskuit soalnya enak 😂😂😂, jadi merasa bersalah

    BalasHapus
  21. Cucok ya mba Naqi cerelac ini utk asupan MPASI dg porsi dan zat gizi yg sudah terukur. Jadi solusi kalo butuh yg praktis dan bergizi atau emak lg males bebikinan 🤣

    BalasHapus
  22. Selama ini MPASI anak² selalu homemade. Nah yang seperti Cerelac ini dibutuhin kalau pas jalan² atau mulut lagi gak enak karena sakit. Biar ada variasi

    BalasHapus
  23. Ya ampuun lihat foto Aie gemes banget. Itu waktu usia dibawah 6 ya mba? Sekarang ga tetasa dah ultah ke 5 ya si cantik. Sehat terus ya. Btw Binar juga pernah coba serelac yang beras merah

    BalasHapus
  24. Gemes banget sama dek Aisyah waktu kecil. Apalagi bunda sering posting
    eh sekarang udah gede aja. Makasih ya Bun, soal MPASInya belajar banyak juga dengna cerelac

    BalasHapus
  25. Paling suka yang rasa pisang, dari harumnya kalau dituang air panas selalu bikin gagal fokus kalau itu makanan MPASI. Jadi seringnya ikut makan juga, hahahha.

    BalasHapus
  26. cerelac ini merakyat banget yah, anak2 aku jug amkan ini sebagai teman MPASI , enak kayaknya, maknaya doyan, tapi memang untuk varian tertentu

    BalasHapus
  27. Waaa... itu Aisyah gemesin banget. Kalau sudah 6 bulan memang sudah saatnya dikenalkan dengan makanan tambahan pendamping ASI, supaya bayi semakin sehat dan kuat

    BalasHapus
  28. Aku belum paham banget tentang MPASI. Yang kutahu MPASI itu olahan makanan bayi dari bahan alami yang dibuat sendiru gitu. Ternyata cerelac juga bisa ya mbak. Mesti banyak belajar buat bekal kalau berkeluarga nanti. Thanks mbak Naqi

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^