Selasa, 20 April 2021

Tips Memilih Gamis Modern Yang Nyaman dan Syar’i Untuk Orang Tua

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Sejak hijrah tahun 1998, aku sudah belajar menggunakan baju yang longgar dan panjang. Memang sih tidak serta merta menggunakan baju gamis,  aku mengawali dengan celana panjang atau kulot. Namun, lama kelamaan gamis menjadi pilihanku. Namun, tidak semua orang menyukai baju gamis yang kesannya jadi "tua" dan tidak modis. Apalagi zaman itu, baju gamis belum terllau banyak pilihan.

tips memilih gamis modern

Namun, perkembangan zaman, baju gamis atau abaya yag sering digunakan wabita muslim dewasa ini mulai berkembang. Seiring berkembangnya zaman sudah tersedianya banyak baju gamis modern dengan berbagai kreasi menarik dan kekiniaan. Dari penggunaan bahan yang semakin bagus hingga model serta tambahan pernak perniknya. Model gamis yang kian menarik ini telah memudarkan kesan baju gamis yang hanya cocok digunakan oleh ibu-ibu saja. 

Tidak hanya akan terlihat anggun, namun baju gamis juga sesuai syariat karena modelnya yang longgar serta menutupi aurat. Kini, baju gamis modern cocok digunakan semua kalangan baik anak muda hingga orang tua. Jika saat ini Anda sedang mencari baju gamis modern untuk ibu tercinta di rumah. Supaya tidak salah pilih, Anda wajib pahami terlebih dahulu tips memilih baju gamis untuk orang tua dibawah ini :

1. Memilih Gamis Yang Sesuai Umur Dan Bentuk Badan

Jika ingin membelikan ibu Anda, pakaian terusan seperti gamis, maka pilih yang sesuai dengan selera orang tua Anda. Pilih model atau motif yang simple dan tidak berlebihan.Kalau aku dulu, ibuku suka warna merah, jadilah gamis warna merah lebih disukai ibuku. 

Moms, dapat mengajak ibu atau ibu mertua Anda belanja gamis bersama. Pilihlah sesuai ukurannya agar merasa nyaman menggunakannya dan tetap bisa bergerak bebas. Kemudian, Anda tinggal menambahkan hijab yang sesuai dengan gamisnya. 

2. Memilih Gamis Dari Bahan Yang Sejuk Dan Nyaman

Memilh gamis tentunya yang longgar yang dapat menutupi tubuh secara keseluruhan. Pilih dari bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik, longgar, nyaman digunakan, dan lentur. Misalnya dari bahan katun Jepang, rayon atau kaos, atau sutra. 

soal model, pilih gamis dengan model longgar sesuai syariat supaya orang tua nyaman menggunakannya. Hindari memilih gamis dari bahan jersey karena akan nampak melekat di tubuh sehingga dapat memperlihatkan bentuk lekuk tubuh.

3. Memilih Baju Gamis Yang Tidak Mengkilap Atau Sangat Bertekstur

Ada berbagai model dan varian dari berbagai gamis. Untuk itu, nda harus lebih cermat memilih baju gamis yang nyaman dan enak dilihat. Anda boleh saja memilih gamis dengan aksen mengkilap atau bertekstur untuk hadiri acara penting seperti pesta atau pernikahan, namun pastikan sesuai dengan ukuran badan orang tua. 


gamis modern

Motif polos atau tanpa motif atau bergaris vertikal atau motif kecil kecil bisa menjadi pilihan membeli gamis modern untuk orang tua dan tetap bisa menunjukkan kesan elegan dan feminim, tergantung mix and match.

Disarankan tidak memilih gamis dari bahan mengkilap dan kain bertekstur jika Anda ingin membeli gamis untuk orang tua bertubuh gemuk. Pasalnya, hal itu akan memperjelas siluet bentuk tubuh dan membuat mudah gerah. Pilih dari bahan katun atau kaos supaya tampak lebih elegan namun tetap longgar. Pilih warna warna gelap seperti hitam atau biru dongker atau zaitun atau abu abu. Warna warna itu dapat memberikan kesan bentuk tubuh lebih ramping. 

Namun, jika orang tua Anda lebih suka dengan warna warna lembut atau terang. Maka Anda bisa memilih gamis berwarna cokelat muda, biru muda, pink peach, hijau muda, atau lainnya. Meski warna warna itu bisa membuat tubuh tampak lebih berisi. Pilih aksen yang simple dengan ukuran kecil supaya terlihat lebih slim saat menggunakannya. 

Nah, Moms, mumpung sebentar lagi lebaran, boleh banget memilih gamis ibu Anda. Segera memberikan kejutan, jika tidak dapat mudik, Anda dapat mengirimkannya sebagai hadiah lebaran. 

3 komentar:

  1. Terimakasih kak sudah memberi pilihan yang baik, semoga kedepannya lebih baik dalah hal memilih gamis hehehe

    BalasHapus
  2. Akhir2 ini aku banyak beli gamis, buat diri sendiri sih. Walopun blm konsisten berjilbab, tp utk baju aku memang LBH suka yg panjang rok gini, drpd celana sebenernyaaaa. Celana oke kalo utk pergi2 yg ga terlalu lama. Tp rok lbh nyaman utk perjalanan jauh, adem soalnya :D. Dan lebih gampang kalo ke toilet.

    Makanya mulai memperbanyak baju2 gamis. Kebetulan ada temen yg mulai jualan, dan aku suka model2 nya yg simple, chic, dan wrna2nya ga rame. Bahannya pas DTG juga berasa premium, ga tipis. Jd makin seneng pakenya :)

    BalasHapus
  3. Memilihkan gamis buat Ibu? Keknya rekomended banget tuh Mak. Biasanya hanya beli kerudung atau daster. Gamis bisa menjadi pilihan buat hadiah hari raya insyaallah...

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^