Kamis, 14 Oktober 2021

Jumlah Investor Kripto di Indonesia Capai 6,5 Juta Orang, Ini 5 Kelebihan Aset Kripto

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Ini 5 Kelebihan Aset Kripto. Siapa nih yang saat pandemi ini masih bertahan dengan memuat uang tabungan? Atau tidak punya tabungan? Jangan sedih! Pendapatan boleh saja berkurang, tapi rasa syukur jangan sampai punah. Untuk itu Moms, aku mau mengenalkan cara baru berinvestasi dengan dengan kripto.

Ini 5 Kelebihan Aset Kripto

Buat Moms yang baru saja mendengar istilah ini, mengutip dari Wikipedia, Mata uang kripto adalah aset digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi keuangan, mengontrol proses pembuatan unit tambahan, dan memverifikasi transfer aset.

Investasi aset kripto kini semakin populer, bahkan akhir-akhir ini muncul kekhawatiran bahwa telah terjadi  peralihan  investor di bursa saham ke mata uang digital secara masif.

Meskipun aset kripto merupakan instrumen investasi yang relatif baru. Namun, koin elektronik ini diperkirakan akan mengalami kenaikan dalam beberapa waktu kedepan.

Meningkatnya Investor Kripto di Indonesia 

Belum lama ini Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengatakan bahwa jumlah investor aset kripto mencapai 6.5 juta orang dengan nilai transaksi sebesar Rp 370,4 triliun pada bulan Mei.
Jumlah investor aset kripto pada bulan Mei ini meningkat hingga 3,8 persen dibandingkan dengan akhir tahun lalu sebanyak 3,88 juta.

Kenaikan jumlah investor ini terbilang cukup fantastis mengingat pada periode sebelumnya yakni Januari sampai April 2021 tercatat ada sebanyak 4,8 juta orang dengan nilai transaksi mencapai Rp 237,3 triliun.

Angka jumlah pengguna tersebut berhasil mengalahkan jumlah investor saham dimana berdasarkan data dari Bursa Efek Indonesia (BEI) jumlah investor yang tercatat sebagai Single Investor Identification (SID) hanya berada di kisaran 2.001.288 akun pada bulan Februari  dan 5.372.094 investor pada bulan Mei.

Salah satu alasan dibalik banyaknya masyarakat yang beralih dari semula investasi saham ke investasi kripto adalah kenaikan harga satu keping koin emas digital yang besar.

Misalnya, harga per koin Bitcoin dari 1 Januari 2021 sampai 20 April 2021 mengalami kenaikan hingga 96,87 persen dimana sebelumnya berada di harga Rp. 412.280.080 naik menjadi Rp. 811.672.919. 

Sedangkan, harga crypto hari ini khususnya bitcoin mencapai Rp.714.003.157 per koin. Beberapa mata uang kripto yang populer adalah Bitcoin, Ethereum, dan Binance (bnb coin). 

Ini 5 Kelebihan Aset Kripto

Instrumen investasi yang lahir dari semakin majunya teknologi ini memiliki berbagai macam kelebihan yang berhasil menarik banyak investor. Berikut beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan jika berinvestasi pada aset kripto.

Potensi Mendapatkan Keuntungan Tinggi
Mungkin kalian sering membaca berita meskipun sekilas mengenai harga bitcoin atau ethereum yang meningkat cukup drastis hingga ratusan juta. Aset kripto memang cukup terkenal bisa memberikan high return yang tinggi.

Di tahun 2020 harga bitcoin saja bisa menyentuh kenaikan hingga 354 persen yang membuatnya mengalahkan harga aset investasi keuangan lainnya termasuk saham.

Jika kamu bisa membeli dan menjual aset kripto di waktu yang tepat, kamu bisa mendapatkan keuntungan berkali kali lipat.

Bisa Digunakan Siapa Saja dan Dimana Saja
Aset kripto ini bisa digunakan oleh siapa saja dan dimana saja, masyarakat di seluruh dunia bisa berinvestasi di koin digital ini. 

Terlebih, untuk menjadi investor kripto tidak membutuhkan data pribadi apapun bahkan bisa menggunakan nama palsu atau anonim.

Transaksi Cepat Dan Mudah
Transaksi menggunakan mata uang kripto lebih cepat dibandingkan dengan transaksi yang dilakukan di bank. 

Misalnya, ketika kamu akan mengirimkan uang antar bank Internasional biasanya membutuhkan 2-3 hari atau bahkan lebih. Namun, perdagangan kripto hanya membutuhkan waktu beberapa menit sampai satu jam.

Transparan
Setiap investor bisa melihat seluruh transaksi yang sudah dilakukan. Tetapi, perlu diingat pengguna tidak bisa melihat transaksi tersebut dilakukan oleh siapa dan dari mana, sebab hanya berupa angka dan tanpa identitas.

Terhindar Dari Pemalsuan Uang
Para investor kripto akan terhindar dari pemalsuan uang, sebab sistem blockchain yang digunakan di mata uang elektronik ini tidak memungkinkan mata uang yang sama untuk melakukan dua transaksi yang berbeda.

Tertarik investasi di kripto? langsung saja kunjungi website Pintu.

Pintu adalah aplikasi jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Di Pintu, kamu bisa mengecek pergerakan harga aset, membaca berita-berita terbaru tentang crypto serta melakukan investasi dan trading hanya mulai dari Rp11.000 saja, lho. Download Pintu sekarang!

2 komentar:

  1. Kripto bagus banget, ya, apalagi penggunaannya mudah lewat handphone solusi banget di kondisi ekonomi yang seperti ini.

    BalasHapus
  2. Zaman makin canggih ya mbak, apalagi untuk milenials, kripto bisa jadi pilihan untuk dapatkan cuan

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^