Mempersiapkan Anak Untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Bersama Holisticare Ester C Kids

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Mempersiapkan Anak Untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Bersama Holisticare Ester C Kids. Dua tahun berlalu pandemi ini, semakin semangat menghadapi hari-hari Jujur selama semester ini aku mengalami jungkir balik menemani anakku belajar daring. Ketika Aisyah masuk kelas 1 SD dan Abang Fatih naik kelas 4 SD. Awalnya memang enjoy, anak tertib bangun pagi menghadapi webinar via zoom. Namun, semakin hari mulai timbul rasa bosan. Mulai pakai acara mandi lama, makan lama, sampai ngambek tidak mau ikutan zoom.



Masa belajar daring yang super duper sibuk ini akhirnya mulai ada Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Anakku yang mondok sudah lama masuk pondoknya, tapi yang SD masih PTM seminggu 3x. Itu pun tidak di sekolahnya, tapi di rumah teman di dampingi oleh 2 orang guru. Kepala yang awalnya mau meledak merasa ngajarin anak 24 jam, akhirnya mulai terasa ringan karena PTM. Yey, bukan anak aja ya yang tertekan, tapi emak juga dengan targetan tugas anak. Maka, ketika dapat terpilih menjadi salah satu peserta webinar dengan tema, “Mempersiapkan Anak dalam menyambut Kembali Pembelajaran Tatap Muka (PTM),” aku senang sekali apalagi bersama Pritta Tyas, M.Psi., Psikolog.
Holisticare X Blogger Gathering

Menurut Pritta Tyas, secara global 1 dari 7 ada menghadapi dampak stay at home dan 1,6 M berdampaknya anak dari berhentinya belajar tatap muka dan seluruh dunia. Data UNICEF lainnya, di tahun 2021 didapatkan pada anak-anak dan remaja, ketika disurvei dan mengadakan belajar secara online mengalami dampak kecemasan dan rendahnya minat berkegiatan.
Hal yang terjadi ketika belajar daring tanpa PTM, anak mengalami kesulitan sebagai berikut :
  1. Tidak disiplin. Kedisiplinannya kurang terjaga dibanding saat belajar tatap muka.
  2. Bosan. Anak-anak juga cepat bosan karena tidak ada interaksi langsung.
  3. Kesulitan dalam Pembelajaran Ada kesulitan dalam menghadapi pelajaran sehingga berujung menyerah. Ini karena tidak ada guru yang mendampinginya dan tidak semua orang tua mampu mendampingi anak belajar.
  4. Kurang Fokus.  Anak-anak jadi kurang fokus jika belajar secara online saja.
  5. Kondisi Mental Anak.
Perlu kita waspadai stres negatif pada anak yang tampak pada perilaku anak. Apalagi anak di bawah usia 12 tahun belum semuanya langsung bilang, “Aku stres!” sehingga sebagai ortu kita harus mengamati sikap anak, seperti susah tidur, kehilangan nafsu makan, malas ngapa-ngapain atau gejala emosinya kurang stabil (gampang marah, maunya nempel terus dengan orang tua) baper dan sulit konsentrasi.
Padahal, setiap anak itu membutuhkan PTM loh! Apalagi tidak semua orang tua memahami pelajaran anak dan mengenal psikologi anak.




Poin penting Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bagi Anak adalah :

  1. Anak butuh pendamping di mana guru atau educator yang responsif terhadap kebutuhan dan minat anak. Apa yang dibutuhkan oleh anak-anak. Jika via online saja, layar onlinenya guru tidak dapat melihat anak-anak mengalami kesulitan, hanya orang tuanya saja. Kalau tatap muka guru akan langsung menangkap, “Oh, anak ini belum paham,” sehingga dapat dibantu oleh gurunya.
  2. Anak butuh Sosialisasi langsung dalam wujud fisik, usia 4-6 tahun ke atas anak-anak butuh untuk berlatih bekerjasama, mengantri, meminjamkan dan pengalaman ini sulit didapatkan kalau anak hanya belajar di rumah saja.
  3. Melatih Emosi yang tidak nyaman saat PTM.  Misal, ketika mainannya diambil temannya. Perasaan takut, marah, kesal dan gesekan lainnya. Anak perlu berlatih menghadapi emosi ini agar dapat mengelola emosi cemas, malu dan lainnya.

Persiapan Mental Anak Untuk PTM


Kabar gembira anak diperbolehkan PTM ini aku sambut dengan gembira. Namun, persiapan menjelang PTM juga diperlukan. Apalagi selama 2 tahun ini ada lebih banyak di rumah. Anak di bawah 12 tahun masih belum dapat mengelola emosinya. Misalnya, pas PTM bertemu teman yang berbicara terlalu keras, berteriak atau lainnya.

Untuk itu, sebagai orang tua kita mempersiapkan anak untuk memberikan gambaran, tantangan apa saja yang nanti dihadapi pada saat Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Misalnya kita lakukan role play (bermain peran). Misalnya anak yang butuh pemanasan yang agak lama dalam menghadapi kondisi baru dia anak malu-malu dan butuh penyesuaian yang agak lama.

Ajarkan anak dalam nama guru, nama teman dan tiru nya gaya menyapanya. Ajarkan anak prokes seperti cuci tangan, menggunakan hand sanitizer dan menyiapkan kondisi anak yang sehat.




Di sekolah anakku diberikan syarat untuk mengikuti PTM. Anak harus sehat, membawa masker sendiri, hand sanitizer, membawa wadah minum, meja lipat, alat tulisan dan lainnya.

Selain itu, jika anak sakit (demam, flu, batuk atau lainnya), anak tidak diizinkan ikut PTM tapi mengikuti pelajaran secara daring. Berhubung peserta PTM anakku juga tidak banyak, aku cukup lega. Satu kelompok hanya 6 orang dan menjaga jarak. Hal ini cukup melegakan mengingat masa pandemi belum berakhir.

Holisticare Ester C Kids


Moms, saat anak PTM, aku juga menyiapkan anak untuk rajin makan vitamin C. Nah, kebanyakan vitamin C memiliki pemanis yang bikin rusak gigi anak. Jadi, aku mulai mencari vitamin C yang cocok. Alhamdulillah bertemu dengan Holisticare Ester C Kids suplementasi vitamin C inovasi baru yang diformulasi khusus untuk anak-anak yang dibuat dari ester C, yaitu kalsium askorbat yang dipatenkan dan melalui proses unik sehingga lebih tidak perih di lambung.

Isinya Ester C yang berbeda dengan vitamin C pada umumnya. Holisticare Ester C PH-nya netral tidak asam, bertahan di dalam tubuh selama 24 jam, mengandung pemanis Xylitol yang berasal dari bahan alam yang dapat memelihara gigi.


Holisticare Ester C Kids mudah dimakan, termasuk anak yang sudah bisa mengulum permen. Amannya 2-12 tahun yang dosisnya untuk anak. Waktunya tidak ada batasan khusus untuk minumnya, tapi sebaiknya di pagi hari menjadikan kebiasaan yang baik, sebelum berangkat sekolah.



Moms, setelah mengenal kelebihan Holisticare Ester C Kids, aku jadi semakin yakin melepas anakku PTM. Soalnya mampu memelihara daya tahan tubuh, mengatasi gejala kekurangan vitamin C seperti gusi berdarah, sariawan, mudah terserang flu, dan luka tak kunjung sembuh.

Moms, juga dapat membelinya di apotek terdekat atau info lanjutnya cek di IG @holisticareid

Semoga informasi dan pengalaman aku di atas bermanfaat ya Moms, yuk, wujudkan anak sehat dan percaya diri bersama Holisticare Ester C Kids!

23 komentar untuk "Mempersiapkan Anak Untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Bersama Holisticare Ester C Kids"

  1. Wah bagus ini kalau anak sudah mulai tatap muka apalagi sudah bisa bertemu dengan teman-teman dan gurunya. Rindunya udah terlepaskan, nih, tapi gak boleh lupa dengan asupan energinya biar aman.

    BalasHapus
  2. penting memberikan imun booster untuk anak ya mba, karena memang anak2 sudah mulai PTM skrg

    BalasHapus
  3. bentuk vitaminnya aja udah bikin anak anak hepi ya mom Naqi
    apalagi pas dimakan juga rasanya enak banget, ni aku udah beli satu lagi loh buat stok heheheee

    BalasHapus
  4. Ganteng banget si kecil ya Mba :D
    Btw nih holisticareester C Kids bentuknya lucu, jadi anak-anak pada suka ya, dan membantu menjaga imun tubuh pada anak juga, jadi gak was-was anak kembali PTM

    BalasHapus
  5. Jangankan anak-anak, saya yqng dewasa saja kadang kalau sudah benaran stress sampai tidak bisa bersuara lagi..."Aku stress" cuman dibathin, dan ini bahaya bagi kesehatan mental ya.
    Karena manusia sejatinya makhluk sosial, jadi mau tidak mau kita harus bersosialisai. Hanya saja sekarang di era new normal ini belum bisa berkerumun, sosialisasinya terbatas dulu hehe.

    BalasHapus
  6. Rasanya masih belum iklas melepas anak belajar tatap muka yaa, Mba, tapi semua harus dijalani. Yang utama yang harus kita siapkan selain mental adalah imun booster

    BalasHapus
  7. Bener y mba selain nutrisi yg lengkap Penting bnget memberikan suplemen tambahan seperti HolistiCare Ester C Kids agar daya tahan tubuh nys meningkat

    BalasHapus
  8. Rasanya lega saat anak-anak mulai pembelajaran tatap muka walaupun masih terbatas. Paling tidak tugasnya sedikit berkurang hehe..Tapi ingat harus tetap harus patuhi Prokes

    BalasHapus
  9. jadi tenang nih melepas anak belajar langsung di sekolah seperti sebelum pandemi. berkat holisticare ester c, daya tahan tubuh dan kesehatan anak terjaga :)

    BalasHapus
  10. Menurutku, PTM itu perlu, karena anak-anak memang perlu bersosialisasi. Tetapi sepakat banget perlu membekali mereka dengan imun yang baik, ya dengan vitamin. Mudah-mudah ya Mak, anak-anak kita selalu sehat dan berbahagia. Aamiin

    BalasHapus
  11. Jaga kesehatan dengan Holisticare Ester C Kids ini terbaik.
    karena anak-anak pasti aktivitasnya banyak dan euforia bertemu kembali dengan teman juga gurunya. Semoga kita semua senantiasa sehat dengan ikhtiar terbaik yang bisa dilakukan di masa pandemi.

    BalasHapus
  12. Anak saya suka banget dengan holisticareester ini jadi saya tidak harus susah membujuknya untuk dikonsumsi anak. Untuk kebaikan anak apapun pasti akan orang tua lakukan ya...

    BalasHapus
  13. Pelaksanaan PTM dalam kondisi sekarang sangat membutuhkan dukungan serta pengawasan ya mba. Aku pun memberikan multivitamin kepada anak agar terjaga daya tahan tubuhnya

    BalasHapus
  14. Holisticare Ester C Kids ini sudah banyak direkomendasikan orang. Sepertinya sekarang waktu yang tepat untuk ngasih vitamin C ini ke anak-anak karena sudah PTM setiap hari.

    BalasHapus
  15. Memang sih belajar online ini banyak menemukan kendala dan kurang efektif dibandingkan PTM apalagi buat anak-anak yang notabanenya butuh banyak kegiatan dan sosialisasi sama temen
    jadi bersyukur banget udah mulai PTM dan yang penting sih kita ingatkan terus anak untuk jaga prokes plus dikasih makanan bergizi serta vitamin biar tubuhnya sehat dan kuat

    BalasHapus
  16. Jaga imunitas penting banget di masa pandemi ini, apalagi anak-anak ya yg kadang abai sm prokes kalau asik main

    BalasHapus
  17. Supaya PTM gak was-was harus jaga prokes ya termasuk juga menjaga daya tahan tubuh. Rutin banget minum vitamin toss dong. Ester C dari dulu udah aku konsumsi juga mbak

    BalasHapus
  18. Saaf anak anak PTM, emang ketahanan tubuhnya harus kuat ya mbak
    Untungnya sekarang ada Holisticare Ester C yg membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak

    BalasHapus
  19. Ester C ini baik untuk anak ya mba dan penting diberikan. Apalagi sudah mulai tatap muka, sehingga perlu dijaga kesehatannya.

    BalasHapus
  20. Aku juga seneng sebentar lagi anak mau PTM. Tapi juga was-was. Makanya harus kasih vitamin ya. Kirain semua vit C sama. Ternyata Holisticare Ester C PH-nya netral tidak asam, bertahan di dalam tubuh selama 24 jam, beda dengan vit C lain ya..

    BalasHapus
  21. Aku pernah coba merek ini vitamin C yang buat dewasa, dulu waktu remaja sampai kerja aku minum. Eh, ini ada yang untuk anak-anak ya Ester C, bagus ini

    BalasHapus
  22. Menyiapkan anak ikut PTM memang paling utama itu adalah kesehatannya. Jika sehat dan fisiknya kuat, insyaallah bisa mengikuti PTM dengan aman.Untung ada Ester C yang bisa membantu menjaga fisik anak-anak.

    BalasHapus
  23. Bener juga ya Mba. Anak ketika mengalamk stres tidak bilang ''Aku Stres''. Akan tetapi dari gejala-gejala seperti sulit tidur, nafsu makan berkurang dan lainnya. Sehingga PTM dibutuhkan banget, apalagi PJJ perlahan memberikan dampak yang negatif juga terhadap perilaku anak. Semoga korona segera teratasi dan anak bisa PTM tanpa khawatir tertular virus.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^