Contok Pupuk Kandang yang Bisa Menyuburkan Tanah

Contok Pupuk Kandang - Salah satu jenis pupuk tanaman yang paling umum adalah ternak atau pupuk kandang. Seperti kebanyakan pupuk, Pupuk tanaman ini memenuhi kebutuhan nutrisi dan membantu tanaman untuk tumbuh. Pupuk ini juga merangsang pertumbuhan sel dan meningkatkan volume sel pada tanaman.


Keunggulan lain dari contoh pupuk kandang ini adalah sangat mudah didapatkan. Oleh karena itu, perlu dipahami berbagai jenis pupuk dan karakteristiknya. Peternakan unggas menghasilkan berbagai macam pupuk yang dapat digunakan sebagai pupuk. Pupuk jenis ini sangat responsif terhadap permintaan petani.

Wah, kok aku sekarang ngomongin pupuk ya? Nah, berhubung aku baru saja gabung dengan KWT (Kelompok Wanita Tani) Barokah dekat rumahku. Kegiatan ini dfasilitasi oleh Inisiatif Zakat Indonesia (IZI). Kami ada sekitar 18 anggota bergabung untuk belajar menjadi “petani kota” syukurnya ada warga yang meminjamkan lahan.

Kelompok KWT Barokah


Awalnya iseng gabung karena suami bilang, “Ikutan deh Mi!” ya iyalah secara suamiku “melatih petani” di kantor, aku di rumah malas berocok tanam haha… zaman kuliah kalau praktikum ya seadanya aja, ilmunya enggak nempel!

Nah, berbekal ingin ngumpul sama ibu-ibu tetangga, aku gabung dan akhirnya belajar bercocok tanam, termasuk mengenal pupuk kandang. Ini penting karena sayuran yang kami tanami kelak menggunakan pupuk kandang dari kotoran sapi, kambing dll.

sayuran organik
Sayuran yang lagi disemai


Sementara tanaman yang baru disemai ada cabe, tomat rampai, terong, timun, oyong, cabe rawit, sawi, dan selada. Selain itu, kami juga akan menanam kangkung dan bayam. Serunya, ibu-ibu yang bergabung sudah dapat baju seragam, loh!

Apa Saja Contok Pupuk Kandang yang Bisa Menyuburkan Tanah?


Kotoran Sapi

Bagi petani pedesaan, penggunaan kotoran sapi bukanlah hal baru. Namun bagi pemilik rumah, kotoran sapi dianggap sebagai hal yang menjijikkan. Padahal, kotoran sapi memiliki banyak manfaat untuk reproduksi tanaman.

Pupuk memiliki kandungan serat yang tinggi dan berperan dalam meningkatkan sifat fisik tanah. Pemupukan yang cukup dapat mengubah tanah liat menjadi pasir.

Pupuk dapat diberikan jika telah mengalami proses dekomposisi yang matang dan sempurna. Memiliki warna gelapnya sendiri, anti lengket Warna terang Ia dikenal karena sentuhannya yang tidak berbau dan sejuk.

Kotoran Kambing

Kotoran kambing juga bisa dijadikan pupuk. Kotoran kambing adalah biji kecil yang sedikit bocor. Prinsip utama kotoran kambing adalah proses pengomposan, yaitu mengubah sampah organik menjadi pupuk organik.

Kotoran Kambing
Pupuk Kandang-Kotoran Kambing


Pencampuran nutrisi sebelum memulai proses fermentasi dapat meningkatkan kualitas kotoran kambing. Memiliki K dan Ca yang tinggi dan jenis pupuk ini cocok untuk merangsang pertumbuhan buah dan bunga.

Tapi itu tergantung pada jenis tanaman yang ingin Anda pupuk. Kambing muda kurang bergizi tetapi kurang bergizi dibandingkan kotoran sapi.

Urin Hewan Ternak

Urin hewan juga dapat digunakan sebagai pupuk tanaman. Ini karena urin mengandung nitrogen tinggi dan meningkatkan metabolisme protein. Selain itu, urin kaya akan sulfur D.

Kotoran ayam diperoleh dari campuran sekam yang digunakan oleh petani. Kandang yang bersih akan bercampur dengan sekam dan menghilangkan kotoran.

Mempersiapkan Menanam Kangkung


“Tanahnya diratakan dulu, sisanya masukan polybag saja!” kata Mbk Ragil.

“Ini masih ada sisa pupuk kotoran kambing, emang sudah bisa ditanam langsung kangkungnya?” tanya ibu yang lain.

“Sudah, bu. Ini pupuknya sudah satu minggu,” kata Mbk Ragil yang membantu kami dalam bercocok tanam.

Kotoran Kambing-Menanam Kangkung
Mempersiapkan lahan untuk menanam kangkung


Jadilah sore itu kami merapikan tempat persiapan kami menanam kangkung dan bayam. Aku yang jarang pegang cangkul atau alat pertanian mengambil tanah, jadi belajar lagi dari nol! Seru juga, loh!

Esoknya lahan yang telah kami siapkan mulai menanam kangkung dan bayam. Sayang aku enggak bisa ikutan karena anakku ada yang sakit. Tapi, doaku semoga tanaman kami tumbuh sehat dan subur apalagi kelak pakai pupuk kandang. Jadi, sayurannya organik dan Insya Allah menyehatkan!.

Kotoran Kambing-Menanam Kangkung
Semangat KWT Barokah


Semoga info mengenai contok pupuk kandang di atas bermanfaat dan selamat mencoba bercocok tanam! Kalau Moms, punya lahan luas, mau menanam sayuran apa saja nih? Share dong!

1 komentar untuk "Contok Pupuk Kandang yang Bisa Menyuburkan Tanah"

  1. Ternyata selain megang laptop pas jadi blogger, juga bisa ke kebun berkebun ya, Mbak. Wanita super mah apa aja bisa, bener banget kalau pupuk bisa berasal dari beberapa sampah organik kayak gini. Pernah juga ikut buat pupuk dari daun kering walau agak rumit, tapi seneng banget kalau bisa ikut kegiatan kayak gitu. Terima kasih sharingnya!

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^