Ade Utami Ibnu : Mobil Baca Ade Keliling Pelosok Demi Meningkatkan Literasi Masyarakat Lampung

Ade Utami Ibnu : Mobil Baca Ade Keliling Pelosok Demi Meningkatkan Literasi Masyarakat Lampung. Siang yang terik ketika aku sampai ke rumah Bang Ade Utami Ibnu, anggota DPRD Provinsi Lampung. Hari ini aku dapat menuntaskan rasa penasaranku dengan Mobil Baca Ade dengan maskot terkenalnya, yakni hewan gajah dan jerapah sedang membaca buku.

Mobil Baca Ade


Bang Ade Utami Ibnu sendiri sudah lama aku mengenal namanya, pria kelahiran Serang, 19 Desember 1975 ini menunjukkan Mobil Baca Ade yang terparkir rapi di samping rumahnya. 

Tentu saja aku sangat excited melihat langsung Mobil Baca Ade, tak banyak orang yang mau fokus menjadi pegiat literasi, tapi Bang Ade sudah memulainya sejak 2016l dan bergerak meningkatkan literasi masyarakat Lampung.

Bang Ade juga bercerita sejak kecil ia suka membawa buku ke sekolah dan dipinjamkan ke teman-temannya. Kadang melakukan kegiatan membaca bersama. Bahkan, sejak ia menjadi anggota DPRD Provinsi Lampung, ia sering membawa buku-buku ke kampung untuk dibaca anak-anak.

Ade Utami Ibnu : Mobil Baca Ade Keliling Pelosok Demi Meningkatkan Literasi Masyarakat Lampung

"Walau anak-anak tersebut tidak membaca buku dengan lama atau tidak tuntas membacanya, pengalaman ramai-ramai membaca buku akan diingat sampai besar," ujar Ade Utami Ibnu.

Tak hanya buku yang ada di Mobil Baca Ade, tapi juga ada permainan tradisonal yang dapat dinikmati anak-anak setelah membaca buku.

Mobil Baca Ade Keliling Pelosok
Ya, keinginan Bang Ade ini karena ia juga prihatin dengan kebiasaan anak di era digital ini. "Jika tidak bergerak, anak-anak akan lebih suka main game atau nonton. Dengan gerakan ini akan tumbuh kebiasaan membaca dan ke depannya menjadi suka menulis," tambah Bang Ade Utami Ibnu.

Perda Budaya Literasi

Sebagai pegiat Literasi, aku sering diundang untuk mewakili Tapis Blogger dalam pertemuan persiapan Perda Literasi. Salah satu inisiator Perda Budaya Literasi di Lampung adalah Bang Ade. 

Setelah melewati uji publik Perda Budaya Literasi, perda yang ditunggupun terbit. Perda No 17 Tentang Peningkatan Budaya Literasi terbit beriiringan dengan pembangunan Perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara oleh Pemrpov Lampung.

Perda ini diharapkan mampu meningkatkan budaya literasi di Lampung dengan terdapatnya pojok baca di berbagai tempat, seperti di hotel atau bandara.

Mobil Baca Bang Ade sendiri beroperasi setiap Sabtu dan Minggu. Mobil ini berkeliling kepelosok atau bergiliran ke berbagai tempat.

Terdapat ribuan koleksi buku dengan berbagai genre. Mulai dari cerpen anak, novel hingga pictbook (buku bergambar). Ada juga buku untuk remaja dan dewasa. 

Terdapat juga permainan tradisional seperti engkrang, ular tangga dan bakiak. 

"Jika ada acara di Jakarta, saya menyempatkan diri membeli koleksi buku anak-anak yang tebal," cerita Bang Ade Utami Ibnu.

Dikutip dari wartalampung.id, Ade Utami Ibnu mempersilakan pegiat literasi, aparatur kelurahan, ketua RT, ketua lingkungan, Karang Taruna, dan masyarakat umum untuk meminta Mobil Baca Ade ini singgah di kelurahan mereka.

Tak hanya sampai menyiapkan bahan bacaan untuk anak-anak di Lampung, Bang Ade juga pernah mengadakan lomba menulis cerpen untuk anak SD dan SMP.

Lomba menulis ini diadakan dalam rangka Hari Pendidikan Nasional sejak 2-30 Mei 2021. Bang Ade mengandeng 3 juri, yakni Isbedy Stiawan ZS, Naqiyyah Syam, dan Fitri Restiana.

37 komentar untuk " Ade Utami Ibnu : Mobil Baca Ade Keliling Pelosok Demi Meningkatkan Literasi Masyarakat Lampung"

  1. Keren deh aksi nyatanya meningkatkan literasi bangsa, ya. Moga makin banyak anak-anak yang gemar membaca

    BalasHapus
  2. Respect sama org2 yg penuh inspirasi, menghidupkan literasi dgn menumbuhkan minat membaca lewat mobil baca yg konsisten berkeliling. Semoga segala yg twlah dilakukan menjadi kebaika

    BalasHapus
  3. Mantap banget nih Bang Ade tetap semangat untuk memajukan literasi bagi anak-anak, semoga dengan adanya mobil baca keliling bisa menyemangati anak-anak untuk semakin gemar membaca buku daripada banyak main gadget ya.

    BalasHapus
  4. Senang sekali melihat mobil baca Ade.
    Aku rindu dengan semangat literasi anak-anak yang sibuk dengan memilih buku dan duduk santai membaca dengan perasaan gembira. Meski kini buku terbilang mahal, semoga sosok Ade Utami Ibnu semakin banyak dan menebarkan keberkahan Budaya Literasi Anak Indonesia.

    BalasHapus
  5. Keren nih
    Sebetulnya pemerintah juga udah turun tangan lho
    Sayangnya gak konsisten dan gak dipikirin keberlanjutannya
    Jadi akhirnya hanya jadi sampah

    BalasHapus
  6. Takjub dan bersyukur jika mobil baca keliling masih dinikmati masyarakat. Upaya untuk menimbulkan cinta baca yang jempolan. Harapannya sih anak-anak lebih teralihkan dari gaget ke buku ya mbak.

    BalasHapus
  7. Adanya mobil baca seperti itu meningkatkan kesadaran juga ya buat anak-anak sekitar, biar semangat membacanya

    BalasHapus
  8. Masyaallah ikut seneng masih ada sosok seperti bang Ade yang begitu intens mencerdaskan anak bangsa dengan edukasi literasi. Sukses selalu bang Ade, semoga berkah

    BalasHapus
  9. Wah perjuangan yang patut diacungi jempol nih, karena gak semua orang punya ide se brilian itu. Good job

    BalasHapus
  10. Semoga dengan adanya mobil baca ini makin meningkatkan kecintaan kita pada buku, suka sedih sih kalo liat anak2 lebih akrab dengan gadget dari pada buku

    BalasHapus
  11. Bagus, aku dukung mobil bacanya Ade. Mengunjungi prmbaca sampai ke Lampung, semoga budaya membaca semakin bertumbuh

    BalasHapus
  12. Wah, ini inspiratif sekali mbk. Kebayang ada mobil buku gini ngetem di desa, minimal anak-anak yang belum terbiasa baca jadi punya keinginan untuk gabung baca..

    BalasHapus
  13. Masya Allah. Bisa menjadi contoh untuk aku nih mba. Kereen ya. Anak2 memang deh tantangan kian hari kian besar. Tapi jangan menyerah. Menjadi teman, memfasilitasi 😍

    BalasHapus
  14. Keren banget ini, mobil baca keliling. Memang agar anak-anak hobi baca itu harus disediakan wadahnya. Apalagi kalau rame-rame bikin tambah semangat.

    BalasHapus
  15. Keren gerakan peningkatan literasi bang Ade, memang harus kongkrit sih kalau ajak masyarakat utk punya literasi yang bagus, ajak baca, bawakan buku. Karena bagi sebagian masyarakat, buku juga barang mahal

    BalasHapus
  16. Mobil baca kek gini harus lebih banyak disosialisasikan di kota-kota lainnya juga sih buat meningkatkan minat baca anak-anak dan menumbuhkan semangat literasi. Apalagi kalua bisa rame-rame ngajakin temennya bakal lebih seruuu.

    BalasHapus
  17. keren banget bang Ade. udah jadi anggota DPRD biasanya sering sibuk, tapi beliau masih menyempatkan diri turun ke kampung-kampung untuk menumbuhkan literasi.

    BalasHapus
  18. mobil baca Ade Utami ini memang efektif yang sebagai sarana untuk meningkatkan literasi masyarakat di Lampung

    BalasHapus
  19. Keren nih di lampung punya perda tentang literasi, bahkan akan dibangun perpustakaan terbesar se Asia Tenggara. Salut juga buat bang Ade Utami Ibnu, yang walau sudah jadi pejabat, tetap punya kepedulian terhadap budaya literasi anak-anak di pelosok Lampung

    BalasHapus
  20. wah kalau saya jadi anak-anak pasti senang banget nih ada mobil baca begini karena bisa baca banyak buku. pastinya keberadaan mobil baca ini bisa menjadi salah satu cara untuk menyebarkan virus cinta buku ke anak-anak ya mbak

    BalasHapus
  21. Molly klo liat mobil baca keliling inget film upin ipin. Klo main2 ke lampung, bisa nih molly ikut baca

    BalasHapus
  22. alhamdulillah dengan mobil baca Ade, akses literasi membaca semakin dekat ke masyarakat. Biasanya kalau baca rame-rame itu banyak ngobrolnya sih, tapi tetap seru dan berkesan yah, baca beragam buku di mobil.
    Di Jakarta sini dari segi perpusda alhamdulillah bagus selain itu ada perpustakaan keliling ke sekolah-sekolah.

    BalasHapus
  23. Seneng banget sama adanya mobil baca.
    Dan pastinya selain menyebarkan semangat literasi secara nyata, juga bisa memanfaatkan buku-buku cetak agar bisa dibaca lebih banyak anak-anak dan orang dewasa yang hobi membaca.

    BalasHapus
  24. Wah, senangnya ada mobil baca Ade. Pastinya anak-anak happy banget nih bisa baca buku lewat mobil baca Bang Ade. Bisa pilih berbagai bacaan buku anak yang menarik.

    BalasHapus
  25. Mantap nih meski kelilingnya cuma weekend aja. Yang penting anak-anak atau masyarakat jadi bisa baca ya. Kalau di pelosok kan kadang terbatas gitu buku-bukunya

    BalasHapus
  26. Salut buat Bu Ade menebarkan semangat literasi. Pengen gitu juga deh, koleksi bukuku banyak banget gak ada yang baca nih hehe

    BalasHapus
  27. Masya Allah... Keren banget ini idenya bikin mobil baca keliling. Kalau gak salah aku pernah lihat mobil ini pas di GIIAS kemarin deh, atau mirip ya dengan si mobil baca ini.

    BalasHapus
  28. Semoga makin banyak tertarik baca ya krn saat ini godaannya gadget, tiktok

    BalasHapus
  29. Gambar di mobilnya lucu banget. Udah bikin langsung tertarik untuk didekati. Salut dengan aksi nyatanya. Gak hanya berterori tentang literasi. Tetapi, juga terjun langsung ke lapangan.

    BalasHapus
  30. Sebetulnya salah satu impian aku juga kayak gini nih mbak, bikin tempat atau perpustakaan keliling supaya anak-anak bisa terbiasa membaca buku. Apalagi kalau baca buku bareng2 memang menyenangkan, setuju dengan kata-kata mas Ade, walaupun bukunya gak dibaca sampai habis atau sebagian saja, tapi mereka akan mengingat kegiatan membaca bersama-nya itu

    Seneeeng banget kalau liat ada yang menghidupkan mimpi kita gini deh yaa. Berkah terus buat mas Ade sudah memberi banyak manfaat gini

    BalasHapus
  31. Keren banget ya Mba Ade Utami ini sangat menginspirasi untuk mencerdaskan bangsa banyak cara yang bis akita lakukan dan dari hal-hal sekeliling kita, semoga makin banyak orang terinspirasi untuk membuat perubahan dalam mencerdaskan bangsa

    BalasHapus
  32. Wiih ini seru pasti, kalau mobilnya Pak Ade lewat bakal ditungguin sama anak-anak. Kayaknya bisa ditiru nih buat dipraktekkan di CFD atau mana gitu, biar literasi anak-anak semakin meningkat.

    BalasHapus
  33. Sampe ngadain lomba segala ya Mbak. Sungguh totalitas beliau. Keren. Semoga Allah karuniai kesehatan dan rezeki yang luas.

    BalasHapus
  34. salut banget dengan Bang Ade ini ya, Mbak. Bahkan udah jadi anggota DPRD pun tetap melanjutkan atensinya terhadap literasi khususnya untuk anak-anak melalui mobil baca ini, kereeeeen.
    moga semakin banyak orang-orang besar seperti Bang Ade ini ya Mbak :)

    BalasHapus
  35. MasyaAllah, inspiratif banget yaa. Gak banyak lho yang mau bersusah payah begini. Kalau pak ade lewat kayaknya di tempatku juga pasti anak anak nungguin. Apalagi bukunya juga beneran dipilih sama pak ade supaya cocok . Sampai kalau ke jakarta dia sempatkan beli buku yang agak tebal. Salut.

    BalasHapus
  36. Senang ya kalau ada mobil baca begini. Pingin deh kalo di kampung ini juga ada, biar anak2 termotivasi baca. Kadang bukan krn anak2 gak suka, tapi memang yg mau dibaca itu gak ada.

    BalasHapus
  37. semoga dengan adanya mobil baca ini membuat minat baca masyarakat jadi lebih tinggi yaa

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^