Kiat Anak Cepat Tidur Malam

Kiat Anak Cepat Tidur Malam. Kualitas istirahat yang bagus sangat penting bagi buah hati. Karena itu bunda perlu tahu bagaimana kiat anak cepat tidur malam agar bisa tercukupi kebutuhannya dan bisa bangun pagi dengan segar. Tidak jarang masalah tidur malam ini cukup merisaukan bunda. Dengan beberapa kiat berikut, bunda bisa mulai menerapkan pada buah hati sehingga tidak sering begadang.

Kiat Anak Cepat Tidur Malam


Anak yang kurang tidur biasanya akan rewel dan nafsu makannya berkurang. Dampak selanjutnya daya tahan tubuh menjadi rendah sehingga mudah sakit, bahkan bisa mengganggu tumbuh kembangnya. Kebiasaan tidur anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan. Karena itu, bunda perlu mengawali dengan memberikan suasana yang mendukungnya untuk bisa cepat tidur di malam hari.

Kiat agar Anak Cepat Tidur Malam


Masa anak-anak merupakan waktu pembentukan karakter dan kebiasaan yang akan terus dibawa sampai dewasa. Pada waktu tersebut banyak yang harus bunda perhatian dan biasanya sehingga akan menjadi hal positif yang terus dilakukan anak, termasuk jam tidur. Beberapa kiat yang bisa dilakukan agar anak cepat tidur malam adalah:

1. Membatasi jam tidur siang

Jam tidur pada siang hari yang terlalu lama membuat anak tidak mudah ngantuk ketika malam. Karena sudah terlalu banyak tidur, pada malam harinya anak akan tetap aktif yang semakin membuat rasa ngantuk tidak segera datang.

2. Membuat suasana kamar nyaman

Kamar dengan lampu redup dan tenang bisa mendorong anak untuk cepat merasa ngantuk dan tertidur. Sebaliknya, suasana kamar yang ramai oleh musik atau suara orang dan lampu yang terang akan membuat matanya tetap terjaga sehingga tidak mau segera tidur.

3. Menjauhkan dari gadget

Kebiasaan anak bermain gadget ketika malam hari sangat berpengaruh pada kualitas istirahatnya. Gambar pada layar tersebut membuat otaknya tetap bekerja sehingga menghalau rasa kantuk dan membuatnya susah tidur.

Bunda harus batasi jam dan waktu penggunaan gadget sehingga anak lebih fokus dan mudah untuk diarahkan, termasuk ketika bunda memintanya untuk segera tidur.

4. Tidak memberi banyak makanan berat

Makanan berat yang masuk ke lambung harus dicerna. Selama proses tersebut, organ tubuh akan stand by sehingga rasa ngantuk pun tidak kunjung datang. Sebaiknya bunda punya batasan jam berapa buah hati makan malam agar metabolisme dalam tubuhnya teratur dan bisa cepat beristirahat.

5. Beri minuman yang membuat rileks

Rasa kantuk akan segera datang jika anak rileks. Bunda bisa memberikan segelas susu pada buah hati yang mengandung tryptophan yang membuat anak lebih tenang dan mudah tidur. Rasa hangat dari minuman ini juga akan membuat anak menjadi nyaman dan bisa tidur dengan nyenyak.

Cukup banyak kiat anak cepat tidur malam yang bisa Anda coba. Dengan mempraktekkan satu atau beberapa di antaranya, anak bisa mulai dibiasakan untuk cepat tidur sehingga kebutuhannya untuk istirahat bisa tercukupi.

Posting Komentar untuk "Kiat Anak Cepat Tidur Malam"