Tampilkan postingan dengan label Masak-masak. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Masak-masak. Tampilkan semua postingan

Senin, 23 Mei 2016

MPASI 1 Tahun : Cara Mudah Membuat Sup Ikan Belut



Cara Mudah Membuat Sup Ikan Belut. Assalamualaikum sahabat Smart Mom,  sudah lama ya aku enggak nulis MPASI Aisyah. Kali ini aku mau nulis makanan kesukaan Aisyah yakni Sup Ikan Belut. Ada yang geli ya dengan ikan belut? Awalnya aku juga gitu. aku enggak berani membersihkan ikan belut, tapi berhubung suami suka makan dan berani membersihkan, aku jadi berani masaknya. 

Awalnya Aisyah diajarkan makan ikan saja. Ikan macam-macam jenisnya. Dari ikan nila, ikan lele, ikan salmon, ikan patin dan lainnya. Nah, saat itu aku mau menambah berat badan Aisyah. Aku cari info mengenai caranya. Salah satunya yang bagus adalah memberi makan ikan dan lemak. Nah, akhirnya aku kenalkan Aisyah ikan belut.

Rabu, 20 April 2016

Cara Mudah Membersihkan Kepiting

Cara Mudah Membersihkan Kepiting

[Tips] Cara Mudah Membersihkan Kepiting. Assalamualaikum Sahabat Smart Momada yang suka makan kepiting? Kalau aku suka banget. Ayahku dulu suka mengajak aku ke pasar dan membeli kepiting. Jika bermain ke Pantai Panjang Bengkulu, aku juga suka mencari kepiting. Seru deh! Tapi... saat aku baru menikah, aku pikir aku bakal enggak akan makan kepiting lagi. Soalnya, aku enggak bisa membersihkan kepiting. Apalagi masak kepiting! Duile, Moms, aku malu banget hihihi.... aku nangis disuruh buka kepiting ama suami. Aku takut plus ngeri hiks.... alhamdulillahnya suamiku bisa membersihkan kepiting :) Aku memang baru belajar masak setelah menikah, hihi.... telat enggak ya? Sebenarnya bisa masak sih tapi jarang nyoba yang enggak aku kuasai hehe...

Selasa, 05 April 2016

Tips Membuat Menu Makanan Anak yang Bergizi


Tips Membuat Menu Makanan Anak yang Bergizi. Assalamualaikum sahabat Smart Mom, setiap pagi pasti menyiapkan makanan untuk anak kan? Entah buat sarapan atau buat bekal. Pasti mikirin nih, apa aja yang akan disiapkan. Apalagi soal gizi harus seimbang. Moms, perlu diketahui bahwa kebutuhan gizi berbeda loh dalam tingkatan umur. Misalnya, untuk anak usia 1-3 tahun memerlukan 1.000 Kalori per hari dengan kebutuhan protein sebanyak 25 gram. Lalu, untuk anak usia 4-6 tahun, memerlukan 1.550 Kalori per hari dan memerlukan sebanyak 39 gram proterin per hari.


 Wah, gimana ya mengatur menunya? Enggak usah pusing gitu Moms, untuk mengatur makanan yang memenuhi standar gizi, Moms hanya perlu membuat pola makanan yang sehat. Caranya, Moms perhatikan menu makanan anak yang bergizi. 

Sabtu, 19 Maret 2016

Cara Mudah Membuat Puding Jagung

Resep Puding Jagung
Cara Mudah Membuat Puding Jagung [Smart Mom]. Assalamualaikum sahabat Smart Mom, ada yang suka makan puding atau sering disebut agar-agar :) Nah, buat anak yang MPASI 1 tahun sudah bisa loh makan puding. 

Selasa, 08 Desember 2015

Resep Urap Enak Untuk Tumpeng



Buat urap enak untuk tumpeng? Aiih makan sayur aja susah, gimana buat urap?

Sebelum nikah, aku susah banget makan sayuran. Beeeh, rasanya enggak enak. Apalagi makan tuoge, iih ngelihatnya ngeri ada akarnya. 

Pas nikah, suamiku doyan makan sayuran. Kalo makan, sayurnya lebih banyak dibanding nasi. Nah, dari sanalah, aku mulai belajar makan sayur :) 

Suami doyan banget makan urap. Kalo di Padang, namanya Anyang. Rasanya agak beda dengan urap. Apa ya? Warnanya lebih merah dibanding urap ala Jawa. Urap yang biasa dibuat kakakku, agak kuning. Urap yang dibuat kakak iparku pakai daun jeruk. 

Agar lebih tahan lama, kelapa yang sudah diberi bumbu  digongseng atau juga bisa  dikukus. Silakan pilih sesuai selera :) 

Nah, saat Aisyah ultah 1 tahun, aku masak urap untuk tumpeng. Berikut resep urap mudah dan enak resep dari kakakku di Bengkulu. Hihihi....andalannya ya nanya ke kakak yang jago masak  hehehe  ... :)
 

Bahan Bumbu halus :
- Bawang putih 
- Garam 
- Kencur 
- Cabe rawit (jika mau merah pakai cabe merah,jika mau kuning pakai cabe rawit dan kunyit). 
- Kelapa parut muda, 
- Biar awet kelapa, setelah diberi bumbu di gongseng sebentar  


Bahan Sayuran : 
- Daun singkong 
- Taouge/kecambah 
- Kacang panjang 
- Daun Pepaya ( agar tidak pahit, direbut dengan daun jambu dan direbus dalam panci tertutup, masukan dalam saat air telah mendi 
dih). 

Cara Membuat : 
- Giling semua bumbu, cabe rawit, bawang putih, kunyit, garam, gula merah, kencur, setelah halus beri daun jeruk yang disobek-sobek (buang tulang daunnya). Digoseng sampainya mengering atau secukupnya. 

- Campur semua sayuran yang telah direbus dengan bumbu urap. 

- Siap dihidangkan


Nah, itulah resep urap enak untuk tumpeng ala aku, semoga Sahabat Smart Mom dapat mencobanya. Dijamin enak!

Selasa, 30 Juni 2015

Toples-toples Ibu

cerita tentang ibu
Toples-toples Ibu

"Bu, sudah malam, tidur yuk!" ajakku. Rasa ngantuk sudah menggodaku untuk segera merebahkan diri. Tapi, ibu masih sibuk dengan toples-toples itu.

"Sabar, sebentar lagi."

Ah, rasanya malas banget menemani ibu merapikan toples-toples itu. Ya, toples-toples jadul itu sejak masuk Bulan Ramadhan, sudah dicuci bersih. Dikeringkan dengan diletakkan terbalik pada selembar koran. Agar airnya kering. Lalu, dilap bersih dan siap diisi kue. Kenapa toples jadul? Atau tepatnya kami sering menyebutnya gelok. Gimana enggak jadul, bentulnya enggak kece seperti toples sekarang yang bening, menarik dan jreng.

Nah, untuk itulah, ibu sampai begadang. Toplesnya mau dipakaikan baju! Ya, ibu punya kebiasaan baru, toples lama yang jadul atau bahkan tutupnya yang sompel itu disulap. Toplesnya dipakai manik-manik atau renda bekas,  dilem dengan lem tembak. Dan... tara...jadi cantik sekali.

"Jadi, toples itu buat diisi kue semua, Bu?" tanyaku. Ibu mengangguk-angguk. Hah? Banyak banget! Tapi, itulah ibuku, toples-toples itu akan diisi dengan kue bikinannya sendiri. Bahkan, kue dari lebaran Idul Fitri hingga ke lebaran Idul Adha masih ada. Kebayangkan banyaknya isi toples itu. Memang sih ada yang bukan buatan sendiri. Ada dibeli kakak-kakakku, ada yang dikasih saudaraku tapi lebih banyak dibuat sendiri. Hadeeeh, alamat begadang euy!

"Kalau tidak ada kuliah, temani buat kue ya!" ajak Ibu. 

Begini-nih yang bikin hati luruh. Maklum, keempat kakakku sudah menikah, aku sebagai anak bungsu menemani ibu, termasuk ikut buat kue. Saat lebaran kue andalan ibu cukup banyak seperti nastar dan kue kastagel. Dua kue ini primadona deh. Aku paling suka nemani ibu membuat kue nastar isi nanas. Biasanya aku kebagian mengoles dengan kuning telurnya. Lalu memasukkan ke oven. Kue nastar dan kastagel dua-duanya diberi toping taburan keju sebelum di panggang. Ibu memilih Keju kraft , membuat kue primadona keluarga semakin nikmat. 

Jumat, 03 April 2015

Resep Pempek Enak Anti Gagal

pempek buatanku

Sebenarnya udah lama banget mau masak pempek sendiri. Tapi, selalu berdalih, males. Mahal bahannya. Ya iyalah, kalau pakai ikan tenggiri berapa tuh sekilo? Nah, lagian lihat-lihat resep di blog teman-teman malah bingung. Aduuh takarannya gimana nimbangnya ya? Hahaha... Jadilah galau suralau :p 

Siang tadi Faris kian menagih janji kalau Umminya mau masak pempek. Oow... Ummi tertantang dong. Pas Bunga, kakak keduaku di Bengkulu nelp, langsung deh nanya resep pempek. 

Bahan :
- Terigu 2 gelas 
- Sagu 1/2 kg
- Ikan tenggiri diblender/ikan teri diblender
- Garam
- Penyedap rasa (jika suka)


Pilihan Isi :
- Tumis kates yang sudah diparut
- Telur

Cara Membuat :
1. Masak air mendidih
2. Siapkan wadah dan masukkan terigu 2 gelas dan campurkan dengan air mendidih. Aduk hingga merata. Diamkan hingga dingin.
3. Setelah dingin (kira-kira bisa dipegang), campurkan ikan teri diblender/ikan tenggiri yang sudah diblender atau tidak dicampur ikan juga gak apa-apa, tambahkan  garam, penyedap rasa dan sagu perlahan-lahan. Uleni hingga bisa dibentuk.
4. Bentuk sesuai yang diinginkan pempek lenjer atau telur.
5. Jika pempek telur, bikin bulat-bulat lalu tekan di tengahnya, masukan telur sesendok dan tutup lagi dengan perlahan, lancipkan ujung-ujungnya seperti membuat pastel.
6. Rebus dengan air mendidih.
7. Tiriskan 
8. Siap digoreng dan disantap


Cuka :
- Bawang putih
- Cabe rawit
- Ebi
- Asam jawa
- Gula merah


Cara membuat :
1.Giling bawang putih dan cabe rawit (bisa pake blender).
2. Rebus gula merah dan asam jawa dengan air yang sedikit (biar kental, boleh tambah kecap jika suka).
3. Saring lalu campurkan bawang putih dan cabe.
4. Cuka siap digunakan

terigu sudah teraduk dengan air panas

bentuk pempek

rebus dalam air mendidih hingga mengapung

tiriskan siap digoreng

cuka


Naaaaah, bisa jualan pempek nih hahahaha...met mencoba ya :)

Selasa, 24 Maret 2015

Resep Membuat Pizza Murah dan Lezat

Pizza-Murah-Lezat

Waktu hamil Aisyah pengen banget loh beli Pizza yang di Jakarta xixixi... nggak kesampean, lah kenapa nggak yang di Lampung aja? Entahlah pengen yang di Jakarta hahaha.... dulu sekali pernah makan Pizza beli di Jakarta rasanya pas dilidah, pas di Lampung kok aneh gitu ya? hiks...

Faris pengen banget Umminya masak Pizza, nah gimana tuh caranya? Pas Binta pasang DP resep ini langsung deh pengen nyoba juga :)


Bahan Pizza





Resep Pizza Murah Meriah :


1. Tepung terigu 1/4 kg
2. Telur 1 butir
3. Susu 
4. Keju
5. Saos tomat
6. Sosis
7. Bawang Bombay
8. Minyak goreng (2 sendok)
9. Mentega (2 sendok)
10. Penyedap rasa
11. Ragi (fermipan 1/2 bungkus)

Cara Membuat :


1. Siapkan adonan berupa tepung, telur, susu hangat, mentega, minyak goreng dicampur dan uleni sampai kalis. Lalu dibiarkan 30 menit sambil ditutup dengan serbet yang basah.



2. Siapkan Happy Call atau Teflon. 



3. Sembari menunggu adonan mengembang, siapkan toping. Tumis bawang bombay dengan irisan sosis. 


4. Adonan yang sudah mengembang, ratakan di atas Happy Call atau Teflon. Tusuk dengan garpu agar matang.

5. Beri saos tomat dan toping, taburkan keju parut. Lalu tutup dan masak dengan api kecil sekitar 15 menit.


Pizza-Murah-Lezat dimasak dengan api kecil selama 15 menit

Tak lama, taraaaa jadi deh :) Gimana hasilnya? Faris suka banget malah ketagihan pengen minta dibuat lagi :) Yuk, coba :)






Minggu, 14 Desember 2014

Serunya Buat Coklat Sendiri


coklat yang dicampur kacang
Bikin coklat sendiri gimana caranya? Itulah yang sering ingin kuketahui ketika teman meng-upload coklat bikinannya. Nah, jadilah aku belajar buat coklat. Soalnya, emang suka makan coklat sih :)

Bahan dan alat :

1. Beli coklat batangan, di super market ada loh :)
2. Cetakan coklat, bisa bentuk hewan atau benda lucu-lucu
3.  Wadah tupperware (tahan panas)

Cara membuat :
1. Lumerkan coklat batangan dengan cara masukan ke wadah tupperware, lalu masukan ke dalam magic com sekitar 5-10 menit (dikira-kira aja lumernya berapa lama).

2. Tuang ke dalam cetak.

3. Setelah agak dingin, masukkan ke dalam freezer.

4. Sekitar 3 jam. Taraaaaa...jadilah coklat buatan sendiri.

5. Mau penyimpanan agak lama simpan dalam plastik khusus kue dan susun dalam toples.

Nah, jadi deh coklatnya, oh ya kalo kamu suka kacang atau kurma, silakan dicampur setelah dituangkan ke dalam cetakan. Selamat mencoba ya :)



cetakan coklatku

Rabu, 03 Desember 2014

Agar Masak Cepat, Stok Bumbu Dapur

bumbu giling (dokumen pribadi)

Biasanya ibu-ibu sibuk dan rempong jika pagi menjelma. Beberes rumah, nyuci, menyiapkan anak berangkat sekolah. Alhasil, cepat-cepat en buru-buru deh. Soal masak juga sering menjadi kendala. Gimana dong biar bisa masak cepat?

1. Siapkan peralatan masak yang sudah bersih. Nah, sering itu malas memulai masak kalo lihat peralatan masak kotor. menumpuk di dapur. Kerjaan jadi bercabang. Antara cuci piring dan masak. Gimana nih? Usahakan kalo malam, sebelum tidur,  mencuci peralatan masak ibu-ibu. Jadi, pas bangun tidur dapur udah kinclong, tinggal siap masak-masak aja :)

2. Stok Sayur. Ini perlu banget. Mau masak cepat kalo stok sayur nggak ada juga bingung. Apalagi kalo kayak saya, jauh dari pasar, tukang sayur baru jalan di depan rumah jam 8 pagi. Wow, masak jam 8 mah udah kesiangan banget buat sarapan anak mau ke sekolah gimana? Jadi, biasanya saya stok telur, ayam yang sudah diungep, ikan yang sudah dibersihkan, dan lain-lain.

3. Bumbu Jadi. Kalo saya di rumah sering masak sayur santan. Makanya rempong deh kalo mesti ngupas bawang dulu, giling cabe dulu. Wih, berapa menit masaknya? Jadilah saya stok bumbu jadi yang sudah digiling. Di pasar banyak en murah. Lumayan tangan nggak pegel deh giling bumbu. Pake blender? Ya tetap makan waktu, mengupas bawang, membersihkan sayuran, apalagi peras santan. Nah, enakan beli santan yang sudah jadi. Di pasar juga ada :) beli 5 ribu udah banyak loh :)

Nah, sekarang masak deh. Yuk, mencoba :)

Sabtu, 07 Desember 2013

Resep Sayur Singkong dan Petai

Ada yang suka petai. Nah, jika suka bingung mengelolanya, saya punya resep nihJ resep ini ala saya sendiri. Nyoba-nyoba campur-campur dan alhamdulillah enak hehhe...

Bahan :
  •  Petai 1 papan
  •   Daun singkong 2 ikat
  • Ikan teri
  •  Jamur kayu
  •  Santan (kalo saya pakai santan kara)

Rabu, 14 Agustus 2013

Resep Ayam Goreng Kremes Ala Rumah Makan Padang

Bingung cara masak ayam goreng kremes ala rumah makan padang? Yap, aku dapat resepnya. Awalnya aku bingung juga masak rendang, nyari-nyari en nanya ke Mbah Google, resepnya beda-beda, akhirnya pake resep kakakku, jadi mantaaaaaap deh.

Nah, besoknya temanku ada yang inbox, ngasih resep rendang ala rumah makan padang. Wah, telaaaaat....rendangku udah jadi. Eh, aku nanya aja, Mbk ada resep ayam goreng kremes ala rumah makan padang enggak? Eh, dijawab dia bisa, jadi deh aku minta juga, Nah...inilah resepnya :D

Resep Ayam Goreng Kremes Ala Rumah Makan Padang

Ayam Goreng Kremes Ala Rumah Makan Padang buatanku ^_^
Bumbu :
Bawang merah
Bawang putih
Merica
Ketumbar
Kemiri
Daun salam
Lengkuas
Serai
Garam
Penyedap (jika pakai)

Cara Membuatnya :
Giling bumbu dengan halus, kecuali Lengkuas, serai dan daun salam. Rebus ayam hingga empuk. Jika kurang empuk, boleh ditambah santan. Jika sudah empuk, angkat sisakan sedikit kaldunya.

Kremes :
Ambil sisa bumbu/kaldu rebusan ayam, beri 2 sendok tepung beras dan 2 sendok tepung kanji (agak encer). Jika ingin mengembang boleh ditambah baking powder sedikit saja. Lalu goreng dengan cara menyebar. Tunggu agak kecoklatan, Alhamdulillah jadi deh ^_^ 

Selamat ya, Ayam Kremesnya siap disantap, nyam...nyam...


Oh ya, mau tahu siapa yang ngasih resepn jitu ini? Mbak Ari Pusparini, makasih ya, Mbk :)