Rabu, 20 September 2017

5 Tips Tampil Cantik Tanpa Make Up


Assalamualaikum sahabat Smart Mom,
5 Tips Tampil Cantik Tanpa Make Up. Tampil cantik adalah fitrah bagi perempuan. Cantik bukan berarti harus dandan menor. Cantik juga tak harus make up yang tebal atau pakai pakaian yang mahal. Cantik dapat diusahakan dengan biaya yang murah loh! Namun, tidak semua perempuan yang suka dandan dan pakai make up. Salah satunya, aku yang jarang sekali bermake-up disebuah acara.
Tapi, bukan berarti arti aku cuek dengan penampilan. Apalagi kalau hadir disebuah acara tertentu. Pakaian dan jilbab juga sudah disiapkan dan direncanakan hehe...  pernah suatu hari aku rada aneh dengan perubahanku dan cerita dengan seorang teman.

Jumat, 15 September 2017

Agar Anak Berani Ikut Lomba Perayaan Kemerdekaan


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, apakabar semua? Aku mau cerita pengalaman mendampingi anak-anakku mengikuti Lomba perayaan Ulang Tahun Republik Indonesia ke-72. Ini tahun kedua buat Fatih yang duduk di TK mengikuti lomba. Tahun lalu, di TK juga diadakan berbagai lomba loh. Anak-anak juga diajak bernyanyi lagu kebangsaan dan makan nasi kuning bersama.

Ada berbagai lomba yang diadakan di TK dibagi sesuai usia, jika tahun lalu anak TK A ada lomba memindahkan air, membawa kelereng dengan sendok dan lomba pakai kaos kaki. Fatih saat itu mengikuti lomba kaos kaki. Lucu banget deh, karena enggak nemani, aku dapat fotonya dari group WA orang tua. 

Selasa, 12 September 2017

Peran Blogger Untuk Prevalensi Stunting di Flash Blogging Lampung



Assalamualaikum, sahabat Smart Mom, 

Hari ini aku bersama teman-teman Tapis Blogger menghadiri undangan Keminfo dalam acara Flash Blogging dengan tema Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dalam Penurunan Prevalensi Stunting di Hotel Novotel Bandar Lampung. 

Pagi yang cerah aku melaju membelah Lampung bersama Aisyah putri kecilku yang baru saja 3 tahun. Kami naik gojek menuju Novotel. Sampai di tempat acara belum dimulai, alhamdulillah, tapi Aisyah malah rewel huhu... but tak lama sudah bisa dikendalikan. Aku happy banget karena materi yang disampaikan sangat aku nantikan, aplagi aku punya pengalaman yang kurang menyenangkan.
 
Sambutan dari Bpk Deden  Surya Nandika: Dir. Kemitraan Komunikasi Ditjen 
Saat hamil anak pertama, aku belum banyak ilmu mengenai gizi dan nutrisi. Saat itu ekonomi keluarga kecilku juga masih sangat minim. Alhasil, aku juga kurang memahami pentingnya gizi buat janinku. Saat anakku mulai sakit-sakitan dan tumbuh kembangnya berbeda dengan adik-adiknya, aku mulai bertanya-tanya, kenapa badan anakku kurus? Kenapa tingginya tidak sesuai dengan anak sebayanya? Kenapa mudah sakit? Wah, jadi kepikiran deh!

Mendengar penjelasan dari dr Marina membuat aku seperti terlempar di masa lalu. Menurut dr Marina Peran pemerintah dalam menurunkan prevelansi stunting ini diperlukan. Nah, apakah itu stunting? Stunting adalah anak-anak atau orang dewasa yang tingginya kurang standar karena kurang gizi. Ini bukan faktor genetik loh seperti Pak BJ Habibie atau kelainan tulang seperti yang dialami Ucok Baba. Tapi, anak yang mengalami stunting ini adalah anak yang cenderung menjadi anak yang menurun kualitas pertumbuhannya, sehingga otaknya kurang berkembang optimal (menjadi bodoh).

Seperti yang kita pahami, bahwa kualitas hidup manusia diperlukan menunjang kehidupan dimasa depan. Aku pun mengalaminya, saat lajang malas makan sayuran dan buah-buahan, sehingga badan masih 37 tahun terasa mudah capek. Nah, kalau gaya hidup kita jelek, penyakit mudah sekali menyerang, seperti hipertensi, diabetes, tapi kalau kita jaga gaya hidup sehat, maka  penyakit mudah diatasi.

Perlu diketahui Smart Moms, saat anak berusia 270 hari atau dalam 2 tahun pertama atau 1000 hari pertama kehidupan. Masa 1000 hari awal kehidupan itu sangat diperlukan loh. Janin memerlukan nutrisi yang baik, sehingga lahir dengan sehat. Ini akan menjadi awal tumbuh kembang yang baik untuk ke depan agar menjadi generasi yang sehat.

dr Marina
Anak yang mengalami  stunting atau cebol adalah akibat proses kehamilan kurang gizi yang sempurna. Lalu, setelah lahir. tidak mendapatkan asupan gizi yang baik, bahkan pernah mengalami infeksi. Anak yang mengalami sunting ini akan menurun daya kognitifnya. Tidak hanya pada tinggi badan saja, tapi juga daya tangkap otaknya.

Moms, saat ada gangguan pada kehamilan 8 bulan, maka sel-sel tumbuh kembang janin akan terganggu. Saat usia 2 tahun pertama adalah peluang emas untuk pertumbuhan anak. Hal ini diawali dengan saa hamil meningkatkan kualitas gizi ibu dan janin. Kemudian setelah bayi lahir melakukan Inisiasi Dini (IMD), saat 6 bulan dilakukan MPASI yang baik dan masa pertumbuhan 5 tahun anak akan mencapai perkembangan 100%. 

Tak hanya anak-anak yang mengalami sunting, kelompok remaja dan dewasa karena pola hidup kurang sehat, seperti malas bergerak, sering memakan makanan siap saji, stres berlebihan dan mengalami paparan berbahaya, seperti asap rokok, kendaraan, pabrik, pembakaran hutan dan lainnya dapat mengalami stunting.

Dari hasil penelitian Lancet, Child Survival Series 2003, ASI 6 bulan pertama sangat berperan untuk kuaitas hidup anak di masa depannya. Bayi lahir dengan berat rendah berisiko mengalami stunting. Di Sumsel dan Bali untuk pendeknya dalam batas normal. Selain provinsi itu, angka stuntig di atas rata-rata. Penyebab ini karena Ibu Hamil anemia, ibu hamil kurus, ibu hamil kurang gizi, dan lainnya.

Pemerintah saat ini tablet penambah darah untuk ibu hamil, tapi hanya 3-10 ibu hami meminumnya, selebihnya tidak. Selain itu, penyebab lainnya, ibu hamil mengalami mual jadi sering asupan gizi tidak sempurna. Hal inilah menyebabkan pemerintah mulai mengalakkan agar masyarakat menjaga kesehatan dan pola hidup sehat agar tumbuh kembang anak menjadi sehat dan sempurna. Diperlukan kerjasama dari para blogger untuk menekan angka stunting di Indonesia gimana caranya?

Peran Blogger Untuk Prevalensi Stunting :

1. Menulis di blognya bahaya dan waspada mengenai Stunting.
2. Mengedukasi lewat tulisan agar masyarakat paham mengenai Stunting.
3. Memberikan informasi lewat media sosial agar masyarakat aware terhadap Stunting.
4. Bekerjasama dengan Kemenkes dan Keminfo melakukan edukasi ke sekolah, perguruan tinggi dan posyandu.
5. Mengajak masyarakat berperan aktif jika menemukan anak atau remaja yang mengalami stunting agar di data.
6. Memberikan informasi pentingnya memakan obat penambah darah saat masih lajang (agar tidak anemia)


Ngeblog Bersama Mira Sahid



Pemateri kedua disampaikan Mbk Mira Sahid. Siapa sih enggak kenal dengan Mbk Mira Founder Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB) yang suka yoga juga. Beliau mengajak Blogger Lampung bijak menggunakan media sosial. Ada berbagai media sosial, tapi pilihlah sesuai kebutuhan. Saat di media sosial jadilah diri sendiri. Pencitraan boleh tapi pencitraan yang postitif karena setelah diposting di medsos tidak akan pernah dihapus selamanya loh!

Mira Sahid mengajak peserta untuk mengamankan nama domainnya. "Ayo siapa yang belum menyelamatkan nama domainnya? kalau saya ada dua Mira Sahid, saya dan dari India," ujarnya.



Mira sahid juga mengajak peserta memahami arti pentingnya memikirkan ulang sebelum share sesuatu. Apalagi jika itu bakal bikin diri kita bahaya. Selain itu, Mira mengajak untuk membuat personal branding yang baik, "Masih ingat Cumi Lebay? Dia nyetrik dengan blognya. Walau ya... fotonya ..." ujar Mira disambut senyum para peserta.

Ada 45-an peserta yang hadir sebagian adalah blogger yang aktif, baik dari Mahasiswa, Ibu rumah tangga, wartawan  dan umum semangat mengikuti acara Flash Blogging ini. Semoga ke depan semakin banyak acara ini, semakin padat materinya, soalnya bikin nagih euy! ke depan diperlukan Blogger berperan aktif menyebarkan konten yang baik, terutama soal kesehatan ini. Bravo Flash Blogging!





Kamis, 07 September 2017

Mencicipi Sate Taichan Mantuul

Assalamualaikum sahabat  Smart Mom, aku mau cerita kalau aku suka makan sate. Sejak kecil sering beli sate Pak Kumis (panggilan aku aja sih) di tempat aku dibesarkan yakni di Bengkulu. Aku suka sate madura, sate Padang dan sate lainnya. Eiya, saat aku tinggal di Padang, makan sate Padang hampir tiap hari karena ada penjual dorong yang sering lewat depan rumah. Cukup dengan Rp. 5000 rb, bisa kenyang makan sate Padang hahaha....


Mencicipi Sate Taichan Mantuul

Kemudian, kalau aku ke pasar, di Pasar Belimbing, ada penjual sate Padang dengan lokan atau kerang. Rasanya enak juga apalagi kuah sate Padang emang makyoos.

Ketika pulang ke Lampung, makan sate sudah mulai berkurang. Apalagi susah nyari Sate Padang yang enak. Sate lainnya juga udah biasa di lidah hehe... hingga suatu hari, aku dikenalkan teman Sate Taichan Mantuul (ingat ya uuu ada 3 u hehe...). Sate ini lebih awalnya hanya membuka pre order tapi karena banyak pelanggan yang ingin membeli langsung, akhirnya buka kedai deh!

Rabu, 16 Agustus 2017

8 Tempat Wisata Instagramable Paling Memukau di Palembang

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,


Saat mudik ke Jambi lebaran lalu, kami mampir ke Palembang. Sayangnya, kami tidak bisa lama. Soalnya, mau lanjut lagi perjalanan ke Jambi. Rasanya emang pengen lama-lama di Palembang. Pasti tahu dong Palembang terkenal dengan makanan khasnya, pempek. Yup, makanan ini bikin selalu tergoda untuk ke Palembang. Tapi, bukan hanya pempek yang bikin kangen, tempat wisatanya juga aduh bikin kesem-sem ke Palembang euy! Zaman masih kuliah, aku pernah naik ketek di atas Sungai Musi dan melewati Jembatan Ampera, selain itu aku dan beberapa penulis FLP Se-Sumbangsel pernah ke Pulau Kemaro.  Nah, buat kamu yang belum pernah ke Palembang, yuk, kenalan dengan Palembang lebih dekat!

Sumber : http://anekatempatwisata.com

Selasa, 15 Agustus 2017

AMITRA Berbagi Berkah Kunjungi Medan, Gelar Talkshow Umroh Aman



Pergi ke Tanah Suci adalah impian setiap umat muslim. Saat mendengar cerita umroh kedua kakakku saja, aku merinding, bahagia sekaligus “iri” lah iya beneran deh!  Aku pengen juga loh umroh. Seorang teman pernah nulis status di facebook, kalau mau ke tanah suci, coba persiapkan diri, salah satunya bikin tabungan umroh atau haji. Wah, ini menohok banget sekaligus menjadi pengingat. Kalau cita-cita emang harus diusahakan, termasuk mau umroh dan naik haji. Nah, saat mencari info mengenai pembiayaan umroh dan haji, aku jadi mengenal AMITRA. Apa dan siapa AMITRA kita kenalan lebih jauh, yuk!

AMITRA Berbagi Berkah

Dalam rangka HUT FIFGROUP ke-28 sekaligus datangnya bulan Ramadhan, AMITRA menggelar program khusus bernama AMITRA Berbagi Berkah. Program ini diluncurkan secara resmi pada tanggal 5 Juni 2017 di Hotel Aston Priority, Jakarta Selatan. Peresmian ini dihadiri oleh Presiden Direktur FIFGROUP, Margono Tanuwijaya dan Presiden Direktur AMITRA, Zulkarnaen Prasetya.

Rabu, 09 Agustus 2017

Eliminasi Hepatitis Menuju Keluarga Sehat



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Eliminasi Hepatitis Menuju Keluarga Sehat. Ketika Bowo Susilo mengatakan akan ada Temu Blogger dari Kemenkes mengenai Peringatan Hari Hepatitis Sedunia, aku jadi berbinar-binar. Info hepatitis ini sangat minim bagi keluarga kami. Sedangkan Ibuku saat meninggal dinyatakan mengidap Hepatitis B dan sudah menjadi Kanker Hati.

Entah bagaimana awalnya Ibuku sakit hepatitis karena kami pun tidak menyangka ibu sakit berat. Awalnya Ibu mengeluh gatal-gatal dan alergi dibagian tangannya karena usai membersihkan selokan. Sedangkan selokan itu bekas mewarnai batik. Zat kimia yang mengendap lama banyak berkumpul. Usai sembuh dari alergi, ditemukan benjolan di belakang telinga. Kata dokter, benjolan itu adalah kelenjar getah bening dan Ibu harus dioperasi. Ibuku shock dan mengalami drop luar biasa, hingga akhirnya berat badan turun secara dratis. Dari sakit hingga meninggal cepat sekali selama dua bulan, Ibu kembali layaknya anak kecil. Ibu ingin dilayani dan mudah ngambek.

Selasa, 08 Agustus 2017

7 Sekolah Negeri di Lampung Dapat Donasi #BukuUntukIndonesia

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,


Buku adalah sahabat kami. Sejak sebelum menikah, aku suka mengkoleksi buku. Begitu pun dengan suami. Kami keluarga yang gemar membaca dan mencintai buku. Anak-anak juga sejak kecil dikenalkan dengan buku. Kami kenalkan lewat mendongeng atau membelikan buku bergambar.

Blogger Lampung ikut menyaksikan donasi buku
Saat mendengar PT Bank Central Asia Tbk (BCA)  ingin berbagi buku dalam gerakan #BukuUntukIndonesia. Wah, aku excited sekali ikut acara ini. Aku dan teman-teman blogger pagi-pagi sekali berangkat dari Bandar Lampung menuju Gadingrejo, Prengsewu.

Pagi itu Jumat, 21 Juli 2017, kami sampai di  SD Negeri 7 Gadingrejo, Pringsewu, Bandar Lampung. Perjalanan memakan waktu sekitar 45 menit. Hujan menemani saat kami keluar dari mobil. Namun tidak membuat semangat kami berkurang. Apalagi banyak anak-anak sekolah dengan riang gembira bersiap di sekitar panggung utama.

Rabu, 02 Agustus 2017

Dua Varian Baru Lampung Banana Foster, Bikin Nagih Deh!



Dua Varian Baru Lampung Banana Foster, Bikin Nagih Deh!

Saat masih kecil. Aku senang sekali menunggu Ibu mengangkat cakenya yang baru saja matang. Bagiku, cake yang hangat itu lembut banget. Bikin nagih deh makannya. Bertahun kemudian, sejak menikah, aku seperti kehilangan gairah makan cake yang lembut lagi. Sudah berganti dengan makan cemilan yang lainnya. Namun, sejak kenal Banana Foster. Aiih, bikin nagih deh makannya!

Faris : Ummi, mau ke mana?
Ummi : Mau ke Lampung Banana Foster
Faris : Asyiik! Mamas mauuu!

Tuh kan, Mas Faris sulungku juga suka. Sejak kenal Banana Foster pertama kali pra launching di Batiqa Hotel, keluargaku sudah mencicipinya. Kali ini aku juga diundang oleh Lampung Banana Foster untuk launching dua varian baru. Wah, aku jadi exicted!

Minggu, 23 Juli 2017

Resep SO GOOD : Ayam Kecap Bertabur Kacang Tanah



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

“Umi, Fatih mau makan ayam goreng!”
“Oke, nanti kita beli ayam goreng ya!”
“Enggak mau! Maunya yang masakan, Umi!”
“Besok aja ya, Bang. Warung udah tutup loh. Enggak jualan ayam lagi!”
“Maunya sekarang!”