Entri yang Diunggulkan

Meraih Mimpi di #UsiaCantik

Senin, 12 September 2016

Dua Hikmah Besar Dibalik Idul Adha 1437 H

Selamat Idul Adha 1437 H
Assalamualaikum sahabat Smart Mom,
Dua Hikmah Besar Dibalik Idul Adha 1437 H. Pagi yang cerah ini kami sekeluarga menjalan sholat Idul Adha di masjid Nurul Huda di lingkungan Yayasan Darul Hikmah. Hampir saja tadi telat karena bangun kesiangan jadi buru-buru sholat, setrika baju dan mukena. Anak-anak mandi dan pakai baju. Untungnya Aisyah dibangunkan tidak pakai drama. Malah Faris yang mogok mandi karena katanya dingin, hadeeh...


Sebelum sholat Idul Adha
Sampai di halaman masjid, jamaah sudah ramai. Aku sengaja memilih duduk di belakang karena punya anak balita. Usai pakai mukena, aku duduk bersama Aisyah, mengajak Aisyah untuk nanti duduk tenang. Aku keluarkan makanan dan mainan. Faris dan Fatih sholat di dekat Abi.

Tak lama panitia mengumumkan untuk merapikan shaf. Diumumkan juga tahun ini ada kurban dari beberapa orang dengan jumalh kurban yaitu 5 3kor sapi dan 5 ekor kambing.

Aisyah sebelum sholat Idul Adha
Tahun ini keluargaku belum bisa berkurban. Anak-anak saja yang ikut bersedekah di sekolahnya untuk belajar berkurban. Memang sih enggak ada paksaan buat berkurban, tapi bagi yang mampu kenapa tidak hehe...

Kemudian para jamaah bersiap untuk sholat. Imam sudah bersiap dan mengingatkan jamaah akan jumlah takbir dan doa yang dilantunkan. Usai bersiap, sholat Idul Adha dimulai. Rakaat pertama berjalan sukses, saat rakaat kedua Aisyah terdengar nangis, untunglah cepat reda.

Usai sholat aku cek kenapa Aisyah tadi nangis? Ternyata Aisyah tersandung karena mengejar Fatih. Syukurnya ada ibu-ibu yang lagi tidak sholat menjaga di belakang. Dia menolong Aisyah dan membujuknya. Alhamdulillah. Tak lama khutbah Idul Adha terdengar, Ustadz Tri Mulyono yang juga sebagai imam sholat Id menyampaikan khutbah yang sangat menarik. Berikut aku tulis intisarinya.


Suasana khusu' mendengar Khotbah Idul Adha 1437 H
Menurut Ustadz Tri Mulyono, "Idul Adha adalah untaian memori sejarah. Kita diajak mengenang manusia terbesar, mereka yang membuat kita sholat Id, mereka yang membuat kita berkurban hari ini. Ketiga manusia besar itu Nabi Ibrahim, Nabi Ismail dan Siti Hajar. Mereka memulai dari hidup tanpa siapa-siapa dan tanpa apa-apa. Kemudian sejak kelahiran itu berlanjut lahirnya 42 generasi hingga lahirlah Nabi Muhammad Saw."

Dulu, tawaf diawali 3 orang dan sekarang 12 juta orang hamoir setiap tahun melakukan tawaf. Semua berawal dari doa Nabi Ibrahim, itulah mengajak agar mereka mendirikan sholat. Doa Ibrahim berdoa jazirah yang dulu tandus, sekarang penuh keberkahan.

Seperti yang diketahui, Nabi Ibrahim berjakan dari Irak. Seorang diri dengan menurunkan dua generasi dimulai dari agama samawi. Lalu, berkembang dan Nabi Muhammad Saw membawa agama Islam yang sempurna.

Ada Dua Hikmah Besar Dibalik Idul Qurban yaitu : 

Abi dan Faris mendengar Khutbah Idul Adha
1. Bersegera mengikuti perintah Allah. Dicontohkan Nabi Ibrahim berjalan dengan ribuan kilometer dalan mentaati perintah Allah, bahkan harus meninggalkan istri dan anak tercinta.

2. Kejujuran dalam menjalankan perintah. Tak kala semua bersedia bersegera diri lalu pisau dipelipis. Ini adegan yang paling menegangkan. Penyerahan diri kedua belah pihak. Disitulah hakikat kehambaan yang sangat besar.
Ustad Tri juga mengajak kita untuk merenung, "Untuk mencapai kehambaan adalah dengan salah satunya bersegera melaksanakan perintah Allah dan jujur melaksanakan." ujarnya.'



Jika Allah telah merekam mengabadikan ketaatan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail  dengan merayakan  Idul Adha, ini dimaksudkan agar semua orang mengambil pelajaran.

"Idul Adha ini membangun semangat kehambaan seperti Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dan menjalankan perintah sunahnya Nabi Muhammad Saw." 
kata Ustad Tri.

Sayangnya masih banyak umat Islam hanya ritual menyembelih hewan kurban saja, tanpa memahaminhikmah yabg terkandung di dalamnya. Ya, semoga saja ya di Idul Adha ini kita mendapat gelar kehambaan kita kepada Allah SWT dan kita menjadi hamba yang sepenuhnya penuh ketaatan. Aamiin.

Usai sholat Idul Adha 1437 H

Ibu-ibu bermaaf-maafan

Usai sholat Idul Adha kami saling bermaaf-maafan dan saling mendoakan semoga tahun depan bisa berkurban. Amiin.

Lihat kambing untuk kurban sebelum dipotong

Selamat Idul Adha
Happy EID Mubarok 1437 H
Kami sekeluarga

Naqiyyah Syam

Sebelum pulang, Selamat Hari Raya Idul Adha 1437 H 


Sahabat Smart Mom, semoga Dua Hikmah Besar Dibalik Idul Adha 1437 H dapat kita laksanakan. Semangat!

9 komentar:

  1. Wah tahun ini saya malah ditakdirkan ga bisa sholat idul adha... Untungnya rumah dekat masjid, sambil nyapu2 depan bisa sambil mendengarkan ceramahnya :D

    BalasHapus
  2. Minal aidin wal faidzin ya mak..

    BalasHapus
  3. Selamat idul adha mbaa, semoga kita bisa meneladani ketaatan nabi kita ya, aamiin

    BalasHapus
  4. Subhanallah pengorbanan Nabi Ibrahim dan keluarganya dalam menaati perintah Allah. Semoga kita bisa mengambil hikmah

    BalasHapus
  5. selamat hari raya idul adha mba .. mohon maaf lahir dan batin

    BalasHapus
  6. Aisyah bajunya cantik deh. Bikin Aisyah jadi + kayak boneka (tante gagal fokus) hi hi

    BalasHapus
  7. Aaamin. Semoga bisa melaksanakan hikmah dan pesan idul adha ini.
    Selamat hari raya, Mba.

    BalasHapus
  8. semoga tahun depan kita bisa berkurban ya mbak... Amiin

    BalasHapus
  9. Subhanallah... Aisyah imut banget pake kerudung itu :-*

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...