LOMBA MENULIS CERITA KOMUNITAS AB


LOMBA MENULIS CERITA KOMUNITAS AB

“BERBAGI UNTUK KEMANUSIAAN”

BEKERJA SAMA DENGAN

SEKOLAH TINGGI MENULIS JOGJA – SATISFINE IDEA PRODUCTION

Batas pengiriman naskah: 10 Mei 2011

Gagasan

Bencana alam silih berganti datang. Di dalam negeri ada letusan Gunung Merapi dan Gunung Bromo. Di luar negeri ada gempa dan tsunami di Jepang. Tak terbilang korban mati dan luka berjatuhan.

Musibah sakit pun menghampiri banyak saudara. Kanker, gagal ginjal, dan berbagai kecelakaan telah banyak merenggut nyawa manusia, selain derita berkepanjangan bagi mereka yang mengalaminya.

Namun, di balik itu, aksi-aksi kemanusiaan pun seperti tak pernah kehabisan nafas. Setiap kali ada bencana, selalu saja muncul aksi-aksi penggalangan bantuan. Setiap ada yang tersungkur, selalu saja ada yang terketuk hatinya menjadi relawan. Ternyata, banyak cinta di dunia.

Mereka yang mampu secara finansial membantu dana. Mereka yang mampu secara intelektual membantu pemikiran. Mereka yang mampu secara mental membantu mengevakuasi korban. Mereka yang mampu secara moral melakukan donor darah. Mereka yang mampu secara spiritual membantu dalam doa dan sapaan.

Bencana pun seolah membawa berkah. Nurani terasah. Aksi tergugah. Sekali lagi, ternyata, banyak cinta di dunia.

Komunitas AB, yakni komunitas pemilik golongan darah AB di Indonesia yang berpusat di Yogyakarta, dalam rangka mensyukuri hari jadi ke-3, mengajak Anda berbagi cerita lewat Lomba Menulis Cerita Komunitas AB ini. Kami yakin, sekecil apa pun, Anda punya pengalaman berbagi untuk saudara yang ditimpa musibah. Ceritakanlah pengalaman itu. Kabarkan kepada dunia betapa menyala-nyala cinta Anda untuk sesama.

  • Anda yang pernah menjadi relawan di Aceh, Jogja, Wasior, atau di mana pun, ceritakanlah apa yang Anda lakukan, apa yang Anda jumpai, bagaimana Anda mengatasi kesulitan di lokasi.
  • Anda yang pernah membuka posko penggalangan dana di rumah atau di kantor, ceritakanlah apa yang menggerakkan Anda untuk meluangkan waktu dan tenaga, bagaimana antusiasme saudara, teman kantor, atau simpatisan lain dalam memberikan bantuan.
  • Anda yang selalu mentransfer uang, mengumpulkan pakaian bekas, berbelanja kebutuhan korban, setiap kali ada bencana, tuturkanlah bagaimana Anda mau merelakan harta Anda untuk mereka yang tidak Anda kenal.
  • Anda yang kerap mendapatkan telpon tengah malam dari orang yang membutuhkan darah, tuturkanlah bagaimana Anda mengatasi rasa kantuk dan capek demi orang yang sedang memperjuangkan hidup, bagaimana Anda menembus dingin untuk mengejar detik-detik penyelamatan nyawa entah siapa.
  • Anda yang berprofesi sebagai dokter, perawat, polisi, tentara, SAR, pemadam kebakaran, sukarelawan PMI, aparatur pemerintah, yang tak pernah bisa libur, bahkan malah lembur tanpa batas waktu, ungkapkanlah apa yang membuat Anda bertekun dalam dinas, bagaimana Anda berdamai dengan rasa lelah, bagaimana Anda mengorbankan waktu pribadi.

Banyak kisah di hidup Anda. Kami tidak mencari kisah yang heroik, yang hebat. Kami mencari cerita yang sederhana namun inspiratif, seperti tema lomba ini“Berbagi untuk Kemanusiaan”.

Syarat Lomba:

  1. Lomba berlaku untuk umum.
  2. Naskah non fiksi ditulis dalam Bahasa Indonesia.
  3. Naskah harus asli, berdasarkan pengalaman pribadi peserta, bukan terjemah, saduran, atau comotan ide dari karya lain yang sudah ada. Jika dibutuhkan, peserta siap dihubungi panitia untuk mempertanggungjawabkan keaslian naskah.
  4. Naskah tidak mengandung unsur SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan), pornografi, dan sadisme.
  5. Naskah belum pernah diterbitkan di media massa/buku (cetak maupun elektronik), dilombakan, dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba lain. Pelanggaran atas ketentuan ini otomatis menggugurkan keikutsertaan peserta.
  6. Atas karya yang menang, Panitia Lomba Menulis Cerita Komunitas ABberhak menerbitkannya dalam bentuk buku, mengumumkan/memperbanyak, dan mewujudkannya kembali dalam format digital maupun non digital yang tetap merupakan bagian dariKomunitas AB.
  7. Naskah yang masuk menjadi hak panitia dan tidak dikembalikan.
  8. Keputusan juri mengikat dan tidak bisa diganggu gugat.

Ketentuan Teknis:

  1. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengirimkan satu judul tulisan.
  2. Naskah ditulis di “catatan/notes” Facebook [tag ke 30 teman, termasuk FBSekolah Tinggi Menulis Jogja] dan wajib dikirimkan ke emaillombastmj@gmail.com [attach file di MS Word, bukan di badan email, dengan subjek Lomba Menulis Cerita Komunitas AB]. Panjang tulisan 800 – 1.200 kata.
  3. Setiap naskah yang dikirimkan wajib dilampiri:

a) biografi singkat penulis [nama, alamat, nomor kontak]

b) scan/fotokopi KTP/tanda pengenal yang masih berlaku

c) nomor rekening bank atas nama peserta [boleh disusulkan jika dinyatakan menang]

4. Karya peserta diterima panitia paling lambat pada tanggal 10 Mei 2011.

Hadiah:

  • Pemenang 1: uang tunai Rp 2.000.000 (dua juta rupiah) + piagam
  • Pemenang 2: uang tunai Rp 1.000.000 (satu juta rupiah) + piagam
  • Pemenang 3: uang tunai Rp 500.000 (lima ratus ribu rupiah) + piagam
  • Pemenang 4-10: uang senilai @ Rp 200.000 (dua ratus ribu rupiah) + piagam

Ketentuan Khusus:

1) Pengumuman pemenang akan dimuat di Facebook Sekolah Tinggi Menulis Jogja dan website www.solusiide.com pada tanggal 17 Mei 2011.

2) Penganugerahan pemenang akan dilakukan di Yogyakarta pada 22 Mei 2011, bertepatan dengan perayaan 3 tahun Komunitas AB. Hadiah akan ditransfer via bank ke rekening peserta. Piagam akan dikirimkan via pos ke alamat pemenang di wilayah Indonesia.

3) Pemenang akan mendapat pemberitahuan langsung dari Panitia Lomba Menulis Cerita Komunitas AB lewat email lombastmj@gmail.com.

4) Panitia tidak melayani korespondensi dalam bentuk apa pun berkaitan dengan lomba ini.

Lomba ini diselenggarakan oleh Komunitas AB, dan didukung oleh Sekolah Tinggi Menulis Jogja dan Satisfine Idea Production.


Posting Komentar untuk "LOMBA MENULIS CERITA KOMUNITAS AB"