CARA BIKIN BLOG

APA ITU BLOG


Blog adalah sngkatan dari Weblog. Orang pertama yang memperkenalkan blog adalah Jorn Barger 1997 pada bulan Desember.
Blog bisa dianggap sebagai laman web pribadi. Ia bisa dijadikan sebagai catatan harian pribadi, majalah pribadi, rumah pribadi, kedai pribadi dan buku pribadi. Kita bisa menuliskan apa saja di dalam blog tersebut.


Jika anda ingin menuliskan isi hati anda dan ingin diketahui oleh umum, maka blog ini adalah salah satu jalan keluar. Anda juga bisa mengajar orang banyak dengan menggunakan blog. Jadi amatlah banyak fungsi blog ini mengikut keinginan penulisnya.
Seperti sekarang ini, saya gunakan blog ini untuk mengajar anda cara membuat blog. Dan bagusnya blog ini adalah gratis.


Anda bisa gunakan blog sebagai toko anda. Dengan itu anda bisa mengiklankan barang-barang yang ingin anda jual atau apa-apa produk yang anda pasarkan.
Karena saya juga sedang belajar dalam membuat blog ini, maka saya akan mengajar anda dasar-dasar membuat blog yang saya ketahui. Anda beruntung karena menemukan blog ini yang akan mengajar anda langkah demi langkah dari awal.


Ikutilah langkah-langkah dengan sabar dengan banyak latihan. Tentunya pada tahap permulaan anda belajar membuat blog ini, anda akan mengalami banyak kesalahan. Tetapi hal itu biasa dan jangan takut kerana setiap kesalahan dapat anda perbaiki dan edit di kemudian hari.


LANGKAH PERTAMA

Pertama-tama anda perlu membuka situs : https://www.blogger.com/start . Setelah itu klik pada perkataan CREATE YOUR BLOG NOW.
Jika paparan baru sudah muncul, maka anda isikan sahaja apa yang di dalam kotak-kotak:
email address sehingga word verification.
Jika sudah terisi semua, anda tinggal mengklik CONTINUE.


MEMBUKA AKAUN BLOG ANDA

Setelah mengklik CONTINUE maka akan muncullah paparan seperti di sebelah. Anda membuka akaun dulu yaitu dengan mengisikan email anda, dan ulangi sekali lagi. Kemudian buatlah password anda dan isikan semula password anda sekali lagi.
Anda tidak boleh lupa email dan password anda ini, karena diperlukan sekali ketika anda ingin mengisi tulisan pada blog anda atau mengedit dan menambah apa-apa dalam blog anda.
Kemudian tuliskan huruf yang ada pada word verification, dan klik CONTINUE.


LANGKAH KEDUA



Setelah mengklik CONTINUE maka akan muncullah paparan seperti di sebelah. Anda namakan blog anda. Seperti blog ini, saya beri nama CARA BUAT BLOG. Anda boleh menamakan apa sahaja mengikut selera anda.
Di bawahnya anda tuliskan alamat blog anda. Seperti blog saya ini, alamatnya : http://www.cara-buat-blog.blogspot.com/. Nah anda bisa menamakan apa sahaja alamat blog anda, dengan syarat belum ada orang lain yang membuat lebih awal nama yang sama dengan alamat yang anda tuliskan. Jadi ulangilah lagi sehingga nama itu diterima. Jika diterima maka akan diberi tanda "available".
Kemudian tuliskan huruf yang ada pada word verification, dan klik CONTINUE


LANGKAH KETIGA

Langkah selanjutnya anda perlu memilih salah satu tamplate yang akan digunakan oleh blog anda. Anda bisa memilih warna dan model yang anda sukai.
Setelah anda pilih salah satu, maka anda lanjutkan dengan mengklik CONTINUE.
Anda tidak perlu risau tentang tamplate ini karena jika anda kurang cocok dengan pilihan anda tadi, maka anda bisa mengganti tamplate lain pada setiap saat anda kehendaki.
Bahkan banyak situs-situs yang memberikan tamplate gratis selain yang ada di dalam situs blogger ini.


ANDA TELAH BERHASIL MEMBUAT BLOG

Langkah ketiga tadi adalah langkah terakhir dalam pembuatan blog secara dasar. Setelah anda mengklik CONTINUE pada langkah ketiga, maka muncullah paparan seperti pada gambar sebelah. Dengan itu anda telah berhasil membuat blog anda. Selanjutnya anda bisa menuliskan apa sahaja pada blog anda. Selamat dan Tahniah.


Untuk menambah variasi pada blog anda, maka akan saya lanjutkan pada waktu yang akan datang. Silahkan anda berlatih dulu pada pelajaran-pelajaran yang telah saya berikan.


http://www.cara-buat-blog.blogspot.com/


Cara Buat Blog di Blogger.com Blogspot




Tutorial tentang cara membuat blog di blogger.com / blogspot

1. Kunjungi blogger.com
2. Masukkan account Gmail di "Username (Email)" dan password pada "Password".
(Jika Anda tidak memiliki email lagi, pertama mendaftar di gmail.com lalu kembali ke sini).
3. a. On "Buatlah Blog Anda Sekarang" -> klik
b. Pada "Judul Blog" -> masukkan judul blog Anda (seperti yang Anda suka). Contoh: A. Fatih Syuhud Blog
4. Pada "Alamat Blog (URL) -> masukkan alamat URL yang Anda inginkan. Contoh: fatihsyuhud (klik "Cek Ketersediaan" untuk memastikan ini tersedia).
5. Klik "Lanjutkan"
6. Pada "Pilih sebuah Template" klik "Lanjutkan"
7. "Blog Anda Telah Berhasil Dibuat!" -> Anda telah membuat sebuah Blog
8. Klik "Start Blogging!" Untuk menulis artikel.
9. Pada "Judul" memasukkan judul yang Anda inginkan. Contoh: Cara Menulis Post di sebuah Blog
10. Masukkan di kotak di bawah satu atau dua paragraf tentang apa pun.
11. Klik "Publsih Post"
12. Selamat! Anda telah berhasil menulis sebuah artikel / posting.

Catatan: Untuk memposting / menulis artikel lain, Anda hanya perlu klik menu "Posting" atau "Buat"

Semoga beruntung!

Langkah 1: Daftar Google
Daftarkan Diri Anda di Google
Lho koq? Koq di Google? Katanya mau ngajarin bikin blog di blogger.com, koq malah di Google? Tidak salah, karena untuk masuk ke blogger, Anda harus memiliki login google.com.

Silahkan kunjungi http://www.blogger.com. Anda akan mendapatkan halaman seperti pada gambar dibawah.

Jika Anda sudah memiliki login di Google, Anda tinggal login, maka Anda akan masuk ke Control Panel atau Panel Kontrol.

Oh ya, Anda bisa memilih bahasa, apakah Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Untuk kali ini saya anggap Anda belum memiliki login Google.

Klik tanda panah besar yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA.

Sejauh ini sangat mudah dan akan terus mudah.

Halaman Pertama
Langkah 2: Daftar Blog
Lengkapi Pendaftaran Anda
Setelah Anda klik tanda panah besar yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA, maka akan muncul formulir seperti yang ada pada gambar dibawah ini.

Proses ini akan menciptakan account Google yang dapat Anda gunakan pada layanan Google lainnya. Jika Anda sudah memiliki sebuah account Google mungkn dari Gmail, Google Groups, atau Orkut.

Satu account Google bisa digunakan untuk mengakses semua fasilitas yang disediakan oleh Google.

Jika Anda sudah memiliki accout google, Anda bisa langsung login (masuk). Untuk login ke Google, Anda harus login dengan menggunakan alamat email.

Silahkan lengkapi.

1. Alamat email yang Anda masukan harus sudah ada sebelumnya. Anda akan dikirim konfirmasi ke email tersebut. Jika Anda menggunakan email palsu atau email yang baru rencana akan dibuat, maka pendaftaran bisa gagal. Anda tidak perlu menggunakan email gmail.com. Email apa saja bisa.

2. Lengkapi data yang lainnya.

3. Tandai "Saya menerima Persyaratan dan Layanan" sebagai bukti bahwa Anda setuju. BTW Anda sudah membacanya?

Setelah lengkap, klik tanda panah yang bertuliskan lanjutkan.

Form Pendaftaran 1

Form Pendaftaran 2
Langkah 3: Membuat Blog
Memilih Nama Blog dan URL Blog
Jika Anda berhasil, Anda akan dibawa ke halaman seperti pada gambar dibawah. Jika gagal? Gagal biasanya karena verifikasi kata Anda salah. Itu wajar karena sering kali verifikasi kata sulit dibaca. Yang sabar saja, ulangi sampai benar. Saya sendiri sampai mengulang 3X.

Setelah Anda berhasil mendaftar, Anda akan dibawa ke halaman seperti yang ada pada gambar dibawah. Sekarang Anda mulai membuat blog dengan mengisi nama dan alamat blog Anda.

Sebagai contoh, saya menamakan blog tersebut dengan nama Hasna Zahidah. Sssst, jangan curiga, Hasna adalah putri saya. Saya memilih alamat blog dengan alamat http://hasna-zahidah.blogspot.com
sebagai alaternatif, bisa juga http://hasnazahidah.blogspot.com.

Jika Anda membuat lensa dengan tujuan mempromosikan produk Anda atau produk afiliasi, maka dalam memilih nama, harus berisi nama produk atau jasa yang akan Anda tawarkan. Misalnya jika Anda ingin menjual ebook saya, Anda bisa memilih kata kunci seperti motivasi, sukses, berpikir positif, dan kata-kata kunci lainnya yang sesuai.

Anda juga bisa meneliti kata kunci yang paling banyak dicari orang (tentu harus berhubungan dengan produk yang Anda jual) di
https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal

Anda bisa mengecek ketersediaan alamat blog yang Anda pilih. Jika tersedia bisa Anda lanjutkan. Jika tidak tersedia, maka Anda harus kreatif mencari nama lain atau memodifikasi alamat yang sudah ada, misalnya ditambahkan abc, xzy, 101, dan bisa juga dengan menyisipkan nama Anda.

Lanjutkan dengan klik tanda panah bertuliskan LANJUTKAN.

Proses Pembuatan Blog
Langkah ke 4 Blog Template
Pilih desain yang sesuai dengan selera Anda.
Berhasil? Tentu saja berhasil, memang mudah koq. Jika berhasil, Anda akan diarahkan ke halaman seperti yang ada pada gambar dibawah.

Pilihlah tema yang sesuai dengan selera Anda. Jika tidak ada yang sesui dengan selera Anda, jangan khawatir, nanti masih banyak pilihan tema yang bisa Anda install sendiri. Sekarang pilih saja tema agar proses pembuatan blog bisa diselesaikan. Anda bisa preview tema dengan klik gambarnya.

Untuk Memilih tema Anda klik (tandai) bulatannya o seperti pada gambar dibawah. Lihat yang saya tunjuk dengan panah merah buatan saya.

Setelah itu Anda klik tanda panah yang bertuliskan LANJUTKAN

Memilih Tema
Belajar Membuat Blog Selesai
Sekarang tinggal posting, pengaturan, dan tata letak
Selamat, sekarang Anda sudah memiliki sebuah blog. Sekarang Anda sudah mulai bisa memposting pemikiran Anda di blog dan dibagi ke seluruh dunia (eh Indonesia).

Memang masih ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, yaitu pengaturan, tata letak, penambahan eleman, dan penggantian tema jika Anda menginginkan tema yang lain. Ini untuk tingkat lanjut.

Setidaknya, Anda sudah memiliki blog dan bisa posting. Hal ini sudah cukup untuk tahap awal. Untuk mendalami masalah Blog lebih dalam, saya anjurkan Anda membaca ebook Nge-Blog Dapat Duit.

Pada ebook tersebut, bukan hanya diajarkan cara nge-blog, tetapi juga bagaimana mendapatkan uang dari blog. Saya sendiri sudah membuktikannya, saya mendapatkan uang dari ngeblog. Jangan heran kalau saya rajin ngeblog.
Lensa Lainnya
Berikut adalah panduan lainnya yang akan mendukung Anda dalam kegiatan ngeblog. Ngblog perlu kreativitas, oleh karena itu tingkatkan kreativitas Anda. Silahkan baca pada lensa dibawah ini. Ngeblog jelas memerlukan kemampuan menulis? Saya sertakan juga lensa tentang cara menulis. Dan yang terpenting, blog harus dipromosikan supaya banyak pengunjung. Caranya ada pada link dibawah.

featured lens Promosi Blog

Apakah Anda sudah punya blog? Lalu bagaimana? Tergantung tujuan Anda, jika tujuan Anda membuat blog hanya untuk mencurahkan isi hati dan pikiran tanpa perlu diketahui oleh orang lain, maka sudah punya blog Anda tinggal menggunakannya untuk menulis....

featured lens Cara Menulis

Menulis itu ekspresi diri, menulis itu menyenangkan, menulis itu bisa menghasilkan uang, dan menulis adalah bagian dari kehidupan kita. Namun sayang, masih banyak orang yang menganggap bahwa menulis itu sulit. Lensa ini akan menunjukan kepada Anda ba...

featured lens Cara Berpikir Kreatif

Merupakan sebuah kenyataan bahwa upaya kreatif berkaitan dengan antusiasme dan gairah dan dikenal sebagai faktor substantial pada tingkat puncak kinerja. Lensa ini akan menunjukan bagaimana cara kita meningkatkan kreativitas. Jangan sampai Anda hanya...


http://www.squidoo.com/cara-membuat-blog


I. Persiapan Membuat Blog

Saat ini memiliki sebuah blog bukan merupakan hal baru, dan hampir semua orang yang sering ber-internet sudah memiliki blog. Baik membuat blog dilayanan yang gratis seperti di blogger.com, wordpress.com, blogsome.com, dan layanan blog gratis lainnya maupun dengan menginstall blog pada domain dan hostingnya sendiri.

Dan bagi Anda yang saat ini belum memiliki blog, sudah saatnya Anda memiliki dan membuat sebuah blog, baik blog yang hanya dipergunakan sebagai website pribadi sampai membuat blog sebagai website bisnis.

Sebelum membuat sebuah blog, Anda bisa menentukan terlebih dahulu, Anda ingin membuat blog menggunakan layanan gratis atau menginstallnya pada domain dan hosting sendiri, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Pilihannya adalah:

1. Anda membuat blog pada layanan gratis.

2. Anda membuat blog dengan domain dan hosting sendiri.

Bila Anda memutuskan membuat blog pada layanan yang gratis, pilihan terbaik adalah dengan membuat blog di blogger.com sedangkan bila membuat blog dengan domain dan hosting sendiri, Anda bisa menggunakan software blog wordpress.

Mengapa bila membuat blog pada layanan yang gratis, pilihannya jatuh ke blogger.com? Hal ini dikarenakan blogger.com dimiliki oleh Google.com, sehingga proses pengindexan blog di blogger.com lebih baik dan bisa mendatangkan traffic (kunjungan) dari search engine Google.com.

Malahan sering kali posisi blog yang menggunakan layanan blogger.com bisa menempati posisi lebih tinggi dibandingkan dengan posisi sebuah website biasa dengan domain dan hosting sendiri. Kekurangannya bila Anda membuat blog diblogger.com, Anda akan mendapatkan alamat website seperti domainanda.blogspot.com, memang alamat blog Anda akan menjadi lebih panjang.

Tetapi bila Anda mau mengeluarkan uang untuk pembelian domain dan hosting, Anda bisa menggunakan software blog wordpress yang bisa diinstall pada web hosting Anda sehingga Anda akan memiliki alamat website domainanda.com, lebih simpel. Dan blog wordpress menyediakan template tampilan website yang lebih menarik.

Proses pemilihan ini lebih dipengaruhi tujuan Anda membuat blog, bila hanya untuk berexpressi diri saja, Anda bisa menggunakan blog gratis di blogger.com, tetapi bila Anda ingin serius untuk membangun bisnis melalui blog dan membangun branding diri Anda, saya sarankan Anda membeli domain dan hosting, dan menginstall blog wordpress pada web hosting Anda.

Jadi kesimpulannya adalah
cara membuat blog Bila Menggunakan Blog pada layanan yang gratis, Anda pilih membuat blog di blooger.com
belajar wordpress Bila Menggunakan Domain dan Hosting sendiri, Anda pilih membuat blog menggunakan software blog wordpress

Pada tahap ini, putuskanlah Anda ingin membuat blog yang mana.


II. Panduan Membuat Blog...



II.1 Belajar Membuat Blog / Tutorial Blog di Blogger.com

Untuk belajar membuat blog di blogger.com, Anda bisa mempelajarinya melalui video yang dibuat oleh Suwandi Chow, yang juga bisa di tonton dibawah ini:


II.2 Belajar Buat Blog WordPress / Tutorial Wordpress

WordPress disamping menyediakan software blog gratis yang bisa diinstall di web hosting Anda, wordpress juga menyediakan layanan blog gratis di wordpress.com, tetapi bila Anda mau menggunakan layanan blog gratis, pilihan terbaik menggunakan blogger.com, dikarenakan membuat blog di blogger.com lebih mudah diindex dibandingan membuat blog pada layanan blog gratis lainnya.

Untuk membuat blog dengan menggunakan domain dan hosting, Anda perlu membeli domain dan hosting untuk blog Anda. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan adalah:
cara membuat blog Memilih Domain dan Hosting
membuat blog Membeli Paket Domain dan Hosting
belajar wordpress Menginstall software Blog Wordpress



II.2.1 Memilih Domain dan Hosting

Apa itu domain? Domain adalah sebuah nama yang digunakan sebagai alamat website Anda di internet. Setiap orang yang ingin membuka website Anda, ia harus mengetikkan nama domain Anda.

Anda bisa memilih nama domain apa saja asalkan masih tersedia. Pilihlah nama domain yang paling sesuai dengan tujuan Anda membuat blog. Untuk blog pribadi dan untuk membangun branding pribadi, Anda bisa membeli domain dengan nama Anda sendiri.

Selanjutnya apa itu hosting? Hosting adalah tempat Anda meletakkan file-file website Anda pada sebuah server yang terhubung dengan internet.

Untuk membeli domain dan hosting ini, bisa Anda lakukan dengan membelinya pada website yang menyediakan jasa registrasi domain dan penjualan hosting baik di Indonesia maupun diluar negeri. Bila Anda melakukan registrasi domain dan hosting di Indonesia, Anda bisa menggunakan domainhostingmurah.net.

membuat blog

Sedangkan bila Anda ingin membeli domain dan hosting di luar negeri bisa menggunakan Hostupon, dimana paket yang disediakan hostupon merupakan paket unlimited domain, unlimited bandwidth, unlimited database, sehingga Anda cukup membeli 1 paket web hosting untuk tempat hosting semua website-website Anda lainnya. Anda tidak perlu membeli paket hosting setiap kali Anda mau membuat website. Lebih hemat bila Anda berniat untuk membuat banyak website.

Dalam membeli paket hosting, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut:

1. Sistem Server yang digunakan, Linux Web Hosting atau Windows Web Hosting. Pemilihan ini akan berhubungan dengan software dan bahasa pemograman yang bisa digunakan. Anda bisa memilih Linux Web Hosting untuk penggunaan software blog wordpress.

2. Disk Space yang disediakan. Disk space adalah kapasitas yang diberikan untuk menyimpan file-file website Anda.

3. Bandwidth yang disediakan. Bandwidth adalah kapasitas akses perbulan yang diijinkan. Bila kapasitas akses perbulan sudah habis, maka website tidak bisa diakses sampai akhir bulan. Bandwidth akan direset setiap awal bulan. Setiap orang yang mengakses website Anda baik hanya membuka saja atau mendownload file website akan menghabiskan bandwidth.

4. Jumlah domain yang diperbolehkan untuk 1 paket web hosting. Tergantung paket hosting yang Anda beli. Untuk unlimited domain berarti Anda bisa menggunakan domain yang tidak terbatas untuk 1 paket web hosting.

5. Jumlah database yang diberikan. Anda perlu perhatikan juga, ada perusahaan hosting yang memberikan unlimited domain tetapi dengan jumlah database terbatas. Database ini digunakan bagi website yang memerlukan database untuk menyimpan data-data di websitenya. Sehingga bila jumlah database yang diberikan hanya 10, walaupun diberikan unlimited domain, berarti Anda hanya bisa membuat 10 website saja yang memiliki database.



II.2.2 Membeli Domain dan Hosting

Anda bisa membeli domain dan paket web hosting pada website berikut:

1. Untuk di Indonesia, Anda bisa membeli di domainhostingmurah.net yang merupakan website waralaba dari web hosting idwebhost. Pembelian melalui domainhostingmurah.net akan lebih murah sekitar 8-10% dibandingkan dengan pembelian langsung di idwebhost, sedangkan fasilitas dan support yang diberikan tetap sama yaitu dilakukan oleh idwebhost.

domain hosting murah

2. Untuk di luar negeri. Anda bisa membeli di hostupon, yang memberikan paket web hosting untuk unlimited domain, unlimited disk space, unlimited bandwidth, unlimited database. Anda pilih hostupon bila Anda memang akan membuat banyak website, sehingga Anda tidak perlu membeli paket hosting lagi.

unlimited hosting



II.2.3 Menginstall Blog WordPress

Setelah Anda membeli domain dan hosting, selanjutnya adalah menginstall blog wordpress. Langkah-langkah mudah menginstall blog wordpress adalah sebagai berikut:

1. Anda login pada cpanel hosting Anda. Alamat cpanel akan diberikan oleh web hosting Anda. Anda dapat mengaksesnya dengan mengetikkan domainanda.com/cpanel selanjutnya login menggunakan username dan password yang diberikan oleh web hosting Anda.

Selanjutnya setelah login, biasanya pada cpanel tersedia video tutorial untuk Anda belajar menggunakan fasilitas pada cpanel dengan baik. Anda pelajari melalui video tersebut bagaimana Anda bisa menggunakan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh cpanel. Anda akan belajar banyak hal dari video tersebut.

membuat blog wordpress

2. Untuk menginstall blog wordpress, Anda bisa menggunakan icon fantastico. Untuk menginstall blog wordpress bisa dilakukan dengan cara manual atau dengan icon fantastico. Lebih baik dengan fantastico karena lebih mudah, hanya beberapa klik saja.

belajar wordpress

3. Pada menu fantastico, Anda pilih blog wordpress. Anda dapat melihat software website open source lainnya yang bisa Anda gunakan. Karena Anda ingin membuat website dengan blog maka Anda pilih blog WordPress.

membuat blog



4. Dilanjutkan dengan mengklik "New Installation".

cara membuat blog



5. Lalu isi data untuk proses penginstallan. Bila Anda ingin menginstall blog wordpress pada directory utama (langsung pada domainanda.com dan bukan merupakan sub domain contohnya domainanda.com/blog) maka kolom "install in directory" Anda kosongkan saja.

belajar membuat blog



6. Kemudian klik "finish installation".

tutorial blog wordpress



Hasilnya dapat Anda lihat:

contoh blog wordpress

Tampilan diatas merupakan tampilan standard dari blog wordpress. Anda bisa mengedit isi dan tampilan blog wordpress melalui halaman Admin Area dan mengganti tampilan menjadi lebih bagus dan professional.

Anda bisa login pada halaman Admin menggunakan username dan password yang Anda buat pada waktu melakukan proses penginstallan. Selanjutnya selamat berkreasi dengan Blog Wordpress Anda! Anda bisa pelajari cara mengganti tampilan blog pada materi download ebook belajar membuat blog yang diberikan dibawah ini.


http://www.belajarmembuatblog.com/


*

Fri, 14/03/2008 - 12:35am — godam64
Tinggal daftar dan blog pun jadi

Saat ini banyak situs yang menawarkan blog gratis kepada para pengguna internet. Kita tinggal mengunjungi situs tersebut, daftar, dan blog pun aktif dan siap untuk digunakan oleh kita.

contoh beberapa penyedia jasa layanan blog gratis :
- organisasi.org (banyak pilihan nama domain blog)
- blogger.com (grup google) (favorit)
- blog.360.yahoo.com (yahoo punya)
- wordpress.com (favorit)
- blogdrive.com
- blogsome.com
- blog.indosiar.com
- blogboleh.com
- multiply.com
- dan lain sebagainya

Tinggal bagaimana kita saja menyesuaikan alternatif blog yang ada dengan keinginan kita. Selain di situs web di atas, juga bisa mendapat blog gratis di situs yang biasa kita akses seperti friendster.com, myspace.com dan lain sebagainya. Selamat ngeblog :


http://organisasi.org/cara-bikin-membuat-blog-gratis


PEMBUATAN BLOG BARU

Karena banyak yg bertanya tentang apa itu blog, maka agar lebih praktis saya tuliskan saja di sini info dasar blog bagi pemula. Tulisan ini berdasarkan cara pandang saya melihat teknologi blog yg sekarang lagi tumbuh pesat diminati tidak hanya kalangan awam, tapi juga mulai merambah ke kalangan intelektual dan akademisi serta selebritis Indonesia. Di luar negeri, blog sudah berkembang sejak lama. Kita saja yg memang suka ketinggalan.


1. Apa itu blog?

Blog adalah situs pribadi. Berbeda dg website yg setiap memposting harus susah payah memakai kode ekstensi .html .php, .asp, dll, blog merupakan otomatisasi dari semua ekstensi tsb. Sehingga karena sudah diotomatisasi, maka kita-kita semua yg lugu teknologi menjadi ostosmastis dapat memposting apa yg kita inginkan persis seperti kita memposting email ke teman atau ke milis.

Dan karena kemudahan inilah, maka semua orang yg tahu internet dapat membuat blog atau situs pribadi; sama halnya dg memiliki email. Tak heran apabila pemilik blog bervariasi: mulai dari pembantu rumah tangga, ibu rumah tangga, tukang jualan sayur di pasar klewer, cewek-cewek "ramah" di pasar senggol, sampai profesor dan menteri-menteri.

2. Bagaimana cara membuat blog?

Seperti halnya email, buat account dulu di free blog provider (pemberi hosting/domain blog gratis). Yg paling populer adalah http://www.blogger.com. Bagi Anda yg sudah agak melek-huruf teknologi bisa juga buat account di http://www.wordpress.com dan http://blogsome.com. Selain yg dua ini masih banyak penyedia blog gratis yg bisa Anda ketahui kemudian. Ikuti pentunjuk step-by-step ketika mendaftar.

3. Setelah selesai register/sign-up di http://blogger.com, anda dapat mulai memposting/mempublish apapun yg Anda inginkan di blog: mulai dari curhat, puisi, cerpen, tulisan serius sampai yg canda.


CARA MEMBUAT BLOG DI BLOGGER

Membuat blog di blogger.com sangatlah mudah.
Sekarang saya akan tunjukan cara untuk membuat sebuah account baru di blogger.com, yang 100% gratis. Saya merekomendasikan anda untuk membuat blog di blogger.com karena program ini sangat didukung penuh oleh google, sehingga apabila kita membuat blog disini maka google akan cepat mengindeks blog kita. Alhasil blog kita akan muncul dihalaman pencari google.

* LANGKAH KE-1 (GETTING STARTED)


Silahkan anda kunjungi website www2.blogger.com

* LANGKAH KE-2 (CREATE AN ACCOUNT)


Setelah page terbuka, silahkan anda klik CREATE AN ACCOUNT setelah anda klik, maka akan muncul form untuk mengisikan nama dan password. Silahkan isi dan anda harus selalu ingat username dan password yang anda isikan.
Jangan lupa untuk menceklist Term of service agreement.
Kemudian klik tombol panah "Continue" untuk melanjutkan ke langkah ke-3

* LANGKAH KE-3 (NAME YOUR BLOG)


Bagian ini sangat penting, karena nama dari blog anda nantinya akan menjadi sebuah keyword.
TIPS: agar blog anda mudah terindex oleh search engine(mesin pencari), maka alangkah lebih bagusnya jika anda membuat sebuah kesamaan antara addres dan name dari blog anda!
Sekarang klik tombol panah ORANGE"Continue" untuk melanjutkan ke langkah ke-4

* LANGKAH KE-4 (CHOOSE YOUR BLOG TEMLATE)


Sekarang anda haya tinggal selangkah lagi untuk mempunyai webblog buatan sendiri!!!
Disini anda ditujukan untuk memilih warna dan bentuk dari web anda. Silahkan pilih sesuai dengan topic dan selera anda.
OK jika anda sudah selesai memilih template, sekarang kita akan lanjut ke langkah berikutnya.
Sekarang klik tombol panah ORANGE"Continue" untuk melanjutkan ke langkah ke-5

* LANGKAH KE-5 (GENERATE YOUR BLOG)


Sekarang blogger akan menciptakan blog anda. Setelah blog selesai dibuat, maka di browser anda akan ada tulisan "Your Blog Has Beeb Created" Klik start Posting untuk untuk membuat artikel/tulisan pertamamu.
Sekarang Isikan Judul artikel kamu pada kolom tile, dan tulis isi dari artikelmu di bawahnya!

SELAMAT!! sekarang anda sudah mempunyai blog sendiri dan sudah bisa dilihat dari penjuru dunia manapun :)


http://wahyokku.blogspot.com/search/label/1.%20Cara%20Membuat%20blog


CARA BIKIN BLOGSPOT


1. kamu daftar lewat blogku aja, lewat blog siapa saja juga sama kok, hanya ini cara yang paling mudah menurutku. Jadi silakan ketik "michaelyudha.blogspot.com" dan tunggu sampai website tampil sepenuhnya

2. setelah itu tarik mause perlahan-lahan ke bawah samai layar website ikut bergerak ke bawah, temukan ikon "I Power Blogger" warna putih biru dan oranye di bawah pointer "september 2006". Geser mause ke bagian tersebut dan klik masuk ke blogger [ingat, I Power Blogger yang kamu klik, bukan september 2006 nya loch]

3. jika sudah masuk tampilan blogger, klik anak panah berwarna orangye dengan tulisan "create your blog now"

4. lalu seperti kamu membat e-mail, isikan data-data yang diminta sesuai kehendakmu

5. setelah itu klik anak panah bertulis "continue" di pojok kanan bawah, jika gagal, ikuti petunjuk yang ada, barangkali pengisian nama ada yang kurang atau kamu nulsnya pakai spasi

6. namai blogmu sesukamu, bisa pakai namau sendiri, nama yang aneh-aneh atau apa saja, tapi ingat, nama ini yang akan dipakai untuk mengakses blogmu, misalnya nama yang aku pakai adalah michaelyudha.blogspot.com sesuai dengan namaku sendiri

7. setelah itu lanjutkan dengan klik anak panah continue

8. pilih desain blog sesukamu, tapi karena ini gratisan maka pilihan hanya tersedia sebagaimana ditampilkan di layar, arahkan mouse ke bawah untuk melihat warna dan desain web yang tersedia, trus pilih [kamu bisa klik "preview" untuk melihat pilihan desain blogmu dalam ukuran lebih besar], jika sudah mentap dengan pilihan desainmu sendiri, lanjutkan klik anak panah continue

9. jika semua pendaftaran beres akan muncul keterangan "your blog has been created"... lalu jika kamu mau masukkan data secara langsung tinggal klik "start posting". Lalu akan tampil desain mirip di email kita kalau kita mau ketik email. Nah pada tahap ini mudah kok, kamu bisa langsung tulis artikel mu dan judul pada kotak yang telah disediakan, lalu kalau mau tambah dengan gambar tinggal klik di bagian "add image" dengan ikon kotak biru, letaknya ada di kanan atas di bawah tulisan "edit html" di sebelah kanan tanda centang dengan huruf abc, selanjutnya ikuti petunjuk yang ada seperti kamu kirim attachment file di email. Foto atau gambar yang kamu ambil bisa dari website atau dari file di komputermu. Atau jika terlalu lama, kamu bisa tingal "copy-paste" artikelmu dalam format ms word dengan mem-blok seluruh tulisanmu di ms word trus pindahkan di kotak posting blog tersebut. cobalah untuk meng klik seluruh item yang ada, jangan takut salah karena ini hanya masalah memahami manajemen desain saja.

10. jika sudah yakin dengan artikel yang hendak kamu tampilkan di blog, jangan lupa klik "preview" dulu agar yakin bagaimana format tampilan nantinya, trus klik "publish" dengan terlebih dulu memasukkan kata sandi yang telah disediakan. Atau jika kamu ketik langsung di layar blog dan tulisan belum selesai, bisa kamu klik "save as a draft". Biasanya perlu waktu beberapa menit sampai desain dan artikel keluar pada layar utama.

11. Jika kamu ingin masuk lagi, coba klik nama blogmu, misalnya donatusbudiono.blogspot.com, nah jika sudah tampil layar berisi nama blogmu, silakan masukkan username dan password yang telah kamu pilih untuk blogmu di bagian atas pojok kanan [biasanya], kalau udah masuk, kamu klik "new post" untuk membuat dan menampilkan artikel atau tulisan2 mu atau "change setting" untuk memperbaiki setting atau tampilan blogmu atau "edit profile" untuk mengisi data-data baru tentang dirimu... laen2nya silakan bereksperimen sendiri... mudah kok... [jangan lupa klik signout di sudut kanan atas jika kamu mau menutup kerjaanmu di blog, sama jika kamu mau keluar dari emailmu, supaya orang lain tidak masuk]


http://www.miank.web.id/2007/05/cara-bikin-blogspot.html

1 komentar untuk "CARA BIKIN BLOG"

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^