Senin, 12 Maret 2012

YUK MENULIS CERITA ANAK! ^^


Tanggal 2 Mei adalah Hari Pendidikan Nasional. Ingin rasanya saya memberikan suatu hadiah special untuk negara ini pada tanggal tersebut. Rencananya menyusun buku kumpulan cerpen anak bersama Anda, yang setelah tercetak nanti akan saya bagikan gratis di beberapa SD dan SMP. Keprihatinan akan minimnya minat belajar pada anak-anak di sekitar tempat saya bekerja, Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan, juga merupakan sumber inspirasi saya untuk membuat kumcer anak. Diharapkan setelah membaca karya penuh makna Anda, mereka dapat lebih termotivasi untuk giat belajar dan meraih cita-cita setinggi langit.

Nah, bagi yang berminat ikut serta, baca syarat dan ketentuan dibawah ini, ya:

  1. Kumcer terdiri dari 2 tipe, tema bebas dan ditentukan.

- Tema bebas, asal bercerita tentang siswa/i SD atau SMP.

- Tema ditentukan, yakni tentang cita-cita. Rencana judul kumcer adalah ‘Cita-cita Cinta’, dengan tokoh dalam cerpen merupakan siswa/i SD ataupun SMP.

2. Naskah diketik maksimal 3 halaman A4; Times New Roman ukuran 12; 1,5 spasi; margin kanan-kiri-atas-bawah 3 cm. Hanya dipilih 15 cerpen anak terbaik untuk setiap tema.

3. Mentransfer biaya registrasi per naskah, Rp 5.000 + 3 digit terakhir nomor HP. Misal bernomor HP 085646304916, bila mengirim hanya satu naskah maka Rp 5.916. Namun bila dua naskah, satu bertema bebas dan satunya lagi bertema cita-cita, menjadi Rp 10.916.

Transfer ke: BRI Syariah KCP Pasuruan, no rek: 1005885497, atas nama: ARTHA MAULA AMALIA

ATAU....

Kalau kesulitan transfer lewat bank, bisa diganti dengan pulsa ke nomor yang bisa ditanyakan kepada saya. Nantinya tiap pulsa yang masuk akan saya nominalkan Rp 5.000,- per naskah :)

Nanti setelah transfer, kirim SMS ke: 085646304916 sebagai konfirmasi. Setelahnya nomor ini juga akan memberitahukan apakah naskah Anda sudah diterima ataukah belum. Jika belum, maka nomor ini akan terus mengingatkan hingga naskah Anda terkirim. Manusia kan tidak lepas dari alpa. ^^

4. Kirim naskah menarik Anda yang telah sesuai tema serta ketentuan ke:

raito_abe1@yahoo.com atau attach langsung di inbox FB saya: Tha Artha

5. Jangan lupa sertakan biodata singkat plus foto diri yang tidak alay. Ingat, berilah contoh berpose yang baik bagi anak-anak ^^.

6. Copy-paste catatan ini, tag pada minimal 10 teman Anda, termasuk akun saya: Tha Artha. Yang tidak memenuhi persyaratan ini, mohon maaf jika harus didiskualifikasi.

7. Lomba Menulis Cerita Anak ini berakhir pada 5 April 2012, karena kumcer yang telah tercetak akan saya bagikan ke beberapa SD juga SMP di kawasan Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan tepat pada Hari Pendidikan Nasional. Tidak menutup kemungkinan untuk tersebar ke seluruh Indonesia, tetapi melihat jumlah peminat event ini terlebih dahulu.

Karena itu, ayo ikutan!

8. Nantinya, kumcer ini juga akan dijual bebas. Royalti yang didapat akan saya gunakan untuk membeli buku ini kembali dan dibagikan lagi secara gratis ke sekolah-sekolah.

9. Dua naskah terbaik untuk setiap tema, akan mendapatkan sebuah bukti terbit yang akan dikirim ke alamat yang bersangkutan gratis tanpa ongkir.

10. Naskah yang tidak lolos, akan kembali menjadi hak penulis.

11. Untuk up-date peserta dan laporan penyebaran bukti terbit, akan saya lampirkan pada catatan ini di kemudian hari secara bertahap. ^^

Bagaimana? Berminatkah Anda menyuguhkan suatu cerpen anak bermakna bagi mereka? Let’s join! Bila ada pertanyaan, jangan sungkan. Ketik saja pada komentar di bawah ini.

Salam Hangat,

^_^

Tha Artha

Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan Tahun 2012


Dalam rangka menggali, mengembangkan, dan mendayagunakan potensi menulis di kalangan siswa, pendidik dan tenaga kependidikan, serta masyarakat umum, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdikbud menyelenggarakan Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan. Kegiatan sayembara ini diperuntukkan bagi para peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, serta masyarakat umum. Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan tahun 2012 ini memperebutkan hadiah total lebih dari Rp 1.000.000.000,00 untuk 57 pemenang dari 19 jenis naskah buku pengayaan.

Informasi lebih lanjut tentang sayembara dapat menghubungi:
Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan website :
http://puskurbuk.net/ , telp.: 021-3804248 , e-mail: sayembara@puskurbuk.net , facebook: sayembarapuskurbuk, Twitter: @sayembarapuskurbuk

Unduh Poster Sayembara Tahun 2012

Poster Sayembara 2012


http://www.puskurbuk.net/web/



Baru saja saya mendapat kabar bahwa sayembara penulisan naskah buku pengayaan 2012 sudah diumumkan. Lomba ini terbuka untuk umum yang berarti semua orang boleh mengikuti, termasuk anak sekolah SMA. Hadiahnya pun teramat menggiurkan karena mencapai lebih dari Rp 1 miliar. Wouw, banyak sekali.

Berkenaan dengan itu, saya berharap agar rekan-rekan guru berkenan mengikuti sayembara itu. Saya telah begitu sering membaca tulisan rekan-rekan. Menurutku, tulisan rekan-rekan sangat layak untuk dijadikan parameter bahwa rekan-rekan dapat menjadi penulis buku. Nah, kesempatan baik sudah datang. Apakah rekan-rekan akan membiarkan kesempatan itu berlalu? Jangan, ah. Oleh karena itu, saya berharap agar semua rekan berduyun-duyun mengirimkan naskahnya. Silakan rekan-rekan mengikuti petunjuk berikut ini.

SAYEMBARA

PENULISAN NASKAH BUKU PENGAYAAN TAHUN 2012

Dalam rangka menggali, mengembangkan, dan mendayagunakan potensi menulis di kalangan siswa, pendidik dan tenaga kependidikan, serta masyarakat umum, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdikbud menyelenggarakan Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan. Kegiatan sayembara ini diperuntukkan bagi para peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, serta masyarakat umum. Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan tahun 2012 ini memperebutkan hadiah total lebih dari Rp 1.000.000.000,00 untuk 57 pemenang dari 19 jenis naskah buku pengayaan.

Tema Penulisan

“Membangun manusia Indonesia yang berkarakter, berbudaya, dan kompetitif di era global”

Peserta Sayembara

Peserta sayembara adalah siswa SMA/MA/SMK/MAK, pendidik dan tenaga kependidikan, serta masyarakat umum. Pendidik meliputi guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan. Tenaga kependidikan meliputi pengelola satuan pendidikan, penilik, pengawas, peneliti, pengembang, pustakawan, laboran, dan teknisi sumber belajar.

Naskah yang Disayembarakan

1. Pengayaan Pengetahuan (MIPA dan Bidang Sosial & Humaniora SD, SMP, SMA khusus Tendik dan Pendik)

2. Pengayaan Keterampilan SD, SMP, dan SMA (untuk Umum)

3. Pengayaan Kepribadian SD, SMP, dan SMA (berbentuk kumpulan puisi, pantun, cerpen, novel, drama biografi untuk Tendik dan Pendik. Siswa SMA boleh mengikuti untuk jenis Kumpulan Cerpen)

Ketentuan-ketentuan naskah buku sayembara adalah sebagai berikut.

a. Ketentuan Umum

1. Jenis naskah buku pengayaan pengetahuan alam dan matematika, dapat berupa pengetahuan alam fisik, hayati, flora, fauna; pengetahuan matematika; pengetahuan teknologi dan rekayasa; pengetahuan kebaharian, kedirgantaraan, dan kebumian.

2. Jenis naskah buku pengayaan pengetahuan sosial dan humaniora, dapat berupa pengetahuan sejarah dan kemasyarakatan; pengetahuan keagamaan; pengetahuan perekonomian dan manajemen; pengetahuan budaya, bahasa, seni dan sastra.

3. Jenis naskah buku pengayaan keterampilan vokasional yang meliputi:

a) Keterampilan membuat kriya;

b) Penerapan teknologi rekayasa sederhana;

c) Penerapan teknologi pengolahan;

d) Penerapan teknologi budidaya.

4. Jenis naskah buku pengayaan kepribadian, dimaksudkan untuk mengembangkan karakter: (1) religius; (2) jujur; (3) toleransi; (4) disiplin; (5) kerja keras; (6) kreatif; (7) mandiri; (8) demokratis; (9) rasa ingin tahu; (10) semangat kebangsaan; (11) cinta tanah air; (12) menghargai prestasi; (13) bersahabat/komunikatif; (14) cinta damai; (15) gemar membaca; (16) peduli lingkungan; (17) peduli sosial; (18) tanggung jawab yang dituangkan dalam:

a) Kumpulan pantun

b) Kumpulan puisi

c) Kumpulan cerita pendek

d) Novel

e) Drama

f) Biografi

Naskah buku Biografi, tentang:

a. seseorang yang berjasa dalam suatu bidang yang berguna bagi masyarakat;

b. seorang tokoh di daerah yang mendapat penghargaan dari pemerintah;

c. seseorang yang memiliki karakter yang dapat dijadikan contoh bagi bangsa;

d. seseorang yang memiliki keunggulan dan kelebihan yang berguna bagi masyarakat.

5. Naskah buku ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Naskah diberi identitas: (a) judul naskah; (b) jenis naskah; dan (c) peruntukan pembaca buku (misalnya untuk SD/MI; SMP/MTs; SMA/MA/SMK/MAK), (d) kelompok peserta.

6. Naskah dijilid rapi berupa cetak asli (bukan fotokopi atau dummy).

7. Naskah yang diterima Panitia tidak dikembalikan.

b. Ketentuan Peserta

Peserta adalah perorangan.

Peserta yang mengirimkan naskah harus melampirkan biodata.

Peserta dari siswa SMA/MA/ SMK/MAK harus melampirkan surat pengantar dari sekolah dan fotokopi kartu pelajar.

Peserta dari pendidik dan tenaga kependidikan harus melampirkan surat pengantar dari lembaga tempat bekerja dan fotokopi SK pendidik atau tenaga kependidikan.

Peserta dari masyarakat umum harus melampirkan fotokopi KTP yang masih berlaku.

Peserta yang pernah menjadi pemenang sebanyak tiga kali atau lebih sejak tahun 2001 tidak diperbolehkan mengikuti sayembara ini.

c. Ketentuan Naskah

Naskah yang diajukan adalah: a. karya asli, b. tidak berseri, c. tidak sedang diikutsertakan pada sayembara lain, sebagian ataupun seluruhnya, d. belum pernah menjadi pemenang sebagian ataupun seluruhnya dalam sayembara mana pun, dan e. belum pernah diterbitkansebagian ataupun seluruhnya.

Persyaratan di atas harus dituangkan dalam surat pernyataan yang ditandatangani di atas meterai Rp 6.000,00 oleh penulis naskah.

Naskah diketik dan dicetak pada kertas A4, spasi 1½, jenis huruf arial, times new roman, atau tahoma, ukuran huruf 12 pt, batas margin tepi kertas 3 cm.

Jumlah halaman isi naskah yang ditulis oleh siswa minimal 50 halaman dan yang ditulis oleh pendidik, tenaga kependidikan, dan umum minimal 75 halaman.

Penggunaan ilustrasi harus proporsional dan terintegrasi dengan teks, mendukung materi/isi teks serta mencantumkan sumber secara jelas.

Naskah buku pengayaan tidak dilengkapi dengan ungkapan tujuan mempelajari/membaca dan tidak dilengkapi latihan, soal, tes, lembar kerja, atau jenis evaluasi lainnya.

Naskah buku pengayaan tidak bertentangan dengan idiologi negara, ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku, tidak bias gender, serta tidak menimbulkan masalah SARA.

Naskah buku pengayaan pengetahuan dan keterampilan harus menggunakan daftar pustaka atas rujukan yang dikutip.

Naskah yang dinyatakan sebagai pemenang sayembara, jika ditemukan dan terbukti sebagian atau seluruhnya merupakan jiplakan/plagiasi, segala tanggung jawab hukum yang berkaitan dengan pelanggaran Hak Cipta berada pada penulis naskah. Pusat Kurikulum dan Perbukuan akan membatalkan kemenangannya dan hadiah yang diterima harus dikembalikan kepada negara.

Jika suatu naskah buku pengayaan dinyatakan memenangi sayembara, penulis berhak atas penghargaan sayembara tersebut, sedangkan hak cipta (baik hak ekonomi maupun hak moral atas naskah) tetap berada pada penulis sehingga penulis berhak menerbitkannya kepada penerbit yang dipilih.

Pemegang hak cipta (hak ekonomi) naskah pemenang sayembara adalah Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan hak moral berada pada penulis.

Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu judul naskah sayembara.

Hasil keputusan Dewan Juri Sayembara tidak dapat diganggu gugat.

d. Hadiah Sayembara

Untuk menghargai kualitas naskah yang memenangi sayembara, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdikbud menyediakan hadiah uang sebagai berikut:

Kelompok Pelajar:

Juara I = Rp. 15,000,000

Juara II = Rp. 10,000,000

Juara III = Rp 7,500,000

Kelompok Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan Masyarakat Umum

Juara I = Rp 25,000,000

Juara II = Rp 20,000,000

Juara III= Rp 15,000,000

e. Pengiriman Naskah

Naskah diterima paling lambat tanggal 3 September 2012 dan dialamatkan kepada:

Panitia Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan Tahun 2012

Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Jl. Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat

f. Pengumuman Pemenang

1. Pengumuman dan pemberian hadiah kepada para pemenang akan dilaksanakan pada bulan November 2012.

2. Calon pemenang sayembara akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti wawancara dengan Dewan Juri dan menghadiri pengumuman pemenang bagi calon yang dinyatakan sebagai pemenang. Jika calon pemenang tidak dapat mengikuti wawancara, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri.

Informasi lebih lanjut tentang sayembara dapat menghubungi Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan website :http://puskurbuk.net , telp.: 021 3804248 , e-mail: sayembara_puskurbuk@yahoo.comfacebook: sayembarapuskurbuk

Twitter: @puskurbuk

sumber: