Luar Biasa, Inilah 7 Khasiat Jeruk Nipis

Dulu, ibuku sering sekali nyetok buah jeruk nipis di kulkas. Selain buat bumbu masak atau menghilangkan bau abis ikan, jeruk sungguh bangak manfaatnya. Kadang diperas buat obat batuk, kadan jeruk nipis juga dibuat ibu untuk obat sakit kepala. Kadang juga buat menghaluskan kulit, memijat kaki yang lelah. 

Nah, serukan ya berobat dengan obatan alami aja. Buat yang belum tahu, ini ada 7 Khasiat Jeruk Nipis. Artikel ini telah tayang di Majalah Ummi Online.
Sumber foto di sini



Tanaman jeruk nipis telah dikenal di masyarakat sebagai tanaman serbaguna. Jeruk nipis memiliki nama ilmiah Citrus aurantifolia. Merupakan tanaman perdu yang memiliki banyak dahan dan ranting. Jeruk nipis memiliki ukuran yang kecil, bunganya berwarna putih dan buahnya bulat sebesar bola pingpong.
Jeruk nipis memiliki beberapa khasiat sebagai bahan herbal, yakni pada bagian buah dan akarnya. Dapat digunakan mengatasi sakit batuk, sembelit, disentri, demam dan lainnya.

 Berikut penjelasan 7 khasiat jeruk nipis :

1.       Mengobati Batuk
Jeruk nipis dapat mengatasi batuk dengan mudah dan efektif. Caranya, sediakan 1 ½ sedok kecap, 1 buah jeruk nipis, dan sedikit garam. Lalu, campurkan perasan jeruk nipis dengan kecap dan garam disendok, lalu diminum. Lakukan sebanyak 2x sehari. Insya Allah, batuk Anda segera sembuh.

2.       Mengobati Demam
Obat alami mengatasi demam dapat dilakukan dengan jeruk nipis. Caranya, siapkan 2-4 siung bawang merah yang telah dihaluskan, 1 sendok minyak kayu putih, ½ sendok minyak kelapa. Dan 1 buah jeruk nipis, peras, ambil airnya. Campurkan seluruh bahan dan gunakan untuk mengompres.

3.       Mengomati Amandel
Siapkan 1 buah jeruk nipis, ambil airnya, 1 ½ rimpang kunyit sebesar ibu jari, peras dan campurkan semuanya dengan 2 sendok madu, serta tambahkan ½ gelas air. Aduk dan saring. Minumlah selama 2 hari sekali secara teratur, Insya Allah amandel sembuh.

4.       Mengencangkan Kulit Wajah
Anda ingin wajah Anda tetap bersih dan kencang? Cobalah dengan mencampurkan putih telur dan perasaan jeruk nipis. Lalu, oleskan campuran keduanya pada wajah. Diamkan hingga kering, lalu bilas dengan air hangat. Wajah Anda semakin cerah.

5.       Mengobati Sembelit
Cara alami dan mudah mengatasi sembelit dapat menggunakan jeruk nipis. Caranya, haluskan 2-4 siung bawang merah. Buah asam, 1 sendok minyak kayu putih, 2 sendok air masak dan 1 buah jeruk nipis. Lalu, campurkan bahan yang telah disiapkan dengan perasan jeruk nipis. Kemudian, oleskan pada tubuh terutama pada bagian perut.

6.     Mengobati Disentri
    Jika Anda mengalami disentri, Anda dapat memanfaatkan akar jeruk nipis untuk mengobati disentri. Caranya, siapkan 2 potong akar jeruk nipis yang telah dicuci bersih, lalu rebus dengan 2 ½ gelas air. Setelah mendidih angkat dan saring. minum saat masih hangat. Insya Allah disentri Anda akan segera sembuh.

7.       Mengobati Ambeien
Jeruk nipis dapat membantu Anda mengatasi sakit ambeien, caranya, rebus akar jeruk nipos yang sudah dicuci dengan 1 ½ liter air, biarkan mendidih hingga 1 liter, angkat dan saring. minumlah setiap sore secara teratur hingga ambeien Anda sembuh.

         Selamat mencoba! Semoga Anda segera sembuh

4 komentar untuk "Luar Biasa, Inilah 7 Khasiat Jeruk Nipis"

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^