Selasa, 31 Mei 2016

Kelas Menulis FLP Sumbar : Tips Menulis Cerita Anak Ala Naqiyyah Syam



Assalamualaikum sahabat Smart Mom, 

Kata orang, tak kenal, maka tak sayang. Tak sayang, maka tak cinta. Nah, seperti itulah saat pertama kali aku datang ke Kota Padang. Aku belum banyak kenal dengan teman-teman FLP Sumbar. Satu-satunya yang pernah ketemu di dunia nyata sebelum kepindahanku ke sini adalah Fauzul Izmi, mantan Ketua FLP Sumbar. 

Saat pertama kali ketemu, aku sudah jatuh cinta dengan semangat teman-teman FLP Sumbar. Pengurus yang aktif memang hanya dapat dihitung dengan jari, tapi mereka penuh semangat dan bergerak. Bayangkan saja, hampir setiap minggu karya anggota menghiasi koran lokal, seperti Singalang, Padang Ekpress, Haluan dan Rakyat Sumbar.

Senin, 30 Mei 2016

Cerita Anak : Kakek yang Aneh (Dimuat di Lampung Post, 29 Mei 2016)

Assalamualaikum sahabat  Smart Mom,

Ada yang suka membaca cerita anak untuk anak-anaknya atau anaknya sudah bisa baca? Nah, aku mau kasih cerita anak karyaku. Alhamdulillah sudah dimuat di Lampung Post edisi Minggu, 29 Mei 2016.

Cerita anak ini hasil kelas Kurcaci Pos bersama guru cover boy Mas Bambang Irwanto, uhuk... Yang dibicarakan bakal keselek bakso hihi...

Awalnya, cernak ini untuk Koran Kompas. Sayang dikembalikan hiiks. Tak patah semangat aku segera revisi dan mau kirim ulang, tapi... Rubriknya udah tutup, nasib...

Cerita anak ini dapat ide dari keseharian. Aku memilih nama tokoh Neida, Lyta dan Yanti diambil dari nama teman di Komunitas Be a Writer, mereka juga penulis keren loh, ayo tebak nama lengkapnya heheh...

Lalu, konfliknya mengalir aja, aku nulis dalam waktu singkat dan ending teringat lah Film Doraemon yang diputar setiap Hari Minggu, udah lama nontonnya, cuma pas bikin cernak ini aku keingat aja saat Nobita memberikan album foto rumah sebelum direnovasi kepada seorang kakek.

Nah, akhirnya jadi deh cernak ini. Cernak ini aku kirim Kamis dan dimuat Hari Minggu. Alhamdulillah gak pakai lama. Yang mau ngirim ke Lampung Post silakan kirim ke alamat email : lampostminggu@yahoo.com.

Selamat menikmati ya.


Kakek yang Aneh dimuat di Lampung Post, 29 Mei 2016

Sabtu, 28 Mei 2016

Drama Cukur Rambut


Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Pernah enggak anaknya rewel saat diajak cukur rambut? Fatih anakku kini usia 4,5 tahun. Sejak kecil kalau diajak ke tempat cukur rambut suka menangis. Baru saja dipasang kain penutupnya, langsung nangis. Dengar alat cukur rambutnya langsung jejeritan. Jadilah kalau ke tukang cukur dibujuk dengan mainan atau makanan. Apalagi saat di Lampung, di samping tukang cukur langganan ada mini market. Tapi, tetap belum berhasil. Jadilah dibujuk dengan cara digendong sambil nunjuk mobil dan motor yang hilir mudik di balik kaca. 

Saat aku melahirkan dan Aisyah masih bayi, Fatih sempat tidak cukur rambut berbulan-bulan, hingga rambutnya jadi panjang. Kenapa? Soalnya Abinya enggak bisa ngebujuk ke cukur rambut, pastinya di sana akan nangis dan sulit ngebujuknya, sedangkan aku baru saja melahirkan belum bisa jauh-jauh dari rumah. Jadilah Fatih dipotong rambutnya pas lagi tidur hihihi....tapi tetap saja enggak sependek saat cukur di tukang cukur.

Jumat, 27 Mei 2016

#SaveSiSulung : Cinta dan Emosi


Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

[Parenting] Alhamdulillah hari ini terakhir Faris ujian kenaikan kelas. Penuh lika liku menemani Faris belajar. Ya, walau kelas 4 SD, Faris masih aku temani dalam belajar. Kadang menguras emosi jiwa karena Faris enggak mau belajar, maunya main aja. Di sinilah kadang jadi tantangan tersendiri. Apalagi sekolahnya menerapkan aturan ketat soal menghapal. Aku mau cerita sedikit ya, soal selama Faris belajar menghadapi ujian kenaikan kelas ini.

Faris ujian sejak Kamis, 19 Mei 2016 lalu. Sebelum ujian, aku bertanya, apakah gurunya memberikan kisi-kisi soal? Faris bilang tidak ada. Aku jadi penasaran. Masa sih pihak sekolah tidak memberikan kisi-kisi soal? Inikan ujian kenaikan kelas. Seharusnya ada kisi-kisi soal, ada juga latihan soal. Sedihnya, wali murid tidak diajak rapat pertemuan untuk persiapan anak kenaikan kelas, hiiks...

Kamis, 26 Mei 2016

Yuk, Maksimalkan Bulan Sya'ban

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Yuk, Memaksimalkan Bulan Sya'ban

Aku mau berbagi catatan kajian rutinku nih. Mengenai Bulan Sya'ban yang sekarang masih kita jalani. Bulan Sya'ban adalah bulan di antara Bulan Rajab dan Bulan Ramadhan. Bulan Sya'ban sering disepelekan orang, padahal banyak keistimewaannya. Orang banyak lebih mengutamakan persiapan materi menjelang Ramadhan. Beli kursi baru, rumah dicat rapi, beli baju, hingga perlengkapan makanan.

Tapi, tahukah, jika di Bulan Sya'ban diangkat amal-amal kita? Makanya Rasulullah ingin diangkat amalnya saat berpuasa. Rasulullah banyak berpuasa di bulan ini.

Selasa, 24 Mei 2016

Menyusui Lancar, Ramadhan Bersinar! Ini Rahasianya!

Assalamualaikum sahabat Smart Mom, tadi ada yang dengarin radio enggak ya? Siaran dari program AIMI untuk ibu menyusui menjelang Ramadhan ini. Nah, kebetulan aku mendengarkan, jadi aku catat apa yang aku dengar. Jika ada kurang dan salah nanti dicek lagi dengan nara sumber ya :)


Dalam Islam untuk ibu menyusui ada beberapa perbedaan mazhab ya, boleh menyusui dan boleh tidak puasa dan bisa diganti. Tapi,  kita tidak membahas hal tersebut ya, hanya bahasan persiapan ibu menyusui yang akan berpuasa. Jadi, tergantung keyakinan ya.

Senin, 23 Mei 2016

MPASI 1 Tahun : Cara Mudah Membuat Sup Ikan Belut



Cara Mudah Membuat Sup Ikan Belut. Assalamualaikum sahabat Smart Mom,  sudah lama ya aku enggak nulis MPASI Aisyah. Kali ini aku mau nulis makanan kesukaan Aisyah yakni Sup Ikan Belut. Ada yang geli ya dengan ikan belut? Awalnya aku juga gitu. aku enggak berani membersihkan ikan belut, tapi berhubung suami suka makan dan berani membersihkan, aku jadi berani masaknya. 

Awalnya Aisyah diajarkan makan ikan saja. Ikan macam-macam jenisnya. Dari ikan nila, ikan lele, ikan salmon, ikan patin dan lainnya. Nah, saat itu aku mau menambah berat badan Aisyah. Aku cari info mengenai caranya. Salah satunya yang bagus adalah memberi makan ikan dan lemak. Nah, akhirnya aku kenalkan Aisyah ikan belut.

Jumat, 20 Mei 2016

Tetap Tersenyum di Tanggal Tua


Moms, apakabar? Sekarang sudah masuk tanggal 20-an. Ada yang merasa masuk tanggal tua sepertiku? Yap, tanggal tua bagai masuk tanggal-tanggal diet hihihi.... semua harus direm dengan sekuat-kuatnya. Kenapa? Ya, karena anggarannya terbatas. Jika dulu aku masih kerja dapat uang sertifikasi guru, setiap tanggal muda berasa berbunga-bunga deh. Jika tanggal muda, aku sering ke toko buku membeli buku incaranku. Lalu membeli makanan kesukaan anak-anakku. Nah, sebelum gajian sudah ada daftar panjang yang aku persiapkan. Jadi, pas gajian wiiih...lancar jaya deh belanja-belanja hihihi... tapi, itu dulu saat mengelola uang gajiku. Saat aku resign, aku harus mengelola uang dengan satu pintu alias gaji suamiku saja.

Rabu, 18 Mei 2016

Rahasia Menang Lomba Blog dan Kuis ala Evrina Budiastuti

Evrina Budiastuti, foto sendiri lagi di gunung kalau sedang menjalankan hobi

Rahasia Menang Lomba Blog dan Kuis ala Evrina Budiastuti. Assalamualaikum sahabat Smart Mom, apakabar? Ada yang suka ikut lomba blog dan ngekuis? Yup, aku juga suka banget deh ikut lomba dan ngekuis. Alhamdulillah bulan ini aku menang 2 kuis dengan hadiah buku. Loh, kok girang banget cuma dapat buku? Ooh jangan salah, buku itu investasi. Apalagi aku emang nyicil buat buka taman baca di rumah lagi. Kalau dulu taman baca fokus untuk FLP Lampung, kali ini aku mau buat untuk Taman Baca Aisyah.

Oh iya, ngomong-ngomong soal suka lomba dan ngekuis, aku mau kenalkan temanku yang jago dalam lomba blog dan kuis juga  loh. Namanya Evrina Budiastuti. Ini nama asli, nama untuk semua yang tercantum di media sosial. Mbk Evrina atau Mbk Rina ini sudah menikah dan punya anak satu bernama Alfian Dhiyya Fahrizi.

Senin, 16 Mei 2016

Tips Mendulang Uang Dari Blog Ala Benny Rhamdani


Tips Mendulang Uang Dari Blog Ala Benny Rhamdani

Tips Mendulang Uang Dari Blog Ala Benny Rhamdani. Assalamualaikum Sahabat Smart Mom. Apakabar semua? Semoga sehat ya. Aku mau cerita Jum'at lalu, aku datang ke Perpusda janjian dengan teman-teman FLP untuk diskusi dengan Kang Benny Rhamdani yang kabarnya tiba jam 08.30 WIB. Jadi, kami akan berdiskusi jam 9. Dari rumah aku sudah bersiap dengan dua balitaku. Kebetulan hari Jum'at itu suami ada bimbingan dengan dosennya, jadi tidak bisa gantian jaga anak, hehehe... Maklum kami tidak punya ART.

Jumat, 13 Mei 2016

Tips Ibu Hamil Muda

Foto ini saat hamil muda anak kedua :) pucat ya?

Tips Ibu Hamil Muda. Mual, muntah, kepala pusing, badan meriang, itulah yang aku rasakan saat hamil muda. Hampir semua sama gejalanya saat hamil anak pertama, kedua dan ketiga. Hanya saja, saat hamil anak ketiga aku lebih mempersiapkan diri. Maklum, sudah berpengalaman, jadi tidak kaget lagi menghadapi keluhan saat trimester pertama.

Saat hamil anak ketiga, aku sudah resign dari kerja. Jadi bisa leyeh-leyeh deh di rumah. Selain itu, lumayan mudah mengenali gejala morning sickness dan menghadapinya. Tapi, bukan berarti aku menyepelekan keluhan yang aku rasakan loh. Aku tetap harus berjuang. Apalagi anak pertama sudah sekolah. Aku harus mempersiapkan kebutuhan sekolahnya. Anak kedua saat itu masih usia 2,5 tahun dan belum kusapih.

Kamis, 12 Mei 2016

Perlukan Minum Susu Ibu Hamil?


[Smart Mom] Perlukan Minum Susu Ibu Hamil? Sejak hamil anak pertama aku menyambutnya dengan gembira. Saat itu aku belum wisuda. Aku menikah satu minggu setelah ujian skripsi. Ya, sih tergolong nekad ya, nikah belum lulus kuliah dan belum bekerja hihihi...tak jauh beda dengan suami. Suamiku baru satu bulan diwisuda. Pekerjaan suami waktu itu masih swasta. Suami betenak ikan dan mengirimkan ikan ke Jakarta.

Tak lama, aku pun hamil. Kehamilan anak pertama menjadi sebuah kado terindah. Apalagi dapat wisuda didampingi suami dan calon buah hati. Saat itu aku wisuda di usia kehamilan tujuh, masuk delapan. Lumayan sulit loh bergerak. Apalagi perjuangan itu panjang banget. Aku harus bolak-balik Lampung-Bengkulu untuk mempersiapkan wisuda. Alhamdulillah akhirnya aku wisuda juga hihihi...

Rabu, 11 Mei 2016

Menjadi Ibu Rumah Tangga Bijak Membaca Berita Terkini



"Ih, apa itu sih? Aku kudet deh!"


"Ah mana sempat baca berita,nyisir rambut aja enggak sempat!"

"Aduh, aku trauma keluar rumah, bagaimana anak-anakku ya? Lihat beritanya sangat mengerikan! Anakku harus aku kawal!"


Hayo, ngaku siapa yang pernah seperti di atas? Menjadi ibu rumah tangga melek berita terkini atau kudet (kurang update) adalah sebuah pilihan. Kalau aku karena terbiasa dikeluargaku baca koran, jadi baca berita hari ini adalah sebuah kebutuhan. Saat kuliah aku juga pernah magang di Koran Rakyat Bengkulu. Belajar membuat berita dan mengejar nara sumber. 


"Tapi, berita sekarang sukar dipercaya. Banyak hoax!"

Seorang teman bercerita jika dia sudah malas baca berita karena bingung memilih koran atau website yang terpecaya. Tidak dipungkiri ya, berita saat ini sering kali tidak detail dan kadang asal copas. Mungkin saja dikejar deadline atau dikejar traffic. Memang ada juga sih wartawan yang asal menulis berita belum bisa menjadi jurnalis yang handal tapi gitu deh sebuah proses. Tapi, kita sebagai ibu rumah tangga harus bijak setiap membaca berita terkini.

Contohnya kemarin ada kasus Yuyun, anak SMP asal Bengkulu yang mengalami korban perkosaan oleh 14 orang remaja, beritanya terkininya bersleweran di wall facebookku. Dari website berita online hingga status teman asal Rejang Lebong tempat kejadian. Beberapa ibu sesama penulis sempat membahas kasus biadab ini. Bahkan beberapa teman blogger menuliskan khusus di blognya dengan hastang #NyalaUntukYuyun. 

Siapa pun yang mendengar berita ini tentulah mengutuk pelaku yang tidak berprikemanusiaan. Kisah duka Yuyun (14) pelajar 2 SMP negeri 5 Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong itu meyentak hati nurani kita semua. Malam tadi aku juga melihat berita disebuah TV Swasta. Kedua orang tua Yuyun ikut hadir. 

Cerita kedua orang tuanya, saat itu mereka sedang di kebun. “Kami orang miskin. Saat dua hari Yuyun tidak pulang, kembarannya tidak melapor ke neneknya. Lalu bapaknya nanya ke gurunya apakah Yuyun sekolah. Ternyata gurunya bilang Yuyun sekolah. Bapaknya lalu lapor dengan kadus. Bersama tetangga mereka mencari Yuyun. Bahkan tidak bisa tidur 3 dusun mencari Yuyun. Ketika bertemu di dasar jurang. Bapaknya tidak diperolehkan melihat, kakeknya saja yang melihat, baru di rumah sakit bisa melihat Yuyun. Tolong pelakunya dihukum mati bagi dewasa dan hukum seumur hidup bagi yang masih anak-anak.” 

Demikian petikkan yang disampaikan kedua orang tua Yuyun disiaran langsung TV Swasta tadi malam. Sayang aku tidak nonton sampai selesai, hatiku sudah terbelah mendengar berita Yuyun ini. Kisah pilu ini sebenarnya juga sudah mulai banyak terdengar. Anak TK di Metro mengalami pencabulan. Berita ini sempat meluas melalui broadcast dan akhirnya aku ikut membaca kasus itu.

Bukan kesalahan polisi jika hukuman hanya 10 tahun penjara karena UU maksimal 10 tahun untuk pelaku di bawah umur.

Tapi, Moms, kita harus bijak menyikapi berita hari ini yang selalu update, jangan sampai ada ketakutan yang berlebihan. Moms, ini Tips versi aku Menjadi Ibu Rumah Tangga Bijak Membaca Berita Terkini dalam kasus Yuyun tersebut, ambil hikmahnya sebagai berikut : 

1. Makin siaga mendidik anak perempuan untuk menjaga diri sendiri dari kejahatan seksual. 

2. Bekerjasama dengan pihak sekolah anak untuk mengontrol anak.

3. Beri pendidikan agama yang cukup agar anak paham ajaran agama, sehingga tidak melakukan kejahatan seksual.

4. Jika anak terlanjur menjadi korban kejahatan atau pelecehan seksual segera bertindak, temui psikolog dan berusaha terapi dengan penuh cinta.

5. Pilih sumber berita terkini yang terpercaya.

Nah, Moms, bijaklah memilih berita hari ini agar waktu tidak sia-sia sibuk membaca berita yang tidak perlu. Apalagi jika dengan membaca berita itu suasana hati jadi kacau dan menganggu jadwal harian. Semoga Tips ala aku Menjadi Ibu Rumah Tangga Bijak Membaca Berita Terkini bermanfaat ya!



Selasa, 10 Mei 2016

Berdamai dengan Tetangga

[Curhat] Hidup di lingkungan padat itu berarti siap dengan risiko bertetangga. Kenapa? Jika di kota mungkin sudah sibuk sendiri ya, bertetangga sudah jarang menyapa. Tapi. Jika di perumahan padat bagaimana? Rasanya tidak mungkin deh :) Ya harus siap berdamai dengan tetangga.

Ini pengalaman pertamaku tinggal di perumahan padat. Sejak kecil tinggal di rumah yang jauh dari keramaian. Rumah orang tuaku di Danau Dendam Bengkulu ada tetangga tapi enggak sepadat tinggal di perumnas. Tetangga sebelah kiri ada , tapi tetangga sebelah kiri dibatasi dengan tanah kosong. Sedangkan bagian depan masih rawa. Apalagi bagian belakang ada kebun saja.

Gado-gado Femina : Beras (Dimuat di Majalah Femina Edisi 12 Maret 2016)



[Karyaku] Assalamualaikum sahabat Smart Mom, apakabar? Sudah selesaikan liburan panjangnya? Pasti banyak dong ceritanya. Nah, coba deh kisahnya ditulis dan dikirim ke Majalah Femina. Lumayan banget loh untuk kisah inspiratif di Rubrik Gado-gado ini dapat honor Rp. 500 ribu (setelah ditransfer kena potong pajak). 

Nah, ini kisahku saat aku dan keluarga berjuang keras untuk membiasakan diri makan beras Padang. Berasnya enggak pulen jadi kami sekeluarga yang biasa makan beras pulen jadi sedih. Namun, ala bisa karena terpaksa, hihihi jadi deh sukses juga makan beras khas Padang. Bagaimana kisahnya? Baca selengkapnya ya!

Manfaat Baby Oil Untuk Bayi


Aisyah Fahira Ahmad
Aisyah baru lahir

Manfaat Baby Oil Untuk Bayi. Saat bayi baru lahir badannya enggak langsung mulus loh Moms, jangan kaget jika badannya enggak langsung bersih seperti bayi yang ada diiklan TV. Saat Faris lahir, anak pertamaku, aku tidak sempat melihat pertama dia mandi. Ketika lahir cuma melihat sebentar karena belum juga paham apa pentingnya IMD, maka tidak dilakukan IMD. Saat anak kedua lahir, Fatih, aku melihat dengan jelas tubuhnya yang keriput, tapi badannya bersih banget. Saat itu aku melakukan IMD. Nah, saat Aisyah anak ketiga lahir, aku sangat kaget karena tubuhnya penuh lemak, huaah.... ini pasti karena pengaruh makanan selama aku hamil, huhuhu.... Untungnya aku memang mempersiapkan 1 set alat mandi dan perlengkapan bayi disebuah tas khusus. Jadi, perawat yang membantu membersihkan badan Aisyah tak kesulitan mencarinya. Ternyata 1 botol baby oil habis buat membersihkan lemak di badannya. Jadilah Aisyah pertama kali mandi dengan baby oil, badannya jadi sangat wangi deh.

Senin, 09 Mei 2016

Curhat : Mesin Cuci Rusak, Air Keran Kecil, Tetap Semangat Mom!

Ini murni curhat enggak jelas. Soalnya udah berapa kali demo enggak dibalas😄 alasannya bentar lagi kan mau pindah, tapi ini soal air yang urgen banget.

Jadi, kami kan ngontrak ya selama 2 tahun ini di Padang, awal masuk rumah ini, airnya kuning dan bikin gatal-gatal. Bahkan kakakku yang pernah ramai-ramai ke sini aja mau mandi ke sungai karena air di rumahku ini aneh. Kalau masak nasi aku pakai air galon dan repotnya pernah kelamaan merendam pakaian sekolah Faris, hasilnya bajunya jadi kuning belang-belang😭

Tak lama, pemilik rumah berniat menambah galian sumur bor. Jadilah dibenari oleh tukang siang ampe sore selama 3 hari baru kelar. Baru deh lega merasakan air bersih dan jernih.

Tak cuma selesai disitu, parit kami pernah tidak lancar. Air cucian dari belakang meluap ke lantai kamar mandi terus berulang hingga ada 6 bulan. Aku hampir saja memaksa suami untuk pindah rumah saja, tapi keuangan tidak memadai saat itu.

Suatu hari suamiku sudah membeli kawat kecil yang bisa dimasukkan ke dalam parit dan nyambung hingga ke lantai kamar mandi. Tetap saja airnya tidak lancar. Aduuh ke bayangkan sudah mencuci lalu menciduk air yang ada di lantai. Kerjaan makin menumpuk.

Lalu, aku penasaran kenapa parit itu macet, aku rogoh dengan yang aku memasukkan ke dalam parit hingga full tangan kananku dan ya Robb... Aku menemukan celengan plastik. Celengan berbentuk agar pipih dan menyumbat semua pipa. Ukurannya besar dan dalam sepertinya bukan oleh anak-anak atau karena terbawa air hujan, kemungkinan ada unsur kesengajaan.

Balik ke air tadi, sebenarnya sudah berusaha memanggil tetangga yang pernah memperbaiki mesin cuci itu. Sudah 3 kali mesin cuci itu macet. Cuma bolak-balik dia janji mau datang enggak juga datang, alasannya capek karena banyak kerjaan. Datang pagi, katanya sore aja, datang sore katanya besok aja. Nyebelin enggak tuh? Mau bawa ke pasar perlu panggil becak bermotor, dan... Cukup repot. Akhirnya aku berdamai dengan keadaan deh. Air kecil, mesin cuci rusak mungkin membuat aku banyak bersitighfar. Capek pasti tapi hati tak boleh mengeluh. Hidup adalah perjuangan. Maka, hargailah keringat istri yang telah mencoba memberikan yang terbaik.

Udah ah, curhat malam-malamnya, met istirahat ya 😊

Minggu, 08 Mei 2016

Resensi Novel Insya Allah, Sah! (Dimuat di Koran Rakyat Sumbar, 30 April 2016)





Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Menulis resensi adalah wisata menulis bagiku. Seru sih, beda dengan menulis cerpen atau cerita anak. Menulis resensi buku, idenya sudah ada di buku. Kita tinggal menceritakan kembali point yang penting dan meramunya hingga pembaca dapat tahu isi buku tersebut. 

Alhamdulillah resensi novel Insya Allah, Sah! ini dimuat di Koran Rakyat Sumbar, Sabtu, 30 april 2016. Berikut resensi yang asli kukirim ya :)


Sabtu, 07 Mei 2016

Mengenal Obat Kumur Gigi


Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

[Smart Mom] Mengenal Obat Kumur Gigi. Suatu hari aku pulang ke kampung halamanku ke Bengkulu. Orang tuaku sudah tidak ada, jadi aku menginap di rumah tua yang kini ditempati kakakku. Di Bengkulu, ada dua kakakku. Kebetulan rumahnya berdekatan. Jadilah asyik banget. Bosan di rumah orang tuaku, aku main ke rumah kakak keduaku. 

Jika main ke rumah kakak keduaku ini, anak-anak suka banget maen ke kamar mandinya. kamar mandinya ada shower. Iya, anak-anakku suka mandi di pancurannya. Saat nemani anak-anak mandi itulah aku menagkap sesuatu di kamar mandi. eh, menangkap? Apa itu? Kecoa atau tikus? Ups, bukan dong ya! Maksudku menangkap sesuatu yang jarang aku temui yaitu ada obat kumur gigi

Tips Merawat Gigi Anak Sejak Dini


[Parenting] Tips Merawat Gigi Anak Sejak Dini. Sakit gigi memang tidak enak. Apalagi yang sakit gigi itu anak-anak. Pernah dulu anak tetanggaku saat sakit gigi nangis meraung-raung. Siang-malam belum juga berhenti. Paling tidur karena kecapekaan nangis. Saat Faris kecil, pengetahuanku tentang merawat gigi anak belum banyak. Faris sempat mengalami gigi yang rusak. Giginya hitam akibat sering makan obat antibiotik. Iya, Faris kecil makan obat rutin karena menderita TB. Alhamdulillah setelah berobat rutin, sakitnya hilang. Namun, BB Faris tetap aja belum bisa ideal hihihi...

Jumat, 06 Mei 2016

Resume Kulwapp Ibu-ibu Profesional Lampung Belajar Menulis Untuk Pemula

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Hari Kartini sudah berlalu, tapi aku mau berbagi cerita nih. Tepat di Hari Kartini lalu, 21 April, aku bersama Ibu-ibu Profesional Lampung mengadakan Kulwapp Belajar Menulis Untuk Pemula. 

Ini bermula dari ajakan Bunda Evi Wiliyanti untuk mengisi materi Kulwapp, okelah akhirnya dengan tempo yang singkat mempersiapkan diri mengisi Kulwapp. Ini pengalaman perdana mengisi Kulwapp. Soalnya diskusinya dengan media Whatsapp. Beda dengan kelas online atau pun tatap muka. Memang sih enggak ada kelihatan groginya, tapi bagi waktunya itu loh, acaranya malam dan itu acara nemani anak belajar, hehehe....

Oiya, gimana ceritanya aku gabung Ibu-ibu Profesional Lampung? Ini awalnya aku emang mencari forum untuk gabung di sini. Kalau di websitenya aku udah daftar. Udah tahukan apa itu IIP yang founder-nya Ibu Septi Wulandari? Jika masih penasaran silakan cek website ibu presional aja ya :)

Oke balik ke IIP Lampung, aku gabung setelah melihat logo ini dishare oleh Mbk Heni Puspita lalu akhirnya gabung di group WA. Seru deh diskusi juga ngak emak-emak banget

Kamis, 05 Mei 2016

Cara Mudah Mengatasi Komedo





Siapa sih yang enggak mau berwajah cantik dan bebas dari hidung landak? Aku sih pengen banget ya berwajah cantik dan bebas komedo. Apalagi kalau ingin ke pesta pernikahan. Wajah kinclong bikin lebih pede deh. Sayangnya, aku ini suka lupa membersihkan wajah. Jadilah wajahku kian kusam dan menumpuk deh tuh komedo. Kalau udah enggak nyaman, baru deh rada panik mencari cara mengatasi komedo. Padahal seharusnya, bisa lebih cepat diantisipasi ya agar komedo tidak mampir.

Wahai Istri Sholehah, Kenali 3 Ciri Taqwa ini

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Sebentar lagi kita memasuki Bulan Ramadhan. Sering kita dengar kalau orang berpuasa adalah untuk menjadi insan yang bertaqwa. Tapi, Moms tahu enggak sih gimana caranya mengetahui keberhasilan taqwa dalam diri kita? Nah, kenali dulu arti taqwa.

Sore kemarin aku mengikuti kajian rutin dan membahas mengenenai taqwa. Untuk mengetahui apakah kita sudah bertaqwa silakan cek, apakah sudah punya 3 ciri ini :

1. Selalu ingat
Di mana pun berada Moms selalu ingat Allah. Tidak hanya ketika dalam keramaian, tapi juga dalam kesendirian. Tidak hanya dalam majelis agama, tapi juga saat di rumah. Apakah Moms sudah melakukannya?

2. Selalu taat
Perintah Allah sudah jelas, kalo Moms menggunakan jilbab adalah karena ketaatan kepada Allah. Jangan pas pulang kampung, enggak ada yang lihat eh Moms lepas lagi, duuh... Ketaatan enggak harus di depan CCTV, tapi jadikan Allah sebagai Maha Melihat.

3. Selalu bersyukur
Oke Moms, ini lagi ngehits banget antara ibu-ibu yang bisa masak dan tidak bisa masak. Antara ibu yang takut ditenggelamkan karena tidak bisa masak dan ibu yang bangga bisa masak. Moms, tiap keluarga itu beda. Ada yang latar suaminya suka makan karena ibunya rajin masak, sehingga dia maunya makan masakan istrinya. Tapi, ada juga yang keluarga enggak masalah istrinya enggak masak. Tinggal beli sayur matang aja. Di rumah cukup menanak nasi. Suami enggak protes, apalagi istri juga menjadi ibu bekerja. Nah, Moms, bersyukurlah kondisi suami masing-masing. Bagi suami yang cuek dengan istri tidak bisa masak, bersyukurlah karena suami enjoy saja memakan masakan di luar. Moms bisa fokus urusan kerja dan anak-anak. Buat Moms yang suaminya ingin masakan istri, berayukurlah itu menjadi ladang pahala untuk bersabar belajar masak. Bersabar untuk mencoba resep masakan.

Wow, 3 arti ketaqwaan itu membuat aku brebes mili loh. Bayangkan selama ini masih sering kurang bersyukur. Masih mengeluh hiiks....

Bercermin dari seorang teman yang selalu sabar dengan penyakitnya. Ia menderita penyakit kanker payudara. Tapi selalu semangat menyampaikan dakwah. Ia tidak mengeluh, tidak pernah memperlihatkan deritanya.

Nah, Moms, untuk sementara itu saja ceritaku hari ini, semoga 3 arti taqwa tadi selalu ada dalam diri kita. Semoga bermanfaat. 

Rabu, 04 Mei 2016

Kiat Sukses di Usia Muda

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Kiat Sukses di Usia Muda. Zaman aku masih kuliah, aku senang mencoba sesuatu yang baru, unik dan menantang. Aku mencoba menjadi wartawan kampus dan magang di Koran Rakyat Bengkulu. Seru deh menjadi wartawan kampus. Waktu itu, masih lugu banget. Masih dag dig dug kalau mau wawancara dengan dosen. sudah bawa kertas berisi point yang akan ditanyakan, tapi tetap saja keringat dingin hihihi.... tapi untunglah itu tidak lama, setelah dua minggu aku sudah terbiasa. 


Namanya anak muda, inginnya mencoba hal-hal yang baru dan kelak bisa jadi lompatan masa depan, aku juga pernah mencoba jualan Majalah Annida di kampus. Sudah jalan beberapa bulan, sayangnya karena sistem kepercayaan saja, aku enggak minta bukti pembayaran. Jadi, pernah dibilang belum setor uang, sediih deh. Walau akhirnya si agen minta maaf karena dia lupa mencatat. Tapi, terlanjur sedih akhirnya aku putuskan tidak jualan majalah lagi.

Foto di depan Universitas Andalas bersama kedua anakku

Senin, 02 Mei 2016

Meramu Rasa Cemburu

Assalalamualaikum sahabat Smart Mom, ini aku lagi belajar ngeblog dari Hp. Biasanya ngetik via laptop dan sukanya malam hari nunggu anak bobok. Tapi, nunggu malam itu lama banget sih, kadang juga udah keburu hilang idenya 

Baiklah, aku mau cerita tentang rasa cemburu. Apakah Moms pernah merasakan cemburu? Aku pernah, bahkan sering indikasi hati yang sakitkah? Oow, aku pernah cemburu yang mungkin dianggap sepele, seperti saat aku kecil dulu aku cemburu saat keponakan aku lahir dan ayah dan ibu lebih sayang dengan keponakanku. Lalu, saat kakak pertamaku enggak pernah nginap di rumahku, aku cemburu hihi...

Meramu Rasa Cemburu