Senin, 05 Februari 2018

5 Tips Memilih Mukena sebagai Penunjang Muslimah Beribadah


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Mukena sebagai pendukung bagi muslimah beribadah. Apalagi kalau mukenanya bersih dan enak dipakai. Aku sendiri masih teringat dengan mukena pemberian kakakku. Sebenarnya mukena itu untuk ibuku, tapi setelah ibu tiada, mukenanya aku yang pakai. Mukenanya awet hingga berkali-kali lebaran dipakai. Abis mukenanya emang bagus jadi aku sayang buat pakai sehari-hari. Tapi, pikiran aku mulai berubah. Masa sih mukena bagus buat hari raya aja? Gimana ibadah hariannya? Kan lebih semangat kalau sholat 5 waktu dengan mukena yang mendukung ibadah kita? 

Apalagi kalau lagi jalan-jalan keluar kota, mampir ke masjid. Jarang sekali menemukan masjid yang menjaga kebersihan mukena. Lebih sering ditemui mukena di masjid bau apek, bagian kepala sudah menghitam dan lusuh. Lalu, kalau lagi belanja ke mall dan tiba waktu sholat, antrian pakai mukena juga lama. Soalnya mukena dengan ukuran pas itu susah. Lebih banyak mukena yang kecil, transparan dan lagi-lagi tidak bersih.

Nah, daripada mengandalkan mukena yang tidak bersih, sebaiknya kalau ingin jalan atau ada acara sebaiknya menyiapkan mukena sendiri.  Untuk itu, aku ada tips agar mukena yang dibeli lebih nyaman dan bikin semangat beribadah. 

Berikut 5 Tips Memilih Mukena sebagai Penunjang Muslimah Beribadah : 


1. Pilih Bahan yang Tebal.

Pilih mukena yang berbahan dasar tebal. Cari bahan yang lembut dan menyerap keringat. Apalagi kalau dibawa sholat ke masjid atau ke lapangan, mukena yang tebal akan membuat kamu lebih nyaman dan tenang beribadah. Kalau tipis, lekuk tubuh akan terlihat jelas. 

2. Corak dan Warna yang Sesuai
Pilih mukena dengan corak dan warna yang sesuai. Kalau aku lebih suka memilih mukena  dengan corak yang tidak terlalu mencolok. Boleh pilih yang bermotif, tapi hindari yang terlalu ramai. Namun, selera setiap orang berbeda sih. Apalagi jenis mukena sekarang sudah beragam. Ada yang bermotif bunga, batik hingga kobinasi warna. Kalau aku sendiri lebih suka mukena warna biru atau putih. Mukena biru sering aku bawa untuk perjalanan jauh sedangkan warna putih dengan bermotif kupakai untuk sehari-hari.


3.  Ukuran. 
Sahabat Smart Mom, saat membeli mukena, pilihlah ukuran yang sesuai. Ukuran tiap merk bisa jadi berbeda. Untuk itu, dicoba saja dulu. Kalau beli secara online, lihat ukuran panjang dan standarnya. Mukena yang sesuai dengan ukuran tubuh akan membuat kita nyaman saat beribadah. Jika bawahannya kebesaran, akan kedodoran saat akan rukuk atau kalau ukuran mukena kekecilan akan membuat kamu kesulitan. Kainnya akan terinjak dan kaki jaid terlihat. Sholat jadi tidak sah.

4.  Harga.
Pilihlah mukena dengan harga yang sesuai. Tidak terlalu mahal dan terlalu murah. Harga mukena memang menunjukkan kualitas. Semakin mahal akan meningkat kualitas bahannya. Jika murah, kualitas bahan juga rendah. Namun, tidak menjamin juga sih harga  mukena yang mahal hasilnya bagus. 


5. Cek Jahitan. 
Pilih mukena dengan kualitas jahitan yang bagus. Hindari memilih mukena dengan jahitan yang kualitas rendah. Sayang sekali jika saat beribadah mukena robek atau lepas jahitannya. Seorang teman mengalami hal pahit, ia sengaja membeli mukena online dengan harga lumayan setelah melihat model yang yang disukainya. Sayang saat diterima ia harus menelan rasa kecewa. Mukena impian tidak secantik gambarnya. Jahitan mukenanya sangat rapuh bahkan mudah robek. Aduh, kan sayang sudah beli mahal tapi jahitannya tidak bagus. 

Nah, sahabat Smart Mom, itulah 5 Tips Memilih Mukena sebagai Penunjang Muslimah Beribadah. Semoga Moms semuanya bijak dalam memilih mukena yang diinginkan. Semoga bermanfaat ya! 

14 komentar:

  1. kalau aku pasti pertimbangannya corak dan warna mba lalu harga deh sisanya mengikuti hehehe

    BalasHapus
  2. Paling susah kalau membelikan mukena buat ibu karena sering salah ukuran

    BalasHapus
  3. Kalo aku sukanya yang putih aja, simple, ngemalesin kalo ada yang pake warna warni hihii

    BalasHapus
  4. Aku pasti akan pilih mukena yang ukurannya bessaaarr, bahannya tebal, dan yang pasti warna putih. Sama mba ^^ kalau aku pribadi suka ga sreg ngeliat mukena warna warni hehehe

    BalasHapus
  5. Iya aku lebih milih mukena berbahan tebal juga sih mb. Daripada mukena tipis meski untuk bepergian. Ngerasa lebih sreg aja hehe.
    Makasih mba Naqy tipsnya :)

    BalasHapus
  6. kalau aku pasti milih mukena yang bahannya nyaman dulu suka ga betah pake mukena yang banyak bordiran macem macem..

    BalasHapus
  7. Pernah beli mukena yang harganya bagi saya sih cukup mahal, tapi ternyata ga enak dipake karena cepet gerah dan berat.

    BalasHapus
  8. Pernah beli mukena yg harganya cukup mahal, tapi ternyata pas dipake ga enak karena cepet gerah dan berat. Skrg jadi ga dipake2 lagi deh mukenanya.

    BalasHapus
  9. Paling suka yang adeeemm apalagi bahan katun Mbak Naqiii.. Terus warnanya putih, bikin tenang kalau saya hihiii

    BalasHapus
  10. Kusuka mukena yg gk rame bgt, lbh suka polos putih aja malaah, dan palin penting lg bahan nyaman adem gk kasar atau gerah

    BalasHapus
  11. Kalo aku lebih suka yang warna putih polos aja mbak, apalagi kalo untuk dibawa jalan jauh dan untuk sholat berjamaah. Takutnya kalo pake mukena bercorak malah bikin yang lain ga fokus sholatnya jadi bikin dosa heheheheh

    BalasHapus
  12. Emang penting banget ya milih mukena yang pas mba. Yg paling penting buat aku itu bahan, kalo bahannya tebal tapi lembut, tambah khusyuk ;p.

    BalasHapus
  13. Sama.. aku juga kalo pilih mukena pasti cari yang bahannya tebal dan warnanya bagus ^^

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^