Minggu, 18 Maret 2018

Blog Tour dan Giveaway Buku 41 Tantangan Untuk Anak Hebat



Buku 41 Tantangan Untuk Anak Hebat. Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,
“Mi, bacain Mi!,” seru Aisyah.
Jika Ummi lagi sibuk dan belum merespon, Aisyah akan teriak, “Sayangkuuuuu!”
Artinya, pengen segera direspon mengajak baca buku hihihi....

Setelah mengikuti 10 tantangan membacakan buku kepada Aisyah, ini menjadikan kebiasaan yang positif. Selama ini sudah diajak membaca, tapi ya itu masih sambilan. Ummi juga enggak baca sambil habis. Malah ngomongin gambarnya hehe...  tapi sejak diajak rutin membaca pada jam yang disesuaikan mood Aisyah, akhirnya Aisyah ketagihan dibacakan buku, horeee ini menjadi kebahagian tersendiri.




Lain lagi Faris, sulungku yang berusia 12 tahun. Saat ini sudah menyukai buku yang tesnya panjang-panjang. Sejak kecil dikenalkan buku, tapi belum mau beranjak dari komik atau pict book yang gambarnya banyak. Lalu, menginjak kelas 5, Faris seolah-olah haus buku. Buku anak di rumah semua dibilang, “Udah baca, Mi!” Huhu...Uminya mati gaya deh!

“Umi, aku suka buku tulisan X,” Faris menyebutkan salah satu penulis. Wah, kadang ngiri juga dengan penulis buku anak, dijadikan idola anak-anakku hehe....

Nah, ngomongin penulis buku anak, aku mau mengenalkan penulis buku 41 Tantangan Untuk Anak Hebat, Mbk Lia Herliana.

Kenalan Lebih dengan Lia Herliana

Mbk Lia ini aku kenal diawal-awal bikin facebook 2010, kami sering ikutan audisi menulis. Lalu, ibu 3 anak ini memilih fokus menulis buku. Ia sangat produktif, tercatat sudah 43 buku yang ditulisnya. Mbk Lia memiliki anak berusia 17 tahun, 14 tahun dan 9 tahun. Wah, sudah remaja ya anak-anak Mbk Lia?


Lia Herlina penulis buku Buku 41 tantangan Untuk Anak Hebat

Nah ini bincang-bincangku dengan Mbk Lia Herliana wia WA.

Mbk, ide buku ini dari mana sih?
Buku ini ide awalnya dari editor, lalu kami diskusikan bersama.

Berapa lama buku ini selesai, Mbk?
Buku ini ditulis sekitar 2 bulanan.

Apa alasan memilih judul ini?
Alasan memilih judul ini, agar menarik minat pembaca.

Apa harapan Mbk buat pembaca dari buku ini?
Saya berharap anak-anak bisa lebih mengenal potensi diri dan berani menggali serta melakukan hal-hal baik dalam dirinya.

Membaca buku Buku 41 tantangan Untuk Anak Hebat, buku keren euy!

Tentang Buku 41 Tantangan Anak Hebat

Judul         : 41 Tantangan Anak Hebat
Penulis      : Lia Herliana
Ilustrasi     : Ahmad Saba
Terbit        : Cetakan pertama, Juli 2017
Halaman    :  104 hal
Penerbit     : Tiga Ananda,  Creative Imprint of Tiga Serangkai

Blurb :
Dalam buku ini, kamu bisa menemukan berbagai hal seru untuk dilakukan; mengacungkan jari di kelas, meminta maaf terlebih dahulu, memberikan tempat duduk kepada orang tua, dan banyak lagi. Ini tantangan!

Jika kamu berhasil menaklukkan sebuah tantangan, kamu berhak menebalkan atau mewarnai gambar mendali yang ada di setiap tantangan. Itu artinya kamu berhasil meningkatkan sikap baikmu dalam hal tersebut. Jadi, berani terima tantangan ini?

Review Buku 41 Tantangan Untuk Anak Hebat

Buku ini sampai ke rumah dan aku ajak Faris membacanya. “Mas, terima tantangan dari Umi?” tanyaku. Faris ikutan serius membuka halaman demi halaman.

“Ini sudah loh, Mi!” ujar Faris gembira melihat beberapa tantangan yang pernah dilakukannya.

“Tapi, ini belum loh!”  Faris ikutan nyengir melihat beberapa tantangan yang bikin kami saling berpandangan. “Kenapa tidak mencoba?” hehe...


Buku ini berisikan 41 cerita singkat dengan 1-2 paragraf saja, selanjutnya anak-anak diajak melakukan tantangan. Agar anak berani, akan diberikan apresiasi mendapatkan gambar mendali yang diwarnai. Jika, anak belum berani, ortu juga bisa memberikan catatan kenapa anak belum berani menerima tantangan tersebut.

Anak 8 kategori tantangan yang dapat dilakukan, yaitu :
1.   Anak Hebat Ayah-Ibu
2.   Murid yang Keren
3.   Aku Peduli
4.   Berempati Yuk!
5.   Ayo, Disiplin
6.   Aku Pasti Bisa!
7.   Tetangga yang Menyenangkan
8.   Pecinta Lingkungan

Setiap kategori di atas memiliki 5 tantangan, contohnya untuk menadi anak hebat kesayangan Ayah dan Ibu, anak diajak melakukan tantangan berani menyambut Ayah sepulang kerja, menawarkan pijatan sayang kepada Ayah, seperti memijat bahu, kaki dan tangannya. Anak diajak berbakti kepada kedua orang tua, sehingga Ayah dan Bunda semakin sayang.


Di halaman 17, anak-anak diajak menabung dari uang sakunya. Anak-anak diajak celengan derma. Di sini anak-anak diajak memiliki jiwa sosial yang tinggi. Anak-anak diajarkan untuk memikirkan kepentingan orang lain dengan menyisihkan uang saku dengan niat yang tulis. Aku jadi teringat program celengan surga yang diadakan di TK Fatih. Celengan itu dibagikan kepada setiap murid, anak-anak diminta mengisi uang koin dan ketika waktu yang ditentukan tiba, celengan surga dikumpulkan, uangnya diberikan untuk kegiatan sosial. Nah, Moms, celengan derma dikisah buku ini bagus ya mengajak anak lebih empati.

Moms, pernah anaknya terlambat sekolah? Wah, ini aku banget! Walau anak-anak sekolahnya dekat, susah diajak sekolah tepat waktu. Entah mandi kelamaan, sarapan lama, sampai telat bangun. Nah, sebenarnya ada solusi cerdas menghadapi hal ini. Yap, mengajak berdisiplin dengan membuat jadwal harian. Di halaman 58, anak-anak diajak berani mencoba hidup teratur. Ada contoh jadwal harian yang telah tersusun rapi. Widiw, bisa jadi bahan buat jadwal harian anakku nih hehe...


Saat aku Faris membaca buku ini, Faris cerita kalau sudah pernah melakukan bersifat santun melewati orang lebih tua saat naik sepeda seperti tantangan di halaman 84. Malah, sampai ke jatuh dari sepeda karena permisi sambil melepas tangan dari stang sepeda, hadeeeh....

Buku ini menarik sekali untuk menjadi pedoman orang tua untuk mengajarkan anak berani melakukan kebaikan. Hal ini menstimulasi anak lebih percaya diri, rendah hati dan berprestasi. Alhamdulillah buku ini dapat mudah ditemui di toko Gramedia atau pesan langsung dengan penerbitnya.

Ikuti Giveaway Buku 41 Tantangan Untuk Anak Hebat ya!

Giveaway

Nah, sahabat Smart Mom, ingin mendapatkan 1 buku 41 Tantangan Untuk Anak Hebat berikut  caranya :

1. Like fanpage FB Tiga Serangkai
2. Follow Instagram @tigaserangkai
3. Follow Instagram @lia_herliana2015
4. Follow Instagram @naqiyyahsyam
5. Tulis di kolom komentar  :
1. Tuliskan nama penulis buku 41 Tantangan Untuk Anak Hebat!
2. Tuliskan alasanmu kenapa ingin mendapatkan buku 41 Tantangan Untuk Anak Hebat! Sertakan juga akun instagrammu ya!
6. Pastikan alamatmu di Indonesia
7. Jawaban ditunggu paling lambat tanggal 24 Maret 2018
8. Pemenang diumumkan tanggal 28 Maret 2018 


Ikuti juga rangkaian blog tour ini di blog www.lestarie.com ya!

Terima kasih, ditunggu partisipasinya dalam giveaway Buku 41 Tantangan Untuk Anak Hebat. Yuk, ikutan!



34 komentar:

  1. Gimana yah supaya anak suka mendengarkan apa yg org tuanya bacakan. Karna biasanya anak ketika kita bacakan buku, dia sibuk juga ngacak2 buku yg lain

    BalasHapus
  2. 1. Lia Herliana
    2. Ingin belajar menjadi orang tua yang baik. Supaya bisa mendidik anak-anak dengan baik. Terutama mengajarkan 41 tantangan untuk anak ini. Benar-benar ingin sekali membaca buku ini.
    Instagram @novrian_haqiki23

    BalasHapus
  3. 1. Penulis Lia Herliana
    2. Pengen buku ini buat nantang adik-adik di Rumah Pelangi, terutama poin tetangga yang menyenangkan. Berantem mulu perasaan bocah-bocah. 😂😂

    IG: widut92

    BalasHapus
  4. Ikuuut!
    Udah follow pake akun helenamantra, ya

    1. Lia Herliana
    2. SID suka baca buku. Tiap hari kami pasti membaca buku. Lewat buku, ia belajar banyak hal. Setelah baca review buku 41 Tantangan untuk Anak Hebat, tantangan-tantangan di dalamnya cocok untuk SID belajar sopan, disiplin, peduli pada sesama, dan soft skill lainnya. Soalnya, kalau saya bilangin, dia tuh langsung say No. Beda dengan pendekatan lewat cerita di buku. Lebih halus gitu kali ya, jadi lebih nurut. Plis plis... Bakal jadi hadiah ultah buat dia bulan depan.

    BalasHapus
  5. 1. Lia Herliana
    2. Aku ingin menjadikan buku ini sebagai pedoman untuk menantang anak-anakku sekaligus menantang diriku sendiri untuk mengajarkan mereka bagaimana caranya untuk menjadi anak hebat. Apalagi anak-anakku sudah kusuguhi buku dari bayi. Jadi setiap ketemu buku mereka excited sekali :)

    BalasHapus
  6. Maaf tadi akun IG nya lupa tadi Mbak.
    Akun IG: @adedelinaputri

    1. Lia Herliana
    2. Aku ingin menjadikan buku ini sebagai pedoman untuk menantang anak-anakku sekaligus menantang diriku sendiri untuk mengajarkan mereka bagaimana caranya untuk menjadi anak hebat. Apalagi anak-anakku sudah kusuguhi buku dari bayi. Jadi setiap ketemu buku mereka excited sekali :)

    BalasHapus
  7. Bukunya bagus banget. Aku enggak ikut GA-nya tapi mau beliin buat keponakanan ah. Thanks infonya, Mbak.

    Sukses Giveawaynya.

    BalasHapus
  8. ikuut bunda

    1. Lia Herliana
    2. saya pengen banget buku ini soalnya, lihat ulasan dari bunda, buku ini akan bagus untuk menanamkan nilai yang baik pada anak dengan cara yang menyenangkan. apalagi sulung saya sudah mulai bisa baca. pasti dia senang banget kalau bisa punya buku ini.

    IG : @alfarisi_aisyah

    BalasHapus
  9. Pengen banget membiasakan anak belajar menggunakan buku, mungkin ini karena kesalahan orang tua,, anak lebih suka belajar menggunakan gadget.

    Tapi Alhamdulillah saat ini anak dengan usia 2th sudah bisa mengenal angka dan huruf bahkan ma nama hewan.

    BalasHapus
  10. Ikuuut ya mbaaaak..
    Udah follow pake akun fauziah rachmawati..

    1. Lia Herliana
    2. Saya suka membaca dan selalu menularkan virus membaca untuk murid-murid saya. terkadang kami saling tukar buku untuk dibaca bersama. Setelah baca review 41 Tantangan untuk Anak Hebat dari Mbak Naqy, saya yakin buku ini pas sekali untuk diaplikasikan murid-murid saya...
    bakal dapet pahal berjamaan nih... saya dapet 1 buku, bukunya bermanfaat untuk ratusan anak yang saya minta praktik..hehhe

    BalasHapus
  11. Wah buju bagus nih buat nemotivasi dan menginapirasi anak. Pingin punya utk anakku

    BalasHapus
  12. Salut dengan ibu-ibu yang berhasil membacakan buku pada anak dan konsisten
    #merasamasihgagal :(

    BalasHapus
  13. Ikutan Mbaaaak. AKun IG: @rotundf

    1. Lia Herliana
    2. Saya ini orangnya masih susah berkomitmen, pun dalam menstimulasi anak-anak dalam berbuat kebaikan. Jadi kadang kalau ada momennya baru keingetan. Nah kalau dapat buku ini, nantinya bisa menjadi pedoman dalam membiasakan hal-hal baik pada anak. Apalagi bentuknya tantangan ada rewardnya. Pasti bakalan seru!

    BalasHapus
  14. Waah mbaak.. aku dri dlu pengen bangeet bisa nulis buku anak.. apalah saya sllu gagal move on di cerita dewasa hahahaa.. maau satu dong mbak wkwkwk

    BalasHapus
  15. 1. Lia Herliana
    2. Buku bagus yg harus aku bacaa dan aku koleksi.. apalagi ini buku anak.. investasi banget laah buat masa depan..

    BalasHapus
  16. Bagus banget bukunya unik ada tantangan gitu. Ntar aku ikut GA-nya deh kali aja dapat gratis

    BalasHapus
  17. Ikut ya mbak..
    1. Lia Herliana
    2. Anak saya adalah pecandu buku. Usianya sudah 5 tahun. Memang masih belum lancar membaca. Tapi setiap melihat buku dia selalu mengambil boneka peraganya untuk mendongeng. Selain buku berbetuk cerita, sekarang anak saya juga mulai menyukai buku berbau pengetahuan dan akhlak. Karena itu saya ingin sekali memiliki buku 414 tantangan untuk anak hebat ini. Bukunya kelihatan sekali sangat bermanfaat dan edukatif.

    IG: @aswindautari

    BalasHapus
  18. Ikutan juga ya Mom Naqy
    1. Lia Herliana
    2. saya ibu 3 anak juga tapi usiany lagi piyik-piyik, ingin punya buku 41 tantangan untuk anak hebat karena ingin saya terapkan juga ketiga anak saya isi buku tersebut, seru sekali sepertinya.

    ig saya : @ernawatililys

    BalasHapus
  19. 1. Lia Herliana
    2. Mendidik anak dengan sebaik-baiknya adalah kewajiban bagi orangtua. Tentunya, hal tsb juga jadi hak anak. bahkan dalam agama islam, kami juga memahami bahwa anak yang shaleh adalah amalan yang takkan pernah putus ketika mati. Jadi, keinginan saya pribadi untuk memiliki anak yg shaleh/shaleha sangat besar. Sejauh yang saya baca review mba Naqi tentang 41 Tantangan Untuk Anak Hebat, rasanya buku ini cocok jadi salah satu panduan menjadikan anak yang memiliki kepribadian baik.
    Saya sih belum punya anak, tapi nggak ada salahnya mau belajar dari sekarang dan semoga saya beruntung memenangkan give away ini. :)

    Dan kalau menang dan liat bukunya, sapa tau jadi makin semangat cari calon ayah anak anak hahahahaaa. aminkaaaan

    BalasHapus
  20. 1. Lia Herliana
    2. Alasan saya ingin memiliki buku ini sebagai salah satu acuan dalam mengajarkan hal-hal baik untuk anak saya nantinya. Selain itu buku ini juga bisa menjadi pendorong bagi saya untuk melakukan tantangan yang sama
    Instagram : @ayanapunya

    BalasHapus
  21. Ikutan dong....

    1. Penulis Lia Herliana
    2. Pengen buku ini buat nantang ke lima orang anak-anakku yang masih abg dan balita...masih sangat membutuhkan pola asuh yang variatif ����

    IG: musfirah kahar

    BalasHapus
  22. Duh kalau baca cerita ttg penulis suka "iri" dalam arti positif, kapan yaaaa punya buku solo jg? hehe
    Aku tandain dulu ya mbak. Moga bis aikutan booktournya makasiiih.

    BalasHapus
  23. ikuuut

    1. Lia Herliana
    2. Pengen buku ini karena dari sekarang ingin belajar menumbuhkan minat baca ke anak-anakku nanti

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah sudah follow semuanya.
    Jawaban:
    1. Penulis buku : Bunda Lia Herliana
    2. Berhubung blm pny anak jadi saya pengin buku ini sebagai hadiah untuk ponakan saya tercinta, Dzaky yg tgl 17 Maret 2018 kmrn berusia 1 tahun biar doi menjadi anak hebat. aamiin

    BalasHapus
  25. wah, banyak juga ya..tantangan yang harus anak jlani, bukunya bikin penasaran yaaa

    BalasHapus
  26. aku sampe sekarang belum ngerti mekanisme bisa ikutan blogtour :D dijelaskan dong mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal jawab pertanyaannya dan ikuti ketentuan dari Mbak Naqi. Gampang, kan? :)

      Hapus
  27. Bukunya baguss mbak, semoga sukses ya mbak giveawaynya :)

    BalasHapus
  28. Wah...bukunya kayaknya bagus ya Mbak, pingin deh punya juga. jadi penasaran bikin baca ^^

    BalasHapus
  29. In the empire of the homeless few the two-eyed male is king

    BalasHapus
  30. Ikutan Mba Naqqi

    Jawaban :

    1. Penulisnya Mba Lia Herliana
    2. Alasan saya pengen buku ini, sejauh ini cara saya dalam meng-influence Neyna dengan suguhan cerita bisa jadi cerita yang saya karang sendiri tapi biasanya saya lebih suka dengan mengambil kisah dari buku yang saya beli. Efektifkah?so far efektif bahkan bisa menginspirasi Neyna berubah. Tentunya melihat blurb buku ini bisa menjadi insgiht untuk saya menstimulus Neyna agar bisa terinpirasi dengan tantangan-tantangan yang ada.

    IG : @hervayulyanti

    BalasHapus
  31. 1. Penulisnya bernama Bunda "Lia Herliana
    2. Sebagai mahmud alias mamah muda,ini buku bisa jadi referensi jitu buat nambah ilmu. Soalnya ditengah gempuran modernisasi dan teknologi, perlu banget deh menanamkan nilai pada anak tanpa kesan menggurui, anak zaman now beda perlakuan cara mendidiknya dengan anak zaman generasi x,y dulu. Buku ini membuat saya berekspektasi mengenai cara mendidik yang fun tapi bisa kena ke anak lewat pesan tersirat.
    Layak ni sama promosikan sama teman teman mahmud lain di kantor

    BalasHapus
  32. CLOSED.
    Pemenang diumumkan tanggal 28 Maret 2018

    BalasHapus
  33. Hwaaaa..baru sempat blogwalking sekarang. Kelewatan giveawaynya deh T_T

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^