Selasa, 22 Mei 2018

Bahan Jilbab dengan Kesan Elegan Untuk Buka Puasa Bersama


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Apakabar semua, masih semangat berpuasa? Tentu dong! Nah, sudah punya janji untuk Buka Puasa Bersama? Kalau aku sudah pernah sau kali buka puasa bersama dengan FLP Bandarlampung Ahad lalu dan Insya Allah ikut buka puasa bersama lagi dengan Tapis Blogger Hari Kamis besok. Oiya, ngomongin  buka puasa bersama, seorang muslimah pasti menyiapkan jilbab atau kerudung yang akan dikenakan. Jangan sampai salah pilih bahan jilbab ya Moms, soalnya pasti deh butuh banyak waktu untuk ngobrol atau say hello dengan teman selama bukber. Untu itu kenalan yuk dengan bahan jilbab yang elegan agar nyaman selama bukber!

Bahan Jilbab


Mengenakan kerudung adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh wanita yang beragama Islam. Aku pun mulai memakai kerudung atau hijab ini sejak semester 1 akhir tahun 1998. Saat itu, aku masih belajar mengenakan jilbab belum terlalu rapi. Masih pakai jilbab yang segi empat tidak terlalu lebar, tapi sesuai dengan gayaku kala itu. Selain untuk menutupi rambutnya, wanita menggunakan berbagai macam gaya atau model kerudung yang bisa membuatnya terlihat menarik dan tidak membosankan. Selain itu, tak jarang wanita akan memilih kerudung yang dikenakan disesuaikan terlebih dulu dengan acara yang akan dihadiri.

Saat menghadiri undangan atau datang di acara yang formal, kaum hawa akan menyesuaikan kerudung yang akan digunakan dengan warna atau model busana yang akan dipakai. Selain itu, bahan jilbab juga akan turut dijadikan bahan pertimbangan untuk memilih, misalnya bahan kerudung dengan kesan elegan yang akan digunakan untuk menghadiri acara formal.

Bahan Jilbab yang Memiliki Kesan Elegan

Berikut beberapa bahan kerudung dengan kesan elegan yang bisa dipilih saat akan menghadiri berbagai acara atau untuk aktifitas sehari-hari :

Sifon atau Chiffon

Bahan jilbab dengan kesan elegan yang pertama adalah Sifon. Bahan dasar dari Sifon adalah kapas, sutra dan serat sintetis. Bahan kerudung ini bertekstur tipis dan memiliki sifat licin serta panas saat digunakan. Bahan kerudung ini tidak memiliki kombinasi desain apapun dan saat digunakan biasanya dikenakan pula ciput dari bahan kaos. Sifon banyak disukai karena bahan kerudung ini ringan dan jatuh saat digunakan.

Bahan kerudung Sifon memiliki beberapa jenis, diantaranya sifon polos (terbuat dari bahan polyster/minyak bumi) dan jenis sifon cerutti (dari bahan sutra). Selain itu, bahan kain Sifonjuga bisa terbuat dari katun

Pemakaian Sifon menjadi lebih luas sejak awal 1950-an karena serat lebih kuat dan harga yang ditawarkan lebih murah daripada sutra murni. Saat menggunakan Sifon sutra harus lebih berhati-hati karena jenis ini mudah sobek.

Saat ini, bahan jilbab Sifon menjadi lebih susah untuk dikenali karena adanya perkembangan teknologi, variasinya sangat beragam antara bahan yang satu dengan yang lainnya. Namun hal yang perlu diketahui adalah bahwa Sifon secara umum terdiri dari silk chiffon, poly chiffon, dan blend chiffon.


Kerudung bahan Sifon sangat mudah untuk digunakan karena bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan. Untuk mendapatkan gaya yang diinginkan diperlukan pin, jarum pentul atau peniti agar kerudung tidak mudah lepas saat digunakan. 
Saat ini ada pula bergo yang dibuat dari bahan Sifon, baik dari Sifon two tone atau Sifon crepe. Bergo Sifon agak panas ketika digunakan, namun bergo Sifon ini bisa dijadikan alternatif saat dikenakan untuk menghadiri acara semi formal.Sebelum memilih bergo Sifon, sesuaikan terlebih dulu dengan bahan busana yang akan dipakai.

Bahan kerudung Sifon saat ini banyak ditemui untuk pashmina yang tedapat dalam berbagai motif atau polos. Sifon ini memiliki berbagai motif unik yang penggunaannya bisa membuat penampilan menjadi lebih elegan. Namun kekurangan dari bahan jilbab Sifon ini adalah cepat kusam dan tidak bisa digunakan saat cuaca panas.

Bahan Jilbab dengan Kesan Elegan Untuk Buka Puasa Bersama
Bahan Jilbab dengan Kesan Elegan Untuk Buka Puasa Bersama

Ceruty

Bahan jilbab yang selanjutnya adalah Ceruty. Bahan jilbab ini bertekstur elastis karena bahan dasar dari Ceruty mengandung sutra lembut yang membuatnya memberi kesan mewah dan elegan. Selain elastis, bahan kerudung Ceruty ini bertekstur seperti kulit jeruk. Kesan mewah dan elegan yang diberikan saat digunakan membuat bahan kerudung ini cocok untuk digunakan saat menghadiri acara formal. Penampilan wanita akan lebih maksimal saat mengenakan bahan jilbab Ceruty yang dikombinasikan dengan busana muslim yang indah.

Itulah bahan jilbab dengan kesan elegan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

9 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^