Selasa, 26 Juni 2018

Cara Masak Ketupat Praktis dan Cepat



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Apakabar Sahabat Smart Mom, mumpung masih Bulan Syawal, mau mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Mohon maaf lahir dan batin ya! Lebaran kemarin masak apa ya, Moms? Ada yang masak ketupat? Ketupat adalah simbol kebuah kemenangan. Kalau lebaran tanpa ketupat, rasanya ada yang beda deh! Untuk itu, banyak orang yang bersiap-siap masak ketupat sebelum malam takbiran.  Buat yang enggak sempat masak, bisa juga sih pesan ketupat sudah jadi. Namun, harga tentu saja mahal. Seorang teman menuliskan di status facebooknya kalau harga ketupat matang semakin naik harganya dari tahun ke tahun. Sarang ketupat juga harganya  semakin naik. Saat aku membeli di pasar H-2 sebelum lebaran, sarang ketupat harganya 15 K untuk 20 sarang ketupat. Besoknya, temanku beli sarang ketupat sudah naik lagi harganya. Bahkan harga satuan ketupat yang matang menjadi 3.500 K.


cara masak ketupat
Kemasan plastik ketupat mini ini sangat higenis :)

Cara Masak Ketupat Praktis dan Cepat


Namun, masa ketupat itu lama bo! Kadang sampai bolak-balik melihat isi panci takut airnya kering, gasnya habis, sehingga harus waspada ngecek kompor. Belum lagi harga beras juga makin naik. Untuk 15 sarang ketupat diperlukan sekitar  1 Kg beras loh! Belum harga gas dan waktu hihi... 

Suatu hari aku dikirimi  paket Ketupat Mini dari K-Link. Wah, bagai pucuk dicinta, ulam pun tiba! Gimana enggak ya, lagi mikirin ketupat yang dikirimi ketupat yang konon katanya praktis! Nah, aku pun penasaran ingin mencoba. 

“Gimana itu kok pakai plastik? Aman enggak?” tanya suamiku.
Suami emang paling detaiil kalau soal keamaan dan kebersihan makanan. Lalu, aku langsung meliha kontaknya. Melihat infonya. Wah, ada logo halal! Ada juga nomer BPOM. Okelah ini emang aman kok, plastiknya juga khusus. Lalu berasnya juga sudah terbagi rapi dalam wadah plastik besar yang kedap air. 



cara masak ketupat
Satu kotak terdiri dari 20 bungkus ketupat mini 

Cara Memasak Ketupat Dengan Panci Presto


Maka, menjelang malam takbiran, aku pun memasak ketupat mini praktis dari K-link ini. Berikut langkah mudah masak ketupat mini :
1. Buka Ketupat Mini Praktis dari K-link dari kotaknya.
2. Buka Ketupat Mini Praktis dari K-link dari plastik besar. Maka, ditemukan 20 bungkus ketupat mini.
3. Cuci di bawah air mengalir dengan bersih, sekitar 3 kali.
4. Siap air untuk direbus di dalam panci. Usahakan 20 bungkus Ketupat Mini Praktis dari K-link ini terendam.
5. Rebus selama sekitar 60- 90 menit. Berhubung aku pakai panci presto jadi aku cek tidak sampai 90 menit, sudah mantang.
6. Angkat dan ditiriskan.
7. Siap disajikan dengan opor, rendang atau sayur santan berkuah lainnya.

Oiya sahabat Smart Mom, seorang teman sudah mencoba masak Ketupat Mini Praktis dari K-link ini dengan Magic Com. Saat aku cerita dengan Mamak Mertua, Mamak juga mau mencoba loh. “Benaran ya masak ketupat bisa dalam magic com?” tanya Mamak tidak percaya. Aku mengangguk dan mulai menceritakan pengalaman temanku yang sudah pula aku praktikkan. Ternyata hasilnya lebih matang dengan sempurna!


Cara Ketupat Mini Praktis dari K-link dengan Magic Com :

1. Cuci Ketupat Mini Praktis dari K-link sejumlah 20 bungkus kecil di baawah air mengalir.
2. Isi wadah magic com dengan air dan masukan 20 bungkus Ketupat Mini Praktis dari K-link.
3. Nyalakan magic com selama 90 menit atau lebih.
4. Angkat dan tiriskan.
5. Siap dihidangkan dengan makanan lezat lainnya, seperti rendang, opor, kerupuk udang, sambal cengeh dan lainnya.


Berikut video tahapan cara masak ketupat praktis dan cepat

Untuk teman-teman yang kos ingin praktis masak ketupat, sangat direkomendasikan ketupat mini ini. Soalnya tidak membuat gas cepat habis. Airnya juga stabil tidak mudah kering, selain itu udah meluber berasnya keluar dari sarang ketupat hihi... Selain itu, sulitnya ngisi sarang ketupat dengan beras itu adalah sarang ketupat harus dikencangkan agar beras tidak keluar. Berbeda dengan Ketupat Mini Praktis dari K-link ini sudah dalam kemasan plastik yang sudah aman yaitu plastik  HDPE food grade yg aman untuk perebusan.  Mudah banget deh masaknya cuci, rebus dan sajikan!

“Kalau begini mudahnya masak ketupat mini, kalau kangen dengan ketupat pitalah, bikin kayak gini aja ya!” ujar suamiku. Ketupat Pitalah itu mirip ketupat sayur khas Padang yang enak banget deh! 

Memasak ketupat mini praktis ini membuat aku pengen nyetok deh. Pengen juga belikan Mamak biar enggak nyari daun kelapa dan bikin sarang ketupat sendiri. Kasihan Mamak lebaran kemarin sampai begadang bikin 30 sarang ketupat, demi anak-anaknya, hiiks... maklum di kampung enggak ada orang jualan sarang ketupat.


cara masak ketupat

Beli Ketupat Mini Praktis dari K-link ini di mana?

Belinya di K-Link terdekat di kota Moms ya. Tidak harus jadi member dulu, tapi akan banyak keuntungan kalau sudah punya member loh! Caranya bisa daftar dan isi formulirnya di sini. Setelah membayar biaya member, Moms langsung bisa belanja dan dapat diskon produk K-link sebanyak 20%.

Tahun depan lebaran jangan lupa menyiapkan Pat pat K-Tupat Mini sehingga masak ketupat lebih praktis dan tidak ada lagi drama airnya kekeringan, ketupatnya enggak matang atau tiba-tiba gasnya habis hehe...  


Oiya Ketupat Mini Praktis dari K-link ini tahan selama 2 hari di suhu ruang, namun bisa lebih kalau disimpan di dalam kulkas dan dapat dipotong lalu dikukus deh. Sangat praktiskan? Namun, ke depan aku juga perlu belajar cara merebus ketupat agar tidak cepat basi soalnya pengen buat dibawa mudik ke Bengkulu! Yuk, stok Pat pat K-Tupat Mini di rumah karena makan ketupat tidak harus menunggu lebaran. Bikinnya praktis dan cepat banget, rasanya enak dan wangi!

10 komentar:

  1. Waah praktis ya ini. Kalau kangen bikin ketupat ga usah pusing nunggu hari raya lebaran karena susah nyari sarangnya. Makasih sharingnya ya, Mak

    BalasHapus
  2. Wah klo aman kae gini mah jadi gak takut2 nyobain ketupat yg menggunakan bahan plastik

    BalasHapus
  3. Praktis jadinya ya mbak. Kalo dulu mau buat ketupat harus manjat pohon kelapa, ambil janurnya. Trus dibuat selongsongnya dulu. Belum lagi berasny dicuci.
    Kalo pake ketupat yg kayak gini praktis. Saya udah pernah beli. Enak juga ternyata. Buatnya juga cepat

    BalasHapus
  4. Satu bungkus itu bisa dipotong dua ya mbak. Cukup lah ya satu pax sekali makan sekeluarga.

    BalasHapus
  5. Waah baru tahu nih, praktis banget n yg pasti sehat ya

    BalasHapus
  6. Sangat praktis. untuk keluarga yang sibuk bekerja, untuk ketupat dikeluarga kami masih mempertahankan tradisi dengan menggunakan daun kelapa yang masih muda. karena masih di perdesaan hehehe.

    informasinya bagus nih mendetail sehingga setelah membaca informasi nya kita tidak lagi meraa ragu untuk membeli ketupat mini nya.

    BalasHapus
  7. Tambah praktis aja, ya, urusan masakan😂😂

    BalasHapus
  8. Yeayyyyyy gara2 ketupat praktis ini jadi deh lebaran nya wkwkwkwkw karena jarang bikin ketupat biasanya. Yang doywn cuma ibu doanh

    BalasHapus
  9. Enak banget makan ketupat pake sambel kacang~

    BalasHapus
  10. Wah ini ketupat praktis sekali dan membantu urusan domestik. Terkadang saat ada acara yang membutuhkan ketupat, bingung juga cari janurnya. Sekarang lebih simpel, hemat, dan praktis..

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^