Rabu, 13 Juni 2018

Cara Membuat Pizza Rumahan



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, Bagaimana kabar Puasa Ramadhannya? Malam ini malam ke-29 ya, sedih ramadhan akan segera berlalu. Eiya aku mau berbagi resep cara bikin pizza sendiri. Anak-anak pada mudik enggak? Kalau mau lebaran begini, aku sering mellow loh. Kangen keluarga, kangen ngumpul saudara tapi hiks... tahun ini enggak bisa mudik.

Salah satu yang bikin aku ingat kalau ngumpul dengan kakak dan keponakan adalah makan pizza. Ya, kakak dan keponakan sering beli pizza pas kumpul lebaran. Ada aja yang bersedia mentraktir tantenya ini. Aiih, moga tahun depan gantian tante ciliknya ini yang trakir pizza ya hehe... kenapa beum bisa mentraktir, aiih mahal cyin... mana keponakanku banyak. Jadinya makan pizza itu masih barang mahal bagi kami sekeluarga. 

Maka, ketika suatu hari temanku di facebook berbagi bagaimana cara bikin pizza tanpa oven, bikin pizza praktis, bikin pizza dengan mudah, iseng aku mencatat dan mencoba di rumah. Pertama-tama, tentu aku enggak langsung siap bikin pizza ini. Maklum, enggak jago masak. Bahan-bahannya ada yang baru pertama aku dengar, ya Allah... apa itu fermipan? Masukan telur dulu atau susu dulu? Haha...berkali-kali resepnya aku baca.

Kemudian, sulungku pengen aku membuatkan cemilan. “Mi, Mas Faris pengen buat makanan buatan Umi. Kue teman mamas itu buatan Uminya sendiri, enak!” pertma dengar aku masih mengelak, “Iya entar Umi belajar bikin kue dulu, sekarang beli aja ya!” eh lama-lama, panas juga telinga mendengarnya, huhu.... emak macam apa aku ini enggak bisa masak keinginan anaknya?


Mengenal Nagget Stik So Good


Baiklah, simpan dulu cerita keinginan Faris emaknya bisa masak. Selama ini dimanjakan makanan cepat saji. Bukan tanpa alasan, emang memudahkan banget kerja dipagi hari. Apalagi kalau nagget ayam stik original, wah anakku suka banget buat teman makan. Tak hanya buat teman makan, teman cemilan sambil nonton TV pun suka. 

Oiya Moms, produk So Good ini tidak diragukan lagi.  Kemasannya higenis dan sudah bertanda halal. Setiap membeli makanan, tanda halal itu harga mati bagi keluargaku. Jadi, pas lihat di kemasan ada tanda halal, yap... yakin masuk kerajang belanja!

Lalu, tibalah Mas Faris libur dari pondok. Kami sekeluarga menjemputnya. Tentu aku menyambut dengan “istimewa” melepas rindu dan kelak akan berpisah lagi huhuhu....  maka, sejak Mas Faris di rumah, aku berusa membuat makanan kesukaannya.


Membuat Pizza Rumahan


Di akhir Ramadhan ini aku pun mencoba resep lamaku cara bikin pizza rumahan, tapi kali ini topingnya istimewa dengan naget ayam stik original dari So Good. Beberapa keistimewaan Naget Ayam Stik (Chicken Stick) Original So Good adalah :
1. Dikelola menggunakan dada ayam.
2. Dibalut tepung roti yang renyah.
3. Aromanya harum bikin mengugah selera.
4. Tersedia 4 rasa : Original, Hot & Spicy, Spicy Garlic dan Spicy Cheese.


Bahan  dan cara membuat Pizza :


Bahan Membuat Pizza :
Tepung terigu ¼ kg
Telur 1 butir
Susu (bisa susu putih bubuk atau susu cair)
Margarin ( 2sendok)
Minyak goreng ( 2 sendok)
Penyedap rasa
Ragi (Femipan ½ bungkus)

Toping adonan pizza :

Bawang Bombay
Naget Ayam Stik Original So Good
Keju
Saos Tomat

Cara Membuat Pizza :

1. Siapkan baskom atau wadah untuk mencapurkan adonan terigu,  telur, margarin, minyak goreng dan susu dicampur perlahan-lahan hingg merata. Lalu tambahakan fermipan uleni hingga kalis. Kemudian, biarkan hingga 30 menit dan menutup wadah dengan serbet basah.
2. Siapkan Happy Call atau teflon.
3. Sembari menunggu adonan yang mengembang, tumis bawang bombay yang sudah diiri tipis lalu campurkan dengan Naget Ayam Stik Original So Good yang sudah diiris tipis setelah teraduk dan harum diangkat dan disisikan.
4. Adonan yang sudah mengembang diratakan di dalam Happy Call atau telfon, masak dengan api kecil. Cek jika adonan sudah tidak lengket (tusuk dengan garpu atau tusuk gigi), kemudian masukan toping.
5. Urutan masukan toping ke adonan adalah saos tomat, tumisan daun bombay dan Naget Ayam Stik Original So Good serta keju parut. Tutup happy cal dan masak dengan api kecil selama 15 menit.



Ini video Cara Membuat Pizza Rumahan

Nah, Sahabat Smart Mom, itulah resep membuat pizza untuk pemula versiku. Rasanya enak dan bikin kantong hemat hehe... Kalau nanti mau mudik, boleh dicoba resep ini, dijamin enggak gagal deh dan bikin anak suka. Selamat mencoba ya! Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^