Senin, 16 Juli 2018

7 Alasan Ikut Coding Mum Lampung


coding mum lampung
Peserta Coding Mum Lampung saat pembukaan acara (Pict by panitia)


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

7 Alasan Ikut Coding Mum Lampung. Pernah dengan apa itu Coding Mum? Pertama kali aku mendengar tentang Coding lihat di Instagram kalau akan adaacara Coding Mum.  Lalu, aku mulai cari info di blog teman-teman yang sudah pernah ikut acara Coding Mum. Wah, acaranya ternyata untuk emka-emak loh! Namun, di awal Ramadhan lalu, aku masih ragu untuk ikutan karena jadwal berubah lagi dari panitia.




Kemudian, sudah lebaran pendafaran Coding Mum Lampung dibuka lagi. Di group Tapis Blogger mulai ada yang ingin ikut mendaftar. Maju mundur cantik lagi mau daftar karena jadwalnya belum bersamaan jadwal anak sekolah. Mana aku kuatir kalau day care belum dimulai, jadilah aku sempat galau hehe...
Setelah timbang sana-sini, akhirnya aku ikutan mendaftar dengan menulis esai ala aku hihi.... berikut 7 Alasan Ikut Coding Mum Lampung yang telah aku rasakan :
coding mum lampung
Fokus belajar coding walau jadi keriting  haha...


7 Alasan Ikut Coding Mum Lampung

1. Penasaran Apa Itu Coding Mum

Apa itu Coding Mum? Acara ini mengajak ibu rumah tangga melek IT. Jangan sampai ibu-ibu enggak  perkembangan teknologi saat ini. Dengan belajar coding, para ibu hendaknya bisa membuat website sendiri. Emang sih bisa aja berbisnis dengan menitipkan barang atau info jualan di  Tokopedia, Shopee atau lainnya, namun apakah menjamin tidak akan tutup? Ingatkan Multiply tutup? Nah, agar para ibu bisa membuat website yang aman hak ciptanya, makan diadakan pelatihan Coding Mum. Coding Mum pertama kali dilaksanakan di tahun 2015 dan pada tahun 2018 ini telah terselenggara di 25 kota di Indonesia bahkan di ASEAN.Kegiatan ini dilaksanakan oleh  Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)  bekerjasama dengan Rumah Kreatif BUMN Lampung. 

Coding Mum Lampung dilaksanakan di Rumah Kreatif BUMN Lampung, yaitu Jalan Diponegoro Nomor 4 Tanjung Karang Barat Pusat Bandar Lampung. Ada 21 peserta perempuan dari tanggal 5-18 Juli 2018 pukul 10.00-13.00 WIB.

coding mum lampung
Rencana Coding Mum di Luar Negri

2. Coding Mum untuk Perempuan Lampung Mandiri

Dalam esai aku menuliskan alasan aku ikut Coding Mum Lampung ingin menjadi perempuan Lampung yang mandiri dalam berkarya. Selama ikut Coding Mum Lampung jadi ketahuan betapa sedikitnya ilmuku mengenai istilah kode template blog yang selama ini sering aku temui. Setelah ikut Coding Mum Lampung, ilmu dasar htmlnya sudah dapat.

coding mum lampung
Bersama Mbk Ellen dari Jakarta

3. Bermanfaat bagi orang lain.

Ilmu Coding Mum ini akan aku pergunakan untuk mengembangkan mengenalkan potensi Lampung lebih luas lagi. Apalagi akan diajarkan membuat website. Tentu aku ingin mengenalkan potensi Perempuan Lampung lewat design aku kelak. 


coding mum
Kode Coding yang bikin keriting tapi seru banget :)

4. Banyak Teman
Bertemu dengan peserta Coding Mum Lampung bikin tambah teman baru. Apalagi perempuan semua ya kecuali mentor ada yang laki-laki. Seru banget deh mengikui Coding Mum Lampung jadi bisa mengenal ilmu baru. Ilmu ini mahal loh ya! Walau acaranya gratis, tapi Bekraf tidak menyediakan snack, makan atau biaya transportasi dalam acara ini, jadi ini murni keinginan peserta untuk menambah ilmu.

Para mentor Coding Mum Lampung

5.Menunjang Kerja Blogger

Dengan belajar coding sebagai blogger akan membantuku. Dari  yang tidak memahami ilmu html dan css ini bisa belajar dari nol. Aku  ingin belajar medesign atau memahami arti html dari blogku sendiri, sehingga kalau ada yang eror aku tidak panik lagi.

6. Boleh Bawa Anak

Saat pelatihan Coding Mum Lampung peserta boleh bawa anak. Aku pun akhirnya bawa Fatih ke lokasi pelatihan ini, beruntung Fatih ada teman yaitu anaknya Mbk Heni. Fatih dan Rayyan bermain bersama dan nonton berdua di belakang. Alhamdulillah para mentor juga ramah jadi tidak terganggu dengan suara anak-anak hehe...

coding mum lampung
Bersama Abang Fatih ikut Coding Mum Lampung

7. Branding Diri

Belajar di  Coding Mum Lampung ini masih awal aku mengenal dunia coding. Ini membantuku membuat website statis sebagai landing page brandingku sebagai blogger dan penulis. Di website aku membranding diri sebagai trainer kepenulisan dengan judul websitenya Sekolah Menulis Lampung. Oiya belum selesai sih karena Rabu baru presentasi tugas setiap anggota. Doakan sukses ya.


Nah, itulah 7 Alasan Ikut Coding Mum Lampung, bagaimana di kotamu apakah sudah pernah diadakan Coding Mum? Kalau belum tunggu aja Moms, Bekraf akan datang ke kotamu. Bagi yang sudah berbagi info dong keseruaan acaranya!



14 komentar:

  1. Mba Naqi, di Depok waktu itu juga ada pelatihan coding mom. Pengen banget ikut tapi karena bentrok pas aku kerja. Moga ntar diadain lagi deh soalnya aku ya pengen banget belajar

    BalasHapus
  2. Ah...mau juga ikut Coding Mum tapi belum tahu nih di Jakarta kapan. Ya buat otak-atik blog sendiri gitu.

    BalasHapus
  3. Keren banget ini mbak acaranya jadi bisa belajar coding gak cuman cowok aja yang jago tapi perempuan juga setidaknya tahu bahasa pemograman. Kalau saya dulu ngerti coding hasil otodidak sih tapi rasanya masih perlu belajar lagi soalnya belajar sendiri kurang asyik.

    BalasHapus
  4. Masya Alloh. Ingin ikut rasanya. Saya senang bergabung dengan tapis blogger dan jadi punya banyak pengalaman walau sementara baru bisa ikut sedikit kegiatan disesuaikan dengan jadwal 👌 Tapi semua kegiatannya sangat positif. Good luck, Mom ✌️

    BalasHapus
  5. Perlu juga belajar coding ini ya mbak, biar mengerti html dan css blog, meski dikit2. Aku juga suka panik kalo blog ada error hehehe.

    BalasHapus
  6. untuk ibuk ibuk ikutan coding mum lampung bermanfaat banget...

    BalasHapus
  7. wahh jadi pengen ikutan coding mum nih...

    BalasHapus
  8. adain juga dong di kota kota lain, jadi pengen ikutan nih...

    BalasHapus
  9. dengan adanya coding mum,ibu-ibu jadi gak akan ketinggalan teknologi..

    BalasHapus
  10. banyak banget manfaat kalau ikutan coding mum,baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

    BalasHapus
  11. Belajar coding tuh seruu dan bikin penasaran mam, meski agak mumet hahhaa
    aku suka..

    BalasHapus
  12. Kalo ada di Tangerang aku pengen ikutan juga mbak Coding Mum buat nambah ilmu biar gak gaptek banget :)

    BalasHapus
  13. Semoga sempet ikutan belajar jugaaaa

    BalasHapus
  14. acaranya keren nih. bermanfaat banget buat blogger. tapi kayaknya bikin puyeng. hihi.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^