Jumat, 23 Maret 2018

Tapis Blogger Gathering 4 : Serunya Belajar Public Speaking Bersama Dunia Indra di Kantor ACT Lampung


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Saat aku masih SMP aku kagum banget dengan pembawa acara saat upacara bendera. Suaranya membuat peserta upacara terhipnotis dan hening. Saat SMA juga berlanjut kagum dengan pembawa acara hingga kuliah selalu mencermati MC kalau ngomong. Bertahun-tahun kemudian, aku menjadi guru dan didapuk menjadi pemimpin upacara. Seumur hidup baru sekali itu karena di sekolah yang lama, guru perempuan  tidak diperbolehkan menjadi pemimpin upacara. Uhuy gugup maksimal deh!



Sejak aktif didunia kepenulisan dan blogger, mau tidak mau ngomong di depan harus dilakukan. Ya, bergerak di dunia literasi, menyeru dan mengajak orang mencintai literasi, membuat aku harus berani bicara di depan. Kata orang, ilmu ngomong di depan atau public speaking itu ada tekniknya. Nah, untuk itu kami dari Tapis Blogger Jumat, 16 Maret 2018 mengundang Travel Blogger dan MC Profesional Lampung, Indra Pradya bekerjasama dengan ACT Lampung dalam Tapis Blogger Gathering 4.

Acara Tapis Blogger Gathering 4 dibuka oleh MC, Yoga Pratama. Selanjutnya dilanjutkan dengan kata sambutan ketua Tapis Blogger,  yaitu aku sendiri yang mengenalkan konsep baru Tapis Blogger Gathering 4. Jika gathering sebelumnya serius, kini lebih santai dan ke depan lebih banyak acara kekeluargaan.


Kenalan dengan ACT Lampung

Selanjutnya perkenalan ACT Lampung yang diwakili oleh Mbk Dian. ACT adalah lembaga kemanusiaan global yang memiliki visi membangun peradapan global yang lebih baik. ACT sendiri terdepan dalam kegiatan kemanusiaan. Walau masih baru berdiri di Lampung, kiprahnya sungguh luar biasa.

Mbk Dian dari ACT Lampung (Foto by Hermawan)
Program ACT makin banyak saja, dari sedekah pangan, wakaf, qurban, zakat hingga peduli dengan anak-anak tidak mampu terutama di Lampung.

“Mbk, ikutan program peduli kapal kemanusiaan ke Palestina,”
“Mbk, ada program memberian obat cacing untuk anak-anak tidak mampu.”
“Ada banjir, ada yang mau nyumbang lewat ACT?”
“ACT ada duta kemanusiaan loh untuk pelajar Lampung.”

Sungguh, keberadaan ACT (Aksi Cepat Tanggap) ini super cepat menanggapi isu kemanusiaan. Bagi teman-teman yang mau menyumbang bisa melalui ini ya!  

Rekening Donasi :
BNI Syariah 770000525 Bank Mandiri 1270007917428
a.n Aksi Cepat Tanggap
Konfirmasi Donasi : 0721-5607053

Instagram : act_lampung
Twitter : ACTLampung_
FB : Aksi Cepat Tanggap Lampung
Website : www.act.id

Branch Office:
Jl. Jendral Sudirman No. 73E Pahoman Bandar Lampung 35118
Telepon : 0721-5607053

Kenalan dengan Dunia Indra

Bang Indra begitu kami menyapanya ini adalah seorang MC Profesional di Lampung. Kalau melihat IG @duniaindra teman-teman bisa dengan cepat mengetahui kegiatan beliau setiap pekan. Undangan nge-MC di mana-mana. Selain itu, Bang Indra jago menyanyi dan blogger perjalanan. Kisah perjalanan beliau hingga ke luar negeri bisa dibuka di www.duniaindra.com.

Sejak aku mendirikan Tapis Blogger dan berkenalan dengan Bang Indra, beliau termasuk blogger senior di Lampung yang sangat mendukung. Orang yang humble ini senang dengan dunia seni. Siang itu kami berkumpul di kantor ACT Lampung untuk mendengar sharing Bang Indra dari dunia blogger hingga ilmu public speaking.




Bang Indra mengawali kisahnya yang kenapa bisa ke luar negeri. Ternyata kisahnya sangat inspiratif. Saat kecil Bang Indra selalu tekun mengapai mimpi. Orang kampung yang bertekad menembus impian hingga sekolah ke Bandar Lampung. Indra remaja tekun mengikuti ekskul yang mendukung impiannya. Ia memilih semua ekskul yang menunjang tanpa meninggalkan kewajiban seorang pelajar. Indra remaja di tahun 2000 sudah ke Malaysia dan ke Singapura patungan dengan teman-teman.

Menurut Bang Indra, Ia tidak menyukai orang yang banyak alasan. “ No limit. Saya paling kesal kalau orang bilang: aku gak bisa begitu, kata teman-teman jelek. Apa pun dibuka bumi ini tidak berhubungan dengan fisik kecuali ingin menjadi model. Kalau hanya ingin ngeblog, berprestasi, ikut olimpiade, ke luar negeri, no limit!” ujar Bang Indra.


Bang Indra selalu mencari hal baru. Ia baru saja berulang tahun 24 Februari. lalu, “Setiap tahun saya tidak pernah mengitung usia, tapi setiap tahun saya menghintung, sudah  nambah apa kebisaan? Sudah bisa apa tahun ini?”

Awal karir Bang Indra dimulai dengan memegang sanggar tari yang dikelola oleh istri wali kota di masa dulu. Lalu, sempat menjadi penanggungjawab sanggar hingga sering ke luar kota. “Saya sering jadi satu paket. Jaga stand iya, mengisi acara iya, pembawa acara juga iya,” cerita Bang Indra dengan sumringah mengingat masa lalu. Semangat Bang Indra mengenalkan Lampung sudah sejak dulu. Bahkan akhirnya beliau diangkat menjadi PNS Pariwisata.

Cerita Menjadi Travel Blogger

Berawal Bang Indra bertemu dengan blogger kece Mbk Evi dan Mbk Donna Imelda. Keduanya menyemangati Bang Indra untuk menuliskan kisah perjalanannya di blog. Ia mengakui kalau menulis ya enggak jago banget. Ia membidik pembacanya dengan tulisan yang dialaminya. Nulis dari sudut pandang yang berbeda dan lebih banyak mengulas sisi humanis dalam perjalalanan.

Kegigihan Bang Indra dengan travel bloggernya dan prestasinya mengantarkan Ia menjadi utusan ke Kerala, India Selatan. Selama kurang lebih 2 minggu Bang Indra bertemu dengan blogger dari berbagai negara.

Perjuangan Bang Indra hinga menjadi MC Profesional dan Travel Blogger

“Agar tampil beda, saya sengaja pakai kiket, ikat kepala khas Lampung. Saya juga menyiapkan oleh-oleh khas Lampung, seperti kain tapis dan El’s Coffe 30 pack. Saya bagikan ke panitia, hotel yang saya kunjungi dan menteri pariwisata India, sampai saja dapat bonus penginapan istimewa yang 1 kamar sendiri dan ada kolam renangnya! Bayangkan saja itu kolam renang di dalam kamar hotel, luas banget kan?” cerita bang Indra ini bikin peserta berdecak kagum sambil ngemil siomay yang telah disiapkan ACT Lampung.

Bang Indra Sharing blog hingga bisa keluar negeri (Foto by Latifah)

Biar menang dengan vote, Bang Indra siang malam berjuang dan penuh tekad untuk lolos. Bang Indra juga membagikan tips untuk berani “Menjual Diri.”  Arti menjual diri ini mungkin branding ya. Berai menonjolkan kemampuan yang dimilikinya. Salah satunya cek aja  video profil Bang Indra ini. Kece banget kan?


“Semua ini berkat istri saya yang terus mendukung.” Uhuy, salut dengan Bang Indra yang terus menyebutkan peran istri di balik kesuksesannya sekarang. Aku sering lihat Bang Indra memuji masakan istrinya di facebook. Jarang loh bapak-bapak mengulas istri dan anak-anak di medsos. Sikap Bang Indra ini patut dijempol hehe...
 
Bang Indra dapat hadiah dari sponsor Thasya Busana dan Aura Publishing

Sharing Public Speaking Ala Indra Pradya

Public Speaking adalah seni berbicara agar orang memahami apa yang akan disampaikan. Tidak perlu bicara bagus atau penampilan keren, tapi orang paham apa yang kita maksudkan. 

Sharing blog dan public speaking bersama Tapis Blogger dan ACT Lampung
Tips Memulai Profesi Ala Bang Indra :

1. Passion
Lakukan apa yang ingin lakukan sesuai dengan passion kita. Inilah yang menyebabkan Bang Indra semangat bangun pagi karena gairah untuk melakukan sesuatu.
2. No limit standar, jangan batasi diri. Ingat, kita bisa!
3. Kesempatan selalu ada asal selalu meningkatkan kemampuan. Seperti pengalaman Bang Indra yang terus mencari tahu dari kegagalan ia mengikuti lomba-lomba.

4. Content marketing, kuasai marketing yang akan kita jual. Seperti video yang telah bang Indra buat di atas ya!

Lalu bagaimana kalau saat Nge-MC ngeblank dan gugup?

“Jika masih nervous. Berbahagialah karena kita masih manusia,” kata Bang Indra. Ia juga menunjukkan cara ia membawakan acara. Tampil dengan percaya diri.

“Jika masih nervous, uraikan. Lihat pembawa acara di TV dia bergerak. Kaki dan tangan boleh bergerak agar nervous teruraikan. Kalau cuma berdiri kaku bisa lupa apa yang akan dibicarakan. Kalau mendadak lupa, ucapkan kata-kata terakhir sebelumnya saja.” Tambahnya.

Biar lancar bicara, banyak latihan, pengalaman dan banyak baca. Bang Indra ini suka baca buku sastra dan menyukai bacaan lainnya. Bahkan kalau temannya ke luar negeri, Ia menitipkan buku terbitan negara tersebut.
 
Pemenang lomba foto dan caption di Instagram

ACT Lampung bersama Bang Indra 

Nah, sahabat Smart Mom, semoga sharing bersama bang Indra Pradya di atas bermanfaat ya. Yuk, makin melejitkan potensi diri agar makin banyak kesempatan yang datang.

Keterangan : Foto milik pribadi dan dari kamera Bang Indra dengan fotografer Novi Nusaiba, Mbk Sasha dan Yoga.

28 komentar:

  1. Jadi pengen ketemu Bang Indra deh :)
    Aku pengen belajar public speaking

    BalasHapus
  2. Dear.... Mba Naqqy.... sungguh Aku mengagumi penuturan mba Naqqy ini.... bukan semata soal isi uraiannya tapi soal Aku yang Masih pemula ini diulas oleh sosok yang sudah punya banyak karya dan pencapaian. Terus semangat menularkan semangat literasi dan ngeBlog mbaaaa .... Aku mendukung upaya Baik Mba dkk dalam Tapis blogger

    BalasHapus
  3. super mom yang luar biasa nich, jadi inspirasi buat mom yang lain

    BalasHapus
  4. Keren mbakk ceritanya.. Jadi inget hari itu.. Hehehe. Aku nih masih ky yg diceritain bg indra.. Klo nulis kudu yg lengkap bgt. Klo nggak, bisa stres sendiri haha. Padahal harusnya ngalir aja ky mb naqi gini yaa xixixi

    BalasHapus
  5. Saya paling gak bisa deh bicara di depan umum. Suka kagum dengan orang yang bisa melakukannya. Apalagi kalau bisa bikin suasana jadi asik :)

    BalasHapus
  6. Mbak Naqi jago deh kalau ngreview, cakeeeep!

    BalasHapus
  7. asik ya mba kegiatan blogger di lampung ramai ya ada pelatihan public speaking juga, perlu nih buat saya yg susah berkomunikasi di depan publik

    BalasHapus
  8. wahhh,, ini dia, ulasan yang bikin baper. aku yang selama ini terkendala dalam public speaking jadi pengen belajar dan menguasai. apalagi bisa ngereview kayak mba naqy. suatu saat harus bisa.

    BalasHapus
  9. Makasih mba buat sharingnya.
    Nggak boleh banyak alasan nih ya jika mau memulai sesuatu, asal ada niat, dan terus berjuang.

    BalasHapus
  10. Suka kalo ada semacam kursus publik speaking..jadi belajar ngomong depan umum he2

    BalasHapus
  11. Aku kok jadi kepikiran bagi-bagi oleh-oleh. Tips yang menarik. Mau aku coba ah.

    BalasHapus
  12. Wah, keren sekali bun. Aku jd termotivasi nih baca tulisan ini. Bang indra keren banget ya. Memang kalau kita persistent dalam passion pasti berhasil. Mslhny sjk jd emak2 menekuni satu passion saja itu tyt susah. Hiks. Semoga kelak bs dapat pengalaman keren kyk bunda. :)

    BalasHapus
  13. Wah seru banget bisa belajar public speaking ama Indra. Aku pernah 2 kali ngetrip ama dia. Orangnya asik dan rame banget.. Kebayang gimana serunya belajar ama dia.

    BalasHapus
  14. Indra memang kereen,salut deh dengan doi...serba bisa :)

    BalasHapus
  15. Punya keterampilan public speaking memang sangat menguntungkan ya, itu bisa jadi nilai tambah di segala profesi yg kita tekuni

    BalasHapus
  16. Wah ternyata mc TV juga gugup dengan mengoyangkan kakinya. Aku juga mau ikutan goyang kaki ah

    BalasHapus
  17. Keren banget quotenya Bang Indra. Emang gak ada yang gak mungkin ya kalau kita usaha keras :D
    Ternyata emang penyanyi ya hehe, selama ini kirain sebutan2 guyonan aja "biduan cebox" xixixi

    BalasHapus
  18. asik banget disana ada gatherin, dan solid komunitas nya.. aku di kalimantann komunitas blogger nya kurang aktif huhu :(

    BalasHapus
  19. Di lampung ternyata ada pelatihan juga untuk public speaking mbak? Mantap bgt euy. Nambah semangat buat berani tampil di depan publik

    BalasHapus
  20. Harus banyak belajar kepada Mas Indra nih biar kekinian :)

    BalasHapus
  21. Iya loh aku sering baca status Indra di fb yang memposting foto masakan istrinya dan memujinya. Baik banget ya. Para istri biar capek lelah kalau dipuji begini akan merasa dihargai.

    BalasHapus
  22. Menginspirasi... Walau g ikut gathering tp bisa dapet ilmunya.. Teimakasih banyak mb naqy.. Sukses selalu buat mb naqy dan bang indra.

    BalasHapus
  23. Ilmu Public Speaking ini harus terus dilatih dan dilatih yaa, mba...
    Karena hanya tau ilmunya saja, tanpa ada jam terbang, maka sia-sia.

    Salut buat pembicara yang sukses bikin acara hidup sepanjang acara berlangsung.
    Bikin happy peserta teruuss..

    BalasHapus
  24. Waaah, aku jadi pengen belajar sama blogger-blogger Lampung deh. Semoga next time kalau ke Lampung boleh ketemu sama geng Tapis Blogger

    BalasHapus
  25. Wah keren acaranya Mba... mantap deh Blogger Lampung jadi pengen cuss ke duniaindra nya hehe...

    BalasHapus
  26. Salut dengan ACT yang komitmennya sudah tidak diragukan lagi. Aku sering dikirimin email tentang kontribusi mereka. Keren

    BalasHapus
  27. semoga Tapis Blogger terus maju. Keren banget materi gatheringnya ya mbak. semakin paham bagaimana memanage diri saat bicara di depan umum. dan salut banget buat ACT dan program-programnya.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^