Rabu, 15 Agustus 2018

Menyusun Kurikulum Ekskul Menulis Untuk SMP



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom

Sejak bulan Agustus 2018 aku dipercayai mengisi Ekskul Menulis di SMPIT Daarul Ilmi. Ini memang bukan pengalaman pertamaku mengelola kelas ekskul menulis, dulu aku mengampu Ekskul Menulis untuk anak SD di SDIT Baitul Muslim, Way Jepara Lampung Timur. Seru sekali saat itu, anak-anak SDIT BM bahkan ada yang mampu menulis cerita anak dan diterbitkan di Lampung Post. 


Nah, kali ini di SMPIT Daarul Ilmi aku akan mengelola Ekskul Menulis selama 1 semester ke depan. Jadi, aku akan menyusun kurikulum ekskul menulis untuk tingkat SMP. Awalnya, membaca beberapa  buku referensi motivasi kepenulisan. Aku juga membuka lagi modul kepenulisan FLP. Selain itu, aku meminta saran dari teman-teman yang telah pernah mengelola Ekskul Kepenulisan. 

Sebelum itu, aku juga diminta menandatangai kontrak dari SMPIT Daarul Ilmi. Kontrak detail sebagai guru ekskul menulis. Kertas itu bermaterai dan tentu saja ada info mengenail berapa fee per pertemuan. Namun, ini tidak akan aku bahasa ya, setiap orang akan berbeda-beda pendapat. Kalau aku pribadi besar kecil tergantung kebutuhan. Saat ini aku ingin berbagi ilmu kepenulisanku bersama dengan anak-anak SMP, setelah sekian purnama rencana membuat Sekolah Menulis Lampung maju mundur cantik hehe...

Kurikulum Ekskul Menulis Untuk SMP


Pertemuan 1 : Perkenalan, tata tertib dan kesepakatan, memberikan motivasi menulis dan persiapan ekskul menulis.

Pertemuan 2 : Mengenalkan cara menemukan ide dan membahas cerpen dengan tema bebas.
Pertemuan 3 : Membahas cerpen lokalitas
Pertemuan 4 : Membahas cerpen misteri
Pertemuan 5 : Membahas Novel dan menemukan intisari novel yang dibaca.
Pertemuan 6 : Membahas Novel fantasi
Pertemuan 7 :Membuat list wawancara
Pertemuan 8 : Membuat Mading/Buletin Sekolah
Pertemuan 9 :Membahas Film 
Pertemuan 10: Menulis Artikel


Di atas adalah contoh Kurikulum Ekskul Menulis yang aku susun. Tapi fleksibel kok, tergantung dengan kondisi di lapangan. Soalnya belajar menulis juga sebaiknya dibawa santai dan menyenangkan. Di hari pertama pertemuan aku smepat kaget, awalnya aku mengira akan mengisi anak SMA, ternyata anak SMP, untungnya bahan yang aku siapkan sesuai untuk segala usia, yaitu aku meminta mereka mengisi formulir yang berisikan berikut :


Formulir Anggota Ekskul Menulis 

Nama Lengkap :
Nama Panggilan :
Tempat Tanggal lahir :
Kelas :
Buku Favorit :
1.
2.
3.
4.
5.

Buku yang dibaca dalam 3 bulan :
1.
2.
3.
4.
5.


Ide formulir ini aku dapatkan dari mengobrol bersama Koko Nata, temanku di FLP. Koko Nata sudah terbiasa mengelola Ekskul Menulis, aku banyak belajar dengan Koko cara menstimulasi anak-anak agar suasana menjadi menyenangkan.



Selain itu, stimulasi yag aku siapkan juga aku pelajari dari guru menulisku Mbk Nurhayati Pujiastuti. Mbk Nur guru menulis yang keren. Selain karyanya memang juara, gaya mengajarnya juga keren. Tidak semua penulis yang sukses membuka kelas menulis loh! Mbk Nur adalah salah satu penulis yang juga bisa mengajarkan menulis. Maka, aku mengambil contoh gaya Mbk Nur menstimulasi peserta Ekskul Menulis ini. Selain itu, pengalamanku selama menjadi murid Mbk Nur di Penulis Tangguh aku coba ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi), semoga ini menjadi amal jariyah juga buat Mbk Nur dan guru-guru menulisku.


Nah, sahabat Smart Mom, semoga sharing ini bermanfaat. Jadi buat guru atau rekan penulis lainnya yang ingin mengisi Ekskul Menulis, jangan ragu. Ayo kita berbagi! Semoga sukses!

7 komentar:

  1. Terima kasih mbak, jadi ikutan belajar membuat kurikulum kelas menulis. Moga jadi amal jariyah buat mbak Naqi juga ya. Moga sukses selalu

    BalasHapus
  2. Wah seru banget mbak bisa ngisi ekskul menulis, jadi inget beberapa bulan lalu sempat ngisi kelas inspirasi dan aku mengajarkan tentang menulis juga.

    BalasHapus
  3. Wih, keren udah jadi pengisi ekskul menulis. Berbagi ilmu terus mba :)

    BalasHapus
  4. Mbak Naqi. Sangaaat mwnginspirasi 😘
    Bisa saya adaptasi juga nih ya mbak .makasih sudah sharing 😘

    BalasHapus
  5. Waw keren banget ada ekskul menulis. Sukses mbak bimbing adik-adik lucu itu hehehe. Semoga mereka semakin semangat menulis ya. Adanya ekskul seperti ini juga salah satu bagian dari pendidikan literasi

    BalasHapus
  6. Waaah keren ada ekskul menulis. Terus menginspirasi ya, mbak Naqi..

    BalasHapus
  7. Baca kegiatannya, ini dulu mirip seperti ekskul Perpustakaan waktu aku masih SD

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^