Kamis, 06 September 2018

10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kompor Gas


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom.

Saat awal berumahtangga. Aku diajak ibu mertua (Bumer) membeli kompor kos di Pasar Purbolinggo, Lampung Timur. Diajak Bumer memilih kompor gas yang cocok untuk keluarga kecil kami kelak. Aduh, aku grogi abis soalnya ilmuku tentang kompor gas nol besar. Enggak paham banget mau pilih yang mana. Untungnya Bumerku paham mana merk yang bagus. “Ini pilih ini aja, tahan lama!” kata Bumerku sembari meminta bungkus kompor gas kepada pelayan toko. Aku ikut saja, pilihan Mamak Insya Allah pasti penuh pertimbangan.


Bertahun kemudian, aku merasakan manfaatnya. Kompor gas pilihan Bumer emang keren abis. Pernah sih mogok kenapa enggak mau keluar gasnya. Usut punya usut ternyata kurang bersih aja, ada yang menyumbat. Akhirnya masih menyala hingga sekarang 12 tahun pernikahan kami. Nah, dari pengalaman di atas, aku mau berbagi cara memilih kompor gas.

10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kompor Gas


Umumnya kompor gas selalu dipilih oleh masyarakat Indonesia.  Walaupun sudah ada beberapa kompor elektrik yang beredar, kompor gas tetap menjadi pilihan pertama. Nah, sebelum memilih kompor gas ada banyak hal yang harus kamu perhatikan?

Terkadang, kita sembarangan memilh kompor gas. Asal pilih ternyata berdampak fatal. Jika kamu salah memilih kompor gas, kamu akan merugi. Moms, tidak mau kan membeli barang yang tidak awet? Berikut ini adalah 10 hal yang harus diperhatikan saat memilih kompor gas :

Ada Harga Ada Kualitas

Sudah bosan mendengar slogan ‘ada harga ada kualitas?’  Masih banyak lho yang sering mengabaikan slogan ini. Sering merasa tidak usah beli kompor gas mahal-mahal, cuma untuk masak saja? Padahal, kalau gas macet duduud pusing banget loh, Moms! Mana jadwal antar bekal makan siang di depan mata, hiks...

Moms, ketahuilah, harga yang cenderung lebih mahal biasanya memiliki komponen kompor gas berkualitas tinggi, sehingga kompor gas lebih awet dari yang lain. Membeli dengan harga mahal yang sebanding dengan kualitas, membantu Moms dalam mencegah pengeluaran lebih untuk merawat kompor gas. Emang sih ada jasa merawat gas, namun enggak pengen juga kan sering keluar duit untuk perawatan komos gas?

Lupa Mengukur Dapur Rumah

Saat baru nikah, kami membeli rumah kecil dengan halaman yang cukup luas. Rumah mungkil kami memiliki dapur yang kecil. Alhamdulillah bisa muat kompor gas yang Bumer belikan. Untuk itu Moms, sebelum membeli peralatan dapur baru, perlu melihat ukuran dapur, apalagi jika tampilan kompor gas sangat menarik, Moms langsung suka tanpa memikirkan ukurannya cocok atau tidak di dapur. Sebelum belanja, sebaiknya cek dulu dengan biasakan ukur dahulu area untuk letak kompor gas. Lebihkan luas area, agar ruang untuk kompor gas tidak terlalu sempit untuk kompor gas dan untuk ruang selang kompor gas.


Tidak Mengisi Kartu Garansi

Setiap belanja ke toko electronik pasti diberikan kartu garansi. Namun, sering banget kelupaan ngisi hehe... sebaiknya saat belanja, Moms cek lagi kartu garansi, isi langsung saja saat masih di toko electroniknya. Manfaatnya banyak sekali, kartu garansi berguna sebagai jaminan yang diberikan kepada konsumen, jika produk yang dibeli mengalami kerusakkan akibat kesalahan pekerja dan kegagalan bahan dalam jangka waktu tertentu.

Oiya Moms, mengisi kartu garansi juga membantumu untuk mengetahui hal atau tindakan apa saja yang diperbolehkan dan tidak pada kompor gas. Di dalam kartu garansi  telah diinformasikan apa saja daftar syarat dan ketentuan yang kedua pihak harus menyetujui.

Baca perlahan-lahan, pastikan Moms  menaati persyaratan dan ketentuan yang ada di kartu garansi. Ini akan agar memudahkan Moms untuk mendapatkan hak dari kartu garansi.

Tingkat Keamanan Dari Kompor Gas

Keamanan ini nomer satu bagi keluarga dan diri sendiri. Sampai saat ini kalau pasang gas sendiri, aku harus mengecek cara dengan kompor gas dan “kesehatan” selang gas. Keamanan ini dimulai dengan pilihan peralatan rumah tangga, salah satunya kompor gas. Sering terdengar kabar kecelakaan di dapur akbita tidak sengaja karena kompor gas.

Untuk itu Moms, pilihlah kompor gas yang memiliki regulator dengan standar SNI. Regulator dengan standar SNI memiliki 3 stopper. Stopper sendiri berguna untuk menghentikan aliran gas. Jangan segan untuk banyak bertanya kepada penjual apa saja fitur keamanan yang ditawarkan oleh kompor gas yang hendak Moms pilih.

Daya Hemat Kompor Gas

Moms, pengeluaran rumah tangga sudah cukup banyak, ditambah lagi pengeluaran dapur seperti tabung gas. Harga juga sering kali enggak stabil. Nah, Moms dapat mengurangi pengeluaran seperti ini dengan memilih kompor gas yang dapat membantu uang belanja jadi lebih hemat  Moms, carilah kompor gas yang menawarkan daya hemat gas pada unit kompor. Salah satunya merk kompor gas Rinnai 2 Burners Ri-522C.

Moms, semua kompor gas Rinnai didesain sesuai standar JIS (Japan Industrial Standard) dan juga sesuai dengan standar SNI. Salah satunya kompor gas Rinnai Ri-522C, yang memiliki api ekonomis, cocok dengan Moms yang ingin memasak tanpa mengkhawatirkan pengeluaran gas yang dikeluarkan oleh kompor gas.

Bentuk Burner Pada Kompor Gas


Burner berguna sebagai tempat pertemuan gas dan oksigen untuk menghasilkan nyala api pada sebuah unit kompor gas. Menghasilkan macam bentuk api yang berguna untuk memberikan daya panas pada kompor gas.
Bentuk burner biasanya menentukan tingkat efisiensi dari kompor gas tersebut. Usahakan pilihlah kompor gas dengan tingkat efisiensi yang tinggi, karena dapat mempengaruhi pemakain energi atau gas.

Jarak Tungku Api Pada Kompor Gas

Bila kamu meninginkan kompor gas yang memiliki dua tungku api, kamu harus memperhatikan kedua jarak antara burner satu dengan tungku api yang lain untuk menjaga kenyamanan kamu saat memasak, misalnya sedang memasak dengan kuali atau wajan yang besar di saat yang bersamaan.

Tentu kamu harus mengukur jarak kedua burner agar dapat leluasa saat menggunakan alat masak yang cukup besar. Jika ada demo untuk kompor gas tersebut, kamu bisa melihat apakah sang peraga memasak dengan leluasa, jika iya, kompor gas tersebut bisa menjadi salah satu kompor yang tepat untuk kamu pilih.

Kebutuhan Saat Memakai Kompor Gas

Sebelum memilih kompor gas yang tepat, bandingkan dengan kebutuhanmu sekarang ini. Jika kamu tinggal di apartemen yang mengijinkan untuk memakai kompor gas, kamu bisa membeli kompor gas berukuran kecil sesuai dengan ruanganmu. Kompor gas Rinnai Ri-511E bisa menemanimu masak di ruangan yang tidak terlalu besar. Dengan tingkat efisiensi bintang empat ,tidak kalah dengan kompor gas yang memiliki 2 burner.

Material Badan Kompor Gas

Material badan dari kompor gas perlu kamu perhatikan sebelum membelinya. Sekarang ini banyak varian material baja, besi, dan stainless steel. Disarankan untuk membeli kompor gas dengan material berbahan stainless steel. Bukan karena kekinian, namun stainless steel cenderung lebih kuat, awet dan tidak mudah karatan.

Memang kegunaan kompor gas untuk menciptakan api, namun jika kamu memasak di atas kompor yang tidak kokoh, kualimu akan bergoyang dan tidak stabil saat kamu gunakan untuk memasak.

Kompor Gas Mudah Dibersihkan

Kemudian pilihlah kompor gas yang memiliki ring sebagai tatakan panci yang dapat dilepas dari unit kompor. Umumnya, kompor gas memiliki ring yang terpisah. Tujuannya agar memudahkanmu untuk membersihkan bagian atas kompor, sehingga tetap bersih dan aman untuk digunakan. Namun jika kompor gas yang Moms suka tidak memiliki ring yang terpisah, tidak perlu khawatir, Moms bisa membaca buku manual bagaimana cara melepas ring atau membersihkannya tanpa merusak kompor gas.

Kompor gas yang kotor pasti tidak enak dipandang. Bisa-bisa Moms jadi malas untuk memasak karena tidak nyaman dengan kompor gas yang kotor. Cobalah bersihkan kompor gas setiap setelah pemakaian.

Cukup banyak yang perlu Moms perhatikan saat memilih kompor gas. Walaupun terlihat mudah untuk memilih peralatan dapur satu ini, jika salah memilih akibatnya bisa fatal ! Bila kamu ingin kompor modern dan aman, bisa mencoba melihat kompor induksi di Bukalapak. Sekarang kamu tidak perlu lagi khawatir di mana membelinya.

Nah, sahabat Smart Mom, semoga informasi di atas bermanfaat ya. Selamat mencoba!

13 komentar:

  1. Kompor induksi? Terdengar sbg hal baru ya mbak? Aku blm pernah beli kompor dan ternyata beli kompor pertimbangannya lumayan juga yaaa

    BalasHapus
  2. Buat saya kompor gas itu harus aman. Banyak kejadian kebakaran disebabkan karena kompor yang bocor selang pematik.
    Sekarang sudah banyak kompor yang tidak pake gas. Model induksi. Teknologi terkini dari kompor. Hanya saja whatnya besar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar ya harus bijak pilih2 kompor agar aman.

      Hapus
  3. Wih, ilmu ini sangat bermanfaat. Saya sendiri gak terlalu paham soal ini. Soalnya urusan pasang gas juga saya biasa minta tolong tetangga, hadeuh 😅 Tapi memang karena belum ada keberanian aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk, aku dulu pas LDR jadinya ala bisa karena terpaksa, ajarin ART juga sih hehe

      Hapus
  4. Pengin sih kompor induksi, lebih aman ya dan praktis. Kost an anakku pakai kompor induksi juga, jadi nggak khawatir deh klo masak2 :)

    BalasHapus
  5. untuk tips2nya oke banget bisa di jadikan rujukan dan sangat penting sekali buat mak-mak blogger hehee, hanya sayang dalam artikelnya tampak bagaikan membaca buku yang di beri stabilo warna warni. masukan menurut papinya TJ (leantoro) cukup dengan tulisan tebal saja sudah menunjukkan hal tersebut penting. Tapi overall oke banget gaya penuturannya.

    BalasHapus
  6. Dari dulu komporku selalu rinnai. Nah, baru2 ini beli kompor baru krn yg lama ga bisa dinyalain. Aku mikirnya krn udh 7 thn kali yaaa makanya udh wktnya diganti. Beli deh kompor baru, merk sama. Tapiiii pas temenku tahu,dia heran, krn rinnai di rumahnya aja bisa bertahan 18 thn. Dia curiga rinnaiku bukan rusak tp cm kesumbat. Dan ternyata benaaaar wkwkwkwjwkw... Yaaaa udh telanjur beli baru :p. Yo wis, utk jaga2 aja jadinya :D

    BalasHapus
  7. Wah banyak juga yang harus dipertimbangkan ya Mbak. Ilmunya pas banget nih buat para camen (calon menantu) wkwkwk

    BalasHapus
  8. makasih tipsnya. yang terakhir beli aku salah beli tipe kom[ornya

    BalasHapus
  9. Tips yang bermnfaat mbak, kadang slah satunya tidak diperhtaikan dan nanti jadi menyesal karena terlanjur beli kompor gas ..

    BalasHapus
  10. Wah, kompor gasku dah 3 kali ganti apa dua kali, lupa. Kompor single tungku satu sih. Yang serung ganti tuh kepalanya yang buat ngunci ke gas.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^