Senin, 03 September 2018

Milad 2 Tapis Blogger : Tips Meningkatkan Followers Instagram

milad 2 tapis blogger naqiyyah syam
Milad 2 Tapis Blogger, Makasih baju cantiknya Thasya Busana :)


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,
Alhamdulillah Ahad, 2 September 2018 kemarin telah berlangsung acara Milad 2 Tapis Blogger. Acara puncak ini menghadirkan akun kuliner_lampung yang telah memiliki 220 K followers intagram loh! Saat pertama ingin mengundang Kak Alejenes pemilik akun @ kuliner_lampung ini membuat aku maju mundur, bisa enggak ya, soalnya aku tahu Kak Alejenes itu sibuk luar biasa. Nah, pas di Festival Kanikan di Lampung Elephent Park aku bertemu, “Kak Ale, bisa enggak ngisi acara Milad 2 Tapis Blogger?” tanyaku. Kak Ale langsung oke dan sesuai jadwalnya. Duuuh, bikin aku pengen jejingkrakan karena senang luar biasa.


milad 2 tapis blogger naqiyyah syam
Bangga menjadi Blogger Lampung dan serunya Milad 2 Tapis Blogger

Menjelang hari H acara Milad 2 Tapis Blogger, di balik layar yang luar biasa. Mencari tim membuat flyer yang ke sana kemari hingga akhirnya minta bantuan keponakan di Bengkulu, xixixi... terus berkah oleh Thasya Busana yang mau ngasih sponsor luar biasa atas dukungan acara Milad Tapis Blogger, tim ACT dan Nuola Food juga keren abis alatnya dianter juga dipasangin, Thanks banget Umi Dian. Mbk Tina Papa Toms keren banget atas sambutannya. Aku pas potong tumpeng nangis meluk Mbk Heni Puspita, “Ya Allah, enggak menyangka Tapis Blogger akan sebesar ini,” awalnya kami berempat. Namun, kemarin Mbk Fifi Restiana belum bisa berkumpul dan Izzah Annisa lagi mengurus orang tuanya. Namun kami berempat tetap saling support dan heboh di group WA huhuhu... miss you all :)
milad 2 tapis blogger
Mbk Heni Puspita Co-Founder tapis Blogger menyampaikan profil Tapis Blogger

Acara Milad 2 Tapis Blogger dipandu oleh MC cetar Bu Desma Haryanti. Bu Desma membuka dengan pantun yang apik sekali. Acara jadi makin segar ditambah dengan door prize pembuka acara, “Siapa yang mau door prize, ayo maju!” Ada yang nunjuk satu langsung maju eeeh langsung dapat hadiah hahaha.... duududu rezeki banget deh!

Kemudian kata sambutan dari Desy Listhiana ketua panitia yang menyampaikan kalau acara ini diikuti oleh 30-an peserta dengan sponsor dari Desy juga mengajak peserta untuk mengikuti lomba foto di instagram dengan kategori foto kegiatan Milad 2 Tapis Blogger dan foto produk/ sponsor.

Dilanjutkan dengan penyampainan profil Komunitas Tapis Blogger oleh Mbk Heni Puspita selaku co-founder Tapis Blogger. Mbk Heni menayangkan video keren perjalanan Tapis Blogger selama 2 tahun ini. Duuuh haru deh....

blogger lampung
Bang Sandi Prayoga, Desy Listhiana dan aku (Foto by Latifah)

Kemudian Bang Sandi Prayoga memberikan testimoni tentang Tapis Blogger. Mastah Blogger Lampung ini bersedia hadir di Milad 2 Tapis Blogger ini sudah berkah banget. “Saya berharap Tapis Blogger makin solid, apalagi selalu ada anggota baru yang bergabung. Bagi yang baru semakin bagus ngeblognya dan yang lama semakin profesional. Selain itu, sebagai komunitas semakin berkembang dan mengenalkan Lampung lewat blog,” ujar Mas Sandi yang telah berhasil puluhan juta penghasilan dari blognya. Kalau kepo bisa ke blog salah satunya www.bloggerlampung.com ya!


Kata sambutan Ketua Tapis Blogger aku mengucapkan terima kasih kepada anggota yang sudah hadir, mari bersenang-senang untuk menikmati proses sebagai blogger. Apalagi di Tapis Blogger beraneka ragam. Ada yang ngeblog buat hobi, ada juga untuk profesi. Silakan saja asal saling bersinergi. “Tapis Blogger saat ini sedang meningkatkan kerjasama dengan UMKM di Lampung dan ke depan semoga kerjasama semakin baik kepada  instansi terkait yang sesuai dengan visi dan misi Tapis Blogger, apalagi ada sambutan dari Fajar TV untuk sebuah program acara, ini hadiah terindah di Milad 2 Tapis Blogger,” kataku.

milad 2 tapis blogger
Kata sambutan Milad 2 Tapis Blogger foto by Latifah

Tips Meningkatkan Followers Instagram Bersama @kuliner_lampung


Acara yang ditunggu tiba, Kak Alejenes berbagi kisahnya bagaimana membangun akun @kuliner-lampung. “Sejak awal saya sudah membuat akun @kuliner_lampung. Postingan pertama saya ingat banget yaitu pempek dan mie ayam. Namun, saya kecewa tidak ada yang ngelike atau komen. Bahkan saya sendiri yang ngelove atau like dan komen,” ujar Kak Ale disambut tawa peserta yang hadir. Kak Ale juga sempat down 6 bulan tidak mau melihat akunnya karena enggak ada respon xixixi....  hadeh jadi kayak blog yang terkena sarang laba-laba ya?


tapis blogger milad ke 2 tahun
Panitia Milad 2 Tapis Blogger bersama Kak Ale

Kak Ale yang sebelum tidur sering melihat foto makanan ini terinspirasi dari akun kuliner di luar Lampung. Memang pada awalnya ada akun kulinerlampung tapi saat dicek sudah enggak posting lagi. Kak Ale juga terinspirasi dengan sebuah akun yang cepat banget naik followersnya. Kak Ale akhirnya mencoba formula sendiri memposting foto jajanan pasar bukan yang di resto.
“Saya memulai foto dengan hp, sampai saat ini masih hp. Kalau dulu saat diundang belum ada kamera atau hp bagus, saya ajak teman yang punya hp bagus, pinjam buat motoin makanan,” ujar Kak Ale mengenang membangun akun kuliner_lampung hingga besar begini.

tapis blogger milad ke 2 tahun
Emak-emak Preneur yang membantu sponsor acara Milad 2 Tapis Blogger

Kak Ale juga cerita kalau punya kamera baru taun 2017 dan punya tim yang disebutnya “tim kebersihan.” Kak Ale mengajak teman-temannya yang bergabung di Komunias Siger Foodies saat mereviewm makanan. “Sehari saya bisa diundang 3 tempat untuk mereview makanan. Saya tidak menyangka hobi makan ini menjadi profesi atau dibayar. Orang mencari kerja untuk beli makanan, saya makan lalu dapat uang,” cerita Kak Ale lagi-lagi peserta tertawa gembira.

Tips Meningkatkan Followers Instagram Ala Alejenes :

1. Rutin posting minimal 1 foto sehari. Jangan biarkan akun instagram menjadi sarang laba-laba. Tidak ada batasan maksimal foto, biarin aja orang sampe mual xixii...
2. Konsisten 1 tema. Kak Ale memilih kuliner jadi konsisten kuliner, tidak mereview mobil, hotel atau lainnya.
3. Kak Ale awalnya mengajak kawan-kawannya memfollow akun instagramnya. Ajak teman-teman komunitas saling follow.
4. Tag akun-akun besar. Jika saja akun besar itu memberi love / terplesertlah menglike postingan kita maka akan terbaca di pemberitahuan akunnya, followers akun besar itu akan memfollow akun kita (Kak Ale menyebutkan contoh akun Ayu Ting-ting dan Raffi Ahmad).


tapis blogger milad ke 2 tahun
Bersama yang sukses dapat door prize

5. Kak Ale memilih makanan jajanan pasar. Mencari jajanan pasar sampai ke pelosok. Kak Ale bilang dia berhasil seperti ini mungkin juga doa para penjual jajanan pasar yang setelah dia posting di instagram jadi banyak yang beli.
6. Kak Ale mengadakan event kuliner di Lampung bersama Siger Foodies yang ia prakarsai. Eventnya bahkan membuat sistem go jek eror karena orderan go food membludak. Bahkan presiden Go jek datang ke Lampung dan mengucapkan terima kasih. 50% pendapatan go jek bisa berhasil hanya dalam beberapa hari.
7. Kak Ale tidak punya asisten. Akunnya hanya dia yang bisa buka karena akan ada notif di hp kalau ada yang mau mencoba meretasnya. Kak Ale jarang tidur siang karena mikirin caption makanan yang direview xixixi... kalau pun ada asisten itu hanya memposting yang telah dia siapkan sesuai jadwal yang dia tentukan, yaitu adiknya. Biar Kak Ale bobok siang xixi...
8. Untuk menjaga kesehatan karena sudah makan enak terus. Kak Ale yang pernah dioperasi ini menikmati pekerjannya saat ini dengan jaan-jalann. Apalagi Kak Ale ada bisnis Ale tour jadi sembari jalan-jalan juga makan-makan, widiw...enak banget ya?
9. Kak Ale mengingatkan seringlah buat caption yang menarik dan hastag yang sering dicari orang. Kak Ale konsisten dengan hastag #kulinerlampung karena orang tiap datang ke lampung akan mencari kuliner enak khas Lampung dan mencari hastag tersebut. Maka, dianjurkan Tapis Blogger membuat hastag #bloggerlampung selain #tapisblogger oke deh kakak itu udah sering dilakukan.
10. Terakhir Kak Ale mengajak peserta yang ingin profesional mengelola akun instagram dengan mengubah akun IG menjadi akun bisnis karena di sana akan lengkap infonya dengan membuat halaman atau fan page terlebih dahulu di facebook.

tapis blogger milad ke 2 tahun
Foto bersama peserta by Bang Razzone

Nah, sahabat Smart Mom dan juga Tapis Blogger semoga tips di atas dapat kita terapkan dan bagi yang belum hadir bisa mendapatkan manfaat dari coretan kecilku yang rempong saat acara berlangsung hehe...

Acara diakhir dengan pemotongan tumpeng bersama, foto dan pengumuman lomba. Lengkapnya silakan cek di IG @tapisblogger ya!

26 komentar:

  1. Semoga kedepannya Tapis blogger makin keren dan solid

    BalasHapus
  2. Makasih banyakk mb naqi dan temen-temen panitia yang udah nyiapin acara ini.. semoga setelah acara, followersnya bisa pada naik yaa xixixiiziziz

    BalasHapus
  3. Tapos Blogger emang keren! Ditambah keren dengan mengundang kak Ale waaaaa

    BalasHapus
  4. Tapis Blogger emang keren! Ditambah keren dengan mengundang kak Ale waaaaa

    BalasHapus
  5. selamat milad tapis blogger, wah belum bisa hadir ke acara tapis blogger, karena sedang berjuang di rantauan. selalu sukses tapis blogger. mampir ke blog yushi ya umi... hehe
    https://myyushi.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. banyak juga ya mbak pesertanya 30 orang.. Sukses terus untuk Tapis Blogger ke depannya

    BalasHapus
  7. aakkk masih nggak nyangka Tapis 2 tahun ajee. masyaAllah. Barakallah. aku senang sekali jadi bagian dari Tapis Blogger

    BalasHapus
  8. Selamat ulang tahun untuk Tapis Blogger semoga semakin maju dan bisa menjadi ajang silahturahmi yang baik.

    BalasHapus
  9. Wah gak terasa sudah 2 tahun ya tapis blogger. Semoga semakin solid dan maju

    BalasHapus
  10. Tipsnya keren. Kapan2 mau diaplikasikan deh. Konsisten kuncinya 😊

    Selamat milad tapis blogger. Pengen banget menyapa langsung teman2 1 komunitas tapi belum kesampaian

    BalasHapus
  11. Tapis Blogger dan Bone tuh keren pisan yaaa kegiatannya, saluut..Kak Ale emejing, aku kagum perjuangannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbk, Kak Ale keren perjuangannya membangun IG hingga sekarang

      Hapus
  12. Sukses dg Tapis Bloggernya, Mbaa.. Mba Naqi memang tipe leader deh. Selalu memimpin komunitas.

    BalasHapus
  13. selamat 2 tahun Tapis blogger, semoga selalu berjaya

    BalasHapus
  14. Waaah, seru juga yah bisa dari Instagram bisa jalan-jalan sambil makan....tips suksesnya bisa dicontoh di semua daerah nih (hmm, kepikiran juga bikin Instagram buat jajanan kaki lima di daerahku).

    Btw mantap tips2nya, mudah2an followers IG saya bisa ikutan nambah, hihihi

    BalasHapus
  15. Wah bermanfaat banget nih tipsnya mbak, terima kasih untuk sharingnya ya

    BalasHapus
  16. Selamat ya tapis blogger semoga makij eksis dan dapat menebar manfaat yang banyak bagi semua terutama warga lampung

    BalasHapus
  17. kece banget ini tapis blogger
    tips tentang meningkatkan follower instagramnya bagus
    bisa jadi referensi

    BalasHapus
  18. Begitupun dengan film, aku kan suka nonton film tuh, sering foto sama artisnya atau cerita tentang filmnya dan tag nama artis atau PH nya. Jadi mereka tahu kalau kita ikutin filmnya. Kalau kuliner sih pasti cepet naik followernya karena pasti banyak dicari ya.

    BalasHapus
  19. Selamat buat tapis blogger semoga makin sukses ya

    BalasHapus
  20. Mak Naqy, aku dari kemarin pengen nanya. Itu gambar di headernya bikin sendiri atau digambarin mak? Bisikin dong. Mau pesen soalnya. Matur nuwun

    BalasHapus
  21. Wah, selamat ulang tahun Tapis Blogger. Umurnya sama kayak Blogger Bengkulu nih. Masih unyu-unyu tapi semoga udah bisa kasih manfaat untuk banyak orang. Aamiin. Btw, makasih ya mba buat tips naikin jumlah followersnya, bakal Intan terapin. Soale followers IG mentok di angka 3000an huhu

    BalasHapus
  22. Keren tapis blogger..produktif..semoga makin banyak event2nya..

    BalasHapus
  23. Kak Ale mantap. Semoga semakin banyak anak muda berprestasi yang bisa menjadikan hobi menjadi profesi. Supaya hidup jadi lebih hidup.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^