Minggu, 23 September 2018

Bahagianya Mencetak Album Foto (Photobook) Online di ID Photobook


Assalamualaikum sahabat Smart mom,

Waktu aku kecil Ayahku senang sekali mengajak jalan-jalan, makan-makan dan berfoto. Selalu saja ada kenangan setiap akhir pekan. Kebiasaan Ayah yang paling kuiingat salah satunya mencetak foto-foto kami di album foto.Hal ini membuat kami banyak sekali kenangan indah semasa kecil Entah berapa album yang telah mengukir sejarah masa kecil kami dari aku lahir hingga saat Ayah telah tiada kebiasaan ini menurun kepada aku dan saudara-saudaraku setiap kumpul acara keluarga kami selalu berfoto bersama dan biasanya Wodang, kakak sulung pertamaku meminta file foto itu dan dicetaknya menjadi beberapa album untuk dibagikan kepada keempat adik-adiknya.

Saat anak pertama lahir, aku memiliki album foto dari Faris lahir hingga bisa berjalan. Namun setelah anak kedua lahir, Fatih lahir di era digital sedang maraknya Facebook, maka aku lebih sering menyimpan foto-foto hanya di album facebook saja.

album photobook

Menyimpan foto di album facebook kelemahannya foto-foto itu tidak bisa diraba dan sulit sekali untuk membawanya ke mana-mana karena tergantung dengan sinyal. Kalau mau melihatkan foto kenangan ke kampung halaman Kakung dan Utie di Kalipasir agak susah nih.

Kemudian, ketika anak ketiga lahir aku bersiap-siap untuk membuat buku portofolio perkembangan kelahiran Aisyah. Setiap pagi, aku mendokumentasikan kegiatan Aisyah. Dari mandi, pijat, berjemur, hingga diajak jalan-jalan. Suatu hari, laptopku eror. Hard disk-nya rusak dan foto-foto Aisyah ketika bayi hingga usia 2 bulan hilang musnah. Aku sempat kecewa berat, sedih, lama sekali move on-nya karena aku dari hari ke hari mengumpulkan foto ketika Aisyah lahir hingga usia 2 bulan itu. Belum lagi data cerpen lamaku dan vidoe Faris ketika masih TK. Hilang semua, hiiks... Namun, kecewaan itu aku larikan dengan menulis dan menulis,  sehingga isi blogku banyak sekali bercerita tentang Aisyah. Padahal itu aku lagi menterapi diri sendiri untuk mengikhlaskan kehilangan foto dan video Aisyah saat bayi.

album photobook

Beberapa minggu lalu, aku mendapat kesempatan untuk mencetak album kenangan hal-hal yang paling menyenangkan dalam kehidupanku di ID Photobook. Maka aku membuat dua album kenangan terindah, yaitu satu album khusus untuk Princess Aisyah dan Album keluargaku kebetulan pada tanggal 4 September 2018 ini Aisyah tepat berusia 4 tahun, jadilah album Aisyah ini sebagai kado buat Aisyah.

album photobook

Saat aku mengumpulkan album foto ini aku sempat senyum-senyum sendiri karena mengenang saat keluarga kami tinggal di Padang. Ya, ternyata foto-foto yang ada itu sangat menyimpan kenangan dan memiliki cerita yang panjang bahkan ketika aku Perlihatkan foto-foto di album ini, Aisyah bilang “Itu adik ya, Mi?” tanyanya. Kujawab, itu Aisyah loh, lihat ada yang digendong Abi, foto dengan Mas Faris dan Abang Fatih. Aisyah jadi exited sekali melihat foto  masa bayinya. Malah sudah bisa bercerita, “Suatu hari, Aisyah pegang kucing! Atau “Suatu hari Aisyah digendong Abi!” Haha....lucu banget kan? Foto ternyata bisa memancing imajinasi anak lho, Moms!

id photobook

Album foto ini membantuku mengenalkan siapa diri dan mengenal masa kecil anak-anak, contohnya Fatih ia melihat kembali foto masa bayinya bahkan bertanya, “Waktu bayi, Abang enggak punya tanda lahir ya, Mi?” aku kaget mendengar pertanyaannya. Memang sih tanda lahir di pipinya Abang Fatih tidak terlihat saat lahir, baru usia 10 hari tanda lahir di pipinya terlihat dengan jelas.

Album foto keluarga aku ini juga memuat foto-foto kenangan indah dalam keluarga kami seperti foto pernikahan kami yang sengaja aku selipkan di foto keluarga ini agar anak-anak mengetahui bagaimana proses Umi dan Abinya dulu.

album photobook


Aku memilih foto kenangan-kenangan yang paling indah seperti saat keluarga kami jalan-jalan ke Pantai Panjang di Bengkulu, Muara Bungo di Jambi, Istana Pagaruyung di Sumatera Barat dan ke Pulau Pahawang Lampung. Foto-foto ini dapat memancing suasana menjadi lebih akrab kami dapat tertawa tawa melihat foto masa kecil anak-anak dan menjadi bahan cerita. Oh, ternyata kami pernah melewati masa-masa sulit itu dan ketika melihat foto itu kembali kami akan sangat bersyukur sudah melalui masa-masa itu.

album photobook

Alhamdulillah ID Photobook ini menjadi album foto unik, foto-fotonya tercetak dengan terang bahkan ketika file foto itu aku ambil dari smartphone bukan dari kamera hasilnya. Hasil cetakannya bening dan tidak blur. Ada beberapa foto saja yang masih belum terlalu mulus. 

Selain itu, foto-fotonya design kayak majalah, sehingga ketika dibuka bolak-balik oleh anak-anak tidak mengalami goresan. Berbeda kalau album zaman dulu, ketika ingin melihat fotonya kita akan tertarik oleh plastiknya dan fotonya lama-kelamaan akan menjadi jamuran. Maka, senang banget bisa proses cetak foto online ini.

album photobook


Kalau di cetak foto dengan album Photobook terlihat lebih mewah dan eksklusif karena kertasnya juga bagus dan cetakannya mulus. Sampai-sampai suamiku bilang, “Ah, kita promosikan aja di kantor pasti banyak teman-teman yang ingin cetak album foto seperti ini!” Ciee...

Unboxing Album Photobook


Nah, buat teman-teman yang berminat berikut langkah-langkahnya mencetak album Photobook :
1. Buka website ID Photobook
2. Daftar
3. Ikuti langkah-langkahnya
4. Kirim foto yang sudah dipilih. Kalau pengalamanku aku menyimpan foto di google drive sehingga dari pihak ID Photobook yang akan mendownload dan mendesginnya. Tunggu hasil cetak tak lebih dari 1 bulan. Pengalamanku hanya sekitar 2 minggu sejak mengirimkan foto.



Nah, gimana mudahkan? Untuk harga cetak sekitar Rp. 99.000-Rp. 350.000 dengan cover dan dapat dipilih sendiri. Yuk, segera miliki album foto Photobook di ID Photobook ya!

Untuk informasi lengkap, Moms bisa cek di media sosial ID Photobook berikut :

Instagram : @id.photobook
Youtube :  ID Photobook

Selamat mencoba!

42 komentar:

  1. Wiiihhh keren banget mom foto2nya ya, jadi kayak majalah gitu desainnya.. Btw itu harganya berapa mom?



    Oya mampir2 ke blog saya ya mom miftahemjeaje.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Album fotonya kekinian banget ya Mbk,covernyaa...bagus

    BalasHapus
  3. kalau dicetak lebih asyik ay daripada disimpan saja di flashdisk

    BalasHapus
  4. Design nya lucu lucu bikin gemas iya mbak, gua lebih suka dicetak, rasanya beda daripada lihat di layar .

    BalasHapus
  5. aku juga paling suka cetak foto meski disimpen di hp atau leptop atau medsos tetep plg suka cetak mba

    aku jg pemgen nih cobain cetaj di idphotobook :) biar keliatan beda album fotonya

    BalasHapus
  6. Album fotonya keren ya mbak..udah lama pengen ini..huhuhuuu

    BalasHapus
  7. I need to have this! Aku punya foto buanyaaaak banget mba...jadinya kadang pengen cetak foto2 yang terpilih ajaa

    BalasHapus
  8. Aku udah nyobain Mbak.. seneng deh sama hasilnya, jadi nggak mudah lepas juga itu foto-fotonya.

    BalasHapus
  9. Wii.. Keren bgt deh hasilnya ya

    BalasHapus
  10. Ini kertasnya tahan sampai berapa tahun, mba?
    Gak gampang berjamur ya?

    BalasHapus
  11. Aah aku juga mau bikin begini supaya bisa sering review foto zaman anak masih bayi. Selama ini cuma lihat di komputer.

    BalasHapus
  12. Mba itu kalo pakai google drive kita cuma tinggal kasih link aja gitu ya? Praktis banget

    BalasHapus
  13. Unik sekali ya Mbaaak, lalu foto-fotonya juga clear jelas gitu.... Baguuuusss.... :)

    BalasHapus
  14. Wah keren banget ya albumnya. Jadi pengen nyetak foto juga. Terutama foto anak2 biar jadi kenang2an nanti.

    BalasHapus
  15. Album foto kekinian ya mba, cakep hasilnya. Jadi pengen nih bikin album foto perjalanan usia anak-anak dari kecil sampai lulus sekolah

    BalasHapus
  16. Mba Naqi saya juga pernah nih cetak foto di idphotobook, emang bagus banget hasilnya.. punya saya sama persis kayak punya mba naqi yang rainbow hehe

    BalasHapus
  17. Aku juga mupeng sama hasil cetakan idphotobook ini Mbak Naqqy. Bisa jadi dokumentasi nih buat anak2

    BalasHapus
  18. Aku pengen banget nih mba mencetak album foto di id photobook. Kmrn aku kena musibah foto foto aku yang umrah secara nggak sengaja aku hapus :( . apalagi ini bagus banget buat cetak kenangan kita ya

    BalasHapus
  19. Bisa custom kan yaa, mba?
    Ketagihan cetak foto jadinyaa...

    Senang sekali sama hasilnya.

    BalasHapus
  20. Jadi keinget bolak-balik pengen nyetak foto di sini belum jadi melulu. Soalnya dari nikah sampe punya anak masih belum pernah punya album foto e...

    BalasHapus
  21. Dengan harga segitu ada berapa foto mba yang di cetak

    BalasHapus
  22. Emang idphotobook ini kece ya.
    Kualitasnya oke dan pengerjaannya cepet
    Best !

    BalasHapus
  23. Jaman sekarang mencetak foto sudah kekinian sekali ya, Mbak. Selain dapat melalui online, cetakannya menyerupai majalan. Jadi serasa punya majalah yang isinya foto-foto punya kita semua ya. Saya pun jadi senyum-senyum sendiri tuh, saat melihat hasil cetak foto secara online di ID Photobook. Anak-anak juga senang sekali, ndak perlu buka laptop, buka album nya saja, sudah dapat bercerita y

    BalasHapus
  24. Aku puas banget loh mba cetak di IDPhotobook. Anak2ku semua suka dibuatin masing2 1 album gitu. Hasil cetaknya bagus.

    BalasHapus
  25. saya pengen juga mencetak foto-foto ih.. rasanya luar biasa ya waktu membuka album foto selembar demi selembar.. :)

    BalasHapus
  26. Aku dulu mikirnya enak tuh foto2 disimpan online. Tp ya sinyal kadang jadi hambatan. Makanya butuh juga album foto. ID photobook asyik bisa wujudin album foto yg kece

    BalasHapus
  27. Sudah lama nggak nempelin foto fi album, dengan cetak di ID Photobook lebih praktis ya dalam menyimpan, nggak kayak album foto yng berat dan ngabisin space di lemari

    BalasHapus
  28. Aku udah order juga nih tinggal nunggu albumnya nyampe..udah nggak sabar hehe

    BalasHapus
  29. Waaaah baguuuussss! Aku mau juga dibikinin album foto gitu di ID Photobook! Thank's ya Mbak. :)

    BalasHapus
  30. Racunnn ini mahh heheh.. semenjak nikah dan punya anak belum pernah cetakin foto, cuman beli harddisk dan disimpan file khusus anak-anak, tapi lihat beginian jadi mupeng ihhh..

    BalasHapus
  31. Hureeeeeee aakhirnya punya foto yang dicetak, bisa dilihat kapan saja dan sepuasnya. Kalo via hape kan kurang puas ya heheheh
    Jadi kepengen juga nih cetak ke Photobook ID.

    BalasHapus
  32. Sekarang muncul lagi ya trend cetak foto dan dijadikan album..Bisa jadi kenangan tuk anak2 kalo udah besar nanti ya mbak.

    BalasHapus
  33. Ini yang lagi jadi pembicaraan teman-teman saya nih. photobook. Enak ya sebenarnya ngoleksi foto pake photobook ini :)

    BalasHapus
  34. Jadi pengen bikin album photo, jd yg gak punya smartphone bisa menikmati semua foto2 dr hasil perjalanan hidup ini ^^
    Mau bikin juga ah di idphotobook

    BalasHapus
  35. udah lama banget aku gak cetak foto mbak sejak punya smartphone dan kamera digital. Boleh juga nih cetak foto di ID Photobook supaya punya album foto yang unik

    BalasHapus
  36. Aku pengen deh cetak fto anak2. Udah lama lirik2 ID Photobook. Bagus buat kenangan..

    BalasHapus
  37. Aku masih milihin foto nih buat dicetak
    Jadi ga sabar buat order Idphotobook

    BalasHapus
  38. Duh, jadi keingetan pengen nyetak foto juga. Kapan ya terakhir nyetak foto? Selai. Pasfoto, udah lama banget. Beda banget ya kesan punya foto cetak dengan file foto digital.

    BalasHapus
  39. Beruntung ya jaman digital, segalanya bisa mudah ditransfer, kebayang kl masih pakai roll film ya.

    BalasHapus
  40. Bikin mupeng deh Mbak, udah lama pengen tapi belum dieksekusi juga nih.
    Padahal cara pesannya gampang banget ya Mbak.

    BalasHapus
  41. Iya mbak enaknya tu kita gak perlu tempel2 lagi kalau cetak di ID Photobook ya. Juga enggak takut foto jamuran kyk zaman dulu hehe. Desainnya pun unik dan kertasnya tebel :D

    BalasHapus
  42. Praktis begini ya Mba. Jadinya juga cantik. Aku jg mau ah

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^