Jumat, 21 September 2018

Cara Mudah Bikin Alas Foto Sendiri

cara membuat alas foto sendiri

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,
Sejak menyukai fotografi dengan smartphone, aku sering membeli alas foto. Entah berupa triplek atau kain atau napkin. Soalnya memotret buku dan makanan itu ternyata mengasyikkan loh. Ini awalnya karena aku ingin membatasi foto selfie xixixi jadi larinya foto makanan aja. Tapi, sejak ikutan pelatihan online dan offline aku jadi pengen bikin sendiri. Pertama-tama, cari info di google gimana sih cara biki alas foto sendiri. Rata-rata bikinnya pakai print dan ditempel di triplek. Lalu, aku tanya ke teman-teman di Tapis Blogger, "Ada yang pernah coba bikin alas foto sendiri? Pakai apa catnya?" ternyata ada yang pernah nyoba pakai cat kayu.



Okelah sejak itu aku berburu cat kayu hehe... soalnya di rumah sudah ada triplek bekas pas buat rumah dulu dan minta Abi gergaji dengan ukuran yang cocok sekitar 60 x 60 cm. Kemudian aku ke toko cat atau toko bangunan mencari cat kayu berwarna hitam dan putih. Warna dasar aja dulu untuk fotografi pemula kayak aku ini hahah apalagi motonya pakaii hp doang, jadi sementara warna itu aja dulu, lagian enak ngeditnya hehe...


cara membuat alas foto sendiri

Selain cat kayu, aku membeli kuas untuk mengecatnya. Namun, ide membuat alas foto sendiri lama juga baru bisa esekusinya, soalnya aku jadi sok sibuk banget huhu... jadilah  alat-alat itu terbengkalai di pojok ruangan. Abi aja pernah negur, "Katanya mau bikin alas foto?" hehe...aku kena sindir, abisnya pas mau minta tolong gergaji malah ngejar-ngejar minat tolong Abi pulang kantor xixixi....

Makanya, pas Ahad kosong, aku mulat membuat alas foto sendiri dengan alat sederhana ini :

Bahan dan alat membuat alas foto sendiri :


- Triplek ukuran 60 x 60 cm
- Cat kayu warna hitam dan putih (harga @ Rp. 10.000)
-  2 kuas (harga @ Rp. 5.000)

Cara Membuat Alas Foto Sendiri :


- Siapkan koran untuk alas 
- Cat disaat cuaca bagus,jadi bisa cepat kering
- Cat bagian depan dulu berwarna putih atau hitam setelah agak kering sebaliknya.
- Jemur dan keringkan.


Ini video cara membuat alas foto sendiri 

Untuk menghilangkan bekas cat yang menempel pada baju atau bagian tubuh, tangan atau kaki, bersihkan dengan bensin. Sedikit aja sih ya enggak sampe 1 liter kok, aku ngambil dari motor dengan cara mencelupkan kain bekas ke dalam tangkinya lalu gosok ke tangan atau kaki deh. Alhamdulillah siang sudah kering. Tapi, tidak langsung aku pakai, aku baru pakai keesokan harinya. Soalnya masih agak lengket-lengket hehe... jadinya biarin dulu sampai benar-benar kering. 


cara membuat alas foto sendiri

cara membuat alas foto sendiri


Nah, sahabat Smart Mom, mudahkan cara bikin alas foto sendiri? Kalau beli untuk triplek ukuran 60 x80 cm sekitar 90 ribu. Tapi, kalau bikin sendiri bisa hemat karena sudah ada bahan sendiri (triplek bekas). Yuk, ajak juga anak-anak berkreasi. Emang sih harus hati-hati karena anak-anakk pasti enggak diam dan akhirnya ada saja bekas cat menempel di tangan atau kaki bahkan bajunya, tapi pengalaman itu besar sekali harganya. Tak ternilai Moms!  Jadi, biarkan saja anak-anak diajak ngecat juga.  



Itulah pengalamanku cara mudah bikin alas foto sendiri, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!



cara membuat alas foto sendiri

27 komentar:

  1. kreatif mba tadinya juga ku mau beli hehehe liat ini jadi mikir bikin apa beli yah :D

    BalasHapus
  2. Sbnrnya memang sih bikin sendiri pasti jauuuh lbh murah. Masalahnya, aku juga tipe yg niat doang yg kuat, pelaksanaannya ntah kapan2 wkwkwkwk. Makanya kemarin2 ttp aja beli alas foto dr olshop langganan :p. Niat bikin sndiri blm terealisasi

    BalasHapus
  3. Setahun yg lalu aku juga bikin2 alas foto sendiri, lebih pas sama yg kita mau. Tapi sekarang susah cari waktu buat mainan cat begini, padahal butuh alas foto baru :(

    BalasHapus
  4. Iya tuh mau beli alas foto kok harganya banyak yang mahal. Kreatif bener ini bikin alas foto sendiri, pastinya bakal lebih hemat ya.

    BalasHapus
  5. Aku malah pakai selembar kain, udah punya 3 warna. Tapi pengen sih pakai yg model print trus tempel di triplek gitu. Nah kalo ngecat sendiri kayak gini malah seru ya mba. Jadi ada serat kayunya juga

    BalasHapus
  6. Yeaaaay...ajak anak anak ikut ngecat ngecat seru juga ya mba. Malah baru kepikiran ide ini. Siap praktekin nanti

    BalasHapus
  7. kreatif banget, Mbak. Udha gitu anak-anak juga senang banget ya karena mereka ikut dilibatkan :)

    BalasHapus
  8. Kalo bikin sendiri emang lebih hemat dan mudah sebenarnya bikinnya, cuman kadang malasnya itu lho.. Hihii

    BalasHapus
  9. Aku pakai papan tulis kecil punya anakku, Mbak. Kan ada dua sisi, hitam sama putih. Biar warnanya makin sip, aku kasih kain sesuai keinginan. Beli kainnya juga ukuran yang kecil2, 50 x 50, jadi nggak terlalu mahal.

    BalasHapus
  10. Boleh juga mbak idenya untuk bikin alas foto sendiri. Gak susah juga ya cuma but7h niat trus dipraktekkan

    BalasHapus
  11. Aku suka pakai kalender bekas untuk alas warna putih, bahahaha.
    Atau jilbab lama yang ada brokatnya, bahkan mukena lama yang ada bordirnya.
    Nah untuk warna hitam, belum ada.
    Soalnya jarang pakai warna hitam sebagai alas foto.

    BalasHapus
  12. Kreatiiiif banget Mbak. Tapi memang betul kalau buat sendiri jadi lebih hemat ya....

    BalasHapus
  13. Kreatif mbaak...ntar aku buat juga ah kebetulan ada papan bekas tinggal di cat aja nih :)

    BalasHapus
  14. Saya gak kreatif nih buat-buat ginian. Ternyata gak sulit yaa, udah gitu harganya juga murah 👍

    BalasHapus
  15. Wow mantap deh. Pasti anak2 bangga ya karyanya kepake 😍

    BalasHapus
  16. Ini tips yang oke bangeet.. DIY ya mba. Dan puas dengan hasilnya!

    BalasHapus
  17. simpen ah tipsnya. aku juga mau bikin alas poto nih

    BalasHapus
  18. Wuih kreatif sekali mba Naqi membuat alas foto sendiri, pengen juga sih bikin sendiri, makasih ya sharingnya

    BalasHapus
  19. Nanti mau coba bikin ah. Lumayan buat belajar poto2 kece

    BalasHapus
  20. Oh...iya juga yaa...
    Bikin sendiri lebih terasa puasnya...karena effort yang dikeluarkan.
    Belum lagi kerjasama anak-anak dengan orangtua bisa bikin bonding makin kuat.

    Waah...plus-plus niiih...

    BalasHapus
  21. Selain cat, siapkan tinner juga Mba. Lebih enak bisa buat ngencerkan kalau terlalu kental n buat rendam kuas plus bersihkan tangan dari cat.

    BalasHapus
  22. Demi apa kubaca ulang ulang, alis alis oh alas foto. Hahahaa, kreatif pisan euy Mbak, kalau saya ada kain hitam kupakai, kain putih kupakai, tapi ya itu kalau udah dilipat ya, nepaak ya. Kalau pakai kayu a ka triplek jadi cakep. gini

    BalasHapus
  23. Dari dulu pengen beli itu alas2 buat foto, tapi gak jadi2 mulu, jadi klo mau pepotoan cuman alas jilbab atau seprei atauhorden yang dimanfaatkan hihi, tapi yang rempong tuh latar belakangnya, jadi hanya gaya foto flatlay aja yang jadi hihihi

    BalasHapus
  24. Kreatif mbaaaakkkk. Aku beli yang kyk papan gtu kyknya lbh dari 100 ribu haha. Kapan2 pengen jg ah bikin sendiri.
    Bisa ngecat ma anak2 juga ya, jd ngajak anak belajar jg TFS

    BalasHapus
  25. aku pengen loh mb buat jugaa. tapi gak ada tripleknya, hahahah. kayak gini bisa jadi ajang main sambil belajar juga buat anak-anak ya mb..

    BalasHapus
  26. Aku masih PR banget nih mba bikin alas foto gini pake cat. Soalnya kalau kena sinar agak gilap dan flare gituh. Gimana ya biar efeknya rada nge-doff?

    BalasHapus
  27. Waahh... kreatif bangat mba. Patut di coba nih. Tutorialnya juga lengkap bangat ya.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^