Rabu, 26 September 2018

Bekal Sehat dan Penuh Cinta Untuk Fatih



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Suatu hari Fatih ngambek saat aku antar bekal makan siang di sekolahnya. “Mi, enggak mau yang ini! Maunya ayam!” duuuu... kalau bekal ditolak itu rasanya sediiih... Fatih sempat menolak untuk makan bekal yang disiapkan, tapi bekal itu akhirnya dibawa juga. Salah aku sih enggak menanyakan bekal apa yang diinginkan Fatih. Soalnya, sehari sebelumnya sudah bekal dengan ayam goreng. Kupikir, biar enggak bosan menu kuganti dengan nugget. Ternyata Fatih bosan nugget, hadeeh ... padahal udah seminggu enggak makan nugget loh! Beginilah sulitnya menyusun menu bekal buat Fatih karena Fatih makannya pemilih. Belum mau makan ikan dan sayuran. Padahal zaman MPASI dari buah dan sayuran sudah khatam, tapi... kesalahan bermula karena pengasuh mengenalkan mi instan dan Fatih ketagihan hiiks...




Lain lagi cerita salah satu Ustdzah yang mengajar di kelas Fatih. Suatu siang saat aku mengantarkan bekal makan siang, aku dipanggil dan aku mendekat. “Mi, tadi Fatih pas jadwal makan snack, Fatih melihat temannya membuka kotak bekal yang isinya nasi goreng. Sepertinya Fatih pengen juga makan nasi goreng, lalu saya dekati dan bilang begini,”

+ : Fatih pengen banget ya nasi goreng? Kalau mau, nanti Ustadzah WA Umi bilang bekal nanti siang nasi goreng aja. Masih ada waktu kok.
-  : Enggaklah Ustadzah, Umi aku sibuk. Belum beli kecapnya. 

Jder! Mendengar cerita Ustadzah yang mengajar  Fatih, aku terharu,  ini Fatih pengertian banget. Walau ya gitu suka keras juga keinginan. Kalau sudah ingin makan nasi goreng bisa sehari 3x minta dibuatkan nasi goreng.

Perjuangan Mempersiapkan Bekal cinta Untuk Fatih

Sejak TK, Fatih selalu membawa bekal dari rumah. Sekolahnya memiliki jadwal makan snack bersama. Sedangkan setelah masuk SD ada jadwal makan bekal dua kali, yaitu jadwal makan snack dan jadwal makan siang. Beruntung di sekolah, anak-anak tidak diperkenankan jajan sebelum pulang sekolah. Hal ini diharapkan anak-anak membawa bekal snack dan makan siang dari rumah.

Membawa bekal jauh lebih aman dibanding anak-anak bebas jajan. Bekal yang disiapkan dari rumah atau dibuat sendiri lebih sehat dan berbumbu cinta dan perhatian sang ibu kepada anaknya, walau menunya sederhana loh. Jadi ingat waku Faris, kakaknya Fatih minta dibuatkan donat karena iri melihat temannya selalu dibawakan snack buatan ibunya, hehe... jadilah Umi belajar bikin donat.



Setiap hari  sekitar pukul 11.00WIB atau menjelang makan siang pukul 11.30 WIB aku mengantarkan bekal makan siang ke sekolah Fatih. Pernah ada yang menggodaku, “Kok bekalnya diantar terus?” aku pun menggapinya dengan senyum, “Iya, Fatih lebih menyukai makanan masih hangat.” Selain itu, aku sengaja menyiapkan waktu untuk melihat ekspresi Fatih menerima bekal kirimanku. Walau tidak setiap hari aku buat sendiri, ada juga yang aku beli jadi. Tapi, aku berusaha memperhatikan bekal sekolah Fatih alasannya :

1. Anak beraktivitas, seperti belajar, bermain dan berolahraga. Semuanya memerlukan energi yang cukup selama di sekolah.
2. Menyiapkan bekal yang sehat. Salah satunya memenuhi unsur nilai gizi. Jika bekal untuk pengganti sarapan atau makan siang, maka harus ada unsur karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. 


3. Bervariasi. Nah, ini usahakan bekal bervariasi. Jangan sampai ana bosan dan tidak mau makan. Ada kalanya aku lupa menanyakan dulu menu yang disukai Fatih atau menu itu lagi dan lagi, hehhe tapi aku siasati dengan cemilan yang bergizi.
4. Siapkan Snack yang disukai anak. Kalau jadwal anak olahraga, sebaiknya dibawa snack yang menunjang aktivitas fisik anak. Fatih aku biasakan bawa susu kotak dan biskuit sandwic berkrim coklat. 


Biskuit Julie’s ini sudah ada logo halalnya. Diproduksi di Malaysia sejak tahun 1981. Saat ini, telah tersebar sebanyak 70 negara seluruh dunia dari produksi Perfect Food Manufacturing (M) Sdn Bhd. Nah, soal jenisnya ada yang rasa coklat dan kacang. Wah, kalau Mas Faris suka yang rasa kacang (Paenut Butter Sandwich) sedang Fatih lebih suka rasa coklat (Choco More Sandwich).

Nah, sahabat Smart Mom yang ingin membawa bekal makan anaknya yuk ikutan lomba bekal untuk anak. Ada info menarik  Julie’s Indonesia sedang mengadakan lomba foto bekal sekolah #bekalCintaJulies loh. Akan ada 1 pemenang utama dan 5 pemenang hiburan yang akan mendapat hadiah. Juara utama mendapat hadiah senilai total Rp 5.000.000 berupa Tupperware/Lock&Lock set, Uang Tunai, dan Produk. Sedangkan 5 Pemenang hiburan mendapat hadiah senilai total Rp 1.000.000 berupa Tupperware/Lock&Lock set, dan Produk. Lumayan kan hadiahnya? Ayo Moms, ikutan yuk! Siapa tahu teman-teman jadi salah satu pemenangnya.

Nah, untuk informasi selengkapnya mengenai lomba foto #BekalCintaJulies bisa dilihat di http://bit.ly/BekalCintaJulies. Langsung cuss ke minimarket terdekat ya beli Julies’s Biscuit dan ikuti lombanya sampai 30 September 2018. Yuk, segara daftar!

27 komentar:

  1. Julie's crunchy emang jadi anak-anak suka. Julie's Chocomore favorit Raditya

    BalasHapus
  2. Waahh.. Makasih infonya mom 😊😊

    BalasHapus
  3. Bener banget mbak, kita harus punya inovasi-inovasi yang cerdas untuk membuat bekal anak. Soalnya anak itu mudah bosan dengan menu yang itu-itu saja hehe.

    BalasHapus
  4. Saya juga suka banget sama biskuit dari Julies, apalagi yang rasa kacang.
    Gak eneg gitu rasanya mbak.

    BalasHapus
  5. Widiiiiih harus ikutan nih lomba bertema bekal cinta julies, harganya menarik banget hehe.

    BalasHapus
  6. Gambar bekealnya bisa buat referensi nih mbak hehehe :D

    BalasHapus
  7. Hmmm... Ibu idaman banget sih mbak, perhatian banget sampai harus mengantar bekal ke sekolah fatih :)

    BalasHapus
  8. Makasih ummi inspiratif dan menampar sekali hiks aku tuh paling males nganter bekal anak. Jadi pagi aku bawain bekal semua termasuk Hanifah yg bawa bekal 2 porsi buat di sekolah dan buat hafalan Qur'an.

    Kalau misal emang enggak sempat masak biasanya aku delivery aja hiks.... Ternyata manfaat nya luar biasa ya ummi.

    BalasHapus
  9. Bekal cinta yang luar biasa dari Ibunda tercinta 💜💙❤

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  25. Anak2ku suka kalau aku bekelin Julies juga mbak.
    Wah itu lombanya menarik yaaaa, kmrn sayang gak ikutan. Nunggu lomba selanjutnya hehe :D

    BalasHapus
  26. huwaaaa aku belum masanya nih nyiapin bekal anak. Kudu sering nanya ke anak maunya apa ya tapi butuh variasi juga.

    BalasHapus
  27. Mba, ini choco more bisa dibeli di mana ya? kok saya baru tahu ya ada ini. pengen nyoba deh. kayaknya enak.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^