Rabu, 17 Oktober 2018

Tips Menjaga Kesehatan Untuk Ibu Rumah Tangga Aktif



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 


Dalam dua mingguan ini jadwalku sibuk sendiri. Sampai ada di group WA yang selama ini aku aktif terpaksa aku izin keluar karena ingin fokus dengan amanah ini. Memang tidak mudah saat ingin aktif di luar rumah, urusan di rumah juga harus dikerjakan. Kalau kata Bu Septi pendiri Ibu Profesional, “Bersungguh-sungguhlah di dalam, nanti kamu akan keluar dengan kesungguhan,” artinya beres dulu urusan di dalam rumah, baru tenang deh aktif di luar rumah. Aku sendiri bersyukur sekali suamiku mendukung aktifitas mengelola Komunitas Tapis Blogger dan sebagai trainer kepenulisan. Tanpa dukungan suami, tidak mungkin aku bisa aktif di luar rumah. Kami harus berbagi peran dan tugas. 


Namun, konsekuensi keluar rumah rumah, fisik juga perlu prima. Apalagi kegiatan yang sangat padat menyita pikiran dan tenaga. Sebelum aku ceritakan tips aku menjaga kesehatan, berikut beberapa kegiatanku dalam pekan terakhir : 

1. Tallkshow Lembaga Sensor Film x Tapis Blogger 

Acara ini berlangsung pada tanggal 11 Oktober 2018 di G’Ummati Cafe. Sejak awal, sempat enggak yakin acara berlangsung karena mengatur 100 peserta dengan 5 panitia saja dalam waktu hanya 2 minggu lebih. Namun, semangat tim panitia membuatku jadi tertantang. Akhirnya acara berlangsung dengan lancar. 


2. Pelatihan medsos Sehat x Puspa Lampung 

Bagi yang belum kenal dengan Puspa, Komunitas yang didirikan di bawah naungan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Puspa Lampung terdiri gabungan 20 komunitas dan lembaga. Perwakilan tiap ini menjadi sukarelawan membentuk kelurahaan binaan. Nah, pada tanggal kami mengadakan acara Pelatihan Medsos Sehat yang mengundang dan 

Aku sebagai fasilitator aja mengajak peserta mengembangkan materi yang disampaikan dengan praktik membuat konten positif.



3. Galang Dana Palu dan Donggala x ACT Lampung 
Dalam talkshow ini aku menceritakan pengalaman mendirikan Tapis Blogger dan mengeloa blogku. Dari awalnya sekedari hobi menjadi profesi. Selain itu ada Bang Adian Pimred Jejamo.com menyampaikan pengalaman mengelola portal online dan jurnalistik. 

4. Pelatihan FKIP Media Pro 2018 

Aku diundang acara tersebut sebagai pemateri menyampaikan tema jurnalistik. Peserta terdiri dari perwakilan jurusan yang gemar menulis. Peserta ternyata sudah punya blog semua dan tinggal diasah lagi loh. Keren ketemu calon penulis Lampung, aku jadi makin semangat. Apalagi acaranya di kampus Unila, berasa kayak mahasiswa hehe...



5. Liputan Darmajaya 
Acara ini keren banget deh ketemu para pakar IT yang sudah bekerja di Traveloka, Google dan  Rektor Darmajaya. Selain itu, aku ketemu dengan Bang Indra MC Cetar se-Lampung. Sayang acaranya tidak jadi menghadirkan Gubernur Lampung terpilih.

Nah, sudah 5 kegiatan yang aku ikuti dalam waktu yang berdekatan. Belum lagi jadwalku mengantarkan bekal makan siang Abang Fatih. Ini diperlukan banyak energi yang perlu disiapkan 

Dari kegiatan di atas, aku memberikan Tips Menjaga Kesehatan Untuk Ibu Rumah Tangga Aktif : 


1. Niat. 

Untuk aktif di luar rumah harus selalu memperbaiki niat karena bisa jadi niat kita berbelok. Tentu dengan izin suami boleh gak aktif di luar rumah? Niatkan bermanfaat untuk orang banyak dalam meraih ridho-Nya. 

2. Minum Air Putih 

Kerap kali aktivitas yang menumpuk, ibu rumah tangga lupa minum air putih. Apalagi gaya hidup zaman sekarang bangun tidur tidak lagi mencari segelas air putih, tapi mencari hp. Iya enggak sih? Kalau dulu, aku masih menaruh teko dan gelas di dalam kamar agar mudah minum saat bangun tidur, sekarang kok sudah malas ya? Nah, ini perlu evaluasi bagi diriku untuk rajin minum air putih lagi. Minum air putih sebanyak min 8 gelas per hari sangat membantu menjaga kesehatan tubuh. 

3. Olahraga 

Untuk menjaga kesehatan tubuh, aku menjaga kesehatan dengan jalan kaki dan renang. Sebenarnya aku tidak jago berenang. Dapat renang setengah dari garis pinggir kolam renang saja sudah alhamdulilah. Namun, berenang mampu membuat sirkulasi darah lancar dan membuat rilex. Ingat enggak sih masih kecil kita suka main air? Hehe... alhamdulillah aku biasanya berenang sembari momong anak, jadi kebawa happynya. 

4. Tidur Berkualitas. 

Tiap orang kebutuhan tidurnya bervariasi. Tegantung keburuhan dan usianya. Rata-rata orang dewasa memerlukan 7-8 jam tidur setia malamnya. Sebenarnya yang penting bukan berapa lama kita tidur, melainkan bagaimana kualitas dari tidur kita. Bagi kesehatan, tidur itu penting. Bagi yang kurang tidur atau tidur yang berkaulitas rendag dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan penyakut lainnya. 

5. Pola Makan 

Ibu rumah tangga yang aktif harus menjaga pola makan. Setelah usia di atas 35 tahun akan terasa berbeda tingkat kekuatan fisik seseorang yang memiliki pola makan sehat dengan yang tidak. Caranya perbanyak banyak buah dan sayuran. Kurangi makanan instan. 

6. Konsumsi Herbadrink Sari Jahe 

Salah satu tipsku agar tetap fit dengan aktivitas di dalam dan di luar rumah adalah mengkonsumsi jahe. Jika dulu jahe diiris dan direbus dengan air 2 gelas, lalu tunggu menjaid 1 gelas dan diminum saat hangat mampu membuat tumbuh manjadi segar. 


Herbadrink Sari Jahe ini mampu menghangakan badan. Herbadrink Sari Jahe Sugar Free ini adalah ramuan herbal yang dibuat berdasarkan resep tradisonal Indonesia dan diproses melalui tenologi modern. Diolah dari bahan alami pilihan dan bebas gula. Berkhasiat untuk membantu menghangatkan tubuh. 

Kandungan Herbadrink Sari Jahe Sugar Free ini terdiri dari rimpang jahe 1000 mg, ekstrak jahe enkapsulasi 100 mg dan bahan lainnya hingga 7 g. Herbadrink Sari Jahe Sugar Free diproduksi oleh PT Konimex yang telah dikenal produk kesehatan lainnya. 


Cara membuatnya sangat mudah. Larutkan satu saset ke dalam +/- 150 ml air panas atau dingin. Enak buat diminum menemani sahabat Smart Mom dalam menjaga kesehatan. 

Nah, sahabat Smart Mom, demikianlah Tips Menjaga Kesehatan Untuk Ibu Rumah Tangga Aktif, semoga informasi di atas bermanfaat ya! 


42 komentar:

  1. wah mba Naqi, kegiatannya full ya harus tetap sehat2

    BalasHapus
  2. Whoaa beneran padat banget yah Mbak
    Kalau nggak jaga kesehatan, bisa2 ga kehndle nnti agendanya yak,
    Mudah banget ya mbak, konsumsi Herbadrink Jahenya, tinggal diseduh dengan air panas atau dingin, bikin tubuh jadi ikutan angett heheee

    BalasHapus
  3. saya jam tidurnya kadang masih kurang nih Mbak, secara Adek sering kebangun klo malam, klo udah gitu kadang susah kembali tidur lagi.

    saya juga konsumsi Herbadrink Sari Jahe ini lho Mbak, segar, menyehatkan :)

    BalasHapus
  4. waaah, bermanfaat sekali mbak info nya. :)

    mau coba juga ah sari jahe nyaaa

    BalasHapus
  5. waah sangat bermanfaat sekali mbak infonyaa..
    mau coba ah sari jahe nya, kayaknya enak banget

    BalasHapus
  6. kegiatannya banyak banget mba Naqi, semoga sehat2 terus ya

    BalasHapus
  7. Semua berawal dari niat ya Mbak, menjaga kesehatan tubuh kalau cuma wacana tanpa niat ya males malesan heheheee, sibuk banget jadwal Mbak Naqi, sehat-sehat terus ya Mbak, saya jugamengkonsumsi sari jahe di pagi hari sebelum memulai aktifitas, biar hangat dan biar ndak cepat masuk angin

    BalasHapus
  8. Duh sibuk kali ibu satu ini. Kereen. Harus selalu aktif dan membuka wawasan. Makanya perlu jaga kesehatan ya 😁😁

    BalasHapus
  9. Luar biasa, Mbak Naqi, kegiatannya banyak banget. Iya, kadang harus begitu, enak gak enak, kita mesti keluar dari salah satu grup WA untuk lebih fokus ke hal-hal lain yang memang harus dikerjakan. Dan benar juga, kita harus bersungguh-sungguh juga menyelesaikan urusan rumah, ya rapi, ya harus masak, ini dan itu, biar pas kalau keluar rumah, kita udah gak kepikiran yang ada di dalam rumah.
    Kalau badan lelah, betul sekali pilihannya, herbadrink Sari Jahe yang sudah terpercaya akan kealamiannya dan khasiatnya. Semoga sehat dan aktif terus ya, Mbak.

    BalasHapus
  10. Sebagai ibu yang aktif dan memiliki kegiatan yang padat, kita memang harus pintar menjaga diri sendiri supaya nggak ngedrop ya. saya paling takut kalau badan udah nggak enak, soalnya kalau sampai sakit serumah bakal kena efeknya. Minum wedang-wedangan gitu memang membantu banget lho menjaga daya tahan tubuh.

    BalasHapus
  11. Nah saya yang susah banget mekuangkan waktu untuk olahraga. Emang mungkin kiatnya kuranh buat ya. Huhu

    BalasHapus
  12. Olahraga, hal yang sangat berat buat ku mak huhuhu, entah kalau mau olahraga itu bawaannya males aja :D

    BalasHapus
  13. Luwaar biasa aktifnya Mba Naqi. Moga tetap sehat ya karena ada herbadrink jahe yang siap menemani.

    BalasHapus
  14. Kalau saya jam tidurnya yg masih saya sepelein. Suka bega

    BalasHapus
  15. Kalau saya jam tidurnya yg masih saya sepelein nih. Masih suka begadang untuk hal2 yg kurang penting.

    BalasHapus
  16. Wow! kegiatannya seabrek ya mbak Naqi.
    Makasih tipsnya, cocok banget buat saya yang juga aktif.

    BalasHapus
  17. Wah, kegiatan mba naqi tyt banyak banget ya. Aduh, ak jd pengen begitu jg. Keren. Hrs bs manajeman waktu bnr2 ya mba plus jaga kesehatan jg. Jd pengen minum herbadrink jg nih.

    BalasHapus
  18. Bermanfaat banget tips dari Mbak Naqi ini, walau tidak sesibuk itu, tapi menjaga kesehatan itu penting banget buatku :)

    BalasHapus
  19. Kesibukanmu padat banget, Mbak.. kudu sehat, strong, Jahe jangan lupa. Ini aku ngantor juga berbekal Sari Jahe..hehe

    BalasHapus
  20. Tidur berkualitas memang penting nih mba.

    BalasHapus
  21. Perlu bangat nih ibu raumah tangga tau tips kesehatan, biar tambah semangat.

    BalasHapus
  22. Salut banget sama emak satu ini. Anaknya 4 tapi masih sanggup dengan aktivitas yang begitu padat! Kerenlah pokoknya.

    BalasHapus
  23. Keren banget Mbak. Salut deh sampai diundang kampus Unila. Kalau ke Lampung mau ah ketemu founder Tapis Blogger. Kesehatan memang perlu dijaga dengan makanan sehat, olahraga dan istirahat. Tentunya tak lupa sari jahe

    BalasHapus
  24. Wah aku jg suka nih kalau herbadrink sari jahe 😍

    BalasHapus
  25. aku juga suka sm sarijaher herbadrin ini mba,s elain menghangatkan padat dan jaga kesehatan juga mengurangi nyeri otot

    BalasHapus
  26. aku juga suka sm sarijaher herbadrin ini mba,s elain menghangatkan padat dan jaga kesehatan juga mengurangi nyeri otot

    BalasHapus
  27. Keren, deh! Aktivitas Mbak Naqi banyak juga ya..dan memang harus pinter-pinter jaga kesehatan ya, Mbak. Supaya semuanya bisa berjalan lancar.

    BalasHapus
  28. Kegiatannya mbak Naqiy sederet dan padat merayap, butuh pemikiran dan tenaga yang ekstra pula. Sampai jadi pemateri di Unila, benar-benar aktualisasi diri yang cethar banget.

    Salut dan semoga sehat selalu agar bisa lebih banyak berbagi kebaikan dengan lingkungan dan masyarakat, tentunya keluarga tetap jadi prioritas utama.

    BalasHapus
  29. Mbak Naqy kegiatannya banyaaakk :D
    Eh sama aku pun juga suka minum Herbadrink Sari Jahe mabk, apalagi diminum pas anget, cocok buat menghangatkan badan :D

    BalasHapus
  30. Nah ini dia, saya selalu kurang tidur kayaknya. Jadinya kayak lemes terus kalau bangun di pagi hari.

    BalasHapus
  31. Aku suka Herbadrink Lidah Buaya juga mbak minum nya ampur es batu tambah segerr

    BalasHapus
  32. Sukses terus Mbak Naqi. Makin bersinar saja bersama Tapis Blogger. Semoga tetap sehat sekeluarga dengan minum herbadrink.

    BalasHapus
  33. MasyaAllah mbak Naqi kegiatannya. Kalau aku herba drink suka yang kunyit asam. Bermanfaat banget saat perut nyeri.

    BalasHapus
  34. Wahhh ternyata ini rahasia Mbak Naqi yang selalu fit pdahal aktifitas padat merayap (kayak macetnya Jakarta) 😂

    Kalau air putih insyaAllah nggak pernah tinggal. Tapi perlu juga yang hangat2 kaya herbadrink 😀

    BalasHapus
  35. Meski belum berstatus sebagai ibu rumah tangga, sepertinya saya juga perlu menerapkan tipsnya, hehe.

    Terimakasih sharing-nya, Bunda ^^

    BalasHapus
  36. Aktivitas bejibun mbak naqi ini harus diimbangi dengan menjaga stamina tubuh ya. Biar fit terus. Tampil kece dan fresh inside and outside.
    selain itu kayaknya perlu suplemen dari luar tubuh karena terkadang nutrisi dan vitamin tidak dapat diproduksi oleh tubuh sendiri.
    Herbadrink jahe? Aku juga suka mbak. Suka minuman yang mengandung jahe. Cocok untuk menjaga kesehatan juga.

    BalasHapus
  37. Semangat mbak.. Saya bayanginnya capek itu. Jadi IRT dg segala tugas2nya aja udah banyak. Ditambah kegiatan lain di luar rumah. Kudu strong
    Tapi seneng ya mbak kalau kegiatannya bermanfaat :)

    BalasHapus
  38. Mbak naqy Emang emak emak strong, meskipun padat kegiatan tapi tetap bisa mengurus urusan rumah dan keluarga.
    top banget dah..

    BalasHapus
  39. Aku nih olah raga yang masih kurang, ya memang walau mengerjakan pekerjaan rumah atau jalan kaki merupa olah raga tapi kadang belum tentu setiap hari sih.

    BalasHapus
  40. Pengennya tidur 7-8 jam, tapi karena biasa kurang dari itu, malah bikin lemes dan pastinya, banyak amanah yang terbengkalai

    BalasHapus
  41. Saat badan sedang berasa ngedrop, memang enak banget mba minum sari jahe dari Herbadrink ini. Ga pake repot ya mba, tinggal seduh dan nikmati.

    BalasHapus
  42. Sebagai ibu emang harus bener2 jaga kesehatan ya.. bagus ada Herbadrink.. cocok buat ibuk2 aktif. Karena praktisnya dan berkhasiat

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^