Kamis, 25 Oktober 2018

Cerita Seru Makan Enak dan Halal di HokBen Lampung

hokben lampung


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Siang  yang terik aku mengajak Mas Faris dan Abang Fatih ke MBK. Sebelumnya dari rumah sudah aku sampaikan kalau kami akan makan siang di Hokben Lampung.

“Apa itu, Mi?” tanya Abang Fatih.  Abang Fatih penasaran tempat tujuan kami. Maklum saja HokBen Lampung memang baru buka tanggal  17 Oktober 2018. “Tempat makan enak, ada ayam goreng loh!” jawabku singkat. Mengingat Fatih emang penggemar ayam goreng seperti Upin dan Ipin.

hokben lampung



Saat  tiba di MBK Lantai 1, antrian sudah panjang. Kami berbaris mengikuti barisan makan di tempat.  Senangnya di Hokben Lampung ini antrian terbagi dua yaitu dine in (makan di tempat) dan take away (dibungkus)  jadi tidak gabung dengan pembelian yang dibawa pulang atau dengan Abang Gojek.

“Mi, ini halal kan?” tanya Putra sulungku, Mas Faris.

Aku tersenyum, “Iya dong Mas, enggak mungkin Umi ngajak cari makan ke tempa yang tidak halal,” jawabku ceria. Yes, pertama kali mencari tempat makan adalah yang halal dulu dong, citra rasa dan terakhir tempat yang nyaman.

Sembari mengantri, aku mengenalkan menu-menu yang ada pada anakku. “Mau pesan apa nanti? Untuk anak-anak ada Kidzu Bento, nanti dapat mainan juga loh!” ujarku sembari memperlihatkan daftar menu yang kulihat di www.hokben.co.id.

Oiya, ini harganya berbeda dengan di HokBen Lampung. Lebih spesial loh! Tapi, sebagai gambaran, boleh sebelum datang lihat dulu daftar harga menunya. Sekitar 30 menit kami mengantri, akhirnya kami di depan menu yang akan kami pilih. Anakku memilih dan saat di depan kasir, kami ditanya begini:

kidzu bento hokben lampung
Faris dan Fatih lahap makan Kizzu Bento, dapat mainan pula :)

“Ibu, sudah dapat tempat duduk?” tanya pegawai HokBen Lampung ramah. 
“Belum, Mbk,” jawabku. Memang tadi aku lebih mengutamakan antri daripada mencari tempat duduk. Kasihan yang duluan datang kalau kami pakai hanya untuk menaruh tas. Apalagi setelah mendapatkan menu pesanan, kami langsung dicarikan kursi kosong.

Sebelum makan, anak-anakku cuci tangan dulu di westafel yang disediakan, Di HokBen disediakan sendok dan sumpit jadi jangan kuatir ya bagi yang belum jago makan pakai sumpit dan enggak perlu bawa sendok dari rumah, hehe...

HokBen Lampung

Sembari makan kami bercerita dan mengamati orang-orang di sekitar. Ternyata banyak juga keluarga yang memilih makan di Hokben Lampung. Saat mengantri, aku juga bertemu orang tua teman TK Fatih. Mereka bersama saudara lainnya. Di sekitarku juga ada keluarga membawa anaknya dan menggunakan kursi bayi. Memanglah cocok tempat nongkrong keluarga, tempatnya mudah strategis dan dijangkau.


hokben lampung
Tempat yang nyaman, cuci tangan dulu sebelum makan dan ada kursi buat bayi loh!
HokBen Lampung berada  di Mal Boemi Kedaton (MBK) Lantai 1 Bandar Lampung. Tempat nongkrong anak-anak muda dan keluarga berakhir pekan. Apalagi kawasan MBK ini dikelilingi univeristas seperti Teknokrat, UBL, Unila dan lainnya, sehingga MBK tempat alternatif mencari hiburan dan wisata kuliner, termasuk ke HokBen Lampung.  

 Blogger Gathering

Saat aku mengajak Faris dan Fatih ke HokBen Lampung, sebelumnya aku dan teman-teman Tapis Blogger sudah pernah datang ke Hokben Lampung. Kami diundang untuk menghadiri Blogger Gathering. 

Kamis, 18 Oktober 2018 aku datang sekitar pukul 09.45 WIB menjelang acara dimulai. Aku disambut teman-teman blogger yang sudah hadir. Tak lama, kami mengisi absensi dan mendapatkan godie bag. Teman-teman sangat antusias melihat godie bagnya, terutama Yoga Pratama yang langsung memakai baju kaosnya.

blogger gathering di hokben lampung
Serunya acara Blogger Gathering di Hokben Lampung


Sejarah HokBen

Tak lama acara Blogger Gathering dimulai. Mbk Irma Wulandari,  Divisi Komunikasi PT Eka Bogaini (Hoka-hota Bento Group) menceritakan sejarah Hoka-hoka Bento. HokBen adalah nama baru dari Hoka-hoka Bento. Awalnya aku juga belum paham apa sih itu HokBen? Ternyata Hoka-hoka Bento artinya Makanan hangat di dalam box.




Hokben Lampung adalah HokBen pertama di Sumatera. Hokben pertama dibuka pada tanggal 18 April 1985. Kemudian, tahun 1990 cabang pertama dibuka di bandung dengan memiliki 20 cabang tersebar di berbagai lokasi di Bandung. Tahun 2005 cabang pertama di Surabaya. Teradapat 11 cabang di Surabaya. Tahun 2007, Call center 500505 dutetapkan sebagai kontak pesan antar Hokben. Tahun 2008 Hoka-hoka Bento membuka cabang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Banten, Surabay dan Malang, terdapat 97 cabang. Tahun 2008 Hoka-hoka Bento telah memliki sertifikat halal dan telah memiliki 150 gerai di Jawa dan Bali. 

Sertifikat halal HokBen

Tahun 2017 HokBen telah mendapat sertikat sistem jaminan halal. Ini menunjukkan kalau HokBen tidak hanya bahan makannya yang halal tapi juga supliernya juga dicek kehalalannya. Selain itu, HokBen telah memiliki kekayaan Intelektual HHB Group dengan menu yang dipatenkan seperti Ekkado dan Tori No Teba. 



Kepemilikan Merk Hokben 100% dimiliki warga Jakarta atau asli Indonesia loh! Pada tanggal 15 Oktober 2013 Hoka-hoka Bento berganti nama menjadi Hokben dengan penampilan, penawaran dan pelayanan yang segar dan bersahabat.

Jika awalnya logo HokBen dua karakter anak-anak gaya gambar manga Jepang yaitu Taro si anak laki-laki berbaju biru dan Hanako anak perempuan berwarna merah. Maskot HokBen sekarang berganti menjadi 2 topi anak saja.

CSR Hokben dan Peduli Kaum Dhuafa

CSR hokben
Perwakilan Hokben, Mbk Irwa Wulandari, Bu Kartina dan Pak Suharno

Kemudian, Kartina Mangisi, Communication Division PT Eka Bogainti (HokBen) m
enceritakan CSR dari HokBen. Selama 17 tahun Program CSR telah berjalan. HokBen senantiasa fokus mendukung pendidikan dan anak-anak kurang beruntung yang berprestasi.

“HokBen menyasar pada anak didik beasiswa anak petani, karyawan dan lainnya.” Ujar Bu Kartina.


Ternyata ada artinya gambar kuning-kuning di HokBen
Setiap Bulan Ramadhan, HokBen mengadakan kegiatan berbagi. “Bulan Ramadhan lalu, usia HokBen telah 33 tahun, maka tahun lalu telah diadakan bukber bersama 3300 anak dhufa.” Cerita Bu Kartina.

Selain itu, HokBen juga telah melaksanakan donor darah 2 tahun sekali secara internal. Donor darah ini bekerjasama dengan store terdekat di mall tersebut. Oiya, di Hokben Lampung juga dapat mencoba kopi ya, apalagi Lampung terkenal dengan kopi robusta, hehe...

Oiya, aku penasaran pada walnya kenapa ada gambar kuning-kuning di HokBen Lampung. Ternyata ada artinya. Beberapa gambar tersebut bermakna :
- Parent and kid
- Welcoming hello
- Friendship
- Respect
- Pride


Hal ini menunjukkan kalau pengunjung datang ke HokBen tidak hanya sendirian. Ada yang bersama keluarga, anak, teman, sahabat dan lainnya. HokBen akan menyambut dengan ramah. 


HokBen Lampung Membuka Lapangan Perkerjaan baru

Selanjutnya, kami berkenalan dengan Pak Suharno Store Manajer HokBen Lampung. Beliau  menyampaikan jam opersional Hokben Lampung adalah Pukul 10.00-22.00 WIB. Saat mendirikan HokBen Lampung telah merekrut 10 karyawan asal Lampung sisanya 27 dari pulau Jawa. Wah, ternyata HokBen Lampung telah membuka lapangan pekerjaan ya?

Menurut Pak Suharno, kapasitas HokBen lampung hanya memuat 92 kursi.  Untuk orang dewasa dan 2 kursi anak (baby chair). Walau tempatnya hanya 192,3 M2 tapi tempat yang nyaman buat nongkrong dan makan bersama keluarga loh! Buktinya banyak keluarga yang rela antri untuk menyantap menu HokBen Lampung.

tapis blogger di hokben lampung
Antusias Tapis Blogger ingin mengenal lebih dekat tentang  Hokben

Usai mendengar penjelasan perwakilan HokBen, dilanjutkan diadakan  tanya jawab. Kesempatan ini tidak kulewatkan untuk bertanya, “Apakah ada menu Hokben yang pedas? Mengingat lidah orang Sumatera suka yang pedas.” Tanyaku. Mbk Irma mengatakan kalau di HokBen ada menu yang mengikuti selera orang Sumatera, yaitu Hot Spicy Teriyaki.

Pertanyaan kedua disampaikan oleh Novi Nusaiba, “Kenapa HokBen baru dibuka di Lampung, sedangkan banyak sekali yang telah menunggu-nunggu kehadiran HokBen di Lampung?” tanya Novi.

blogger gathering hokben lampung
Mbk Ira Wulandari Divisi Komunikasi PT Eka Bogaini (Hoka-hota Bento Group)
Tempatnya nyaman bisa buat meeting dan arisan loh!

Menurut Mbk Irma, HokBen di Lampung baru dibuka karena HokBen menjaga kualitas. HokBen Lampung dibuka karena dekat dengan kantor pusat Jakarta. Selanjutnya, akan akan dibuka di tempat lain kalau respon di Lampung cukup baik. Teman-teman juga antusias sekali bertanya bagaimana kerjasama dengan Hokben Lampung mengenai bantuan dana CSR, selain itu ada juga yang bertanya bagaimana layanan pengiriman HokBen untuk diluar kota? Beberapa pertanyaan disampaikan oleh Bang Sandi Prayoga dari Metro dan Yandingsa dari Kotabumi.

Menurut Pak Suharno, layanan HokBen Lampung belum terlalu jauh, jadi kalau ada yang di Kota Metro,  belum dapat diantarkan pesanan ke sana. Namun, Hokben Lampung memiliki layanan berupa : dine in (makan di tempat) dan take away (dibungkus) dan large order. Untuk large order ini seperti ulang tahun dan lainnya.

Perlu diketahui juga kalau Hokben Lampung telah memberikan bantuan dana pendidikan sebesar 75 juta bantuan dana pendidikan berupa uang sekolah dan peralatan ke Panti Asuhan (Yayasan Mulya) dan Panti Asuhan Vincentius.

Usai tanya jawab, kami break makan siang dan sholat. Kami bebas memilih menu HokBen. Nah, ini yang ditunggu-tunggu agar kami mencoba menu HokBen Lampung. Berikut beberpa menu HokBen yang telah aku cicipi :

1. Bento Special
bento hokben


Bento Special ini terdiri dari 4 pilihan. Dalam 1 bento terdiri dari sayuran yang telah diberi mayones, ayam, udang dan daging. Namun, setiap paket ada pilihan yaitu ayam atau daging. Seperti Bento Special yang aku cicipi ini terdiri dari Chicken Teriyaki, Tori no Teba dan Ebi Furai.Aku membelinya untuk dibawa pulang. Ketika suamiku mencicipinya, suamiku malah suka yang paket Bento Special 4 yang berisi Beef Teriyaki, Tori no Teba, Ebi Furai dan Ebi Fried. 

2. Takoyaki, Shirmp Dumping, dan Es Ogura


menu hokben lampung


Kata temanku, Takoyaki di HokBen itu enak banget dan lembut. Apalagi kremesnya, gurih banget. Aku yang awalnya enggak tertarik mencoba, melihat temanku mengigitnya dengan gaya nikmat banget jadi tertarik. Saat kucoba emang mantap banget, cemilan enak buat teman melepas penat dikejar deadline nih, hehe...ditambah lagi Shrimp Dumpling. Ini sup ala Jepang yang kayak siomay tapi kuahnya kayak sup. Jadi tidak ada pedas atau merica sih, tapi digigit enak banget. Nah, aku juga mencoba minum Es Ogura yang berisi kacang merah. Awalnya aku takut asam uratku kambuh pas minum Es Ogura maklum pantangan kacang, tapi alhamdulillah tidak kambuh loh!

3. Friend Menu


menu hokben lampung


Ada beberapa pilihan di Fried Menu seperti Ekkado, Shrimp Roll, Chicken Katsu, Tori ball dan Egg Chichen Roll. Aku sendiri mencoba Ekkado yang enak kayak siomay, tapi di sini terasa lebih lembut dan untuk Chichen Katsu ayamnya lembut banget, Aisyah anakku suka banget. Pas aku bawa pulang, Aisyah enggak mau diminta, Chichen Katsu buat Aisyah sendirian hehe...


4. Drink dan Dessert 


menu hokben lampung

Selain Es Ogura, aku juga suka dengan Es sarang burung. Main tebakan dengan teman, ini es dari leci atau dari kelengkeng ya? Nah, ternyata ada yang punya pengalaman yang berbeda-beda. Ada yang mengatakan leci, tapi ada juga mengatakan kelengkeng. Aku sendiri merasakan sensasi leci, entah kalau salah ya? Hehe... tapi esnya manis dan menyegarkan. Selain itu ada Es Koori Konyaku yang bikin seger deh.

5. Edamame dan Salad
menu hokben lampung


Ada yang suka makan kacang ini? Yap, lembut banget kan kalau sudah direbus? Ini menu Tokyo Bites di HokBen. Harganya  hanya Rp. 5.910. Cocok buat teman nongkrong anak mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas kuliah.  Selain itu, aku juga suka banget dengan salad sayurannya. 

6. Kidzu Bento dan Premium Set


Saat aku mengajak anak-anak ke HokBen Lampung mereka menyukai sekali rasa ayam goreng yang lembut dan udang greng yang empuk. Fatih yang biasanya sulit makan udang jadi ikutan makan udang. Kalau Premium Set aku suka dengan rasa gurih. Terasa lebih kerasa bumbunya dan kalau dimakan dengan nasi pulen ala HokBen ini enak banget. 


menu hokben lampung


Kata keponakanku, “Wih, salad HokBen bikin kangen!” wah sedashyat itu ya? Benar, waktu aku ceritakan ke group WA keluarga, keponakan dan kakakku pada cerita pengalaman mereka makan di HokBen dan semuanya mengatakan suka dan enak banget makan di HokBen. Apalagi menunya halal dan tempatnya nyaman. Selain itu dapat digunakan untuk arisan dan meeting di tempat ruang khusus.Disiapkan juga fasilitas layar TV LCD untuk presentasi.



Cek yuk harga menu di Hokben Lampung

Khusus untuk HokBen Lampung, ada banyak merchandise dan promosi yang ditawarkan yakni bantal bagi 100 pembeli pertama 2 menu paket simple set teriyaki pada 19 Oktober dan bagi 50 pembeli pertama 2 favorit set pada 22 Oktober.  Pada 26 Oktober, sebanyak 50 pembeli pertama 2 paket D akan mendapatkan mug. Sementara pada 31 Oktober, 50 pembeli pertama 2 Bento Special 1 mendapatkan jam meja. Promosi selanjutnya, bagi 50 pembeli pertama 2 Premium Set pada 7 November gratis payung. Selamatanggal 27 Oktober -7 November free dessert minimal transaksi Rp 120 ribu. Sedangkan tiap pembelian 2 Bento Spesial selama 17--23 Oktober gratis Teh Botol Sosro atau Aqua.

menu hokben lampung
Menu HokBen yang menggoda, makan yang mana duluan ya?

Nah, sahabat Smart Mom, agar tidak penasaran lagi segera mencoba menu enak dan halal di Hokben Lampung. Seru loh mengajak teman, keluarga atau orang tersayangmu. Kalau kamu, suka menu apa di HokBen? Cerita dong!


Video pengalamanku mencicipi menu HokBen Lampung

Alamat HokBen Lampung:

Jl. Teuku Umar, Kedaton, Lampung 35132
Jam buka-tutup : 10.00-22.00 WIB


Telepon: 1 500 505

Medsos HokBen:

IG: @hokbenlampung
Twitter :@hokben
Website :www.hokben.co.id

73 komentar:

  1. Wah mas Faris tampak bujang, makin ganteng aja hehehe

    Asik sekali ya Ummi makan bareng keluarga di hokben, sayangnya Abi kok enggak diajakin Mi whehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya alhamdulillah makin seru makan dengan anak-anak

      Hapus
  2. Kapan-kapan, aku mau adain Meeting dengan menu HokBen lah..

    BalasHapus
  3. Ada Mas Faris ama Abang Fatih, Ais unyu kemana kok gak ikut, Mbak? :D

    BalasHapus
  4. Singkatannya keren ya, MBK, mirip2 sama Mall di Bangkok, MBK juga. Hihi. Btw, di hokben skrg banyak menu fushion ya, yg disesuaikan sama selera org Indonesia.

    BalasHapus
  5. suka deh sama Hokben yang sudah jelas halalnya, jadi tidak ragu lagi nih semisal lagi pengen makan di Hokben

    BalasHapus
  6. Asyik banget makan di hokben, duh jadi kangen menu-menu di sana, sayang di sukabumi belum da cabangnya

    BalasHapus
  7. seru yaa makan bareng keluarga di HokBen, menu makanannya mendukung banget :)

    BalasHapus
  8. Asiiik! Akhirnya Hokben masuk ke Lampung. Menu Hokben banyak yang enak. Kami sekeluarga suka semuanya terutama beef teriyaki

    BalasHapus
  9. hokben itu andalan banget, kalau lg pergi-pergi di stasiun atau bandara bingung mw beli makan apa ujung2nya mlipir ke hokben :D

    BalasHapus
  10. Anak-anakku tuh suka banget kalo diajak makan di Hokben. Katanya salad dan bento nya cocok di lidah mereka

    BalasHapus
  11. Wow, berlimpah makanan. Aku blm pernah coba yg kidzu

    BalasHapus
  12. di kota saya belum ada hokben padahal dulu waktu tinggal di jogja seneng banget makan takoyaki nya.. enak

    BalasHapus
  13. Aku suka Hokben dan anakku juga suka. Makan di Hokben tuh slalu menyenangkan karena banyak pilihan menu makanan enak dan juga harga paketnya terjangkau. Ntar kalo aku ke Lampung, ajakin makan di sini ya :p

    BalasHapus
  14. makan di hokben gak bikin khawatir yaa, Mba, karena semua menunya halal. Sayangnya di kotaku belum ada hokben nih jadi kami belum bisa menikmati menu hokben nih

    BalasHapus
  15. Aku suka makanan ala khas Jepang gitu, tapi kalau khusus hokben belum pernah nyoba sih, setelah baca artikeknya mba jadi pengen coba

    BalasHapus
  16. Makan enak..halal..bersama sahabat atau orang2 tersayang.. wah mantab bener iniih...

    BalasHapus
  17. Aku dan anak-anak seneng bangeeet sama salad dan chicken katsunya mba. Dan supnya juga segeeer

    BalasHapus
  18. Wahh ada menu takoyakinya yah mba, baru tau, next mau coba ahh.. andalan banget ini apalagi gorengannya + saladnya aku sempat nambah salad loh mba, suka banget cocolannya heheh

    BalasHapus
  19. Pengen nyobain yg premium set. Favoritku chiken katsunya Hokben.

    BalasHapus
  20. Keren nih HokBen udah merambah Sumatera. Semoga setelah Lampung, kota-kota lain juga punya Hokben. Biar pada tahu rasa Hokben yang enak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin iya enak semoga Sumater makin menyebar ada Hokben ya

      Hapus
  21. Aku suka makan tofunya mbak, kalau anak2 udah ga pernah minta kidzu bento lagi katanay lauknya sedikit :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya anakku juga suka, ayam gurih dan telurnya

      Hapus
  22. Dua ponakanku doyan banget nih makan di Hokben. Hampir tiap minggu kudu makan ke sana hehehe
    Kalo aku suka ama nasinya, pulen banget :D

    BalasHapus
  23. Jiahhhh pagi-pagi lihat postingan hokben langsung laperrrr dan keingetan lagi menu favoritku mbakk, hot n spicy beef teriyaki, xixixi

    BalasHapus
  24. aku suka menu bento spesial 3 mba, klo dulu zaman kuliah ada yg menu 10ribuan fav pisalah hokben hhhh

    BalasHapus
  25. Salad sayur Hokben ini favoritooo aku.
    Pas hamil anak pertama, semua makanan keluar lagi kecuali salad ini.

    Dan sekarang Hokben sudah makin kaya varian menunya.
    Membuat penikmat makanan Jepang makin bahagiaa~

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya variannya HokBen terus bertambah. inovatif bya

      Hapus
  26. Yeaaaay Hokben buka di Lampung. Pantesan Faris excited banget yaaa...

    BalasHapus
  27. Aku suka makan di Hokben, pilihan menunya banyak dan enak
    Tempat nongkrongnya juga asik dan pelayanann ramah. Sayang di Pekalongan belum ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyiik ya tempat nongkrong menunya enak di HokBen

      Hapus
  28. Hokben ini makanan favoritku mbak, anak2ku juga suka banget makan hokben. Kalau aku favorit adalah saladnya , gk tergantikan salad hokben :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap, Saladnya emang andalan deh menu di HokBen

      Hapus
  29. Menunya enak2 nih Hokben. Anak lanangku seneng banget waktu kuajak makan ke Hokben. Kalau buatku yang paling unik itu es oguranya mba, seger seger gurih yaaa... Ngemil edamame juga suka banget deh.

    BalasHapus
  30. Udah enak trus halal, terbaik memang ya mba. Wah Hokben kesukaan anakku. Oishii ne.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa Alhamdulillah jadi aman mau makan di HokBen karena enak dan halal

      Hapus
  31. Ahh Hokben favorit keluarga banget kak,, hemat di kantong terus rasanya enak.. Sekarang kalau makan di hokben jadi tenang ya soale udah halal.

    BalasHapus
  32. Aku seneng makan di hokben apalagi kalau udah ketemu sama chicken teriyakinya... Cuma sayangnya di kotaki ini nggak ada hokben.harus ke semarang dulu.huhuhuhuu

    BalasHapus
  33. Wah abang sudah ke sana saja nih. Memang menu di HokBen lezat

    BalasHapus
  34. Akhirnya bisa makan HokBen di Lampung, sebelumnya cuma bisa makan d Jakarta or Bandung.

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap dihari yang sama Mbk videonya. gambar ada yang salah masuk hahah....

      Hapus
    2. Ooh, karena kuingat jadi lebih panjang tulisannya & jd ada video di bagian bawah + bbrp gambar baru

      Hapus
  36. Fast food kesukaan aku ini mah. Cuma Hokben yang punya cemilan sehat kayak edamame. :))

    BalasHapus
  37. Menu-menunya menggiurkan banget.Aku mau ajakin ibuku kesana rencananya.masih ada promo ga mbak?

    BalasHapus
  38. Dulu pernah ngimpi kalo HOKben bakal ada di Lampung. eh sepuluh tahun kemudian baru terwujud, bisa makan hokben di tempat. sekarang kalo dinas luar udah ga perlu bawa oleh oleh hokben dari bandara. heheh

    BalasHapus
  39. Saking ketagihannya dengan menu HokBen, aku mampir lagi bareng adekku. Ekkado dan saladnya bikin pengin dateng lagi dan lagi. :)

    BalasHapus
  40. Bisnis Kuliner di Lampung memang top, mulai dari modern sampai tradisional ada. Hokben di Lampung semoga bisa langgeng dan semakin banyak cabang

    BalasHapus
  41. Umi naqi, tolong share blog saya ya (maaf karna saya baru pemula untuk menjadi blogger) :)
    https://mytutorialmasakan.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  42. Sebagai penikmat makanan Jepang saya suka banget sama Hokben. Sampai rela kok belajar pake sumpit. Makanya agak brokenhearted pas lagi kepilih ngeliput. Hehe. Tapi sy sekeluarga dah ke sana kok

    BalasHapus
  43. Menanti hokben buka di Kaltim :-)

    BalasHapus
  44. Huaaahh mupeng lagi dehhh pengen ke sana 😂 lengkap banget Mbak. Acaranya seru yaa, pihak hokbennya ramah banget 😘

    BalasHapus
  45. jadi enak toh, makan di tempat yang bersertifikasi halal... jadi aman deh, hehehehe #jejakbiru

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^