Rabu, 21 November 2018

5 Tema Blog yang Disukai


tema blog yang disukai rawpixel unplash


Assalamualaikum sahabat Smart mom,

Penasaran tema blog yang disukai atau paling sering aku tulis di blog? Baiklah, aku mau cerita ya bagaimana aku memilih niche blogku. Yap, niche blogku lifestyle, tapi ada 3 tema besar dalam blogku ini, yaitu parenting, kepenulisan dan lifestyle smart mom (gado-gado). Nah, aku bahas ya satu persatu hehe...

5 Tema Blog yang Disukai

1. Tema blog yang disukai itu parenting.


Salah satu tujuan Aku menulis di blog adalah untuk menuliskan portofolio anak-anakku, jadi aku suka sekali menulis tema parenting di blog aku ini. Saat Faris kecil isi blog ini adalah bagaimana perjuangan aku mengelola emosi untuk menambah anak lagi karena kala itu Faris kecil sering sakit-sakitan. Aku berjuang untuk lulus sertifikasi guru dan tulisan itu menjadi pemenang pertama lomba blog yang diadakan oleh Anazkia, Blogger yang kala itu masih  jadi TKI di Malaysia. Aku ngiri banget waktu itu, Anazkia rajin banget ngeblognya.

Saat Fatih lahir, aku pun mulai rajin menuliskan perkembangan Fatih di blog ini. Tulisan di blog banyak cerita mengenai bermain bersama Fatih. Maklum saat menerima job, foto Fatih menjadi bintangnya hehe...

Cerita perkembangan Aisyah lahir, lulus ASI, menu MPASI dan kembang tumbuhnya lebih banyak di blog ini. Aku memang sengaja menuliskan lebih detail. Saat itu, aku sudah memahami pentingnya menuliskann portofolio anak.

Contoh tulisan yang paling tinggi tema parenting adalah : MPASI Saat Anak Demam : Agar Anak Makan Tanpa Paksaan

tema parenting di blog
Menulis tema parenting lebih aku sukai.

2. Tema blog yang disukai itu kepenulisan.


Awal aku membuat blog adalah untuk mengumpulkan info lomba menulis. Ya, memindahkan info lomba kepenulisan ke dalam blog. Dulu, belum paham kalau tindakanku seperti itu mirip dengan plagiat karena copas untuk info lombanya. Walau niatnya yang buat  mengingat diri untuk ikutan lomba kepenulisan.

Seiring dengan waktu, info lomba dan audisi menulis sudah jarang aku update. Gantinya aku lebih banyak menulis kegiatanku dibidang kepenulisan yaitu bersama Forum Lingkar Pena (FLP) dan Komunitas Tapis blogger. Kegiatan kepenulisan ini yang sering aku ceritakan di blog.

Alhamdulillah tips menulis yang aku share sering menjadi panduan orang lain, termasuk materi kepenulisan yang aku share.

tips ngeblog
Materi kepenulisan sering aku tulis di blog.

3. Tema blog yang disukai itu curhat


Di mana-mana perempuan itu suka curhat ya kan? Di blogku ada label khusus curhat. Aku senang bisa curhat di blog, dulu bagai menemukan diary baru hehe... tapi sekarang udah jarang curhat dengan detail. Entahlah, sejak banyak Sponsored Post, curhatannya menyisip di tulisan itu hehe... tapi tenang aja blogku ini tetap ada unsur personalnya. Garing baca blog kalau isinya Sponsored Post  melulu hehe...

Contoh tulisan curhat membawa berkah : Sertifikasi Oh Sertifikasi

4. Tema blog yang disukai itu Jalan-jalan.

Keluargaku suka banget wisata sejarah walau enggak jauh-jauh masih di dalam kota. Saat aku tinggal di Padang, sekeluarga sering jalan-jalan. Maklum waktu suami lebih bebas karena hanya ikatan belajar. Kemudian kembali ke Lampung, jalan-jalan baru sebatas di dalam kota doang hahha.... tapi pas mudik ke Bengkulu atau ke Jambi, puas deh mengajak anak-anak wisata sejarah atau jalan-jalan mencicipi makanan khas daerah.

wisata sejarah di jambi
Wisata sejarah di Jambi.

5. Tema blog yang disukai itu reportase.

Mungkin ini karena aku dulu basic-nya jadi wartawan kampus jadinya suka banget nulis laporan kegiatan di blog. Entah mengikuti pelatihan, workshop atau acara apa pun yang aku ikuti. Manfaatnya banyak, pengalaman yang dibagikan membuat orang yang tidak bisa hadir dapat ilmunya. Tak jarang pembaca blogku mengucapkan terima kasih karena aku sudah menuliskan secara detail, bahkan percakapan yang atau deskripsi keadaan hahaha... pokoknya puas aja deh menulis reportase ala blogger.

Nah, sahabat Smart Mom, itulah 5 tema blog yang aku sukai dan paling sering diposting di blogku ini. Bagaimana dengan sahabat semua? Apa aja nih tema yang disukai? Share dong!

4 komentar:

  1. yang sama denganku yang tentang kepenulisan. yang lain beda..hihi

    BalasHapus
  2. Aku kesulitan jika ingin menuangkan tema parenting.. Kaya mati gaya

    BalasHapus
  3. Tulisan mba Naqi banyak yang keren, seperti MPASI gitu. Banyak yang butuh juga tuh mba.

    Kalo jalan2 kayaknya banyak yang pilih juga yaa

    BalasHapus
  4. asik baca tulisan mb naqi tiap bikin reportase.. kayak ngalir aja gitu. gak kaku cem kanebo kering, xixixi

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^