Selasa, 20 November 2018

9 Alasan Kenapa Menulis Blog



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 


Sejak tahun 2015 aku memilih untuk fokus merawat blogku. Awalnya untuk menambah penghasilan. Saat itu, aku lagi senang mengikuti kelas menulis online dan suamiku sedang kuliah S2 di Unand. Pikiranku terus berputar bagaimana ya menambah penghasilan dari menulis? 

Kemudian, aku terdampar di group Blogger FLP. Beberapa blogger senior memberikan motivasi bagaimana cara menulis blog dibayar, cara menulis blog yang menarik, hingga mengarahkan bagaimana blogku yang awalnya gado-gado menjadi lebih fokus beberapa niche saja. 

Kenapa Blog? Inilah Alasanku Lebih Fokus Menulis di Blog : 


1. Menulis di blog menemukan hal baru. 

Sejak pertama punya blog, aku berniat ngeblog untuk mengikuti sebuah lomba. Saat itu masih belum paham bagaimana menambahkan foto, menulis blog yang menarik, semua aku pelajari dengan bertanya sana-sini. Sempat mau menyerah saat belajar memasang domain sendiri, menggantikan template dan lainnya tapi akhirnya aku bisa! Ya, ada kepuasan sendiri jika semua berhasil dikerjakan sendiri. 

Menulis di blog membuat aku bisa berbagi pengalaman menulis.

2. Menulis di blog terapi jiwa. 

Aku akui menulis di blog membuat aku bahagia karena menemukan wadah tempat aku berkreativitas, tempat curhat, tempat aku menyimpan keluh kesah. Diawal ngeblog, bakal ditemukan curhat enggak jelas di blogku. Semakin lama curhatannya lebih elegan hehe disisipi tips dan lainnya. Namun, aku pernah mengalami terpuruk akibat laptop rusak dan semua foto anak-anak masa kecil hilang. Sejak itu, aku bertekad membuat portofolio anak-anakku di blog. Kegiatan anak-anak, hari penting anak-anak hingga satu persatu rasa sedih yang menyesal itu hilang. Aku sudah punya dokumentasi yang lebih lengkap dengan menulis di blog. 

3. Menulis di blog itu nambah banyak teman. 

Sejak aktif merawat blog, minimal sehari blogwalking rata-rata 10 blog. Hal ini aku lakukan untuk meningkatkan DA blog dan menjalin silaturahmi. Konon, DA blog akan naik jika kita blogwalking di blog yang DA lebih tinggi dari blog kita dan nichenya sama. Nah, ini pernah aku terapkan dalam 3 bulan blogku yang baru berdomain DA menjadi 20. 

4. Menulis di blog itu branding diri gratis. 

Ingin dikenal sebagai apa dirimu di dunia nyata atau maya? Perbanyak saja menulis di blog sesuai personalmu. Bagiku, blog ini menjadi cerminan diriku sesungguhnya walau tidak 100%. Tapi, inilah caraku mengenalkan diri. Dari tulisan yang pernah dimuat di media cetak, buku yang terbit hingga kegiatan yang pernah aku laksanakan aku ceritakan di blog. 

5. Menulis di blog membuatku lebih terkenal. 

Eits, jangan salah sangka dulu ya, ngeblog bukan ingin jadi selebriti, tapi mau enggak mau setelah jadi blogger dan buzzer jadi seperti bintang iklan. Berapa produk dan jasa yang direview menjadikanku berpikir untuk membuat konten yang kreatif karena foto dan caption kita nanti akan diikuti followers kita. Untuk itu aku perlu menyaring produk dan jasa yang akan bekerjasama. Jangan sampai apa yang kita tulis menggelincirkan orang lain ke neraka, nauzubillah. Sebaliknya, ajaklah orang lebih baik dengan konten yang baik di blog kita. 

Menulis di blog membuat aku diundang di Radar TV.

6. Menulis di blog itu untuk amal jariah. 

Menyambung no 6 di atas ajaklah pembaca di blog kita dari hari ke hari semakin baik. Untuk itu aku juga berjuang agar konten di blogku yang dicari orang atau dibutuhkan orang. Caranya aku ikut pelatihan atau workshop, hasil acara aku rangkum di blog, tentu jika materi boleh disebar luaskan ya, kalau tidak diperbolehkan, hargai adab mencari ilmu dengan mencatumkan sumbernya. 


7. Menulis di blog dapat menambah penghasilan 

Ini alasan yang membuatku masih bertahan menulis di blog. Dengan penghasilan tambahan aku dapat bersedekah dengan uang sendiri, membelikan mainan anak-anak, buku yang aku incar dan menambah percaya diri. Bagiku perempuan bisa menambah penghasilan tanpa harus banyak keluarga rumah, salah satunya dengan menulis di blog. Enakloh menulis 500 kata dibayar 500 ribu hingga jutaan? Caranya? Jadikan blogmu berdomain (com, net atau id), rajin posting dengan konten yang baik, rajin blogwalking, ikuti komunitas blogger, aktif di media sosail insya Allah dalam 3 bulan blogmu akan menghasilkan pundi-pundi uang. 

Menulis di blog nambah teman-teman loh!

8. Menulis di blog mengenalkan Lampung lewat tulisan. 

Kalau kata orang di mana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Sejak menikah aku tinggal di Lampung dan aku akhirnya belajar adat istiadat, budaya dan kuliner Lampung. Akhirnya aku menikmati dan ingin mengenalkan lebih jauh kepada orang lain, salah satunya mengenalkan tapis kain khas Lampung. Bahkan beberapa event kegiatan wisata Lampung aku ulas juga di blog. 

Menulis di blog dapat menjadi duta wisata.

9. Menulis di blog untuk buku. 

Menulis di blog menjadi dokumentasi kegiatan atau akvitasku dan suatu hari kelak bisa dibukukan. Banyak loh blogger diminta penerbit tulisannya untuk dibukukan. 


Nah, itulah 9 Alasanku Menulis di Blog. Bagaimana denganmu? 


11 komentar:

  1. Saya suka yang nomor 4 mba, dan takjub karenanya.
    Secara branding itu lumayan sulit yak ditengah gencaran persaingan masa kini.

    Tapi karena blog, saya bisa memperkenalkan diri tanpa harus cuap-cuap langsung hihihi.

    Semangat selalu mbaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbk buat mengenalkan diri kepada orang lain sekaligus portofolio ya.

      Hapus
  2. Semua alasanmu menulis blog aku setuju sekali,mba. Aku pun demikian

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih Mbk Eni sudah menjadi sahabat suka dan duka dan malah ketemuan dihobi ngeblog juga

      Hapus
  3. Wah,keren alasannya, ya. Pas banget deh dikenal sebagai smartmom... ๐Ÿ˜๐Ÿ‘

    BalasHapus
  4. Aah mbak Naqi keren..di dunia blogging ini berkembang pesat ya mbak. Alhamdulillah

    BalasHapus
  5. Bener Mi, menis blog itu terapi jiwa. Aku belakangan luput akan hal ini, harusnya menulis memang membikin kita bahagia bukan nambah tertekan. Kecuali errr nulis skripsi sih hehe

    BalasHapus
  6. Sukses terus, smartmom๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
  7. Sepakat Mbak. Dengan menulis blog, saya banyak belajar tentang fotografi berikut mengedit fotonya juga :)

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^