Selasa, 11 Desember 2018

Tips Sukses Menjadi Blogger Full Time


blogger full time atau blogger part time

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Sejak resign 2013 lalu, aku meilih menjadi full writer. Aku menulis dari rumah untuk majalah, koran, buku dan blog. Kemudian fokus menjadi blogger sejak tahun 2015. Menjadi blogger  full time setelah memilih untuk fokus ngeblog dibanding menulis buku membuat aku terus belajar meningatkan skill menjadi seorang blogger yang sukses.

Sukses di sini artinya yang stabil penghasilan sebagai blogger. Minimal sebulan sudah ada pendapatan minimal yang ditargetkan. Saat awal merintis blog, targetku ikut job yang dikontrak 3 bulan dengan penghasilan Rp. 1,5 juta/bulan. Setelah job itu berakhir, aku banyak dapat pelajaran dalam mengatur waktu dan membuat konten yang baik. Sejak itu, aku tergiur untuk mendalami dunia blogger.


Berikut ada Tips Sukses Menjadi Blogger Full Time  bagi Moms yang masih galau ingin menjadi blogger atau menjadi Blogger Part Time?

1. Menulis Konten yang Baik
Modal menjadi blogger itu yang utama adalah menulis. Tentu saja konten yang baik dengan gaya cerita yang enak membua orang betah membaca blognya. Untuk itu tingkatkan skill menulisnya. Memang sih jadi blogger enggak ada aturan kalau artikel di blog harus sesuai aturan tertentu, tapi alangkah baiknya kalau blogger menghindari kata-kata kasar, fitnah, SARA dan lainnya. Fokuslah menulis konten yang sering dicari oran lain dan bermanfaat bagi orang lain. Cari kata kunci di google atau di ubersuggest.

uber suggert cari keyword
Buka uber suggest untuk cari keyword

Caranya ketik saja keyword yang akan Moms tulis, jangan lupa ubah dengan bahasa indonesia, lalu isi deh kolomnya. Cari kata yang akan ditulis. Misal ketik Naqiyyah Syam, berikut yang keluar deh. Nah, inilah keyword yang sering dicari orang hehe...

2.  Konsisten Mengisi Artikel di Blog
Punya blog tapi enggak dirawat, lama-lama orang engan berkunjung. Berbeda kalau Moms punya jadwal rutin mengisi blognya. Apalagi konten yang ditulis hal kekinian atau artikel sesuai yang dibutuhkan. Jika Moms memilih Ful Blogger, isilah artikel di blog minimal 1 minggu sekali. Ini menunjukkan blognya hidup. Kalau sudah lebih dari 1 minggu artinya Moms belum memilih menjadi Full Blogger masih ada kerjaan offline yang dikerjakan dengan penghasilan memadai hehe...

3. Aktif di Media Sosial
Memilih menjadi blogger full time membuat au harus aktif di media sosial. Dulu sih emang aktif banget tapi statusku lebih sering keluhan dan unfaedah hehe.. setelah menjadi blogger menjadi lebih berhati-hati memasang status. Lebih memilih  aktif di IG untuk meningkatkan followers hehe... demi apa aktif di media sosial? Demi menunjang pekerjaan sebagai blogger. Job yang ditawarkan kerap kali memberikan patokan jumlah follwers, DA/PA, Pageview dan lainnya, sehingga menjadi blogger full time idak jauh beda menjadi ‘artis dunia maya’ hehe...

4. Ikuti Komunitas Blogger
Saat memilih menjadi Blogger Full Time, aku mengiuti banyak group blogger di facebook. Dari group Bloggger Perempuan Network, KEB, Blogger FLP, Blogger Crony, SMSC dan lainnya. dari group tersebut aku mendapatkan info job menulis di blog. Terkadang juga langsung di email atau di WA. Untuk itu, penting banget ikut komunitas blogger. Demi mempunyai wadah blogger di Lampung, aku pun mendirikan Komunitas Tapis Blogger, dari komunitas ini job juga mulai berdatangan loh!

blogger full time atau blogger part time
Blogger Full Time Atau Blogger Part Time ayo berkomunitas!

5. Perbanyak Blogwalking
Ingin dikenal sebagai blogger? Ya perlu memperkenalkan diri. Aku loh blogger dari Lampung. Aku loh blogger dari Kota X. Nah, kita perkenalkan diri dengan ikut blogwalking. Moms tidak akan dikenal sebagai blogger kalau tidak mau bergaul. Iya sih, ada blogger adsense yang malah suka ‘bersembunyi’ daripada aktif di media sosial. Itu pilihan ya Moms mau menjadi blogger yang bagaimana?

Nah, jika telah menentukan menjadi Blogger Full Time, setidaknya lakukan 5 hal di atas agar sukses mendapatkan penghasilan setiap bulannya. Selamat mencoba!

2 komentar:

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^