Rabu, 31 Juli 2019

Catatan Milad Fatih ke-8


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

Sudah lama tidak menuliskan perkembangan anak-anakku. Kali ini mau nulis perkembangan Abang Fatih. Apalagi tanggal 12 Juli 2019 ini usianya genap 8 tahun. Alhamdulillah sesuatu yang perlu disyukuri dengan usia 8 tahun ini Abang Fatih sudah sunat loh!



Abang Fatih sering bertanya, “Umi, kenapa ulang tahun Abang tidak dirayakan di sekolah? Teman Abang ada loh bagi-bagi kue!”

Yap, selama ini ulang tahun Abang Fatih selalu bertepatan libur panjang. Maklum kalau Bulan Juli itu sering liburan kan? Nah, mentoknya tanggal 12 Juli kerap kali menjelang masuk sekolah hehehe... jatuhnya Milad Abang Fatih pas di rumah aja.

Memang sih anak-anaku kalau ulang tahun tidak ada perayaan istimewa. Namun, kami biasanya makan bersama sebagai momen menasehati anak yang milad. Zaman Mas Faris dulu, sempat pesan donat berbagi di kelasnya. Pas Abang Fatih belum ketemu momennya buat berbagi di kelas. 




Sejak kecil di keluargaku ulang tahun menjadi momen kumpul keluarga. Pernah sih ada acara perayaan ultah, namun sejak punya anak-anak dan memahami Islam lebih dalam, perayaan ultah ini tidak kami budayakan.

Nah, diusia 8 tahun ini, Umi mau menitipkan catatan perkembangan Abang Fatih berikut ini :


Kemandirian


Untuk makan dan mandi sendiri, Abang Fatih sudah patut diacungkan jempol. Mandi dipagi hari sudah tidak perlu diteriak-teriak. Mandi pagi jagoan banget, pukul 05.30 WIB aja sudah berani mandi pakai air dingin. Brrr... orang kedinginan, Abang Fatih malah senang haha...


penghargaan disiplin

Kalau makan pagi apalagi, alhamdulillah enggak perlu disuapin atau Umi harus mengejar-ngejar buat makan, tapi Abang Fatih yang malah menagih minta makan haha.. sampai Umi kesal Abang Fatih kok cepat banget laparnya haha...hadeh... ya namanya anak dengan usia pertumbuhan ya, pasti banyak energinya dan perlu makan yang cukup.

Ibadah

Catatan ibadah buat Abang Fatih, alhamdulillah Umi bersyukur untuk sholat 5 waktu sudah mulai jadi kebiasaaan. Walau ada yang bolong sesekali dan telat. Tetap diajarkan untuk sholat 5 waktu.


bintang sholat


Waktu Abang sunat kemarin, Umi dan Abi mengajarkan untuk tetap sholat dengan bertayamum. Alhamdulillah Abang mau dan pernah juga sih sesekali menolak, hiks... tapi, kami menekankan sholat 5 waktu walau Abang belum diwajibkan harus terus dilatih. Kalau di rumah, Abang Fatih sholat 5 waktu di masjid, kadang Subuh yang tidak ikutan Abi ke masjid kalau Asar, Magrib dan Isya Alhamdulillah di masjid dekat rumah.


Emosi 

Catatan emosi masih perlu ditingkatkan Abang Fatih masih mudah kesal dan marah jika sesuatu yang tidak pas menurutnya. Terkadang pulang dengan cemberut karena ada teman yang mengejek. Pernah juga ke sekolah dengan wajah murung tanpa senyum. Ini catatan banget karena Abang Fatih sejak tantrum sudah selesai, tapi sikapnya masih mudah panas huhu... tapi, jika mengetahui cara membujuknya, Fatih cepat sekali berubah. Apalagi kalau dibujuk dengan nasi goreng buatan Umi hehe...lahap deh makannya.

Sosial

Alhamdulillah untuk sosialisasi dengan teman-teman, Umi sudah oke. Abang Fatih sudah bisa menegur teman duluan atau mengajak bermain duluan. Namun, kalau melatih jiwa kepemimpinannya masih perlu ditingkatkan. Selain itu, sikap empatinya cukup tinggi. Kerap kali memperhatikan orang-orang tak mampu di sekitar kami dan mulai menceritakan apa yang dia temui.
milad fatih 8 tahun

Nah, itu sih catatan Umi perkembangan Abang Fatih di usia 8 tahun. Masya Allah, Umi senang melihat Abang makin semangat mengaji, sholat dan ceria belajarnya.

28 komentar:

  1. Thanks for sharing, nice artikel,..

    BalasHapus
  2. Mudah2n makin sehat, soleh, cerdas, dan kuat ya Abang Fatih. Be happy always ^_^

    BalasHapus
  3. Happy milad buat Fatih ganteng ya, makin sholeh ya rajin beribadah. Wah sama dong mbak anak-anakku juga sunatnya saat masih kecil masuk SD gitu

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah..ikut seneng lihat perkembangan ananda...Selamat ulang tahun ya...semoga menjadi anak yang semakin soleh, pintar, sehat, dan kreatif...

    BalasHapus
  5. selamat buat abang Fatih yang di usia ke 8 sangaaaattttt aktif dan motoriknya sangat bagus. Yaumul milad ya abang Fatih

    BalasHapus
  6. Wah seumuran dengan Aldebaran, mbak..selamat ulang tahun Abang Fatih semoga sehat dan jadi anak saleh dan cerdas aamiin!

    BalasHapus
  7. Ya Allah Mbaaa, baru nyadar Abang Fatih ternyata seumuran sama Wafa, anak pertamaku. Da juga 8 tahun, dan sama-sama bulan Juli. Bener, nasib lahiran Juli apalagi tanggal awal, pas ultah ya mesti lagi libur panjang, hihi. Anakku biasanya bagi-bagi kue di tempat ngaji, atau sama anak-anak tetangga deh.

    BalasHapus
  8. Barakallah Abang Fatih, sehat sehat ya, dan semangaaat belajar jadi pemimpin, yeaayyyyy
    Aku suka loh dengan anak-anak generasi sekarang yang punya empati dengan orang tidak mampu di sekelilingnya. Mereka punya rasa sosial yang tinggi, semoga tetap tejaga hingga usia dewasa

    BalasHapus
  9. Mba anakmu seumuran sama anakku... usia 8 tahun lagi super aktif, doyan banget makan, keponya masyaaallah, seneng belajar hal yang baru

    BalasHapus
  10. Wah selamat ya Abang Fatih sudah memasuki usia 8 tahun. Semoga selalu menjadi yang terbaik dan sayang sama keluarga ya Abang Fatih. 😊

    BalasHapus
  11. Abang Fatih udah pinter yaa, hebat nih uminya ngajarin. Apalagi masalah solat dan persiapan masuk sekolah pagi. Penting banget. Biar kebawa sampai besar seperti itu. Semoga abang Fatih menjadi anak solehah dan permata umi dan abinya, amin..

    BalasHapus
  12. Selamat mba...semoga fatih tambah sholih+ pinter yaa... Aku masih punya PR mba,klo yang gede udah lumayan mandiri..yang kecil ini, sholatnya masih bolong2 banyak...

    BalasHapus
  13. Selamat ulang tahuuun ya Abang Fatih.. All the best dor the nearest future

    BalasHapus
  14. Hai mas Fatih. Makin hari makin hebat ya. Senang bisa selalu memantau tumbuh kembang mas Fatih dengan seksama ya

    BalasHapus
  15. Tambah pinter ya mas Fatih... Wah seperti anakku mv, ultahnya juga pas Juli. Tapi memang ga biasa dirayakan di sekolah sih. .biasanya makan bareng saja sama keluarga..

    BalasHapus
  16. Barokallah
    Senang lihat pialanya
    Semoga prestasinya bisa diikuti Dek Salfa juga nih ya

    Panjang umur dan barokah selalu

    BalasHapus
  17. Selamat ulang tahun ya buat Abang Fatih, semoga tambah pinter, taat ibadah dan jadi anak berbakti.

    BalasHapus
  18. Alhamdullilah, abang Fatih semakin soleh, pintar dan sehat ya. Suka sama uminya yang rajin nulis tentang kalian

    BalasHapus
  19. Selamat yaa Mas Fatih! Makin dewasa makin sholeh
    btw, anak usia berapa ya udah ga tantrum lagi?

    BalasHapus
  20. Selamat milad Abang Fatih. Udah disunat ya, Maxy kyknya baru bulan depan insyaAllah.
    Sama mbak aku jg gak pernah bikin perayaan ultah, paling ya masak naskun atau beli cake hanya utk kami sekeluarga :D

    BalasHapus
  21. Anak saya malah sama sekali tidak mau merayakan ulang tahun. Tidak mau beli kue ultah dll. Dia bilang udah besar, kayak anak-anak aja ulang tahunnya dirayakan. Wkwkwk padahal dia masih umur 10 tahun.

    BalasHapus
  22. Senang sekali, kak Fatih.
    Barakallahu fiik..

    Perkembangan prestasinya mashaAllah...
    Jadi sama-sama belajar tanpa henti yaa, kak.

    BalasHapus
  23. Semakin pintar dan tumbuh menjadi anak yg membuat orang tua bangga yAh dek fatih

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah, Fatih tumbuh sehat dan menjadi anak sholih kebanggaan orang tua ya.
    Prinsip sholat 5 waktu ini memang harus dari kecil terus-menerus digaungkan. Agar ketika dewasa nanti sudah benar-benar tertanam untuk tidak pernah meninggalkan sholat apapun kondisinya.

    BalasHapus
  25. Alhamdulillah senang ya mbak dengan perkembangan Abang Fatih dan bisa terangkum gini. saya jadi pengen bikin catatannya pula buat Mas Aiman

    BalasHapus
  26. Selisih setengah tahunan ma ankku. Anakku yg masih susah bangun subuh kecuali ada agenda pergi2. Jam 05.30 biasanya baru bangun dan itu udah terang 😅😅

    BalasHapus
  27. Anak-anak memang masih harus terus didampingi ya untuk ibadah salat 5 waktunya. Apalagi anak laki-laki yg wajib saat di masjid. Emaknya kudu strong buat ngingetin

    BalasHapus
  28. Semoga abang Fatih semakin menjadi pribadi lebih baik, sehat terus, sholeh, cerdas, dan makin sayang umi dan abinya ya🙂

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^