Minggu, 18 Agustus 2019

Menjemput Impian Bersama Laptop ASUS Vivabook Ultra A412DA

ASUS Vivabook Ultra A412DA

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Siang yang cerah aku berangkat menuju SMAIT Darul Ilmi untuk mengisi mata pelajaran menulis.  Sejak tahun ajaran baru Juli 2019, aku diminta  mengajar di sini. Jangan heran, sekolah ini memang unik. Memasukkan menulis sebagai salah satu pelajaran. Targetnya pun tidak main-main, setiap anak diharapkan mampu menulis dan menerbitkan satu buku per anak sebagai syarat kelulusan kelak.


Sampai di sekolah, aku terlambat beberapa menit. Kendalanya, aku lupa mempersiapkan media pembelajaran. Jadilah aku mampir dulu ke kantin membeli kertas origami dan kertas kanton. Tak lama, aku segera menuju kelas 10 dan memulai materi hari ini, belajar menulis berita.

ASUS Vivabook Ultra A412DA
Kelas Menulis SMAIT Daarul Ilmi
Senangnya mengajar di sini, fasilitas CLD sudah disediakan di setiap kelas. Aku tak perlu khawatir untuk menyampaikan materi pembelajaran mengenai berita karena aku sudah menyiapkan materinya. Menulis berita tidaklah sulit jika mengetahui rumus 5 W + 1 H. Tinggal diasah, dilatih dan terus berinovasi. Tapi, aku mengkhawatirkan laptop yang aku bawa. Laptopku sudah mulai tua, membukanya harus dengan hati-hati. Beberapa hari sebelumnya, engselnya longgar dan mau lepas.

Untunglah selama belajar menulis berita di kelas 10 berjalan lancar. Adik-adik siswa itu terlihat bahagia menyelesaikan tantangan menulis berita hanya dalam waktu 15 menit. Ada beberapa anak yang telah menyelesaikan tantangan dengan baik, tapi ada juga yang masih kesulitan merangkai kata. Wah, ini PR aku ke depan sebagai guru mata pelajaran menulis.

Laptopku sayang, laptopku malang...

Malamnya, aku curhat dengan salah satu teman mayaku mengenai laptopku yang sudah rapuh. 

“Ya, harus ganti, Mbk! Kegiatanmu kan full begitu!” kata temanku itu. 
Iya juga sih, selama ini aku sering mengisi pelatihan menulis dan membutuhkan laptop. Belum lagi, laptop sering menyala di rumah. Demi efisiensi waktu karena laptopku yang ini lama sekali loadingnya.

“Beli laptop yang ringan aja, Mbk! Jangan seberat batu karang!” saran seorang teman lainnya sambil bercanda. Apalagi melihat aku membawa tas ransel dan segepok buku murid kelas menulisku di tangan kiri.

Pelatihan Blog di SMPIT Baitul Jannah

Pernah juga saat aku ikut acara blogger, aku membawa terminal kabel panjang. Demi untuk duduk dekat dengan colokan. Soalnya laptopku memang tidak bisa menyala kalau tidak dicolokin langsung ke listrik, huhu... jadi benarlah tempat duduk menentukan prestasi ya? Apalagi kalau ada flashblogging, aku sangat memerlukan menulis di depan laptop, lebih nyaman dan lebih jelas melihat tulisan di layar.

Nah, mengingat banyak sekali keluhanku mengenai laptop lamaku ini, aku membuat daftar laptop impian untuk menunjang aktivitasku.


1. Ringan
Aku memerlukan laptop yang ringan karena aku sering bepergian. Kegiatanku sering mengisi pelatihan menulis dan blog. Aku perlu laptop yang tidak membuat pundakku sakit.

2. Baterai Tahan Lama
Pasti ini, soalnya kegiatanku tidak hanya menulis. Aku perlu mengedit foto dan video. Jika selama ini aku baru bisa mengetik video lewat smartphone, ke depan aku butuh laptop yang menunjang kegiatanku mengisi konten di akun youtubeku.

3. Layar Lebar
Mataku minus, sejak pertama membeli laptop dengan layar 14 inci. Pernah mencoba menggunakan netbook suami, tapi mataku langsung perih.

4. Kapasitas Memori Besar
Aku perlu laptop yang memuat foto dan video dokumentasi kegiatanku bersama anak-anak. Selain itu, aku perlu mendownload beberapa sofware pendukung kegiatan ngeblogku. Pernah mau mengikuti kelas design, apa daya laptopnya enggak kuat mendownload beberapa software pendukung, hiks...

5. Loading yang Cepat
Nah, ini sering sekali membuat aku sedih. Laptop lama sering aku biarkan menyala saat aku menjemput anak sekolah. Hal ini membuat aku ditegur suami, “Mi, laptopnya jangan lupa dimatikan! Bahaya kalau kesenggol kucing atau jatuh!”

Sebenarnya ada beberapa lagi kriteria laptop impianku, tapi cukuplah 5 dulu ya. Aku jadi penasaran laptop apa yang mampu mewujudkan impianku di atas. “Mbk, coba aja Laptop ASUS Vivabook Ultra A412DA!” Keren loh Mbk!” bujuk temanku sesama blogger. Ah, aku jadi tergoda untuk mencari tahu lebih banyak. Maka, disore yang menjelang senja, aku ke beberapa toko komputer untuk mencari menjemput laptop impian!


“Ini, keluaran terbaru Mbk, laptopnya ringan, ramping karena tidak memiliki LCD, makanya jadi slim!” ujar seorang karyawan toko komputer saat aku mencari Laptop ASUS Vivabook UltraA412DA. Ternyata memang ringan banget, walau layar 14 inci tapi paling berwarna dan paling kecil di dunia. Bodinya slim dengan panjang 32 cm dan lebarnya 2 cm. Bikin pundak tidak sakit atau butuh koyok lagi hehe.... bobotnya terbilang ringan, hanya 1, 5 kg.



Aku pun penasaran mencari informasi apa sih sebenarnya kelebihan Laptop ASUS Vivabook Ultra A412DA? Saat aku sampaikan profesiku sebagai blogger, si bapak dengan senyum ceria mengatakan, “Cocok, Bu! Laptop ini memang sangat pas! Apalagi sudah Ryzen AMD 3000 series. Ada yang 3 mau pun Ryzen 5!” Wow, aku ikutan senyum-senyum sendiri membayangkan laptop impian ini. Designnya menarik, baterainya tahan lama dan audio musiknya juga sangat mendukung kalau aku melatih siswa dalam menggali ide tulisan dengan menonton cuplikan film atau video.


Sebenarnya aku belumlah paham apa yang dimaksud soal Ryzen ini, ternyata itu kode laptop semacam Intel Core jika di laptop lamaku ini hehe... selain itu, aku mendapat informasi lagi kalau Vivabook Ultra A412DA ini memiliki tenaga prosesor AMD Ryzen Mobile generasi kedua seri 3000 terbaru. Ada yang Ryzen 3 3200U dan AMD Ryzen 5 yaitu 3500 U. "Kenapa namanya disebut 
The Word's Smallest 14 Inch Colorful Notebook? Karena ini cocok banget Bu kalau Ibu mau bikin grafis. penuh warna walau ukurannya 14 inch, tapi kecil ukurannya dibanding yang lain," ujar si bapak toko komputer.

Tak kenal, maka tak sayang, Jadi, kenalan dulu dengan Vivabook Ultra A412DA

Nah,  Vivabook Ultra A412DA ini mampu menghadirkan kecepatan pemprosesan sampai 3 GHz dengan pilihan RAM yaitu 4 GB dan 8 GB. Resolusinya jangan ditanya, sudah full HD (1920×1080) dengan fitur anti glare dan memiliki 45%NTSC. Tuh kan cocok banget kalau mau bikin infografis dan video! Ditambah sudah terinstal Window 10 asli s
ehingga tidak perlu lagi membeli Window 10, apalagi mengunakan yang bajakan.

Ah, mupeng abis kan? Soalnya, anakku pengen banget bikin animasi. Tapi, sayang laptopku sudah tua, tidak mendukung lagi mendownload software animasi. Kalau ada, Vivabook Ultra A412DA terbayang deh animasi yang tercipta kelak.


Soal keamanan aku tidak perlu khawatir lagi. Vivabook Ultra A412DA ini sudah ada  fitur pembaca sidik jari atau fingerprint yang sudah terintegrasi dengan Window hello. Fitur premium lainnya adalah ErgoLift Design. Nah apa ini ya? Ternyata inilah yang membuat Vivabook Ultra A412DA terangkat dan membentuk sudut dua derajat sehingga dapat mengetik dengan nyaman.


Membentuk 2 derajat, bikin nyaman ngetik dan mengoreksi naskah buku siswa.

Warna-warni Vivabook Ultra A412DA
Soal harga, aku emang masih pijat-pijat kepala, gimana caranya menggumpulkan uang demi laptop impian ini. Untuk Untuk varian AMD Ryzen 3, harganya  Rp. 6 jutaan sedangkan varian AMD Ryzen 5 harganya  sekitar Rp. 8  jutaan. Tapi, paling membuat aku exited adalah pilihan warna yang aduhai bikin happy. Di antara  pilihan warna  yaitu Transparent Silver, Slate Grey, Peacock Blue, dan Coral Crush. Aku langsung jatuh cinta warna biru dong!

Laptop impian dapat memujudkan impianku menjadi penulis dan blogger produktif.
Dengan laptop impian Vivabook Ultra A412DA aku berharap impianku mewujudkan satu siswa satu buku bukan sekdar impian lagi. Laptop impianku akan membantuku menyelesaikan tugasku sebagai guru mata pelajaran menulis dengan baik. Apalagi target satu anak menulis satu buku insya Allah akan tercapai bersama Vivabook Ultra A412DA kelak.

Nah, sebelum pulang dari toko komputer, aku berfoto dulu dengan kardusnya, semoga besok-besok aku membawa pulang Vivabook Ultra A412DA ini ya! Itulah ceritaku, apa cerita laptop impianmu?


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog  COLORFUL WITH VIVOBOOK ULTRA A412DA.



20 komentar:

  1. Aamiin.. Semoga impiannnya terwujud mbk. Aku juga pingin satu nih

    BalasHapus
  2. Wah bagus banget nih Mbak Laptop ASUS Vivabook Ultra A412DA. Jadi pingin nih

    BalasHapus
  3. Ini keluaran yang terbaru nih ya Mbak, Laptop ASUS Vivabook Ultra A412DA

    BalasHapus
  4. Suka banget nih Mbak sama desainnya itu, ramping banget. Selain itu, spesifikasinya juga oke banget

    BalasHapus
  5. Yg warna orange naksir berat deh aq mbak, apalagi spesifikasi laptopnya juga ok banget benerlah asus vivobook ultra A412DA ini jadi laptop impian

    BalasHapus
  6. MUpeng banget saya sama asus seri ini, mudah2an uangnya segera terkumpul biar bisa beli nih ah, aamiin.

    BalasHapus
  7. semoga tahun depan punya laptop keren ini. :)

    BalasHapus
  8. wah mba Naqi keren banget impiannya ini semoga terwujud ya mba :) keren nih ASUS ini aku jadi pengen punya suka warna biru hehehe

    BalasHapus
  9. Cakep amatan ini laptop ASUS Vivabook Ultra a412da... bikin ngiler mau punya satu aja di rumah.

    BalasHapus
  10. Kalau punya laprop seringan dan setipis ini tapi spesifikasi lengkap, kayaknya aku bakalan betah banget buat ngeblog :)

    Produk laptop Asus suah terpercaya bagus ya mba

    BalasHapus
  11. Seru banget ya asus ini ada laptopnya yang warna warni menarik seperti ini . Duh gemes banget....

    BalasHapus
  12. ASUS Vivobook ini yang menjadi wishlist aku, karena dia enteng dan enak kalau mau dibawa kemana-mana gak bakal bikin kamu jompo. Aku naksir sama warna peacock blue itu, bagus banget soalnya.

    BalasHapus
  13. resolusi besar dan full HD ini penunjang banget kegiatan blogging alias menulis di dunia maya ya mbak. Apalagi sekarang infografis jadi bahan pelengkap tulisan. Keren ini sekolahnya, jaman saya dulu sekolah malah menanti pelajaran bahasa Indonesia karena ada materi menulisnya hehehe.

    BalasHapus
  14. Aamiin semoga kesampaian ganti laptop ya Mba. Aku pun ingin ganti laptop nih tapi kemarin cuma dibelikan baterai yang baru aja wkwk

    BalasHapus
  15. Waaah Asus makin kece dengan kecanggihannya ini. Apalagi series vivobook ultra ini, kebetulan lg mau belajar grafis nih mba

    BalasHapus
  16. Aku belum pernah coba vivobook. Keringanannya bikin praktis bawa ya. Bisa dibawa kemana-mana..

    BalasHapus
  17. Aku jadi kepengen punya laptop baru nih mbak biar bisa upgrade laptop yang lama nih mbak

    BalasHapus
  18. Laptop ASUS memang ya andalan banget buat apa-apa ya Bund
    bisa terbantu dengan segala cara, aku juga pengen punya laptop ini tapi harus nabung dulu
    semoga menang ya bund

    BalasHapus
  19. Eh serius mba ini Vivo yang brand hape punya produk laptop juga ya, curious banget pengen icip2 nyobain ah kebetulan lagi cari laptop buat animasi juga

    BalasHapus
  20. Semoga impiannya terwujud ya Mbak. Supaya ngeblognya makin wuzz wuzzz

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^