Minggu, 18 Agustus 2019

Penulis yang Berbisnis Perlu Asuransi



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Awal menikah, aku dan suami memulai bisnis ikan betutu. Ikan yang kami ekspor ke Malaysia dengan jalur udara. Ikan itu kami ternak di kerambah di atas sungai. Bisnis yang menggiurkan karena lumayan sekali setiap kilo per ikan dari nelayan, dijaga sampai cocok untuk dipanen hingga di kirimkan.

Sampai suatu hari, ikan yang di dalam kerambah mati karena limbah pabrik singkong di sekitar sungai. Semua ikan menjadi mati dan bisnis kami jatuh. Jujur, mengalami saat itu sempat mengalami titik terendah karena baru saja melangkah dalam pernikahan, kami sudah terjungkal soal ekonomi. Bukan hanya memulai dari nol, tapi kami harus berminus ria karena modal yang tidak dapat diputar.

Di saat itu, kami belum mengenal soal asuransi. Jika saja sudah ada mungkin dapat mengurangi risiko kerugian. Baik saat kecelakaan kerja karyawan hingga kesehatan. Usai bisnis itu, ada beberapa kali kami mencoba bisnis lainnya. Namun, terbentur modal dan kemampuan, kami berhenti melanjutnya.

Aku dan suami pun melamar kerja. Zaman itu BPJS  masih abu-abu belum ada gebyar seperti ini. Untuk itu ada  beberapa yang menawarkan pada kami mengenai asuransi. Aku pun mulai mencari infomasi, apa dan bagaimana asuransi untuk kesehatan bagi karyawan. Soalnya, dalam mencari kerja perlu kenyamanan dan nilai lebih dari sebuah perusahaan. Salah satunya asuransi yang ditawarkan perusahaan.

Seorang teman cerita, kalau suaminya sangat terbantu dengan adanya asuransi dari perusahaan. Suaminya harus melakukan operasi pada telinga. “Kalau mandiri bakal enggak sanggup deh! Operasi telinga kanan dan kiri, bisa puluhan juta!” cerita temanku itu.



Kesehatan memanglah mahal, biaya perawatan gigi juga bikin kepala nyut-nyutan. Anakku yang sulung harus mengeluarkan biaya yang lumayan karena perawatan giginya. Biaya mandiri bikin kantong bolong haha... coba kalau terkaver asuransi ya? Hehe....

Sebenarnya, apa sih manfaat asuransi tambahan selain asuransi BPJS bagi seorang karyawan? Beberapa sumber yang aku baca, aku dapat menyimpulkan berikut ini :

1. Meminimalisir Risiko
Dalam bekerja, kita tidak tahu kapan akan terjadinya risiko kecelakaan kerja. Apalagi kalau bekerja disebuah perusahaan yang berisiko tinggi. Saat pemadaman listrik se-Jawa beberapa pekan lalu, beredar foto kalau petugas PLN naik tiang listrik untuk membenarkan listrik. Aku sampai ngeri melihatnya dan membatin, “Apakah mereka memiliki asuransi tambahan?” pekerjaannya sangat berisiko mengalami kecelakaan.

2. Merasa Lebih Tenang dan Jaminan Hari Tua

Ingin sekali masa tua tidak membebani anak-anak. Maka, aku menjaga pola makan agar badan sehat dan mengurangi risiko darah tinggi. Ya, di keluargaku lebih besar risiko darah tinggi. Maka, menjaga sebuah kesehatan dan tambahan asuransi bikin nyaman dan tentu ingin sampai hari tua tetap sehat.

3. Rajin Menabung

Memiliki asuransi tambahan membuat kita rajin menabung. Ini untuk menghindari biaya kesehatan yang membengkak. Seorang teman sampai harus menjual rumah dan tanah untuk pengobatan orang tuanya. Itu kalau ada harta ya, sedihnya kalau tidak ada persiapan di hari tua karena terlena disaat masih muda. Ternyata penting banget asuransi kesehatan ya!


Nah, sahabat Smart Mom, jika berkeinginan memulai bisnis atau ada kerjasama kontrak kerja, sebaiknya perlu mempersiapkan asuransi tambahan untuk karyawannya. Pilih asuransi yang cepat, sederhana, terjangkau dan melayani. Kerjasama yang baik tentu akan menghasilkan hal yang baik. Apalagi ibu berbisnis bukanlah hal baru lagi. Mompreneur akan lebih sukses juga mengetahui seluk-beluk kebutuhan karyawannya, termasuk asuransi tambahan. Seorang penulis apalagi. Pendapatan dari menulis tidak menentu, kadang langsung dapat banyak royalti per 6 bulan. Iya kalau buku yang ditulis laku semua, tapi jika belum rezeki best seller? Sedia payung, sebelum hujan yuk! Eh, sedia asuransi sebelum sakit hehe...

Semoga sahabat Smart Mom, sukses menulis, bisnisnya dan sukses karyawannya.

1 komentar:

  1. Jadi terpikir untuk punya asuransi. Kalau nggak salah, ada satu online marketplace yang bisa memfasilitasi kita untuk membeli asuransi, ada tips-tips memilih asuransi juga, bunda. Saya juga pernah pakai asuransi perjalanan dan berguna banget saat pesawat delay. Baru kali itu sadar, asuransi memang penting :)

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^