Sabtu, 09 November 2019

ASI Tidak Keluar? Gunakan Tips Ini Untuk Tingkatkan Produksi ASI


sewa pompas asi

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,
Suatu hari seorang teman bercerita, kalau dia kesulitan memberikan ASI eksklusif untuk bayinya. Aku pun mendengarkan dengan seksama keluhannya. Dari ASI yang sedikit, tekanan keluarga dan beban pekerjaan domestik yang membuat dia depresi.

Aduh, emang ya Moms, memberikan ASI Ekslusif ituu sebuah kebahagiaan tersendiri bagi seorang ibu. Persiapan memberikan ASIX juga tidak mudah. Tapi, juga tidak begitu sulit seperti yang dibayangkan. Modalnya niat kuat agar bisa memberikan ASIX bahkan sampai 2 tahun. Apalagi ASI adalah makanan utama bayi baru lahir dan memberikan ASI mampu mempererat hubungan Ibu dan anak secara psikologi.


Namun, ada kalanya proses pemberian ASI ini tidak berjalan lancar. Tidak sedikit ibu yang produksi air susunya tidaklah selancar sebagaimana mestinya. Berikut ini tips untuk merangsang produksi ASI.


1.     Jangan Berhenti, Teruslah Menyusui
Gerakan dari mulut bayi yang memberikan stimulus pada payudara akan merangsang tubuh ibu untuk memproduksi air susu. Maka pada saat produksi air susu tidak sebanyak biasanya, jangan berhenti, teruslah menyusui agar sistem tubuh Ibu terangsang untuk memproduksi ASI.

2.     Lakukan Teknik Skin To Skin Nurse
Skin to skin nurse adalah teknik memberikan ASI dengan tidak ada penghalang sehelai kain pun antara ibu dan bayi. Dalam hal ini, kulit ibu dan bayi langsung bersentuhan. Tidak hanya merangsang produksi ASI, hal ini juga meningkatkan ikatan emosional ibu dan sang buah hati.

pompa asi
Saat aku bekerja, tetap pompa ASI untuk anakku, Fatih.

3.     Pompa ASI di Antara Waktu Menyusui
Menjaga agar Ibu terus memproduksi ASI adalah langkah selanjutnya. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memompa. Lakukanlah pemompaan sekitar 10 menit pada masing-masing payudara.

4.     Gunakan Kedua Payudara Secara Bergantian
Kadang memberikan ASI hanya dari satu payudara membuat ibu pegal. Maka dari itu lakukanlah secara bergantian. Tidak hanya membuat ibu nyaman, hal ini juga merangsang produksi ASI di kedua payudara.

5.     Meningkatkan Pemberian ASI Saat Malam Hari
Kadar prolaktin (hormon pembuat susu) pada malam hari atau dini hari amatlah tinggi. Bila memungkinkan, bangunkan si kecil untuk menyusu setiap 3 atau 4 jam sekali agar ibu bisa memberikan gizi terbaik untuknya.

6.     Konsumsi Asupan Gizi Pelancar ASI
Hal lain yang tidak bisa dilewatkan untuk meningkatkan produksi ASI adalah sumber dari air susu tersebut yaitu asupan gizi ibu. Disarankan agar Ibu mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat perangsang produksi air susu seperti daun katuk, telur, darah merah, dan lain-lain.

7.     Kebahagiaan dan Kondisi Psikologis Ibu
Penting sekali untuk menjaga mood ibu agar selalu bahagia. Hormon stres yang tinggi bisa membuat produksi ASI berkurang. Tidak adanya dukungan dari orang sekitar akan pemberian ASI eksklusif dan malah menyarankan untuk memberikan susu formula saja bisa juga membuat ibu stres.

8.     Hypno-breastfeeding
Istilahnya terdengar keren, ya? Ini adalah teknik sederhana yang bisa ibu lakukan saat ASI tidak keluar. Cukup dengan membayangkan bahwa air susu mengalir keluar dengan deras adalah apa yang bisa ibu lakukan dengan teknik ini.

Itulah beberapa tips bermanfaat yang bisa dilakukan untuk merangsang produksi air susu. Kunci dari segalanya adalah jangan lupa juga untuk bekerja sama dengan ayah serta mintalah dukungan dari orang-orang terdekat.



BIRU.ID menyewakan peralatan bayi seperti stroller, car seat, mainan, ranjang, pagar bermain, bouncer, dan sewa pompa ASI. Ibu dan ayah bisa sewa untuk mingguan atau pun bulanan.

Selain lebih hemat karena mengurangi budget beli perlengkapan bayi, menyewa juga ikut berperan dalam gerakan urban sharing dan go green untuk mengurangi sampah yang tidak bisa terurai dengan cepat. Barang yang disewakan dijamin bersih, higienis, dan aman untuk si kecil.

Kunjungi situs resmi Biru.id di biru.id atau follow Instagram @biru.id.official. Anda bisa melakukan transaksi melalui Tokopedia di www.tokopedia.com/biruid serta subscribe channel YouTube Biru Penyewaan Barang Bayi.

Info lengkap bisa cek di video ini ya, Moms!


12 komentar:

  1. Wah, tar kl saya punya bayi
    Tips2 ini akan saya infokan ke istri
    Makasih yaaa hehe

    BalasHapus
  2. Saya harus belajar tentang hypno breastfeeding ini dari sekarang karena sednag program anak kedua.
    Anak pertama saya gagal, hanya 3bulan itu pun dengan berdarah-darah, sampai depresi karena banyak orang menganggap miring, beranggapan say amalas, kurang usaha, 7 langkah di atas saya lakukan lho....cibiran orang-orang akan hal tersebut membuat sukses trauma buat program anak lagi. Healingnya lama, suami sedang membantu ini perlahan buat percaya diri kembali.

    meskipun tetep menangis kalau melihat anak sekarang ingat dia ga dapat hak-nya.

    Saya baru dengar hypno breasfeeding, meski saya pelaku hypno parenting.

    BalasHapus
  3. Teringat saat saya menyusui Fahmi, sama ASI juga tidak keluar. Sampai kami nyerah dan memberikan susu formula sebagai pendampingnya

    Tips ini sangat bermanfaat. Semoga setiap ibu bisa memberikan asi terbaiknya buat anak ya

    BalasHapus
  4. Memang perjuangan yang ngga mudah ya?
    Namun manfaatnya tiada tara.
    Anak ngga gampang sakit dan lebih cerdas

    BalasHapus
  5. Waktu zamannya si sulung, asi saya tuh deras banget Alhamdulillah. Harusnya kan dia bisa full ASI ya? Tapi malah sama ibuk saya dikasih minum sufor juga, alasannya biar saya gak kecapekan nyusuin :( hiks hiks kusedihhh

    BalasHapus
  6. Baru tau kalau sekarang ada jasa penyewaan perlengkapan ibu baru melahirkan dan bayinya.
    Bagus buat go green dan hemat biaya juga ya.
    Sayangnya dulu belum ada jasa seperti ini :D

    BalasHapus
  7. Terima kasih atas tipsnya dan semangat buat para busui di seluruh indonesia

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah ketika anak saya lahir langsung ASI keluar jadi tidak ada keluhan tentang ASI tapi tidak di atas cukup bermanfaat bisa saya bagikan kepada teman yang kebetulan susah keluar aslinya

    BalasHapus
  9. Biasanya faktor terbesar karena stress kyknya ya dan kurang pede menyusui, apalagi kalau kanan kirinya dah ngomong apa aja deh soal asinya.
    Emang kudu diperhatikan kebahagiaan ibu, trus jg belajar menyusui yang betul ya mbak? DUlu aku jg pumping2 :D walau persewaan alat menyusui blm semarak skrng :D

    BalasHapus
  10. Tips yang lengkap, memang mengASIhi berat tapi dengan berbagai cara Insya bisa dilakukan oleh para bunda. Apalagi kini sudah banyak cara agar ASI bisa lancar keluar. Juga dukungan dari suami, keluarga serta support sistem lainnya akan membantu kesuksesannya

    BalasHapus
  11. Tipsnya dulu juga sudah aku praktekkin mba waktu masih nyusuin anakku. Malah dulu rajin minum suplemen khusus asi dan tiap hari makan sayur katuk sampe bosen demi produksi ASI yang cukup buat si anak kesayangan.

    BalasHapus
  12. Wah, alhamdulillah jadi makin tahu cara melancarkan ASI. Mudah-mudahan nanti kalau punya baby lagi ASInya lancar.
    Benar, stress itu sangat menghambat ASI, makanya saya ingin terus beraktifitas positif, salah satunya dengan aktif menulis lagi ini mba Naqi. Jadi ada sarana mengurangi dan mengelola stress dari pekerjaan, jika nanti dikaruniai anak lagi.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^