Selasa, 12 November 2019

Rumah Kopi Lampung Hadir Untuk Wadah Entrepreneurs Millenial

Rumah Kopi Lampung Hadir



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,
Malam Jum’at, 8 November 2019 lalu aku menghadiri acara syukuran presmian Rumah Kopi Lampung yang bertempat di D’MC Valley, Jln. Gatot Subroto No.17, Sukaraja, Teluk Betung Lampung. Nah, sebenarnya apa sih Rumah Kopi Lampung? Yap, sama dong aku juga penasaran nih! Selama ini, suamiku yang suka banget minum kopi. Apalagi setiap datang ke daerah melatih petani kopi, selalu dibawa oleh-oleh bubuk kopi.  Bahkan beberapa hari ini suamiku mendapat kopi celup. Wow, aku dong excited banget. Ada ya sekarang kopi celup? Ternyata emang ada dan itu memudahkan minum kopi tanpa ampasnya hehe...


Malam itu aku bersama Latifah, Desy, Novry dan Adit dari Tapis Blogger melihat secara langsung berkumpulnya pengusaha dan penikmat Kopi di Rumah Kopi Lampung. Dari kejauhan aku melihat Bang Ikhsan Owner Aura Book Coffee yang dikenal dengan penerbitan buku dan cafenya. Baru-baru ini sudah menggelar #Ibadahngopi sebagai agenda pekanan tiap Jumar di Aura Book Cofee.

Selain itu, ada juga Mbk May atau dikenal dengan pemilik IG @yara_artandcraft seorang penikmat kopi, fotografer dan Owner Nuwo Creative ini sedang mempersiapkan  pembagian hadiah lomba Hunting Bareng dan Lomba Foto bertema “Woman and Coffee” dalam rangkaian Festival Kopi Lampung 2019.

Tak lama acara pun dimulai. Duet MC yang berjiwa muda membuat acara semakin semarak. “Rumah Kopi Lampung ini boleh untuk umum, yang punya komunitas, UMKM, pengusaha, ini sebagai wadah untuk berkumpul. Apalagi Rumah Kopi Lampung ini banyak sekali fasilitasnya. Ada ruang di lantai 2 yang dapat digunakan.”

Rumah Kopi Lampung Hadir


Menurut Ketua Panitia Fahuri Wherlian, rumah kopi adalah kawah  candra dimuka bagi terbentuknya entrepreneurs millenial dan tumbuhnya startup-startup baru di bidang perkopian dan produk-produk turunannya.

Waktu beranjak malam, acara dilanjutkan syukuran dengan pemotongan tumpeng.  Hadir syukuran peresmian Rumah Kopi Lampung, di antaranya turut Asisten 2 Sekdaprov Lampung Taufik dan Asisten 3 Chandra, Juara 1 Putri Duta Kopi Indonesia 2019, Pembina RKL Mahatma Gandhi dan segenap Pengurus RKL.

“Kehadiran RKL adalah komitmen untuk menjembatani petani kopi dengan para buyer,” ujar Mahatma Gandhi.

Rumah Kopi Lampung Hadir

Malam itu aku juga senang sekali bertemu dengan Pak Karjo Matajat Q Grader Robusta terkemuka dari Lampung. Ini pertemuan keduaku dengan beliau. Ngomongin kopi dengan Pak Karjo emang seru. Menurutnya, RKL nanti akan akan menjadi pusat edukasi kopi Lampung. “Kami ingin mengajak wisatawan minum kopi gratis di sini atau anak-anak sekolah melihat secara langsung kopi dari Lampung di RKL ini.”

Lebih Dekat dengan Rumah Kopi Lampung

Bagi anak muda sekarang, ngopi bareng itu sudah mejadi gaya hidup. Sudah banyak kedai kopi berdiri di Lampung. Namun, belum ada tempat edukasi berkumpulnya kopi-kopi Lampung. Nah, Rumah Kopi Lampung ini adalah sebuah wadah Inovative Coffee Camp yang dikembangkan oleh D’MC berkerjasama dengan Mantaba Production, yang didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Lampung, Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI), Masyarakat Indikasi Geografis Kopi Robusta Lampung (MIG-KRL) serta pelaku usaha kopi Lampung, sebagai pusat interaksi penikmat kopi, pelaku usaha kopi dan petani kopi   yang bertujuan menciptakan bibit-bibit Coffee Preneur yang selanjutnya siap masuk ke industri kopi sekala Nasional dan International. Didalam Inovative Coffee Camp, para pecinta kopi, petani kopi, pelaku usaha kopi akan diberikan pemahaman mengenai arah yang sebaiknya dilalui untuk masuk ke industri kopi di era revolusi 4.0 saat ini, termasuk arah sektor industri yang potensial untuk dijalani.

Rumah Kopi Lampung Hadir
Beberapa contoh Kopi Lampung di Rumah Kopi Lampung

Wow, senang banget ya kalau di Rumah Kopi Lampung akan mendapatnya banyak ilmu dan dukungan berkembang.  Inilah manfaat jika bergabung menjadi anggota Rumah Kopi Lampung :

RKRPAD (Pre Startup Development)

Program pengembangan coffee maker untuk membangun sebuah startup baru dengan Pra inkubasi dan bantuan mentor berpengalaman.

Free Co-Working Space
Fasilitas co-working space gratis bagi seluruh penikmat kopi dan pencinta kopi, pelaku usaha kopi pemula sebagai wadah inkubasi.

Event
Community Gathering, Expert Session, Rumah Kopi Lampung Goes to Ecosystem, Rumah Kopi Festival, Seminar, Workshop dan lainnya.

Fasilitas Rumah Kopi Lampung (RKL)

Rumah Kopi Lampung ini berfungsi sebagai ruang kerja dan ruang pameran produk bersama yang dapat digunakan oleh digital kopi preneur pemula, sebelum mereka mampu membiayai ruang usaha sendiri.

RKL ini ada memliki ruang-ruang meeting yang dapat digunakan digital kopi preneur pemula berdasarkan penjadwalan yang dilakukan. Sayang ketika aku tanyakan berapa biayanya untuk peminjaman tempat atau acara belum ada. Artinya pengurus lagi mempersiapkannya. Senang loh kalau ada ruang-ruang kelas yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai training dan workshop berdasarkan pen-jadwalan yang dilakukan.


Ini video pengalamanku ke Rumah Kopi Lampung

Terlebih lagi, RKL dapat digunakan sebagai tempat penyelenggaraan gathering atau launching produk. Selain itu, RKL telah menyediakan access internet berkecepatan tinggi untuk mendukung bisnis para digitalpreanur pemula.
Nah, Sahabat Smart Mom, ingin mengadakan acara berkolaborasi dengan RKL? Yuk, silakan hubungi medsosnya. Kalau suka minum kopi apa saja? Robusta, Arabika atau lainnya? Share dong di kolom komentar!

Jam Operasional Rumah Kopi Lampung
Senin sampai jumat : 09.00 – 17.00 WIB
Sabtu dan minggu : 11.00 – 15.00 WIB

Alamat Rumah Kopi Lampung
Jl. Gatot Subroto No.73, Sukaraja, Kecamatan Teluk Betung Selatan, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Medsos :
Website: https://rumahkopilampung.co.id/
Instagram: @rumahkopi_lampung

8 komentar:

  1. Lampung terkenal sekali dengan kopinya yahhh.....

    BalasHapus
  2. Wahhh, kopi lampung ini sih yang mnjadi salah satu favorite temen2 , kalau lagi pulkam minta bawain kopi lampung ,dan sekrg ada rumah kopi lampung ...kereeennn

    BalasHapus
  3. wah disana emmang terkenal kopinya ya mbak

    BalasHapus
  4. sejujurnya aku belum bisa cinta sama kopi..kadang aku merasa gak ngehits karena kopi ada di mana-mana.. tapi yah, selera gak bisa dipaksa yak :D
    Suka deh dengan RKL yang terasa hommie dan asyik buat tempat ngumpul2 gini

    BalasHapus
  5. Duh jadi pengen cobain kopinya.. Indonesia kaya banget ya dengan jenis kopi yang citarasanya mantap... Ada tempat ngopi kayak gini jadi bisa cobain banyak kopi..

    dianesuryaman dot com

    BalasHapus
  6. Pengen sekali menjelajahi rumah kopi lampungnya. Memang sumatera sangat kaya akan kopi ya.

    BalasHapus
  7. Ya Allah pengen dolan ke Lampung bund
    Ketemu kamu dan main di sana juga
    Pasti seru banget. Kopi lampung pasti enak ya

    BalasHapus
  8. Kopi Lampung memang juara banget ya,tiap ibu mertuaku dinas kesana pasti dibawain kopi. Seru juga kalo saat ini ada yang menjadi wadah sekaligus edukasi tentang kopi khas kota Lampung ini

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^