Kamis, 26 Maret 2020

Bisnis Eksis dengan Avana Social Commerce

bisnis-eksis-dengan-avana-social-commerce


Assalamualaikum sahabat Smart Mom,



Saat ini siapa sih yang tidak suka belanja online? Belanja online itu lebih memudahkan emak-emak rempong sepertiku. Tanpa harus antri, macet atau harus bawa anak untuk belanja. Cukup dengan menggunakan smartphone, belanja semakin mudah!



Beberapa temanku bisnisnya lancar jaya dengan memanfaatkan media sosial. Dengan berbisnis mampu mendapatkan penghasilan lebih dari 10 juta per bulan. Media sosial yang paling sering digunakan untuk berbisnis adalah WA (84%), Facebook (82%) dan Instagram (79%).




Peluang berbisnis di era digital ini cukup menggiurkan. Mengingat yang memanfaatkan media sosial aktif sekitar 160 juta atau 59% dari total penduduk Indonesia. Dari 99% pengguna media sosial melalui smartphone.

bisnis-eksis-dengan-avana-social-commerce


Namun, tidak semua UMKM mampu eksis di media sosial. Pernah suamiku mengajak untuk berbisnis, "Ayo, Mi kita mulai saja membuat akun di marketplace," ujar suami. Sayangnya, aku masih maju mundur cantik untuk memulai bisnis. Semangat bisnis sih tetap ada, apalagi dulu ibuku punya bisnis Batik Besurek khas Bengkulu dan dilanjutkan kakak tertuaku dengan Batik Rindani di Jambi.

Kakak tertuaku sudah mendapatkan penghargaan tingkat nasional. Namun kakakku belum memilih untuk penjualan secara online. Untuk itu,  aku ingin sekali mengetahui info lebih banyak keuntungan untuk mencoba bisnis dengan menggunakan sosial media, lebih tepatnya akan mempermudah para pengusaha pelaku UKM dan UMKM untuk berjualan online.


Bagaimana Bisnis Online?

Beberapa tahun belakangan ini dunia online itu dimulai lewat jualan di media sosial ada juga menggunakan media sosial seperti Facebook namun semakin ke sininya menggunakan marketplace sebagai laman untuk menyatukan para penjual online. Sistem penjualannya pun beragam dari transfer sampai COD. Namun marketplace ini dapat juga menjadi bumerang bagi pengusaha online itu sendiri, loh! 

Di antaranya adalah sebagai berikut 
1. Persaingan yang tidak sehat dengan saling menurunkan harga.
2. Merk tidak terkenal yang ada brand marketplace-nya yang terangkat.
3. Sulit mengembangkan pengenal atau merk brand pengusaha.
4. Tetangga yang suka akuisisi foto barang.

Nah, tentunya tidak ingin dong berbisnis seperti ini karena kesannya tidak ada persaingan yang sehat. Maka  bagi yang ingin mengepakkan sayap bisnisnya salah satunya dengan brand social commerce yang terpercaya, yaitu adalah AVANA.

Mengenal Lebih dekat Avana Social Commerce


Jujur aku juga baru mendengarnya namun setelah aku mendapat informasi dari teman, AVANA ini adalah Social Commerce plastform dengan cara memodernisasikan media sosial seperti Facebook Messenger dan Instagram. Di mana pelanggan bisa melakukan transaksi pembelian sampai pembayaran di media sosial.

Tentunya pembisnis tidak perlu repot untuk meninggalkan laman media sosialnya ketika melakukan proses pemesanan dan pembayaran dapat dilakukan langsung di media sosial ada 3 toko online utama AVANA yang bisa pengguna dapatkan, yaitu Webstore , Facebook store dan Messenger store.

Ini 3 Toko Online Utama Avana:

1. Webstore

Webstore adalah toko online website. Berbeda dengan berbeda dengan website pada umumnya, website dari Avana ini memiliki kelebihan dapat menampilkan harga promosi kategori produk sampai melakukan cek di tempat tampilannya juga sangat menarik berbeda dengan website biasa, pada website ini akan menampilkan dua jenis tema website yang dapat dipilih, yaitu tampilan biasa dan landing page. 

Ini loh tampilannya :

bisnis-eksis-dengan-avana-social-commerce


2. Facebook Store
Facebook Store adalah toko online facebook page. Facebook store ini sudah terintegrasi ke Webstore. Untuk konsep pembayarannya juga dapat dilakukan langsung, loh! Facebook Page ini tidak punya tema seperti Webstore. Nah, tampilannya seperti ini ya saat login :

bisnis-eksis-dengan-avana-social-commerce
Pilihan login untuk Facebook store.

3. Massenger Store.
Untuk messenger store ini konsepnya chatting untuk berjualan jika biasanya aplikasi messenger hanya digunakan untuk broadcast pesan atau melakukan percakapan online. Nah di sini akan menampilkan katalog bisnis online sama si seperti Facebook Store namun bisa melakukan check-out tampilannya seperti ini

Untuk pelanggan dapat menekan membeli dan melakukan proses pengisian informasi pembayaran dan klik tombol detailnya untuk melakukan informasi lebih lanjut mengenai produk yang akan dipilih.

Teman-teman tidak perlu kuatir pembelian ini di 3 toko online tersebut langsung diminum atau ring dan diproses hanya dalam satu disebut. Apa manfaat dari dasbor ini untuk mengelola toko-toko online seperti : 

1. Upload barang
2. Ganti tema
3. Buat promosi 
4. Rekap penjualan pembelian dan lain sebagainya.


Perlu diketahui stok barang akan secara otomatis berkurang di Facebook dan Messenger store berdasarkan stok yang terekam di dasbor, maka pembeli tidak bisa membeli barang itu lagi kalau dalam keadaan kosong nah seller bisa menambahkan jumlah barang di dasbor tersebut.

Cara Bergabung dengan AVANA



Nah, pengalamanku mencoba membuka AVANA di Facebook dan Webnya Alhamdulillah lancar. Teman-teman dapat menjual produk dengan mudah. Yuk, coba! Ini juga dapat disosialisasikan dengan UMKM di sekitar kita.
bisnis-eksis-dengan-avana-social-commerce

AVANA Blog Competition 


Teman-teman, ini ada tantangan dari AVANA untuk mengikutii Blog Competition dengan memenangkan hadiah :
- Juara 1: Rp3.000.000 + Avana Advance Plan 3 Months
- Juara 2: Rp2.000.000 + Avana Advance Plan 3 Months
- Juara 3: Rp1.000.000 + Avana Advance Plan 3 Months

Caranya mudah sekali, berikut syaratnya :

1. Tulisan min 500 kata.
2. Menggunakan foto milik sendiri.
3. Mencantumkan 2 url di kata AVANA dan Social Commerce Indonesia.

Penilaian :
  1. Ide dan kualitas penulisan yang unik
  2. Kualitas landing page yang dibuat 
  3. Jumlah pembaca
  4. Jumlah referral dan sharing di media sosial 
  5. Jumlah potensi traffic tertinggi 
Info lengkapnya dapat langsung cek di flyer berikut ya! 

lomba-blog-avana-social-commerce
Dapat dicek di IG @avana.id

16 komentar:

  1. Avana Social Commerce tuh lengkap bgt bisa bertransaksi dengan akun Facebook JD memudahkan sekali.

    BalasHapus
  2. Menarik banget untuk yang berminat memulai bisnis online di dunia serba digital dan market place. Makasih infonya mbak.

    BalasHapus
  3. Avana Social Commerce ini menarik juga ya,secara jaman skrg ni serba digital, lebih mudah dan cepat tentunya

    BalasHapus
  4. Saya penasaran banget dengan cara menjual di messenger, Mbak. Unik, kayaknya.

    Fiturnya kan pastinya ga flat kayak WA/DM yang mseki bisa untuk jualan, tapi bkin ga betah yang jualan

    BalasHapus
  5. Wah, ini lomba ya Mbak. Mau ikut aah... hadiahnya pastinya sangat bermanfaat untuk mencari rezeki makin banyak

    BalasHapus
  6. Saya baru tahu ada social commerce. Wah, dunia perdagangan online makin berkembang dan beralih rupa, rupanya

    BalasHapus
  7. Jadi inget dulu ribet banget jualan via medsos seperti facebook
    Untung sekarang ada terobosan Avana ya?

    BalasHapus
  8. Karena Avana Social Commerce ini, jadi merasakan manfaatnya Facebook dan Instagram daku. Sekarang jadi kembali aktif di Facebook, thanks Avana :)

    BalasHapus
  9. Bisa dimanfaatkan nih untuk menambah penghasilan kita lewat Avana, caranya sepertinya tidak sulit ya. Kuy manfaatkan momen ini pas sekalian WFH

    BalasHapus
  10. Avana mengkhususkan untuk social.ecommerce ya? Kekuatan sosial.media memang masih ok buat online bisnis ya

    BalasHapus
  11. Tampilan yang dipakai menarik juga mba, apalagi proses loginnya mudah. Bisa jual barang dengan Facebook yg kita miliki

    BalasHapus
  12. AVANA bisa jadi referensi untuk jualan mudah di sosial media.
    Favoritku, fitur Auto replynya keren, bisa melayani pelanggan 24 jam.

    BalasHapus
  13. Belanja online memang menyenangkan mba karena praktis bgt. Barang pilihannya pun lebih komplit. Untuk saya yang tinggal di kota kecil, ini membantu sekali karena tidak semua barang yang saya incar tersedia di toko offline.

    BalasHapus
  14. Avana Social Commerce tuh lengkap bgt bisa bertransaksi dengan akun Facebook JD memudahkan sekali. messeger, web store jadi ingin nyobain juga jualan disana

    BalasHapus
  15. aku jadi tertarik jualan di avana juga nih. dulu pernah main di sesemarketplace gitu tapi teralu banyak aturan dan selalu berganti-ganti, semoga Avana asik ya buat majang buku-buku saya. thanks infonya mbak

    BalasHapus
  16. bisnis online sekarang makin mudah ya bekat adanya social e-commerce nih. aku malah kepingin juga jualan online.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^