Senin, 30 Maret 2020

7 Cara Mengatasi Begadang

cara mengatasi begadang

Assalamualaikum,

Hai Smart Mom, apakabar semua? Masih stay at home dengan happy kan, ya? Alhamdulillah dimasa Social distancing tentunya lebih aman kalau kita di rumah saja. Aku mau cerita pengalamanku untuk berpuasa begadang atau cara mengatasi begadang. 
"Hah, emang Mbk Naqi, setiap malam tidur jam berapa?" begitu pertanyaan salah satu temanku.
Jujur, susah sekali menghilangkan kebiasaan begadang ini. Sejak dulu aku sering tidur di atas pukul 22.00 WIB, bahkan paling cepat pukul 23.30 WIB. Hal ini membuat aku lebih suka kecapekan dan kesulitan mengatur waktu dan akibatnya, kesehatan sering terganggu.



Jika dulu, aku sering mengejar RPP dan ikut audisi antologi. Itu terjadi sejak aku masih jadi guru. Makin lama, aku sering begadang bersama bayiku. Memang sih suka mengantuk, tapi aku kerap merasakan tidak nyenyak tidur akibat anak yang kedua suka tantrum di tengah malam. Akhirnya begadang jadi sebuah rutinitas.

Namun, tahun 2020, aku pernah mengalami serangan vertigo dan asam lambung yang cukup parah, membuat aku bertekad untuk puasa begadang. Aiih, gimana itu puasa begadang?

"Puasa begadang, bagaimana caranya?"
Ini bermula aku ikut Kelas Bunda Cekatan di Ibu Profesional, aku memilih puasa apa ya? Puasa yang dimaksud adalah hal-hal yang menganggu produktivitas kita selama ini.

Aku sadari, sebagai penulis, begadang itu sebuah hal yang lumrah. Apalagi penulis tanpa ART sepertiku, jam malam itu sebuah "me time" hehe... walau tidak semua penulis menggunakan jam malam. Ada yang menulis ketika sebelum subuh, pagi ketika anak sekolah, hingga harus menyepi dulu di cafe atau di ruang khusus.


cara mengatasi begadang
Tetap produktif menulis tanpa begadang? Bagaimana caranya?

Jam menulisku sudah pernah aku coba semua. Dari mulai setelah anak-anak tidur alias begadang, menjelang subuh sampai ketika anak-anak sekolah. Tapi, rasa kenyamanan itu akan sulit aku temukan saat anak libur atau saat ini di belajar di rumah.

Sungguh, sulit bagiku untuk terus semangat puasa begadang. Begadang yang aku terapkan beberapa hari ini adalah tidur pukul 22.00 WIB alias setiap teng jam 10 malam, hp di matikan dan aku siap-siap tidur.


cara mengatasi begadang
Ini daftar puasa begadangku 🥰

Alhamdulillah ada yang berhasil hehe... dan sejak beberapa hari ini aku sudah merasakan bedanya. Badanku lebih segar dan fit, emosiku semakin terjaga. "Yes, kata orang sih ya, perempuan kurang tidur itu suka marah-marah!" ups!

Cara Mengatasi Begadang

1. Bikin Komitmen
Nah, aku sangat terbantu sekali dengan bagan dan badge yang disiapkan oleh Bunda Cekatan di Ibu Profesional ini. Skor yang aku dapat sendiri belumlah lulus alias semua oke, tapi setidaknya aku sudah memulai dan menemukan cara untuk menyemangati diri.

2. Matikan Gadget
Selama ini hal yang paling menganggu ketika mau tidur, tentunya adalah pegang gadget. Ingin baca info di group WA, ingin update mengenai job sampai ingin posting tulisan di blog. Namun, alasan ini akan terpatahkan kalau kita sudah punya jam gadget tersendiri. 

3. Menjaga Pola Makan
Berat badanku yang melonjak dratis membuatku ingin sekali mengatur pola makan yang sehat. Aku pun mengikuti kelas khusus mengatur pola makan ini. Alhasil, aku tidak berani lagi untuk sering jajan. Eiya, sebelumnya kalau ke kantin sekolah anak, jajanku banyak banget huhu.... sulitnya mengerem godaan cireng dan kawan-kawannya, hehe...

4. Bikin To Do List
Teman-teman, untuk memilih skala prioritas tentunya tidaklah mudah. Tapi, bukan sesulit yang dibayangkan. Kenali diri sendiri, apa sih yang diri ini ingin kuasai dalam waktu sekian bulan? Jika sudah menemukan, fokus saja. Jangan terganggu dengan hal lainnya. Hal ini akan membantu kita membuat list sebelum tidur dan bangun dengan bahagia untuk menyelesaikan targetan. 

Contohnya disaat anak-anak belajar di rumah ini, aku menuliskan rencana 3 anak dalam satu buku. Targetan tugas anak-anak dari sekolah atau pondoknya harus aku rencanakan dan disampaikan ke anak-anak, sehingga ketika esok harinya bisa berjalan tertib.

5. Hindari yang Menganggu Tidur dengan Nyenyak
Setiap orang pasti berbeda-beda targetan sebelum tidurnya. Dulu, oleh suami aku ditugaskan, kalau sebelum tidur tidak boleh ada piring kotor. Alhasil, aku tidur suka malam karena aku nyuci piring setelah anak-anak tidur. Tapi, sekarang anak-anak sudah bisa diajak kerjasama. Ada yang bantu mencuci piring, merapikan ke rak piring, tapi ada juga saatnya aku mencuci piring esok hari saja. Suami juga sudah tidak protes lagi hehe...

Hindari nonton TV terlalu malam, nonton drakor atau nonton berita di youtube sehingga mata menjadi lelah. Paksa diri untuk tidur lebih cepat dengan banyak baca buku, berdzikir atau ngobrol dengan pasangan.

6. Matikan Lampu
Dulu, aku paling takut  kalau tidur lampu dimatikan. Namun, sejak aku tahu ilmunya mengapa tidur lebih sehat dengan gelap, aku akhirnya terbiasa. Anak-anak juga semakin tenang dan tidurnya nyenyak. 

7. Ingat Efek Buruk Begadang
Ini perlu diketahui biar kita semakin yakin, "Oh, begadang bikin kelelahan ya?" atau "Oh, begadang bisa bikin sakit jantung, ya?" Nah, kalau sudah mengetahui efek buruknya begadang, Insya Allah akan lebih waspada. Aku sendiri sudah mengalami darah tinggi, kolesterol hingga bad mood karena sering begadang.

Itulah 7 Cara Mengatasi Begadang versiku, semoga bermanfaat ya! Jika begadang menjadi sangat ketergantungan, silakan cari obat begadang dengan konsultasi ke dokter! Jangan sia-siakan hidup dengan terlalu sering begadang! Semangat untuk sehat!





26 komentar:

  1. Yang paling utama, begadang itu benar2 menurunkan imunitas tubuh ya mba

    BalasHapus
  2. Saya masih peer banget nih, Mbak. Pengennya bisa tidur cepet, tetapi gagal terus. Kayaknya harus mulai mendisiplinkan diri juga

    BalasHapus
  3. wah aku malah kangen banget sama begadang hahaha. skr udah ga ketenagaan buat begadang karena tiap azan subuh kan udah harus bangun dan gedebukan di dapur. kalo kurang tidur jadi suka kliyengan pas bikin sarapan hehehe

    BalasHapus
  4. Siaaappp! Kuncinya memang pada KOMITMEN dan DISIPLIN diri ya Mak.
    Aku ga sering begadang sih, tapi tips ini bisa banget aku share ke sodara2ku yg mengeluh susah tidur di malam hari.
    Makasiii

    BalasHapus
  5. Kalau saya, lewat jam 11 sudah gak tahan, harus tidur. Namun beda dengan si sulung yang selalu begadang. Bikin kuatir karena pagi2 dia juga harus bangun karena kerja. Duh semoga tips di atas bisa memotisvasi dia nanti. Terima kasih Mbak Naqi

    BalasHapus
  6. bener nih, aku berusaha utk mengurangi tidur malam2 biar nggak vertigo. Klo kbnykn bergadang suka pusing dan sakit kepala.

    BalasHapus
  7. HAhhaaa, ku jadi auto nyanyik Mak, bgadang jangan begadang kalo tak ada artinyaaa..

    Dulu aku tiap hari bgadang, karena pekerjaan on nya malem.Cuma udah 5 tahunan ini mulai menerapkan pola hidup sehat, mengurangi kalo ga penting banget.
    eh sekarang pas wfh, mulai lagi kangen begadang sambil komen2, hihii.
    Tapi cukup sesekali ajaa...
    Demi kesehatan dan kecantikan .

    BalasHapus
  8. Kalau mau komitmen, harusnya bisa sih jauh2 dari begadang. Tapi, kubelum bisa. Aku nerapin maksimal jam 12 harus tidur

    BalasHapus
  9. Gimana pinter-pinter bagi waktu ya mba Kalo emang harus begadang yaudah begadang aja sesuai keperluan atau kebutuhan

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah, sudah 2 tahun belakangan ini saya berkurang begadangnya. Kecuali kalau ada detlen tulisan, mau tdk mau ya begadang. Sebenarnya jika begadan itu baiik utk kesehatan, saya suka banget begadang, hehehe

    BalasHapus
  11. Iya ya..auto jd nyanyi lagu bang rhoma, begadang jangan begadang. Tapi kalau begadang ada artinya gimana ya? Hihihi, duuh iya, tetap nggak baik buat kesehatan. Thanks remindernya mbak Naqi

    BalasHapus
  12. Duh susah ya untuk gak begadang di masa sekarang karena aku cuma punya waktu jam malam aja buat kerja :(
    Dan ya aku setuju, harus jauh2 dari hape kalo mau putus hubungan sama begadang, karena racun banget emang hape itu :)

    BalasHapus
  13. Betul, kalau ngantuk saya jadi uring-uringan. Makanya suami dan anak-anak klo tahu saya udah ngantuk, jam berapapun, mereka nggak berani mengganggu jam tidur saya, dari pada dicemberuti hehehe...

    Tapi masa bekerja dari rumah ini membuat saya jadi sering begadang. Biasanya sih jam 9 malam udah tidur, terus jam 12 an bangun. Kerja sampai jam 3 an, terus tidur lagi

    BalasHapus
  14. susaaaaaaahhhhh ,,, aku punya waktu untuk diriku sendiri pas malem,,, kudu piye ini,,, pengen komit sih tapi paling seminggu tuh 1 hari tidur tepat waktu sisanya begadang bikin konten atau nonton,,, gimana ini... sedih aku tuh

    BalasHapus
  15. Hahaha.. itu saya kayaknya yg masih blm bs menghindari nonton drakor. Apalagi kalau pas dramanya bikin penasaran. Kalau blm habis episodenya blm berhenti nontonnya.. duuh..

    BalasHapus
  16. Aku gak bermaksud begadang sih tapi emang gak bisa tidur tiap malam. Hehe. tapi aku ya gak ngerjain apa2 sih, biasanya cuma menikmati malam sambil nonton sampai ketiduran haha. Soal ngetik aku makhluk pagi jadi inspirasinya datang pagi xixixixi

    BalasHapus
  17. saya begadang kalau lagi kejar deadline aja hehe dan saya keseringan ngejar deadline, wkwkwk

    BalasHapus
  18. Untuk saya tips matikan gadget itu sepertinya pas. Selama ini yang bikin telat tidur karena mainan gadget..he3...

    BalasHapus
  19. Aku pun dulu suka begadang kalo ngejar DL, atau blogwalking, hahaha
    Tapi seringnya tidur gasik juga sih mbak, jam 8 udah ngantuk

    BalasHapus
  20. aku seringnya sore kecapekan jadi tiur sore dan bangun malam terus begadang hiks. Ngga bagus bangeeet indeed..tapi sekarang udah mulai coba berubah

    BalasHapus
  21. Mau juga ya nyontek tips enggak begadang darimu mba. Dari jaman kuliah mpe sekarang udah kebiasaan tidur malam soalnya mba. Meskipun jam tidurnya udah diganti dengan siang ke sore, tetap nggak bisa gantiin tidur malam ya?

    BalasHapus
  22. seringnya jadi begadang ini kalo sudah tidur siang, atau tidur cepat setelah isya. kalo pengaruh kopi kayaknya ngak ngaruh lagi, hahaha, kalo soal deadline kayaknya juga ngak ngaruh, capet ya boboklah, hahaha

    BalasHapus
  23. Aku masih rada takut dengan tidur mematikan lampu wakakak
    jadi lampu nyala full saat aku bobok, harusnya baerarti bagusnya mati ya bun
    Begadang demi DL aku seringnya wakakka

    BalasHapus
  24. iya aku sering insomnia bukan begadang yaa, tapi efeknya sama aja yaa dengan begadangw

    BalasHapus
  25. Dulu aku suka begadang. Kalau belum jam 12 malam, belum tidur. Tapi sekarang dah mulai dikurangi. Biar besok pagi lebih segar karena tidur cukup. Terimakasih sharingnya, Bun

    BalasHapus
  26. Begadang bikin siang jadi lemas, mungkin karena gak biasa ya...

    Pokoknya jangan begadang kalo gak penting banget. Kecuali jika ada gangguan tidur semacam insomnia...

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^