Kamis, 16 April 2020

DIY : Membuat Perahu dan Ikan dari Origami


DIY : Membuat Perahu dan Ikan dari Origami. Assalamualaikum Sahabat Smart Mombagaimana kegiatan belajar di rumah? Anakku Aisyah yang TK A sudah mulai enjoy belajar dengan Uminya. Awalnya sedih tidak diperbolehkan main dengan teman-temannya. Tapi, setelah berulang-ulang dikasih pengertian mengenai keadaan pandemi Covid-19 ini, Alhamdulillah mau mengerti.

Dulu, aku suka penasaran bagaimana home schooling itu, ketika mengajukan dengan suami, aku ditolak. Lagi pula, aku tidak banyak ilmu dalam HS, walau sempat 6 tahun mengajar di SDIT. 

Nah, sekarang Allah jawab kontan rasa penasaranku dengan mengajarkan anak dari rumah. Mulai dari pembelajaran, ibadah, hingga life skill. 

Awalnya aku kurang tertarik menulis DIY atau Do it Yourself atau lakukan sendiri dalam Bahasa Indonesianya di blogku. Namun, semakin hari semakin banyak tugas Aisyah yang sayang kalau tidak dituliskan sebagai kenangan dan dokumentasi keluarga. 

Maka, kucoba merangkum DIY : Membuat Perahu dan Ikan dari Origami : 


1. Membuat Perahu dari Origami



Caranya, lipat kertas origami menjadi segitiga. Kemudian, dilipat lagi ke atas setengah saja dari segitiganya. Jadi deh perahunya! 

2. Membuat Ikan dari Origami 



Membuat ikan dari kertas origami caranya siapkan kertas origami, lipat bentuk segitiga, lipat lagi menjadi segitiga kecil. Kemudian dibuka. Sudah ada lipatannya, kan? 


Selanjutnya, dilipat agak miring ke arah dalam baik bagian sebelah kanan, maupun sebelah kiri sebagai sirip ikan.


Kemudian, ajak anak memberikan mata dan sisik dengan spidol. Perahu dan ikan ditempel pada kertas putih dan ditambah gambar lainnya. Lalu, diwarnai deh! 

Alhamdulillah berhasil, inilah karya Aisyah. Semoga teman-teman dapat mencobanya di rumah, ya! Semoga DIY : Membuat Perahu dan Ikan dari Origami di atas bermanfaat! 

24 komentar:

  1. Eeeh.. gampang banget ya, Mba. Besok mau coba ah sama Adek Fi. Lumayan dia lagi suka menggambar, walau pegang pensil gambarnya belum bener.

    BalasHapus
  2. Aahh Aisyah pinteer, karyanya juga baguus..
    Tante bikinin satu donk perahu dan ikannya.
    *tante pemalesan padahal udah dikasih tutorial sama emaknya

    BalasHapus
  3. Jadi ingat zaman aku kecil paling sering bikin prakarya origami tuh perahu dan ikan hihihihi. Mudah banget bikinnya ya. Pilih warna2 kertas origaminya yang cocok dengan bendanya. Tapi kadang kontraspun ga apa2 jadinya lucu, nammanya juga kreasi anak2.

    BalasHapus
  4. aku jd inget masa kecil nih maenan origami yang bisa membantu koordinasi tangan jadi lebih baik.

    BalasHapus
  5. Eh iya belum nyoba yang bikin ini, mau ah besok aku bikin sama anakku. Kadang tuh nyari kegiatan untuk bersama anak suka PR ya. Tapi selama belajar di rumah ini memang ibunya harus kreatif.

    BalasHapus
  6. Wah aku baru tahu Mba Naqiyyah dulu pernah ngajar di SDIT. Pantesan ilmu parentingnya bagus. Keliatan dari tulisan sebelumnya dan postingannya. Makasih ide kegiatannya mba. Bisa dicoba untuk anakku di rumah. Kebetulan anak aku memang home schooling juga di rumah. Doakan ya 🙂

    BalasHapus
  7. thank you mba sudah berbagi DIY membuat perahu dan ikan dari Origami, ini bermanfaat banget buat buibu anak balita di rumah

    BalasHapus
  8. Anak-anak di rumah suka sekali bikin origami, tapi saya suka gak sabar ketika harus mendampingi hehehe

    BalasHapus
  9. Kreatif! Karena kemudian ditambahin dengan gambar. Bikin anak-anak betah, deh

    BalasHapus
  10. Wah iya, kok saya nggak pernah dokumentasikan DIY anak2 di blog yaa..padahal mereka sering dapat tugas DIY.

    BalasHapus
  11. Aih lucu banget... Pengen ajakin rashya bikin juga ah origami ikan dan perahu...

    BalasHapus
  12. Aku setuju nih sama ide Mak.
    Aktivitas origami dibuatkan dalam postingan.
    Aku percaya, ini bisa jadi kenang-kenangan yang takkan terlupakan!

    BalasHapus
  13. Anak-anak memang paling senang diajak bikin mainan dengan origami. Aku dulu sampai beli bukunya, karena belum ada sosmed ya

    BalasHapus
  14. Sukaa...pake banget.
    Aku origami bisanya cuma bikin mainan yang ada tulisan 1,2,3,... trus di dalamnya ada tulisan, "Boleh main..." atau "Dapet cium".

    Mau bikin kapal sama ikan juga kaya adik Aisyah.

    BalasHapus
  15. Ini pelajaran zaman TK ya. Ponakanku main origami tapi udah beda lagi. Paling suka diwarnai jadi unyu

    BalasHapus
  16. Makasiiiii banget tutorialnya
    Ini beneran berfaedah banget nih, supaya anak2 ada kegiatan selama #DiRumahAja

    BalasHapus
  17. Mudah ya, bisa jadi bahan kegiatan bersama bocil di rumah nih.

    BalasHapus
  18. Wah keren ini idenya mbak, besok mau ajak anak2 bikin juga ah biar gak sumpek gtu di rumah aja.
    Emang kita sbg emak2 kudu pinter cari aktivitas buat anak2 yaaa

    BalasHapus
  19. Ini juga jadi kegiatan anak-anak di rumah kadang kalau ada origami kalau nggak Kertas aja kadang koran pokoknya Apa aja asal mereka suka Makasih ya informasinya

    BalasHapus
  20. Udah lama nggak main origami lagi. Anakku kayaknya malah cepat bosan beberapa kali bikin kodok, pesawat, topi dan abis itu dilupakannya.

    BalasHapus
  21. Jadi inget jaman sekolah deh. bikin origami gini. Anakku tuh diajakin origami gini gampang bosen. kurang telaten dia

    BalasHapus
  22. jd ingat dulu suka beli kertas lipat yg warna warni. sekarang masih ada yg jual gak yaa. bikin angsa jg seru loh...

    BalasHapus
  23. Membuat perahi dan ikan dari origami bisa mengasah daya kreatifitas anak ya, Mbak. Selain it juga memberi stimulasi motorik halusnya

    BalasHapus
  24. wah sederhana ya mba tapi ini bisa jadi ide kegiatan bermanfaat buat anak2 yang lagi sekolah dirumah.. aku mau coba juga ah

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^