Kamis, 23 April 2020

Mencegah Penyebaran Covid-19 dalam 7 Langkah



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Mencegah Penyebaran Covid-19 dalam 7 Langkah. Membaca berita mengenai penyebaran Covid-19 semakin membuat cemas. Ya, angka kematian semakin meningkat. Kadang bertanya, "Sampai kapankah berakhir?" Namun, tak habis pikir setelah berita penyebaran antar manusia ke manusia, tapi tetap saja banyak yang mau berkumpul.

Di masjid dekat rumahku sempat adu pendapat mengenai sholat terawih, tetap mau diadakan dan tidak. Jujur, aku bingung dan kasihan mendapatkan suami tarik ulur mengenai perbedaan pendapat. Sampai akhirnya ada surat edaran dari kelurahan. Stop deh rencana terawih di masjid.

Para ulama juga sudah memberikan himbauan dan larangan untuk berkumpul. Dalil dan hadist diabaikan. "Enggak usah takut Corona, takut itu kepada Allah." Padahal perintah Rasulullah Saw untuk menghindari orang yang terkena penyakit menular seperti menghindari seekor singa. Kita diminta untuk menghindari dari kebinasaan dan wabah itu.

Dulu zaman Rasulullah Saw ketika hujan deras saja adzan diubah dengan sholat di rumah saja. Sholat Jum'at juga bisa diganti sholat dzuhur dengan unsur syar'i. Nah Rasulullah juga telah mencontohkannya. Apalagi saat Covid-19 ini gejalanya tidak kelihatan, orang bisa saja tertular. Untuk itu ita perlu menjaga kesehatan kita dan mentaati perintah pemerintah dan anjuran ulama.


Cara Mencegah Penyebaran Covid-19 dalam 7 Langkah 

Menyikapi himbauan tersebut, maka ada 7 langkah yang dapat kita lakukan dalam mencegah penyebaran Covid-19 :
1. Cuci tangan sesering mungkin. 


2. Hindari menyentuh mata hidung dan mulut

3. Tutup mulut Ketika batuk menggunakan siku atau tisu.



4. Hindari tempat yang ramai dan kontak dekat dengan siapapun yang mengalami demam atau batuk.


5 Tetaplah di rumah jika merasa tidak sehat. Jika harus keluar rumah, gunakan masker.

6. Jika mengalami tanda-tanda berikut ini :
- Demam 38 C
- Batuk, pilek, sakit tenggorokan
- Sulit bernapas
Mintalah pertolongan medis, tapi telponlah terlebih dahulu. 

7. Dapatkan informasi dari sumber terpercaya. 
Oiya Moms, jika kita mendengar saudara atau teman yang mengalami gejala Covid-19 harap berhati-hati menyebarkan informas. Ternyata data pribadi WNI positif virus corona ini dilindungi pemerintah loh!

Jika sembarangan menyebarkan informasi, maka khawatir penghakiman oleh masyarakat. Padahal bagi yang positif bukalah aib. Tidak perlu juga takut berlebihan. Ada baiknya jujur pada petugas medis. Kasihan sekali banyak medis berguguran karena pasien tidak jujur.





Sahabat Smart Mom, selain 7 langkah di atas adalah kita perlu banyak berdoa dan bersyukur. Ramadhan kali ini akan menjadi Ramadhan yang istimewa. Ramadhan yang pertama kalinya kita akan merasakan sepi dari gerlapnya dunia hiburan. Ramadhan membuat kita makin khusu' beribadah dan menjaga kesehatan.

Bagaimana soal makan dan pekerjaan? Allah Maha Mengetahui kebutuhan kita. Perbanyak meminta kepada Allah, jika kita memiliki kelebihan rezeki, lihatlah tetangga di sekitar kita. Jangan sampai mereka kelaparan dan mati bukan karena Covid-19 tapi tidak bisa makan. Astagfirullah...

Itulah Mencegah Penyebaran Covid-19 dalam 7 Langkah  yang dapat aku bagikan, semoga bermanfaat. Tetap jaga kesehatan!

19 komentar:

  1. Kalau mpo nurut dan mangut saja sama perintah MUI dan pemerintah. Mereka ada para ahli. Insya Allah ini buat kebaikan bersama

    BalasHapus
  2. Bener banget mba...yg no. 7 harus mencari informasi dari sumbwr yg terpercaya.sialnya dalam situasi pandemi seperti saat ini banyak orang yg tidak bertanggung jawab memyebar berita hoax, alhasil kita yg bacanya jadi panik dan ketakutan

    BalasHapus
  3. setuju banget nih, aku sekarang sama si hubby rajin cuci tangan walaupun dirumahaja, dan nomer 7 penting banget sih biar nggak kemakan hoax hihi

    BalasHapus
  4. semoga dg ikhtiyar seperti ini kita semua dijauhkan dr corona.. yg sakit cpt sembuh korona segera lenyap

    BalasHapus
  5. Nah tips terakhir nih yg jarang dilakukan orang banyak soalnya masih banyak yang nebar hoax da bikin panik

    BalasHapus
  6. betul sekali ketujuhnya sudah saya coba terapkan mba Naqi, semoga semuanya kembali membaik ya Mba dan bumi serta manusianya kembali pulih, yang penting ikutan himbauan pemerintah dan lakukan semua yang kita bisa untuk jaga kesehatan kita

    BalasHapus
  7. Pencegahan is a must ya kak. Kalau gak kita yang jaga sendiri,siapa lagi. Makasih ya informasinya.


    BalasHapus
  8. Aamiin, semoga kita selalu diberikan kekuatan dan kesehatan ya mbak, dalam menghadapi pandemi ini. Semangat.

    BalasHapus
  9. Apapun itu langkah yg di tetap kan pemerintah sy ikut saja drpd malah semakin parAh.trs kpn kelar coba

    BalasHapus
  10. Mencegah lebih baik dari mengobati! Jadi harus siap melakukan pencegahan ya mba. Tapi yang 7 itu masih banyak yg ga melakukannya.. hiks

    BalasHapus
  11. Paling aman saat ini adalah mengikuti petunjuk para ahli dan mematuhi himbauan dari pemerintah. Tidak lupa sambil ikhtiar dan berdoa.

    BalasHapus
  12. Fenomena Covid yang mengharuskan jaga kebersihan diri dan sering-sering cuci tangan mengingatkan pada nasehat guru ngaji yang menyarankan agar selalu menjaga wudhu

    BalasHapus
  13. Aku kesering cuci tangan tiap bolak balik keluar rumah (meski cuman ambil paket) bikin kering euy :/

    BalasHapus
  14. Sedih juga ya liat masih aja ada orang yang nekat ke luar rumah tanpa ada keperluan penting..dah gitu ga pake masker pula. Duuuh gemez liatnya.

    BalasHapus
  15. Apapun pencegahan nya pastinya yang terbaik untuk kita. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan aamiin 🤗

    BalasHapus
  16. Nah, terkait dengan data pribadi penderita Covid ini kok ya ada yang diekspos dengan sedemikian jelas ya mba. Bisa jadi ybs baru memeriksakan diri dengan sukarela, tapi udah diekspos habis-habisan.

    BalasHapus
  17. Lebih baik diam dirumah yah Kak kalo pandemi, semoga cepat berakhir. Aamiin

    BalasHapus
  18. Beberapa warga di desaku masih ada yg belum paham cara pencegahan covid-19, jadinya harus diadakan sosialisai lebih lanjut agar semua pihak paham.

    BalasHapus
  19. Di warung deket rumah saya ibu2nya masih ada yg ga mau taat sama etika bersin lho Mbak Naqi.. padahal menaati etika bersin kan salah 1 cara mencegah penyebaran Corona kan ya

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^