Selasa, 08 September 2020

7 Makanan Khas Daerah Lampung

Assalamualaikum sahabat Smart mom,

Ada yang pernah ke Lampung? Kalau teman-teman belum pernah ke Lampung, pasti sudah pernah mencicipi beberapa makanan khas daerah Lampung ini. Tapi, jika belum pernah, maka aku mau ceritakan tentang makanan khas daerah Lampung. Oiya, sebenarnya aku bukan asli Lampung. Aku kelahiran Jambi dan dibesarkan di Bengkulu. Sejak menikah tahun 2005, aku ikut suami tinggal di Lampung. Saat ini tinggal di kota Bandar Lampung.

Nah, sejak itu aku mulai mengenal makanan khas daerah Lampung. Aku sendiri tidak kesulitan dalam penyesuaiannya. Apalagi makanannnya sudah sering aku temui dengan citra rasa yang hampir sama. 

Penasaran kan apa saja makanan khas daerah Lampung? Yuk, aku kenalkan! 


7 Makanan Khas Daerah Lampung 

1. Seruit

Adalah kakak iparku yang sering mengatakan, "Yuk, nyeruit!" awalnya bingung nih, makanan apa sih seruit itu? Ternyata ikan bakar yang dimakan bersama lalalan, sambal, terong bakar dan tempoyak. 

Kalau makan ikar bakar sih sudah biasa, tapi makan dengan tempoyak mentah dan lalapan baru aku temui di Lampung. Makan seruit Lampung ini pling seru kalau makannya beramai-ramai. Aku dan teman-teman Tapis blogger pernah mengadakan buka puasa bersama dengan menu seruit. Wiiih, serunya!

seruit lampung

2. Sekubal

Kue khas Lampung ini sering kamu temui di saat lebaran. Kalau di lingkungan rumahku, ada yang berjualan berkeliling. Tapi, di pasar tradisional juga ada loh! 

Skubal adalah ketan yang dimasak dengan santan dan dikukus. Paling enak kalau makannya dengan tapai ketan hitam. Sekilas mirip lemang. Tapi, skubal agak keras dan padat. Enak juga makan dengan rendang, loh! 

3. Pindang 

Makanan pindang bukanlah asing bagiku karena ibuku suka masak pindang ikan. Namun, pindang ikan khas daerah Lampung itu sedikit berbeda warnanya . Lebih bening dan lebih cair dibandingkan dengan pindang dari Palembang. 

4. Enggkak

Ini salah satu makanan khas daerah Lampung yang terbuat dari tepung terigu dan juga telur. Kue ini sering disajikan pada saat lebaran atau kegiatan lainnya rasanya manis dan tentunya enak banget. 

5. Geguduh

Makanan khas Lampung ini sangat mudah dibuat apalagi rasanya enak sekali kalau saat kejadian ini salah satu alternatif cemilan untuk anak di rumahku Aisyah pun suka sekali diajak membuat geguduh ini. Cara dan bahannya mudah sekali yaitu siapkan tepung terigu, gula pasir dan pisang. Kita campurkan menjaidi satu. kemudian, digoreng sengan api sedang. 

Geguduh enak banget dimakan saat hangat bersama secangkir teh atau kopi. mau mencoba?

6. Pandap

Makanan khas daerah Lampung ini sering dimakan oleh orang pesisir. Sekilas seperti ikan yang dimasak pepes. Bahannya terbuat dari ikan laut, bumbunya dari kelapa parut dan dibungkus dengan daun talas. 

pandap lampung

7. Gulai Taboh

Suka makan santan? Gulai Taboh ini cocok banget buat kamu yang suka makan ikan dengan sayur santan. Wiih, cukup dengan bumbu kuning, kemangi dan belimbing waluh, gulai tabuh jadi makin nikmat.

Sebenarnya masih banyak banget makanan khas daerah Lampung, tapi aku ceritakan 7 saja dulu ya. Jika kamu ke Lampung, rasakan salah satunya dan temukan citra rasa yang nagih!

14 komentar:

  1. Sedapnyaaaaaa.
    Kusungguh lemah kalau sudah bahas kuliner, manalagi kuliner khas daerah.

    Lampung, tunggu akuuuuuu ^^

    BalasHapus
  2. Pandap mirip pepes ya, Mbak. Saya penasaran dengan semua makanan ikan di Lampung. Pengen cobain. Semoga bisa ke Lampung suatu saat. Aamiin.

    BalasHapus
  3. Menggoda semua makanan khasnya, aku belum pernah ke lampung tapi udah pernah cicipin makanan lamoung di jakarra, aku suka

    BalasHapus
  4. Saya sama sekali belum pernah menginjak tanah Sumatera, Kak, hihihi ... Doakan ya suatu hari nanti bisa eksplor Lampung juga. Kepengen banget ke Pahawang.

    Makanan Lampung nih beberapa sepertinya mirip-mirip ya dengan makanan di Jawa, beda penamaan saja. Tempoyak itu sambal yang pakai daging durian kan, ya? Pedas nggak, sih? Atau, lebih dominan rasa duriannya?

    BalasHapus
  5. Sahabat aku orang Lampung, kak...Kalau bertamu ke rumahnya, beliau suka sekali menyuguhkan kami makanan khas Lampung yang masaknya ekstra cepat (karena beliau sudah biasa masak).
    Kalau kutanya, kenapa makan makanan khas Lampung?
    Beliau suka jawab, karena kangen Lampung.

    hihii~
    Jadi kita sebagai sahabat-sahabatnya ikut kecipratan bahagianya mencicipi makanan khas Lampung.

    BalasHapus
  6. Sayangnya cuma dua makanan yang tersedia fotonya ya. Padahal penasaran euy sama tampilan makanan lainnya. Coba cari di google ah~

    BalasHapus
  7. Woaa menggoda selera semuaaaa, jadi pengen sampai Lampung dan icip semua kulinernyaaaaaa, kapan yaaa...

    BalasHapus
  8. Aku belum pernah mencicipi semua hahha, tapi rasanya dr penggambarannya enak2 keknya. Moga ada kesempatan ke Lampung nanti ajak aku nyicipin semua ya mabk Naqy hehehe :D

    BalasHapus
  9. Aku penasaran deh dengan kue Sekubal. Aku sebagai pecinta kuliner, pingin deh nyobain makan makanan yang baru bagi ku.

    BalasHapus
  10. Daku pernah ke Lampung karena ke tempat Paman, mencoba pindang ikan. Hanya kurang lama liburannya di sana jadi belum sempat nyicip kuliner yang lain

    BalasHapus
  11. Mbaak, tanggungjawab, aku lapar jadinya wkwkw, ku suka geguduh kalo disini namanya godok godok 😂

    BalasHapus
  12. Pandab ini diaku ada bun. Lupa apa namanya wkwkkw. Pindang ada di aku, penasaran gambar yang lainnya. Bumbunya enak pasti. Kapankapan share bumbu bun

    BalasHapus
  13. Hampir 4 tahun di Lampung tau dan pernah icipnya Seruit sama Pindang aja. Wkwkwkwk.

    BalasHapus
  14. Tahun kemaren saya ke Lampung mbak, tapi gak kepikiran mau nyicip makanan khas lampung, 😓 sedih kan, kesana cuma beli oleh-oleh aja, seperti keripik pisang yang banyak varian nya. Saya baru tau ada banyak ya mbak makanan khas lampung. Terima kasih infonya mbak.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^