Jumat, 10 Juli 2020

Cara Mudah Edit Foto dengan Snapseed

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,
Sejak pandemi COVID-19 ini aku belajar bisnis masker tapis. Alhamdulillah respon pasar menyambut dengan baik. Sejak tanggal 9 juni 2020 hampir 1000 masker yang terjual. Pengiriman sampai ke Jakarta, Kalimantan, Bengkulu dan lainnya. 

Untuk pemula berbisnis seperti aku ini, aku mengandalkan aplikasi edit foto untuk mempercantik foto produk. Nah, aplikasi yang sering aku gunakan adalah aplikasi snapseed. Bagaimana menggunakannya?  



Berikut Cara Mudah Edit Foto dengan Snapseed :

1. Siapkan foto 
Teman-teman sebelum mengedit foto, tentunya kita menyiapkan foto yang menarik untuk foto produk. Jika tidak ada properti, cukup menggunakan alas foto yang sesuai. Aku menggunakan alas foto bulu. Beli di mana? Banyak di marketplace ya, Moms! Selanjutnya pilih foto yang diinginkan dan buka aplikasi Snapseed.

2. Edit ukuran foto dengan memilih fitur crop
Pilih ukuran foto untuk diposting ke mana? Kalau untuk feed instagram, pilih ukuran foto 4:3. Sedangkan untuk insta story pilih ukuran foto 16 :9.

3. Poles Gambar
Terkadang kita motret dalam kondisi cahaya yang kurang terang, maka foto dapat dipoles menjadi lebih terang. Usap foto menggunakan jari secara perlan saja, apalagi aplikasi ini digunakan hanya pakai android bukan PC, jadi pastikan jari tidak basah atau berminyak.

4. Kuas
Pada kuas banyak sekali pilihan, ada fitur Terang dan Gelap, Pencahayaan, Suhu dan Saturnasi. Aku sendiri paling sering menggunakan Terang dan Gelap untuk mengedit foto. Ada pilihan terang sampai angka 10 dan gelap sampai 10. Teman-teman dapat menurunkan atau menaikkan sesuai yang diinginkan. Setelah menentukan tone gelap atau terang usap foto dengan jari pada lokasi foto yang akan diedit.

5. Healing
Untuk menghilangkan beberapa gangguan pada foto seperti ada kotoran, bagian yang mau dihilangkan, dapat menggunakan fitur healing. Caranya teman-teman perbesar dulu bagian yang akan diedit, pilih fitur healing dan hapus bagian yang tidak diingikan secara perlahan-lahan baru disave. Ini butuh latihan agar yang dihapus menyakinkan penikmat foto, hehe...

6. Blur
Untuk latar dapat blur agar fokus pada foto utama. Caranya, pilih Alat dan lens blur. Teman-teman dapat mencoba rentang blur yang diinginkan, bahkan ada pilihan ukuran, loh! Lagi-lagi cukup menggunakan usapan jari saja!

7. Putar
Nah, teman-teman jika moto dengan kamera smartphone, terkadang lupa memastikan foto diambil dari bagian atas atau bawah, sehingga foto sering terbalik hehe... itu aku sih ya! Teman-teman dapat memilih fitur putar atau cermin. Nah, mudahkan?

Terakhir jangan lupa fotonya disave ya! Mau langsung dishare di media sosial juga bisa, tambahkan caption yang menarik! Selamat mencoba!


Kamis, 09 Juli 2020

7 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh pada Fase New Normal

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 
Beberapa pekan ini aku sibuk belajar bisnis masker tapis. Tentunya aku mulai sering keluar rumah. Padahal, di fase new normal ini, aku perlu banyak persiapan saat keluar rumah. Selain masker, aku juga membawa Hand sanitizer atau sering cuci tangan saat usai ke ATM atau mengantarkan paket pesanan masker tapis. 


Suatu hari, aku kehujanan. Pakaianku basah kuyup dan mulai terasa mengigigil. Wiih, kepala mulai pusing, perut mual dan panas dingin. Tak enak sekali rasanya mengalami masuk angin. Aku sudah mulai khawatir kalau aku akan terkena flu atau batuk. 

Kamis, 02 Juli 2020

Pelatihan Blog Online Bersama Naqiyyah Syam

:: Kelas Ngeblog Seru ::⁣⁣
⁣⁣
Menulis di blog dapat menjadi sarana untuk terapi diri, dokumentasi keluarga,  portofolio prestasi dan sebagai sarana personal branding. ⁣
Bonusnya, menulis di blog dapat menghasilkan uang! Wow, bagaimana caranya? ⁣

pelatihan blog online


Jumat, 12 Juni 2020

7 Manfaat Meresensi Buku

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 



Disaat pandemi Covid-19 ini banyak waktu untuk di rumah saja. Salah satu yang aku sukai adalah membaca buku. Setelah membaca, aku mememilih untuk meresensinya di blog atau instagramku. 

Meresensi buku adalah keterampilan yang dapat dilakukan semua orang. Saat sekolah dasar (SD) juga sudah diajarkan cara meresensi buku kan? Tapi, tidak semua orang menekuni dunia meresensi buku. 

Aku pun dulu awalnya tidak tertarik, namun semakin dicoba, meresensi buku saat mengasyikkan. Nah, kamu penasaran manfaatnya meresensi buku? 


Selasa, 09 Juni 2020

Resensi Buku Risalah Pesona


Judul             : Risalah Pesona
Penulis          : Rafif Amir
Penerbit         : Satoe
Tahun terbit   :  April, 2020
ISBN             : 978-623-93404-2-1

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Episode kehidupan pasti membawa banyak cerita. Ada yang suka, maupun duka. Kepingan cerita itu jika digabungkan membawa banyak sekali makna. Menjadikan kenangan dan juga pembelajaran. Untuk itulah penulis menuliskan 107 halaman dalam buku non fiksi berjudul Risalah Pesona.

Buku Risalah Pesona

Buku ini kumpulan kisah kehidupan penulis dari nol berkarir sebagai penulis, sebagai suami bahkan kisah sebagai anak dengan kedua orang tua bercerai. Kisah diawali dengan tulisan Calon Ayah dan Calon Bayi, bagaimana penulis menghadapi istri yang ngidam dan bagaimana ia memperlakukan sang janin di dalam kandungan. Bahkan sudah mempersiapkan mental jika istri mengalami baby blues sydrome (Hal 3).

Senin, 01 Juni 2020

Cara Mencegah Gigi Berlubang

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Menjaga kesehatan gigi memang sangat diperlukan. Apalagi saat suasana Idul Fitri kemarin, di mana banyak mencoba makan atau minum manis.

Gigi merupakan salah satu organ penting manusia yang berguna untuk memotong dan atau menghancurkan makanan agar dapat didicerna dan ditelan dengan baik. 

Cara Mencegah Gigi Berlubang
Senyum merona bikin makin mesra :)

Kamis, 28 Mei 2020

Strategi Auto 2000 Kertajaya dalam Memberikan Pelayanan Terbaik di Masa Covid-19

Auto 2000 Kertajaya ternyata mempunyai cara tersendiri dalam menarik perhatian para masyarakat di tengah pandemic Covid 19 ini. Toyota dan Auto 2000 melakukan berbagai strategi supaya dapat meminimalisir adanya penularan virus covid 19. Hal ini dikatakan pada saat melakukan open house yang dilakukan untuk memperkenalkan produk Toyota terbaru New Agya. Peserta Operation Manager terbaru Auto2000 Jawa Timur yang sengaja dilakukan supaya menghindari adanya perkumpulan orang banyak.



Rabu, 27 Mei 2020

8 Tipe Mobil Sesuai Katalog Daftar Harga Toyota

Salah satu pabrikan mobil yang sukses merajai pasaran otomotif di Indonesia, Toyota memang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Toyota mempunyai banyak pilihan mobil yang selalu laris manis dipasaran Auto2000. Beragam tipe mobil diluncurkan di Auto2000.co.id dengan jenis yang banyak, salah satunya adalah untuk kebutuhan transportasi pribadi atau MPV (multi purpose vehicle), daftar harga Toyota yang ditawarkan juga bervariasi dan cukup terjangkau. Daftar harga mobil Toyota sendiri dibanderol mulai dari harga 100 jutaan saja.



Cerita Lebaran 2020 di Rumah Aja

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,


Bagaimana nih kabarnya. Tahun ini kami lebaran di rumah aja. Tidak mudik ke Bengkulu seperti rencana semula, ataupun ke Lampung Timur melihat Mamak mertua. 

Aku juga tidak belanja banyak persiapan lebaran. Tahun ini aku bisa santai karena belanja bisa menutup teman yang buka jasa belanja. Untuk makanan aku juga ada pesan tetangga yang masak lodeh dan sambal kentang. 

Tapi, untuk ketupat, opor dan rendang aku masak sendiri. "Nanti kalau enggak sesuai rasanya, gimana?" itu kata suami pas aku ingin pesan makanan lebaran.

Baiklah, jadilah aku masak dengan ilmu seadanya. Soalnya aku enggak terlalu jago masak rendang atau opor. Semua bermodal niat dengan semangat hehe...

lebaran 2020 di rumah aja

Selasa, 12 Mei 2020

7 Hal Kegiatan Ngabuburit di Rumah Aja

Kegiatan Ramadhan tahun ini berbeda. Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan negara lainnya, Ramadhan di rumah saja. Kegiatan bukber atau buka puasa yang biasanya diinginkan sudah tak ada. Padahal, kalau ada bukber, acara yang paling ditunggu itu adalah ngabuburit alias acara mengisi waktu menunggu adzan maghrib berkumandang. Banyak hal positif yang dapat dilakukan saat ngabuburit loh!



Nah, berikut kegiatan seru yang dapat dilakukan selama ngabuburit di rumah aja :


7 Hal Kegiatan Ngabuburit di Rumah Aja

Selasa, 05 Mei 2020

Tips Foto Produk dengan 5 Aplikasi Edit Foto

Sejak anak-anak bersiap makan dan membuat MPASI, aku senang sekali mengabadikan menu makanan mereka. Walau saat itu, ilmu fotografiku masih sangat minim. Berjalan dengan waktu, aku semakin sering diundang untuk mereview makanan dan mereview produk dan jasa. Aku mulai berpikir untuk mendalami ilmu editing foto. Setidaknya dengan modal smartphone, foto yang dihasilkan bagus dan indah. 



Tips Foto Produk dengan 5 Aplikasi  Edit Foto

Kamis, 30 April 2020

Tips Menjaga Kesehatan Mental Anak Saat Covid-19


“Mi, adek kangen teman-teman! Adek kan
gen sekolah!” 


Begitu cerita Aisyah beberapa hari lalu. Tentu saja mendengarnya aku terenyuh sedih. Sejak adanya wabah Covid-19, anak-anak belajar di rumah saja. Memang sih setiap hari akan ada sapa dari gurunya di group WA, dari voice note, video hingga mengajak video call. 

Namun, itu belumlah menjadi obat kangen Aisyah dengan sekolah dan teman-temannya. Maklum sekolah sangat dekat dengan rumah kami. Dari rumah saja, sudah terlihat gerbang belakang sekolah. Aisyah sebelum wabah Covid-19 sering bermain di sekolah. 

  Tips Menjaga Kesehatan Mental Anak Saat Covid-19

Jumat, 24 April 2020

Social Distancing dan Kopdar Daring KEB

Social Distancing dan Kopdar Daring KEB


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Kamis, 23 April 2020 suami mendapat WA dari kakak ipar kalau tetangganya dijemput ambulan sebagai pasien positif Covid-19. Langsung saja suami menyampaikan untuk waspada, mengingat rumah kakak ipar sangat dekat dengan rumah pasien tersebut.

Beberapa hari juga mendengar kabar seorang mahasiswa Unila positif Covid-19. Rumahku dekat dengan Unila dan sempat berpikir, wih banyak saja pasien di Bandarlampung. Namun, sebagai ibu rumah tangga, aku masih harus ke warung dan belanja beberapa keperluan rumah tangga. 

Catatan Pernikahan ke-15 : Pentingnya Komunikasi Suami-Istri


Catatan Pernikahan ke-15


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Bulan April adalah istimewa bagi kami. Lima belas tahun silam tepatnya 24 April 2005 kami mengikat janji. Ya, kami mengadakan pernikahan di Bengkulu. Tahun itu aku belum wisuda, keputusannya kami menikah setelah seminggu aku ujian skripsi. Alhamdulillah proses pernikahan lancar.

Perjalanan pernikahan kami tentunya seperti pasangan lainnya. Mengalami pasang surut menghadapi lika-liku kehidupan berumahtangga. Ada saat LDR, ada saat berkumpul. Ada saat tertawa, ada saat menangis. Kami belajar saling mendukung dan memahami.

Kamis, 23 April 2020

Mencegah Penyebaran Covid-19 dalam 7 Langkah



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Mencegah Penyebaran Covid-19 dalam 7 Langkah. Membaca berita mengenai penyebaran Covid-19 semakin membuat cemas. Ya, angka kematian semakin meningkat. Kadang bertanya, "Sampai kapankah berakhir?" Namun, tak habis pikir setelah berita penyebaran antar manusia ke manusia, tapi tetap saja banyak yang mau berkumpul.