Rabu, 23 September 2020

Anti Bosan di Rumah Saja, Baca Komik Perempuanmu!

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,
Di era pandemi ini kita diminta untuk tetap banyak di rumah aja. Hal ini untuk menekan penyebaran virus Covid-19. 

Selama di rumah aja, teman-teman melakukan kegiatan apa saja sih? Pasti ada rasa kangen piknik, kumpul kegiatan blogger,  pergi ke mall atau kangen ke pantai. 

Agar tidak bosan kegiatan banyak di rumah saja, aku mau berbagi pengalaman kegiatanku di rumah aja biar enggak bosan.


Berikut 5 Kegiatan Anti Bosan di Rumah Aja versiku

1.Olah raga
Selama pandemi, aku mengalami kenaikan berat badan yang cukup banyak. Penyebabnya aku suka ngemil hehe... Menemani anak PJJ, membuat aku suka sekali ngemil. Jadilah BB semakin meningkat. Dari berbagai tips menurunkan BB yang aku baca. Aku memilih mengatur pola makan dan banyak jalan kaki.

Ya, olahraga jalan kaki yang murah meriah ini akan membantu tubuh menjadi sehat.  Tak perlu capek, ngos-ngosan cukup 45 menit non stop setiap hari. Jika badan sehat akan meningkatkan imunitas tubuh. Virus tidak mudah menyerang pertahanan tubuh jika imunitas tinggi. Nah, aku suka jalan pagi atau sore di sekitar rumah. Pernah juga jalan kaki bersama keluarga. 

2. Memasak
Kegiatan memasak bersama anakku Aisyah sangat menyenangkan apalagi Aisyah cita-citanya ingin menjadi koki (Cita-citanya banyak banget sih!), sehingga aku ajarkan Aisyah untuk masak sup ceker ayam kesukaannya. 

Aku ajak Aisyah memotong wortel dengan pantauanku dong. Aisyah senang diajak mengenalkan sayuran. Terutama jika membersihkan sayuran atau mencuci sayuran. Selain sup ceker, aku mengajak Aisyah belajar membuat Geguduh. Salah satu makanan khas Lampung yang mudah dibuat.

3. Menjahit
Sebagai pemula,aku senang sekali belajar menjahit. Membuat jilbab untuk Aisyah, celana, mukena, masker dan lainnya. Walau belum dapat membuat pola sendiri. Aku senang belajar dari youtube atau instagram. 

4. Nonton Film

Usai masak atau menjelang tidur siang, aku mencari film yang bagus di youtube atau aplikasi penyedia film. Biasanya aku mencari film bertema keluarga atau juga sisi perjuangan menyampai cita-cita. Salah satu film pendek yang aku sukai saat ini adalah Film Tilik.

Kegiatan menonton juga dapat memnguatkan bonding ibu dan anak. Aku dan aisyah juga suka menonton kartun. Biasanya kami berdua menonton seri Nussa dan Rara atau Umar dan Hana. Tak jarang nonton video main masak-masakan di youtube, hehe..

5. Membaca
Jika dulu aku kesulitan sekali untuk menyiapkan waktu dalam membaca buku.  Tapi saat ini kegiatan membaca menjadi sebuah kebutuhan karena dapat juga membaca melalui internet. 

Salah satu yang yang aku sedang baca adalah Komik Perempuanmu. Nah kamu pasti penasaran kan apa sih Komik Perempuanmu itu? Yuk kita berkenalan lebih dekat dengan Komik Perempuanmu!

Mengenal Lebih Dekat Komik Perempuanmu


Menurut Zulfa, penggagas Komik Perempuanmu, tujuan menjalankan Komik Perempuanmu yaitu untuk mengangkat pengalaman-pengalaman penting dan kolektif dari perempuan Indonesia dalam bentuk web komik yang populer sebagai bentuk edukasi sekaligus perenungan bersama.

1. Prolog

Pengantar dari perempuanmu; kanal dari perempuan, untuk perempuan. Prolog ini membuat aku bernostalgia akan cita-citaku sebelum menikah. Ya seperti mengenang zaman putih abu-abu, kuliah dan akhirnya menikah.

Prolog 1 karya Zulfairy ini menceritakan betapa perempuan kerap kali dicecar dengan rentetan pertanyaan. Ada tuntutan ini dan itu. Wih, jadi ingat zaman semester akhir, sering ditanya, “Kapan skripsinya?” atau “Kapan nikahnya/’ setelah menikah pun ditanya, “Kapan nih nambah momongan?” hadeh...

2. In Yourt Hands

Komik karya Liana Bahri ini  menceritakan seorang perempuan difabel. Namanya Lia. Memiliki keterbatasan fisik sejak masih kecil. Diagnosa dokter adalah Tarsal Coalition, sebuah kelainan kaki yang membuat rasa sakit saat bertumpu. Lia harus berdamai dengan diri sendiri. Belajar menggunakan kursi roda. 

Lia mengatasi rasa malu dan mindernya dengan berkarya, berkat dukungan mamanya, lia menciptakan kreasi dan memanfaatkan media sosial untuk berjualan. Ya, lia berhasil mengatasi keterpurukannya. Sangat menginspirasi perempuan untuk bangkit.

3. Intermezo : Trouble Talk Perempuan

Masih ingat Film Tilik? Film pendek yang viral itu? Ya, Bu tejo dengan gayanya yang unik dan suka nyinyir.  Pada Trouble Talk Perempuan ini menceritakan kalau fenomena Film Tilik itu adalah fenomena perempuan yang Trouble Talks alias menggosip demi friendship. 

Perempuan punya kecenderungan ngobrolin sesamanya karena ingin didengar. Ingin cari perhatian, ingin membangun koneksi dengan sesama perempuan, ingin masuk atau memperlebar circle mereka membangun comradeship, dll.

Sebenarnya masih ada beberapa lagi yang sudah tayang di webtoon Komik Perempuanmu, seperti In Your Hands, Kepada Sang Pemilik Hati, Not My Fault, Drama Mums, dan lainnya. Namun 3 di atas sangat berkesan bagiku. 

Komik Perempuanmu ini juga aktif memberikan dukungan kepada perempuan seperti tema insecure. Insecure adalah istilah untuk menggambarkan perasaan tidak aman yang membuat seseorang mengalami gelisah, takut, hingga tidak percaya diri. Disampaikan juga tips untuk mengatasi insecure ini. 

Tema-tema yang diangkat di webtoon Komik Perempuanmu ini lekat dengan keseharian perempuan. Aku membacanya dengan senyum-senyum dan seolah-seolah itu cerita aku banget haha... seru banget kan pesan buat sesama perempuan dikemas dengan komik.

Baca Juga : Teman Curhat 

Bagiku membaca komik tema perempuan ini menyenangkan, berasa punya teman yang mengerti problem perempuan. Bahasanya dikemas dengan ringan dan mudah dimengerti. Ilustrasinya juga cocok dan tetap perempuan banget

Oh iya, proyek Komik Perempuanmu ini dikerjakan semua oleh perempuan. Baik desainer, komikus, penulis semuanya perempuan. Komik Perempuanmu ini adalah produk dari perempuan untuk perempuan (tapi laki-laki boleh  loh kalau mau baca, supaya lebih memahami perempuan, uhuy!).

Nah, Teman-teman, itulah kegiatanku di rumah saja. Kegiatan seru yang bikin hati happy dan menjaga kestabilan emosi haha... Jadi kalau sudah ada tanda-tanda bosan di rumah saja, cobain ya tips di atas! Terutama, baca Komik Perempuanmu, ya! Info lebih lanjut cek di Lengkapnya bisa cek di IG @komik.perempuanmu.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

49 komentar:

  1. Langsung jatuh hati dengan judul prolognya. Berasa aku banget pokoknya. Wkwkwk
    Keren memang ya Komik Perempuanmu ini

    BalasHapus
  2. Aku selama pandemi jadi sering nonton film sama masak... Tapi ada bacaan komik perempuan gini lumayan juga ya mengusir rasa bosan.

    BalasHapus
  3. Keren yah. Laki-laki sebaiknya baca biar bisa lebih paham perempuan dengan cara menyenangkan ... membaca komik kan menyenangkan ya.

    BalasHapus
  4. Saya barusan langsung meluncur ke IGnya. Menarik banget konten-kontennya. Saya install Webtoon dulu deh kalau gini

    BalasHapus
  5. Aku udah baca beberapa episode di Komik Perempuanmu. Nyentil dan kusuka. Nanti mau lanjut lagi deh. Emang dunia perempuan tuh banyak yang bisa diomongin

    BalasHapus
  6. jadi keingat sama film pendek bu Tedjo hahahaa sebenarnya bagus loh ini, tapi banyak yang salah mengartikan ya makna dan maksud sutradaranya :)

    BalasHapus
  7. Aku baru tau tentang komik perempuanmu ini, penasaran deh dengan cerita-ceritanya. Sepertinya seru nih dan menghibur banget membaca komik dengan tema perempuan ini. Aku mau intipin IG nya dulu deh.

    BalasHapus
  8. komiknya punya banyak pesan ya. berarti ini untuk bacaan dewasa ya?

    BalasHapus
  9. Pasti banyak yg relate dgn konten di Komik Perempuanmu ini yaaa :D
    Kalo ngelihat cuplikannya, bikin hak deshhh gitu Mak wkwkwk

    BalasHapus
  10. Wah aku blm pernah baca nih Komik Perempuanmu ini. Sepertinya seru ya mba.. nanti mau cari juga ah.. trims infonya mba..

    BalasHapus
  11. xixixixixi lucu banget ada komik perempuan.. thanks mba sharingnya. mau kepo juga ah komik perempuan.

    BalasHapus
  12. jadi penasaran nih sama komik perempuan ini, kayaknya isi ceritanya cewe banget hehe mau ah kepoin dulu IGnya

    BalasHapus
  13. Aku juga nonton film dan membaca mba,eh tapi ada komik khusus perempuan ya mba? Penasaran, langsung meluncur ah

    BalasHapus
  14. waaa udah lama banget aku nggak baca komik hihihi, jadi pengen nyari komik lagi deh aku, terakhir baca komik kayanya pas masih jaman sma hehehe

    BalasHapus
  15. Jadi penasaran mau baca komik perempuan di akun ig officialnya.

    BalasHapus
  16. Wah belum sempat baca-baca tentang komik perempuan nih, tapi saya pikir karena perempuan menggunakan perasaannya secara maksimal ditanya orang lain tentang sesuatu yang belum dia miliki kadang jadi baper. Aku belajar jadi perempuan ga baperan tapi berperan jadi masalah penilaian orang lain atau 'kepedulian' orang lain seperti itu aku bawa enjoy aja. Meski memang proses ke arah itu butuh belajar banyak sih..dan sampai sekarang masih belajar. Eh maaf jadi ngebahas sisi ininya tapi kadang gemes baca2 status perempuan yg terlalu mempermasalahkan hal2 seperti di komik ini...:D

    BalasHapus
  17. ASyik banget kegiatan anti bosan di rumahnya mbak. Aku juga salah satunya nonton film, beberapa hari ini nonton bareng anakku film horor indonesia. ternyata bener udah gak seseram horor indonesia zaman dulu hihihi

    btw wah seneng banget ada komik perempuan. ini yang dari kompetisi menulis itu yaa? jadi pengen baca deh. makasih infonya mbak Naqi

    BalasHapus
  18. Komik ini bakalan jadi pilihan aku mbaa. Baca di rumah saat libur karena sesuai ama sehari harinya seorang perempuan y

    BalasHapus
  19. Edukasi dalam bentuk komik atau gambar seperti ini tuh biasanya lebih asyik untuk disimak yaa mbak..lebih mudah dimengerti juga.

    BalasHapus
  20. Kebanyakan hampir sama semua bun, tapi baca komik perempuan aku belum pernah wahhh kudu baca nih biar nggak kudet akunya.

    BalasHapus
  21. seru - seru ya mba cerita di komiknyaa. Aku pecinta komik juga nih mba

    BalasHapus
  22. Komik Perempuan ini aplikasi kah...kak Naqi?
    Suka banget kalau komiknya seputar hidup perempuan yang pasti sangat relate doonk dengan kita.
    Saling memberi dukungan dan no judgement, itu kuncinya yaa...

    BalasHapus
  23. Wauh ini nih yang harus aku coba, soalnya membaca apalagi di rumah memang menjadi salah satu kekuranganku, siapa tahu setelah ini bisa jadi semangat membaca dan nular kepada anak-anak supaya mereka gemar membaca juga.

    BalasHapus
  24. Aku senang banget baca komik perempuan ini mbak. Apalagi banyak kisah yg sesuai dengan kepribadian seorang wanita.

    BalasHapus
  25. Menarik nih mbak, nanti aku kepoin deh instagramnya. Bisa buat ngisi waktu luang kalau lagi rebahan aja, thanks infonya

    BalasHapus
  26. Saya sudah baca beberapa ulasan komik Perempuanmu. Related banget ya sama prempuan2 Indonesia, ternyata memang idenya mengangkat pengalaman-pengalaman penting dan kolektif dari perempuan Indonesia. Salut. Bikin para perempuan belajar dari kisah2 di dalamnya.

    BalasHapus
  27. komik perempuan ini bisa jadi hiburan para perempuan selama masa pandemi ini ya.. isinya menarik dan sangat relate dengan kehidupan perempuan

    BalasHapus
  28. Wah keren yah, jadi proyek Komik Perempuanmu ini dikerjakan semua oleh perempuan. Penasaran tadi langsung intip2 ig nya, suka dg animasinya, lucu menarik dan menghibur.

    BalasHapus
  29. komiknya banyak dan bagus - bagus ya mba. Aku juga sukaaa bacanya dan memang menghibur banget yaaa

    BalasHapus
  30. aku lama ngga baca komik nih, kangen juga. tapi kemarin karena memori ga cukup jadi ga install2, padahal aku suka banget baca komik juga. btw ini kayaknya komik baru yaa,, related banget ya ampuunn

    BalasHapus
  31. Saya kalau lagi bosan baca bacaan full teks gitu, ya beralih ke komik. Seru sih, jadi refreshing, lihat gambar-gambar :) Nanti deh coba lihat komik Perempuanmu ini.

    BalasHapus
  32. Eh ada Bu Tejo.
    Women support women dalam bentuk komik ya mba. Saya tertarik nih buat baca. Coba deh ntar mampir ke IG nya. Apakah kita bisa ikut berkontribusi ya tuk bikin komik? Soalnya yg namanya perempuan selalu pengeen aja bercerita, banyak aja uneg2nya dan kayaknya seru diceritakan dlm bentuk komik

    BalasHapus
  33. Bagus ya komik Perempuanku ini.
    Ditulis oleh perempuan untuk pembaca perempuan.
    Apalagi medianya digital, jadi di mana pun dan kapan pun bisa dibaca.

    BalasHapus
  34. Wah baru tau nih ada komik perempuanku, seru kayaknya bun :)

    BalasHapus
  35. Komic perempuan bisa banget mengerti kebutuhan emak emak di rumah aja. Karena kita suka hiburan ya

    BalasHapus
  36. Seru kayaknya, Mba baca komik ttg wanita. Bisa terbaper2 bacanya.. hahaha.. pastinya banyak ragam cerita wanita ya.

    BalasHapus
  37. Haha Bu Tejo hits deh. Emang bener banget nih perempuan itu ingin di dengar, ingin diperhatikan , ingin dirinya dianggap ada dsb. Di rumah jadi bermanfaat mbak kegiatannya ada komik perempuanmu ini ya. Apalagi semua dikerjakan oleh perempuan yang ternyata multi talenta di balik daster kebesarannya urus rumah tangga

    BalasHapus
  38. Komik perempuan? menarik banget, semua prosesnya bahkan dikerjakan oleh perempuan. Jadi tak hanya mengusung tema ttg perempuan tp juga all out dikerjakan oleh peremouan.

    BalasHapus
  39. Paling suka nonton film mba...sama membaca... Dulu yang sebelum Corona nggak pernah nonton drakor...eh, gara2 corona jadi instal viu..dan keterusan deh..ha..ha

    BalasHapus
  40. aku mau cek deeeh mba soalnay aku tuh pecinta komik bangeet mba dan bahkan koleksi banyak juga di rumah hehehe

    BalasHapus
  41. Wkwkwk menggosip demi friendship. Ini kreatif banget yang bikin komik perempuan, isinya bener bener realita perempuan ya mbk

    BalasHapus
  42. Wah sy baru tahu ada web khusus komik perempuan lho mba. Kirain isinya komik2 becanda biasa ternyata berisi ya

    BalasHapus
  43. Duh, aku langsung senyum2 nih baca komiknya. Emang mantap banget penggambarannya. Nanti coba follow ignya ah..

    BalasHapus
  44. Sama mbak..
    Aku juga suka baca komik perempuanmu ini...
    Ceritanya related bgt

    BalasHapus
  45. Seru sekali...
    Ada yang memahami perempuan dan potensinya.
    Kisahnya pun relate sama kehidupan kita sebagai perempuan yaa, kak Naqi.

    BalasHapus
  46. jadi penasaran pengen baca juga, asyik sekarang kalau pengen baca gak harus datang ke toko buku, bisa lewat gawai

    BalasHapus
  47. Olahraga masih jadi PR sih Mak untukku. Tapi InsyaAllah bakal terus mengusahakan supaya bisa jadi habit

    BalasHapus
  48. Wah jadi penasaran pengen baca komik perempuanku, coba nanti nyari ah, biar mengobati penasaran.

    BalasHapus
  49. wahhh seru juga nih baca komik perempuanmu. Gambar2nya juga bagus dan menarik ya mbak :)

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^