Jumat, 02 Oktober 2020

Tips Menjual Produk Lewat Media Sosial Ala Willgoz

 Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Masa pandemi ini aku dan keluargaku kerap kali membeli makanan lewat online. Selain menjaga efesien waktu, foto-foto makanan yang dipajang di media sosial memang sangat menggiurkan. Membuat ingin segera pesan dan menikmatinya.

Beberapa temanku juga mulai membuka usaha kuliner dan produk cemilan. Ada yang berhasil dan eksis sampai sekarang, ada juga yang akhirnya berhenti. Salah satu alasannya produknya tidak bisa stabil diproduksi. Bahan baku mulai langka di pasar dan kesulitan untuk memasarkan secara online.

Tips Menjual Produk Lewat Media Sosial Ala Willgoz

Nah, beruntung sekali aku dapat ikut Fun Talk #AyoMajuBersama dari @homecreditid pada Rabu, 30 September 2020 lalu. Fun Talk ini menghadirkan Chef William Gozali seorang Chef dan Content Creator dengan topik Makin Menjual Lewat Media.

Menurut Willgoz, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kita memasarkan produk lewat media soal :

Produk yang Solid

Sebelum memasarkan tentunya perhatikan dulu produknya dengan serius. Apakah sudah pantas dijual? Mengenal dulu produk yang akan kamu pasarkan. Bukan hanya memikirkan cara marketingnya. Tapi, lebih ke produknya dulu. 

Gunakan Marketing Efisien

Kamu dapat memilih sasaran dan bagaimana memasarkannya. Apakahkan menggunakan jasa influncer, menggunakan IG ads, FB Ads atau lainnya.

Inovasi

Hal yang penting lainnya adalah tetap berinovasi. Jangan hanya menjual experince tapi juga rasa. Apalagi kalau berbisnis makanan yang dijual adalah rasa.

Tips Menjual Produk Lewat Media Sosial Ala Willgoz

Bagaimana memilih Media Sosial yang Tepat?

Untuk memasarkan produk, kita harus mengetahui dulu media sosial yang cocok. Menurut Willgoz yang efektif adalah memasarkan dengan IG Ads dan FB Ads. 

Berdasarkan pengalaman Willgoz, menggunakan IG Ads sangat efektif, apalagi harga dan caranya sangat mudah. Ketika kamu posting foto produk, maka ada pilihan untuk promosi.

Aku sendiri sudah beberapa kali memasarkan produk dengan menggunakan IG Ads. Dengan biaya murah, dapat menjangkau banyak calon pelanggan. 

Namun, sebelum memilih kedua media sosial di atas, Willgoz juga berpesan untuk mengecek analitik keduanya, sehingga target tepat sasaran. Usianya, lokasinya, jenis kelamin dan lainnya. 

Menurut Willgoz, jika ingin mencari influncer dalam mempromosikan produk makanan, sebaiknya pilih blogger lifestyle.  Kenapa? Blogger lifestyle ini jangkaunnya lebih luas, dibanding blogger beauty atau kuliner. 

Visual

Pasanglah foto yang jelas, makanan yang terlihat, warna tidak terang, tidak blur. Secara natural tapi versi terbaiknya. Contoh membuat nasi kuning, telurnya setengah, ayam setengah tapi foto berbeda. Foto harus sesuai versi yang akan dijual. Jangan terlalu jauh dari realita.

Caption Story Telling

Ini akan membantu saat orang membaca dan merasakan cerita atau deskripsi mengenai makanan tersebut. Orang akan tertarik setelah visual ditambah dengan caption yang menarik.\

Tips Menjual Produk Lewat Media Sosial Ala Willgoz

Tool yang Digunakan Untuk Jualan di Media Sosial


1 Buat Instagram Khusus Jualan

Kamu dapat memajangkan produk-produk yang akan kamu jual dengan foto yang menarik

2. Kamera

Kamera tidak harus yang bagus dan mahal, dapat juga digunakan kamera smartphone. Saat moto makanan, pastikan cahayanya yang cukup, jangan di tempat gelap, gunakan natural light karena natural light itu gratis loh! Dapat di dekat pintu atau jendela.

3. Follow dan Komen

Follow akun besar yang sesuai target produk kita. Beri komen yang wajar menggunakan instagram daganganmu. Komen di public figur dengan sopan dan selipkan promosi halus.

4. Kamera atau Smartphone?

Menurut Willgoz, memang akan berbeda kualitas foto menggunakan kamera yang bagus, tapi pesannya, manfaat apa yang kita punya. Jika hanya ada smartphone, manfaatkan sebaik-baiknya.

Jika ada rezeki lebih, kamu dapat melengkapi tool dengan visual bagus, dan membuat video, kamu dapat meningkat membeli kamera.


Tanya Jawab Bersama Willgoz

Acara Fun Talk ini juga dilengkapi dengan tanya jawab, peserta yang menonton secara live dapat bertanya langsung. Salah satunya @irraoctavia yang menanyakan "Selain rasa, apakah packaging merupakan hal yang penting untuk diperhatikan? Secara model untuk  packaging  saja sudah mahal!" 

Willgoz mengatakan kalau produk memang penting banget, tapi packaging  juga penting banget. Dengan packaging  dapat menjaga produk tersebut. 

Ia juga tidak menyarankan untuk berjualan menggunakan ojek online bagi pemula. Gunakan e-commerce karena tidak ada bagi hasil dengan ojek online.

Acara Fun Talk ini semakin seru denga kuis tebak makanan yang sedang viral. Aku sendiri gregetan ingin menjawabnya, namun belum berhasil menang! Hehehe... tak terasa acaranya usai dan aku sudah mendapatkan banyak ilmu. 

Bagi kamu yang ingin merasakan keseruan sepertiku, silakan pasang alarm pada tanggal 14 Oktober 2020  dengan topik dan nara sumber yang berbeda.

34 komentar:

  1. Masya Allah..aku baru tahu tentang cara efektif jualan online pake IG ads atau Fb ads. Cara jualan yg efisien menggapai konsumen. Jd smangat membantu pedagangšŸ„°

    BalasHapus
  2. Pernah jualan di marketplace jelang lebaran. dan hasilnya lumayan banget. Tapi memang jadi super sibuk harus cek orderan dan stok. Jadi kalau mau usaha lebih berkembang bisa dipertimbangkan punya admin khusus. Supaya pekerjaan lain tidak terbengkalai.

    BalasHapus
  3. Seru banget ini materinya, mana yang ngisi Wilgozz, chef favorit ahaha. Soal kamera, apapun kameranya.. Entah hp atau kamera profesional, maksimalkan

    BalasHapus
  4. Wah nice to share mak, jadi ingin menerapkan langkah langkah menjual produk lewat media sosial nih... banyak banget yang mau aku promosikan nih.. tapi masih maju mundur hehe

    BalasHapus
  5. Inovasi adalah kunci ya mba.. dan visual juga penting banget utk pemasaran via medsos. Terima kasih sharingnya..bisa kubagikan ke rekan yg sedang membutuhkan nih..

    BalasHapus
  6. Chef Willgoz ini selalu menekankan soal rasa ya. Benar sih, sebagai konsumen tentu itu yang kita paling perhatikan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Chef William juga memperhatikan bagaimana optimasi Instagram ya ... keren. Edukatif acaranya.

      Hapus
  7. auto follow willgoz ni, bener2 baca info ni dapet pencerahan banget, apalg aku suka bisnis kecil2an, perlu banget memperhaatikan poin- poin di atas. noted banget jangan jualan di ojol dulu kalau newbi, mending e-commers, Menurut Willgoz, "jika ingin mencari influncer dalam mempromosikan produk makanan, sebaiknya pilih blogger lifestyle. Kenapa? Blogger lifestyle ini jangkaunnya lebih luas, dibanding blogger beauty atau kuliner". pencerahan banget ini..

    BalasHapus
  8. Media sosial skr penting banget ya dalam dunia usaha..banyak kemudahan juga ..tapi tetep harus lebih teliti dan jeli ya...gak asal ngiklan atau posting

    BalasHapus
  9. Wah, tips nya berguna banget mbak, jadi memang enggak harus menuntut ada kamera ya mbak, smartphone yang ada kita miliki juga sudahcukup asal tekniknya benar.

    BalasHapus
  10. Aku juga tertarik beli makanan online karena melihat foto visualnya. Tips dari chef Willgoz keren sih bisa diaplikasikan bagi seller makanan online.

    BalasHapus
  11. Owh, gitu ya Mba untuk pemula jangan gabung dulu dengan ojek online. Memang si e-commerce tidak ada bagi hasil. Mungkin cocok untuk menjual makanan kering.

    BalasHapus
  12. caption yang menarik, hmmm ... bener deh kalau mau upload di IG itu kadang bahian nulis caption ini bisa lamaaa mikirnya huhuhu.

    BalasHapus
  13. Wah, acara bergizi nambah ilmu dan wawasan marketing nih :) Pas banget di saat pandemi begini kan bermunculan pedagang2 lama maupun baru demi sesuap nasi. Promo2 di media sosial tentu penting dan kudu bisa ya. Belajar step by step biar produk jualannya laris manis tanjung kimpul. TFS.

    BalasHapus
  14. Fun Talk ini gak cuman fun tapi juga bermanfaat banget ilmunya. Khususnya buat UMKM yang baru mulai dan pengen berkembang.

    BalasHapus
  15. Tipsnya sangat related sama saya sekarang yang lagi merintis jualan online. Jadi reminder buat lebih rajin lagi promosi lewat IG dan soft selling di akun seleb. Ohya aku baru tau kalau kerjasama dengan ojol bagi hasil ya? Setau saya di e-commerce pun kena potongan Mba kalo ikut layanan freeongkir. makin mahal yg dibeli makin besar potongannya, huhuhuhu

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah dapet tips kece meski ga ikutan acaranya. Makasih bun. Itu juga yang aku terapin dalam jualan craftku

    BalasHapus
  17. Mantaps tipsnya mbak..
    Klo tahu ilmunya, sosmed bisa jadi cara memasarkan produk ya

    BalasHapus
  18. masukan dari willgoz ini bagus banget! buat yang baru jualan emang meski lebih gampang gnereach orang pake ojol tapi kerjasama di ecommerce justru malah lebih membantu karena ga ada bagi hasil

    BalasHapus
  19. Iklan di IG bayarnya apa pake kartu kredit juga mba? Kendalanya itu sih aku gak punya kartu kredit nih

    BalasHapus
  20. Salfok sama pendapat Willhoz, sebaiknya cari influncer bloger lifestyle. Jadi pede nih secara blog saya gado-gado yg saya sebutnya lifestyle šŸ¤£
    Tapi kalai dipikir-pikir, memang iya sih kan yg khusus beauty atau makanan maka yg lihat juga yg punya minat yg sama. Good share mbak

    BalasHapus
  21. sosial media, platform apapun yang ada membantu usaha UMKM untuk lebih berkembang dan bisa menarik target konsumen

    BalasHapus
  22. Haha iya sering kepengen pas liat org lain posting makanan.
    Zaman skrng emang lagi trend ya mbak memasarkan produk khususnya produk makana di medsos, lbh nyampek pesannya hehe

    BalasHapus
  23. Nah berarti harus punya akun medsos khusus ya mba. Aku jadi pengen nyobain usaha juga mba. Makasih tipsnyaa

    BalasHapus
  24. Waah...makin canggih sekarang yaa..
    Sosial media yang sangat efektif untuk berjualan produk.
    Penting banget untuk pengusaha yang memasarkan produknya agar dikenal lebih luas.

    BalasHapus
  25. sekarang tuh jualan di sosial media lebih menjanjikan yah dibandingkan jualan offline

    BalasHapus
  26. Memanfaatkan era digital salah satunya menggunakan Media sosial ditenggarai cukup efektif untuk memasarkan suatu usaha, dan jangkauan nya cukup luas tinggal dibarengi dengan kesungguhan dan inovasi

    BalasHapus
  27. Saat ini sosial media memang menjadi andalan banyak orang dalam memasarkan produknya ya. Tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk promosi lah istilahnya. Cukup terapkan tips sesuai dengan saran Wilgoz tadi aja.

    BalasHapus
  28. Tipsnya sangat membantu, terima kasih mba.

    BalasHapus
  29. Rasa dan caption menarik memang ampuh memikat pelanggan. Soalnya kalau promosi jualannya cm ngasih deskripsi umum menurutku kurang menarik dan malas bacanya juga. Jd aku setuju jualan konsep captionnya story telling.

    BalasHapus
  30. Mantap, dapet tips buat namnbah income nih.. bener banget harus ada tool yg digunakan untuk jualan di sosmed kaya Instragram, kamera /hape, follow n komen, bisa mmpengaruhi sih...

    BalasHapus
  31. Aku suka nonton youtubenya Willgoz.
    Zaman sekarang kalau lihat produk dengan kemasan cakep jadi tertarik beli. Jadi memang packaging itu penting diperhatikan juga ya.

    BalasHapus
  32. Kini lagi musim IG
    Jadi tempat yang cocok buat jualan, buat akun IG
    Terimakasih atas artikelnya
    Sangat bermanfaat bagi saya, khususnya soal kamera dan pencahayaan.

    BalasHapus
  33. Penasaran nih sama acaranya.
    Bener banget ya sekarang mah yang namanya bisnis dimaksimalkan melalui online ya.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^